Fungsi Uterus

Posted on

Fungsi Uterus – Setelah sebelumnya kabarkan.com telang menerangkan materi tentang Fungsi Serviks. Maka dipertemuan kali ini kembali kabarkan.com akan paparkan materi pembahasan tentang fungsi uterus secara detail, mulai dari pengertian, bagian, struktur dan gambarnya. Nah untuk itu yuk, langsung aja kita simak bersama ulasannya di bawah ini.

Pengertian Uterus

Fungsi Uterus
Fungsi Uterus

Apa yang dimaksud dengan Uterus atau disebut juga dengan Rahim ? yakni merupakan salah satu organ kompleks yang terdapat pada sistem reproduksi betina yang utama pada kebanyakan mamalia termasuk manusia.

Letak Uterus ini pada manusia berada pada bagian bawah pusat, tepatnya di daerah panggul.

Secara umum iterus ini mempunyai panjang sekitar 7-7,5 cm, dengan lebar 5 cm.

Kemudian pada bagian dinding uterus mempunyai ketebalan sekitar 1,25 cm dan jugan dengan berat mencapai sekitar 60 gram.

Adapun untuk Fungsi utama dari uterus ini yakni kerap digunakansebagai tempat berlangsungnya hidup dan tumbuhnya janin pada ketika belum dilahirkan.

Struktur dan Bagian-Bagian Uterus

Fungsi Uterus
Fungsi Uterus

Hampir dari sebagian besar komponen dalam menyusun uterus ialah merupakan sebuah otot yang dapat dengan mudah berelaksasi dan berkontraksi sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada disekitarnya.

Kemudian dengan di dasarkan strukturnya maka uterus bisa dibedakan menjadi beberapa bagian. Berikut penjelasannya:

Fundus Uteri

Apa yang dimaksud dengan Fundus uteri? yakni merupakan saalah satu bagian atas uterus yang bentuknya menyerupai sebuah kubah.

Dimana terdapat tuba palofi dalam bagian ini yang nantinya akan masuk ke uterus pada masa kehamilan, kemudian dengan tinggi fundus uteri ini sehingga bisa membantu guna memperikaran usia kehamilan seseorang.

Korpus Uteri

Apa yang dimaksud dengan Korpus uteri? yakni merupakan salah satu bagian yang terdapat pada badan uterus yang paling utama dan juga merupakan bagian yang terbesar.

Kemudian pada Korpus uteri akan terlihat menyempit di bagian bawahnya dan berlanjut sebagai serviks.

Serviks Uteri

Apa yang dimaksud dengan Serviks uteri? yakni merupakan atau bagian yang menonjol ke dalam pada bagian vagina dan terletak pada dinding depan uterus. Kemudia pada Serviks uteri dapat bidekan atas dua bagian,yakni:

  • Bagian Pars vaginalis atau disebut juga dengan porsio serviks
  • Bagian Pars Supravaginalis ,yakni merupakan bagian serviks uteri yang letaknya berada bagian atas vagina
Baca Juga :  Pengertian Pemuaian

Kemudian terdapat sebuah saluran yang terbentuk pada serviks yang disebut dengan kanalis Serviks , dimana pada saluran ini membentuk sebuah saluran yang lonjong dengan panjang sekitar 2,5 cm.

Kemudian pada bagian sebuah Pintu saluran serviks yang berada di dalam uterus disebut dengan ostium uteri internum, sedangkan pada pintu yang letaknya berada di vagina disebut dengan ostium uteri eksternum.

Kemudian dari bagian dalam ke luar dinding uterus disusun oleh 3 lapisan utama, yakni berikut ini penjelasnanya:

Endometrium

Apa yang dimaksud dengan Endometrium? yakni merupakan suatu lapisan selaput lendir yang tersusun oleh jaringan epitel,dan kelenjar serta banyak terdapat pembuluh darah di dalamnya.

Untyk Epitel yang menyusunnya yakni selapis silindris, dan juga banyak kelenjar yang memproduksi lendir pada bagian ini.

Myometrium

Apa yang dimaksud dengan Myometrium ? yakni merupakan suatu lapisan otot yang penysunnya dilakukan oleh sekelompok otot polos.

Kemudian untuk bagian dalam lapisan ini kebanyakan diantarnya disusun oleh otot yang berbentuk sirkuler yakni (melingkar), namun sedangkan pada bagian luarnya mempunyai bentuk seperti longitudinal, serta diantara kedua lapisan tersebut terdapat lapisan oblik, yakni sebuah lapisan yang sangat kuat dan juga di dalamnya terkandung banyak pembuluh darah.

Perimetrium

Apa yang disebut dengan Perimetrium? ialah merupakan sebuah lapisan yang berada dibagian terluar dari uterus, dimana pada lapisan ini kerap dikenal dengan sebutan lapisan serosa.

Kemudian pada perimetrium ini juga dapat dikatagorikan sebagai membran berlapis ganda yang nantinya yang akan berlanjut ke abdomen dan disebut dengan peritoneum.

Pada dasarnya uterus letaknya mengapung di dalam bagian rongga pelvis. Sehingga agar dapat memberi dukungan terhadap posisinya tersebut, maka ada beberapa jaringan ikat dan ligamentum yang menjadi penyokongnya yang membuat bisa terfikasasi dengan baik, Ligamen daintaranya, yakni sebagai berikut:

apa itu Ligamentum Kardinale Sinistrum Et Dekstrum, Yakni merupakan suatu ligamentum yang sangat penting guna mencegah serta mendukung uterus agar tidak turun.

Untuk Penyusun dari adanya Ligamentum ini yakni oleh jaringan tebal yang mengalir dari serviks dan juga puncak vagina himgga mengarah ke samping dinding perlvis.

Apa yang dimaksud dengan Ligamentum Sakro Uterinum ? ialah merupakan salah satu ligamentum yang berfungsi dalam menahan serta menjaga uterus agar tidak terlalu banyak melakukan pergerakan, baik ke kiri maupun ke kanan.

Baca Juga :  Fungsi Kelenjar Cowper

Apa yang diamksud dengan Ligamentum Rotundum Sinistrum Et Dekstrum? yakni merupakan salah satu ligamentum yang mempunyai fungsi dalam melindungi serta menahan uterus dalam posisinya yang berada sudut fundus uteri kiri ke kanan.

Apa yang dimaksud dengan Ligamentum Latum Sinistrum Et Dekstrum? pada umumnya peranan ligamentum ini tak terlalu membentu dalamproses fiksasi uterus, sehingga pada bagian ini merupakan sebuah bagian yang terdapat pada peritoneum yang meliputi uterus dan tuba falloppi dan berbentuk sebagai lipatan.

Apa yang dimaksud Infundibulo Pelvikum, ialah merupakan sebuah ligamentum yang berfungsi untuk memfiksasi tuba fallopi danovarium menuju ke dinding pelvis.

Fungsi Uterus

Adapun Fungsi utama pada uterus ini ialah sebagai sebuah tempat dalam berlangsungnya masa pertumbuhan dan juga perkembangan yang di peroleh dari hasil pembuahan sel ovum oleh sel sperma.

Kemudian dari Hasil fertilisasi atau pembuahan ini akan nantinya akan berkembang serta tumbuh menajdi sebuah janin, yang ukurannya akan terus membesar atau tumbuh hingga telah tiba pada saatnya untuk melahirkan. Dan fungsi lainnya uterus (rahim) ini diantaranya ialah:

  • Guna melancarkan peredaran darah menuju ke organ seksual selama berlangsungnya berhubungan intim.
  • Bisa memberikan kemudahan dalam proses persalinan dengan kontraksi otot-otot dan juga penyusunannya.
  • Kemudian pada Komponen penyusunan dari uterus ini dapat memberikan bantuan terhadap orang lain misalnya seperti kandung kemih, lalu usus, dan juga tulang pelvis guan melakukan fungsinya dengan normal.
Apa Itu Uterus?

yakni merupakan salah satu organ kompleks yang terdapat pada sistem reproduksi betina yang utama pada kebanyakan mamalia termasuk manusia.

Dimanakah letak uterus ini berada pada manusia ?

Letak Uterus ini pada manusia berada pada bagian bawah pusat, tepatnya di daerah panggul.

Apa yang dimaksud dengan Korpus uteri?

yakni merupakan salah satu bagian yang terdapat pada badan uterus yang paling utama dan juga merupakan bagian yang terbesar.

Endometrium Adalah?

Yakni merupakan suatu lapisan selaput lendir yang tersusun oleh jaringan epitel,dan kelenjar serta banyak terdapat pembuluh darah di dalamnya.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai fungsi uterus, semoga tulisan kali ini dapat bermnafaat untuk sobat semua.

Artikel Lainnya :