Analisis Data Adalah

Posted on

Analisis Data Adalah – proses atau upaya untuk mentransformasikan data menjadi informasi baru sehingga karakteristik data menjadi lebih mudah dipahami dan berguna untuk menyelesaikan masalah.

Kali ini kabarkan.com akan memberikan pelajaran mengenai Analisis Data, Dimana pelajaran ini akan dikupas secara jelas, dengan berdasarkan Pengertian, Teknik, Metode, dan Contoh.

Pengertian Analisis Data Adalah

Pengertian analisis data adalah proses atau upaya untuk mentransformasikan data menjadi informasi baru sehingga karakteristik data menjadi lebih mudah dipahami dan berguna untuk menyelesaikan masalah, terutama yang terkait dengan penelitian.

Analisis Data Adalah

Analisis data juga dapat didefinisikan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk mengubah data hasil penelitian menjadi informasi yang baru dan dapat digunakan dalam kesimpulan.

Secara umum, tujuan analisis data adalah untuk menjelaskan data dengan cara yang lebih mudah dipahami dan kemudian menarik kesimpulannya. Kesimpulan dari analisis data diperoleh dari contoh, yang biasanya dilakukan atas dasar pengujian.

Teknik Analisis Data

Contoh Teknik Analisis Data

Saat menulis teknik pengumpulan data, kita harus menempatkan sebuah karya ilmiah pada bab 3, apakah itu tesis, karya ilmiah, tesis, atau laporan penelitian. Hal ini disebabkan oleh alasan dengan metode penelitian yang digunakan.

Contoh Teknik Analisis Data Penelitian Kuantitatif

Saat menulis sejumlah langkah, metode analisis data kuantitatif, yang dalam hal ini tidak dapat dipisahkan dari sejumlah metode yang dapat digunakan, misalnya saat menentukan sampel penelitian sesuai dengan bagian yang ada.

Dalam menulis setelah metode pengumpulan serangkaian data, ini juga berlaku untuk masing-masing model karya ilmiah, misalnya, dalam penyusunan abstrak dan proposal penelitian.

Ketika melakukan hal ini wajib dilandaskan pada prosedur dan langkah-langkah tertentu. Berikut ini adalah beberapa langkah langkah nya :

  • Tahap pencobaan, yakni pencobaan proses data kualitas , baik dari segi keandalan maupun reliabilitas alat penyatuan bahan.
  • Tahap deskripsi data adalah proses menyusun bahan dan menyajikannya dalam frekuensi bentuk tabel atau diagram dengan ukuran yang berbeda dari kecenderungan pusat dan ukuran varians. Tujuannya adalah untuk memahami karakteristik data sampel dari penelitian ini.
  • Tahap pengujian hipotesis, yaitu proses memeriksa proposal, apakah itu dapat diterima atau ditolak, apakah masuk akal atau tidak. Berdasarkan langkah ini, kesimpulan atau keputusan akan dibuat kemudian.
  • Pengumpulan bahan, tahap awal dari kegiatan analis adalah pengumpulan bahan untuk analisis.
  • Fase penyuntingan, yaitu proses pengecekan kejelasan dan kelengkapan yang terkait dengan pengisian alat pengumpulan data.
  • Tahap pengkodean, yang merupakan proses mengidentifikasi dan mengklasifikasikan semua operator yang ada di alat pengumpulan data, berdasarkan variabel yang sedang dipelajari.
Baca Juga :  Pameran Seni Rupa

Metode Analisis Data

Metode penelitian

Metode sebagai upaya untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji pengetahuan yang benar, karya ilmiah(suatu penelitian) dapat mencapai apa yang diharapkan secara akurat dan terarah menggunakan metode ilmiah.

Sedangkan metode penelitian adalah strategi yang biasanya dilakukan dalam pengumpulan dan analis yang diperlukan, untuk menjawab tugas.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental, Penelitian eksperimental adalah penelitian yang dilakukan dengan sengaja memprovokasi suatu peristiwa atau keadaan,
menjadi cara pencarian.

Hubungan sebab akibat antara dua faktor yang disengaja dan disebabkan oleh peneliti dengan menghilangkan atau mengurangi mengesampingkan faktor-faktor lain yang dapat mengganggu.

Metode analis berbeda dari teknik analis, meskipun kedengarannya serupa. Metode ini lebih terkait dengan pendekatan yang lebih umum dan berisi metode pendekatan ini. Hasil penelitian luas dibagi menjadi 2 bagian, yakni metode kualitatif dan kuantitatif.

Sedangkan dalam metode kuantitatif itu sendiri terdapat berbagai jenis metode analitik, seperti korelasi, regresi, komparatif, deskriptif dan sejenisnya.

Analis Metode kuantitatif adalah pendekatan pemrosesan sumber menggunakan metode statistik atau matematika yang dikumpulkan dari data sekunder. Keuntungan dari metode ini adalah kesimpulan yang lebih terukur dan komprehensif.

Metode Analisis Data Kuantitatif Terdiri Dari Beberapa Teknik Seperti :

  • Analis deskriptif, kami menggambarkan hasil dari data yang dikumpulkan, seperti memakai cara indikator statistik seperti rata-rata, median, mode dan standar deviasi.
  • Analisis komparatif, kita membandingkan satu kejadian nyata dengan fenomena lain, atau kita membandingkan kejadian yang sama di berbagai kelompok subjek.
  • Analisis korelasi, kita melihat hubungan antara satu kejadian dengan fenomena lain, yang tidak terbukti secara teoritis.
  • Analisis Kausalitas, kami kembali mempertanyakan kausalitas antara beberapa fenomena, yang secara teoritis harus saling mempengaruhi.

Metode analisis data kuantitatif lebih banyak digunakan di bidang ilmu pasti, ekonomi, teknik, dan kedokteran. Meskipun saat ini banyak studi sosial yang merupakan bagian aplikasi dan pengaruh ilmu tersebut. Oleh karena itu, pendekatan kuantitatif sering digunakan dalam pendekatan metodologis.

Metode analisis data kualitatif adalah metode pengolahan data observasi yang mendalam, wawancara, dan data literatur. Keuntungan dari metode ini terletak pada kedalaman dari uji penelitian.

Cara analisis kedataan kualitatif sangat banyak digunakan di bidang ilmu kesosialan, hukum, sosiologi, dan politik. Meskipun tidak sepenuhnya berada di bidang sosial harus menggunakan metode kualitatif.

Bagaimana seseorang dapat menyelidiki aspek filosofis dari beberapa artikel di bidang hukum, jika tanpa studi mendalam. Tentu saja, untuk pertanyaan seperti itu diperlukan metode kualitatif. Metode analis kualitatif terdiri dari berbagai bentuk metode analisis, seperti :

  • Metode analisis ini harus Mengatur bahan berkualitas agar lebih akurat, mengapa ini diperlukan? karena, seperti yang kita ketahui, dalam penelitian kualitatif tidak ada yang namanya ukuran khusus, belum lagi penggunaan skala standar, seperti dalam penelitian kuantitatif.
  • Metode data analis ini diperlukan pengkodean bahan yang harus dilakukan karena ukuran data terutama dalam bentuk verbal dan bukan numerik, sehingga peneliti bisa melakukan kode untuk menggabungkan beberapa cara, yakni memiliki arti yang sama.
  • Metode analis data Menghubungkan satu konsep dengan konsep lain yang dapat saling mempengaruhi, ukuran hubungan atau pengaruh tidak dapat digambarkan dengan angka.
  • Analis ini melegitimasi hasil yang ada dengan membandingkan konsep-konsep lain yang, menurut pendapat kami, bertentangan dengan kesimpulan.
Baca Juga :  Anggaran Adalah

Contoh Analisis Data

Misalnya, penelitian kualitatif, “Praktek artis mikro di Instagram.” Peneliti mewawancarai beberapa artis yang sedang naik daun. Hipotesis yang dikembangkan.

Misalnya, adalah bahwa selebriti melihat pengikut Instagram (IG) sebagai pemirsa yang selalu menunggu kehadiran mereka dalam publikasi terbaru, misalnya, artis yang diharapkan penggemar mereka selama pertunjukan.

Namun, salah satu informan ternyata adalah pengikut sebagai konsumen potensial yang akan membeli produk yang menyetujuinya. Kasus ini dikeluarkan oleh peneliti, karena dia tidak mengkonfirmasi hipotesis yang dikembangkan berdasarkan data lain.

Atau, para peneliti sedang mencari data baru untuk melihat apakah selebriti cenderung menganggap pengikut sebagai audiens atau konsumen.

Dalam transkrip, beberapa informan mengatakan bahwa para pengemar sangat penting, karena tanpa mereka, mereka bukan apa-apa, tidak ada yang suka musisi tanpa penonton atau artis tanpa penggemar. Kami menemukan transkripnya sebagai beriku :

  • Penggemar sangat penting karena tanpa mereka kita bukan apa-apa. Sebagai seorang seniman tanpa penonton.
  • Pengikut sangat penting untuk interaksi, mereka yang menilai bagaimana cara agar kita menerbitkan, bagaimana penonton menilai artis favorit mereka
  • Penggemar penting karena ini adalah titik penjualan kami. Tanpa ini, kita tidak bisa menghasilkan.

Hasil penelitian sebelumnya (diperoleh dari studi literatur) menunjukkan bahwa selebriti melihat penggemar mereka sebagai pengikut, sehingga gambar online selebriti harus selalu dijaga dengan baik.

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan materi pelajaran ini. Semoga dengan apa yang telah kami sampaikan dalam artikel ini, dapat memberikan pemahaman serta bermanfaat untuk sobat semua. AMIN.

Baca Juga: