Fungsi Vakuola

Posted on

Fungsi Vakuola – Setelah sebelumnya kabarkan.com telah menerangkan materi tentang Metagenesis Lumut Maka dipertemuan kali ini akan kabarkan.com paparkan secara lengkap materi tentang fungsi vakuola beserta pengertian, struktur, ciri dan gambar. Nah untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Vakuola

Fungsi-Vakuola
Fungsi-Vakuola

Secara umum pada vakuola banyak sekali ditemukan pada sel tumbuhan dikarenakan pada seluruh jenis tumbuhan mempunyai vakuola.

Apa yang dimaksud dengan Vakuola? yakni merupakan suatu organel yang sangat penting yang terdapat pada sel tumbuhan, protista ,hewan, bakteri, dan fungi/jamur.

Kemudian di dalam Vakuola terkandung banyak air, dan juga berbagai macam molekul organik/anorganik, dan zat-zat padat, serta enzim-enzim.

Dimana Vakuola juga merupakan suatu vesikel yang mempunyai ukuran yang sangat besar.

Sehingga kemudian pada Vesikel-vesikel ini akan saling menyatu menjadi satu untuk membentuk vakuola.

Adapun peranan penting yang dimiliki vakuola di dalam sel hewan dan bakteri tidak terlalu signifikan apabila dibandingkan dengan peran vakuola pada sel hewan dan protista.

Namuin hal tersebut justru berbeda dengan peranannya terhadap tumbuhan sebab tidak semua jenis sel hewan mempunyai vakuola.

Untuk hewan yang merupakan vakuola ialah hewan yang tergolong jenis uniseluler contohnya seperti protozoa.

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa Vakuola ialah merupakan salah satu bagian dari organel sitoplasmik yang mempunyai bentuk seperti zat cair, dan pada vakuola ini sendiri dibungkus oleh selaput yang sangat tipis atau disebut dengan tonoplas.

Pada Vakuola dapat terbentuk dengan adanya kumpulan zat cair yang menyatu seperti zat terlarut yang sangat bagus bagi tubuh.

Ciri-Ciri Vakuola

Di bawah terdapat beberapa ciri-ciri yang terdapat pada Vakuola yang dinatarnya ialah:

  • Mempunyai wujud membentuk ruang berongga yang diliputi oleh tonoplas.
  • Pada bagian dalam rongga vakuola terdapat cairan bening.
  • Di dalam sel tumbuhan, mempunyai ukuran sangat besar yang berisikan air.
  • Sedangkan di dalam sel hewan, ukurannya malah jauh lebih kecil.
  • secara umum vakuola hanya ditemukan pada hewan berjenis uniseluler.
Baca Juga :  Sendi Peluru

Struktur Vakuola

Pada vakuola mempunyai Struktur yang dapat dibagi menjadi 2 jenis, yakni

  • Vakuola Kontraktil
  • Vakuola nonkontraktil (vakuola makanan).

Paa Vakuola kontraktil atau dikenal juga dengan sebutan vakuola berdenyut) yang mempunyai peranan sebagai osmoregulator yakni dalam mengatur nilai osmotik sel atau ekskresi.

Sedangkan pada Vakuola nonkontraktil atau (disebut juga dengan vakuola makanan) yang berfungsi untuk mencerna makanan dan kemudian hasilnya akan diedarkan.

Dimana Zat yang terlarut ini membentuk gara mineral, enzim, asam, alkaloid, basa dan juga sebagainya.

Hampir semua zat pada umumnya memiliki fungsi yang berbeda beda. Namun masih tetap saling membentuk satu sama lainnya di dalam tubuh sel hewan maupun sel pada tumbuhan.

Dimana pada Zat ini sendiri juga saling bekerja sama agar membuat kinerjanya semakin menjadi lebih sempurna.

Sehingga dengan demikian peranan vakuola sangatlah penting di dalam orgnel.

Fungsi Vakuola

Seperti yang sudah dijelaskan di atas dimana vakuola yang dimiliki oleh tumbuhan maupun hewan ini mempunyai perbedaan satu sama lainnya , Perbedaan tesebut sebab adanya cairan yang terkandung di dalam vakuola.

Di bawah ini terdapat beberapa fungsi dari vakuola yang berada pada tumbuhan dan hewan. Berikut penjelasannya.

Fungsi Vakuola Pada Hewan

Fungsi Vakuola Pada Hewan
Fungsi Vakuola Pada Hewan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa setiap jenis sel yang terdapat pada hewan tak semuanya memiliki vakuola hal ini disebabkan oleh hanya hewan tertentu saja yang mempunyai organel ini.

Untuk hewan yang mempunyai vakuola ialah merupakan hewan yang berjenis uniseluler rendah misalnya saja seperti protozoa.

Kemudia untuk organel vakuola yang ada pada hewan sendiri dapat dibedakan menjadi dua bagian yakni meliputi vakuola untuk gerakan atau denyutan maupun vakuola untuk makanan.

Pada jenis vakuola ini sendiri mempunyai fungsi yang berbeda – beba. dimana Untuk jenis vakuola denyut yakni mempunyai peran dalam mengumpulkan serta dapat mengeluarkan zat sisa metabolisme di dalam bentuk cairan.

Maka dengan cairan tersebut dapat mengendalikan kadar garam maupun kadar air yang ada di dalam tubuh.

Namun sementara fungsi dari vakuola makanan ialah sebagai tempat penyimpanan atau cadangan makanan maupun untuk mengolah makanan tersebut yang kemudian akan disebarkan menuju ke seluruh bagian sel.

Baca Juga :  Fungsi Sentrosom

Kemudian selain protozoa ada juga jenis hewan lainnya yang mempunyai vakuola misalnya seperti jenis jamur , dimana pada vakuola yang ada di dalam dapat digunakan sebagai proses hemeostatis.

Kemudian proses ini bertujuan agar dapat mengontrol osmoregulasi, PH sel,yang merupakan sebuah tempat menyimpan asam amino dan juga yang lainnya.

Fungsi Vakuola Pada Tumbuhan

Fungsi Vakuola Pada Tumbuhan
Fungsi Vakuola Pada Tumbuhan

Dalam penjelasan ini sangat berbeda dengan hewan yang vakuolanya dapat ditemukan hanya pada beberapa jenis tertentu saja.

Namun sementara itu pastinya semua jenis tumbuhan mempunyai vakuola sebab dengan adanya vakuola tersebut dapat menunjang kehidupan bagi tumbuhan tersebut.

Kemudian untuk mengetahui ukuran dari vakuola tersebut maka bisa dengan cara mengetahui umur tumbuhan itu sendiri.

Yang mana apabila semakin besar vakuola yang terdapat pada sel tersebut, maka akan semakin besar juga umur pada tumbuhan tersebut dan begitupun sebaliknya.

Kemudian adapun kegunaan vakuola di dalam tumbuhan yakni meliputi sebagai wadah untuk menumpukan sisa dari hasil metabolisme di dalam tubuh.

Misalnya saja seperti getah yang mana ia merupakan sebuah wadah guna menyimpan makanan berupa garam, mineral atau pun sukrosa yang dapat menghubungkan sitoplasma dengan dinding sel.

Dalam hal ini bertujuan agar proses keluar dan masuknya zat yang berlangsung di dalam tubus dapat berjalan dengan lancar dan juga sebagai tempat penguatan sel – sel yang masih muda.

Sebutkan Jenis Hewan Yang mempunyai Vakuola?

Yakni hewan yang berjenis uniseluler rendah misalnya seperti protozoa.

Sebutkan Fungsi Vakuola denyut pada Hewan?

Yakni mempunyai berfungsi dalam mengumpulkan serta dapat mengeluarkan zat sisa metabolisme dengan berbentuk cairan.

Apa itu Vakuola?

Yakni merupakan suatu organel yang sangat penting yang terdapat pada sel tumbuhan amupun protista ,hewan, bakteria, dan fungi/jamur.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai fungsi vakuola, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :