Fauna Australis

Posted on

Fauna Australis – Setelah sebelumnya kabarkan.com telah menerangkan materi tentang lumut hati. Maka dipertemuan kali ini, kembali akan kabarkan.com paparkan materi tentang fauna australis secara lengkap di mulai dari contoh, gambar, tipe, ciri dan penjelasannya. Nah untuk lebih jelasnya sobat bisa simak ulasannya di bawah ini.

Fauna Australis
Fauna Australis

Pengertian Fauna Australis

Fauna australis ialah yang berasal dari australia berkembang biak dalam kondisi atau suhu lingkungan teropis dan sedang.

Tipe Fauna Australis

Fauna tipe Australis dimaksud disini ialah yang akan kami terangkan berwilayah di Indonesia bagian Timur tepatnya di daerah Maluku utara dan Papua. Fauna tipe Australis itu sendiri berukuran tidak terlalu besar, dan memiliki ciri khas tersendiri di setiap faunanya.

Beberapa tipe fauna antara lain di bawah ini:

Burung Kasuari

Fauna Australis
Burung Kasuari

Merupakan burung yang berbulu lebat dan memiliki warna hitam layaknya seperti rambut yang terurai. kasuari merupakan burung yang tidak bisa terbang sehingga memiliki ke samaan dengan burung unta. Kasuari memiliki kuku yang tajam dan dapat berguna di saat mendapatkan acaman dari pemangsa.

Kuskus

Fauna Australis
Kuskus

Merupakan satwa yang berukuran hanya 15 cm sampai lebih dari 60 cm. Kuskus memiliki cakar panjang dan tajam sehingga sangat membantu bergerak di sekitar pepohonan atau rerantingan. Kuskus memiliki bulu tebal dan bermacam warna sepertiputih, hitam dan coklat. Selain itu memiliki ekor panjang dan kuat di saat berpegangan atau bergelantungan, sehingga ekornya bisa menjadi senjata baginya saat berada di atas pohon.

Burung Kakatua maluku

Fauna Australia
Burung Kakatua maluku

Merupakan burung yang memiliki bulu putih bercampur warna ke merah-merahan (merah jambu). kepalanya dapat ditegakkan di saat ingin menarik perhatian lawan jenisnya. Ekornya juga berwarna kekuningan (jingga). Burung betina serupa hanya saja berukuran lebih besar dari burung jantan.

Burung Cendrawasih

Fauna Australis
Burung Cendrawasih

Merupakan burung khas Papua, Cendrawasih memiliki bulu-bulu yang indah sehingga dapat menarik pandangan mata apabila melihatnya. Cendrawasih tiada duanya dalam ke indahan bulunya. Burung Cendrawasih sendiri hidup dalam berkelompok atau membangun satu family.

Baca Juga :  Fosfolipid

Ekidna

Fauna Australia
Ekidna

Merupakan mamalia kecil yang tubuhnya ditutupi dur dan berambut kasar. Ekidna menyerupakan pemangsa semut. Ekidna memiliki moncong yang panjang dan langsing, sehingga menjadi alat utama dalam mencari mangsa serangga-serangga kecil. Ekidna sendiri memiliki kaki yang pendek sehingga dalam beraktifitas berjalan sangat lambat. Bulu Ekidna sendiri sangat berfungsi bagi dirinya di saat mendapatkan acaman dari para predator yang ingin memangsanya. Habitatnya dapat bertahan hidup di dataran tinggi, padang rumput dan hutan lebat.

Contoh Fauna Australis

Burung Kasuari : merupakan hewan yang berhabitat di Australia dan Indonesia terutama di Papua.

Kuskus : merupakan hewan mamalia yang bekantung atau marsupial dan aktif mencari makan di malam hari. Hewan ini tersebar di Indonesia bagian timur, terutama di daerah Maluku, sulawesi, dan Papua.

Kuskus sendiri tersebar di Australia, terdapat dua jenis Kuskus yang dibedakan yaitu Phalanger tidak bertotol dan Spilocuscus yang berrtotol, memiliki bulu dan sering juga disebut kuskus bertotol.

Di Indonesia sendiri terutama di papua terdapat kuskus Endemik antara lain. spilocuscus, spilocuscus rufoniger dan papuensis. Di Sulawesi sendiri terdapat tiga jenis kuskus Endemik.

Burung Kakatua Maluku: erupakan salah satu dari jenis burung kakak tua yang hanya bisa ditemukan di Pulau Seram, Maluku bagian selatan.

Burung Cendrawasih: merupakan hewan yang berhabitat di Papua dan beberapa terdapat di Maluku.

Ekidna: merupakan hewan yang memiliki tubuh berduri seperti layakmya Landak, meskipun termasuk hewan mamalia, satwa ini berkembang biak dengan cara bertelur.

Ciri-ciri Fauna Austraila

Burung Kasuari

Mempunyai ukuran tubuh yang berukuran sangat besar, Burung Kasuari Sendiri tidak dapat bisa terbang. Burung kasuari dewasa mempunyai tinggi mencapai 170 cm, dan memiliki bulu berwarna hitam yang berbulu keras dan kaku. dan memiliki kaki yang panjang dan berkuku tajam layaknya seperti pisau, kaki kasuari merupakan senjata baginya yang bisa berguna disaat mendapatkan acaman dari predator yang ingin memangsanya.

Kuskus

Mempunyai ekor panjang dan berfungsi sebagai alat utama di saat berpegangan di atas pohon. Kuskus juga Memiliki mata bulat seperti bola dan matanya dapat berfungsi di saat malam hari. Krna kuskus termasuk yang aktif berburu disaat malam hari.

Baca Juga :  Jaringan Epidermis

Burung Kakatua Maluku

mempunyai bulu putih yang lebat dan di bagian kepalanya memiliki warna merah muda yang dapat menarik perhatian disaat mencari pasangan. Kakatua maluku sendiri memiliki kesamaan yang tidak jauh beda antara jantan dan betina, hanya ukuran sijantan lebih kecil dan betina lebih besar.

Burung Cendrawasih

mempunyai bulu yang sangat indah, sehingga layaknya burung yang turun dari syurga. Corak warna bulu cendrawasih sendiri memiliki coklat kemerahan,putih, kuning keemasan dan kehijauan di bagian bawah paruh.

Ekidna

Mempunyai bulu rambut yang berduri sehingga memiliki kesamaan seperti landak, Ekidna sendiri memiliki keunikan di antara mamalia lainnya di karnakan walau hewan ini tergolong hewan mamalia namun dalam berkembang biak dengan cara bertelur.

Apa yang dimaksud dengan fauna australis ?

Fauna australis ialah yang berasal dari australia berkembang biak dalam kondisi atau suhu lingkungan teropis dan sedang.

Bagaimana tipe dari hewan fauna australis ?

Fauna tipe Australis itu sendiri berukuran tidak terlalu besar, dan memiliki ciri khas tersendiri di setiap faunanya.

Di wilayah bagian mana hewan fauna australis ini tersebar di Indonesia ?

Pada wilayah di Indonesia bagian Timur tepatnya di daerah Maluku utara dan Papua

Demikianlah pembahasan kita mengenai fauna australis secara lengkap di mulai dari contoh, gambar, tipe, ciri dan penjelasannya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :