Macam Macam Patung

Posted on

Macam Macam Patung – adalah jenis karya Seni yang di ciptakan oleh manusia, yang karyanya dalam tiga dimensi. Karya cipta biasanya dibuat oleh pemahat, cara memahat ini di buat berdasarkan bahan dari tanah liat atau dengan media yang lain.

Kali ini kabarkan.com akan meberikan pelajaran mengenai Macam Macam Patung. Dimana pelajaran ini akan dikupas secara jelas, dengan Berdasarkan Pengertian, Bentuk dan Fungsi.

Pengertian

Patung adalah karya Seni yang di ciptakan oleh manusia, yang karyanya dalam tiga dimensi. Karya cipta biasanya dibuat oleh pemahat, cara memahat ini di buat berdasarkan bahan dari tanah liat atau dengan media yang lain. Orang yang menciptakan karya seni ini disebut dengan pemhat patung. Hasil pahatannya bisa bertahan sangat lama.

Macam Macam Patung

Dengan perkembangan seni patung modern, karya-karya yang dibuat menjadi lebih beragam, baik menggunakan bahan dan metode cetakan kemudian akan memberikan informasi tentang seni visual patung.

Selena itu seni patung biasannya diketahui dengan karya seni yan hasilnya mengandung nilai keindahan dan kemewahan.

Contohnya seperti patung yang mewakili Jenis karya seni seni yang Ada pada bentuk yang memiliki makna Yang Sangat Luas, sebab pada Hasil karyanya tidak Hanya memiliki bentuk seperti manusia dan Hewan Saja, melainkan dalam bentuk apaun yang di inginkan selama masih memenuhi syaratnya yaitu bentuk tiga dimensi dan juga memiliki volume yang di dalamnya terkandung unsur seni yang sangat indah

Kemudian untuk teknik yang biasa digunakan dalam pembuatan salah satu janis karya patung ini dengan karya memahat.

Apa pun pada tradisi menciptakan karya seni patung ini pada mulanya brasal dari negri barat, pada masa yunani kuno, dima pada kompilasi itu patung diangapa sebagai salah satu bentuk dari karya seni yang sangat bernilay.

Bentuk Patung

  • Figuratif adalah bentuk patung yang dibuat oleh tiruan alami dari suatu bentuk, misalnya: manusia, binatang atau tumbuhan. Bentuk karya ini disempurnakan secara lengkap sesuai dengan keasliannya.
  • Patung non-figuratif adalah karya seni yang tidak dieksekusi sebagai bentuk figuratif, tetapi dibuat di luar bentuk aslinya. hasil ini biasanya menampilkan garis, lubang, lekukan melintang atau memanjang, dan lain sebaginya.
  • Posisi bebas Ini adalah salah satu karya pahatan, yang menunjukkan hampir semua bagian tubuh (Keseluruhannya) dalam posisi tegak, oleh karena itu patung ini disebut patung bebas.
  • Torso Ini adalah salah satu patung, yang biasanya hanya menunjukkan setengah bagian dari tubuh atau sebagaian dari dada, lalu pinggang, ke pinggul, jenis patung bayaran Torso ini tidak memiliki kepala.
  • Probe Ini adalah salah satu bentuk dari seni pahat, yang menunjukkan hampir semua bagian tubuh, sekarang perbedaannya dengan patung Free adalah bahwa jenis patung Probe ini tidak dalam posisi berdiri, tetapi biasanya suka duduk, berbaring, dan posisi lainnya.
  • Sedada adalah jenis patung yang menunjukkan hanya setengah dari tubuh, sebagai contoh dari kepala ke dada
  • Kepala adalah jenis patung yang biasanya hanya menunjukkan kepala sampai bagian leher
Baca Juga :  Allahumma Yassir Wala Tu'assir

Patung Kinetis adalah salah satu patung tiga dimensi yang dapat bergerak, oleh karena itu disebut Patung Kinetis. Patung ini dapat menciptakan gerakan yang didukung oleh tenaga mesin, tenaga air, dan tenaga angin.

Contoh dari patung kinetis misalnya, patung yang dapat menghancurkan / mengalirkan air, yang merupakan patung kinetik inovatif, sehingga air yang keluar dapat mengalir sangat cepat, dan kemudian akan memiliki unsur keindahan.

Patung tiga dimensi Ini adalah salah satu karya atau pahatan yang bisa dilihat dari sudut manapun. Di mana dalam jenis ini patung tiga dimensi ini masih dikenal.
Selain itu, patung ini biasanya dapat ditemukan di dalam kuil mulai dari Yunani kuno, Romawi, dan tempat tempat peribadatan lain.

Selain itu, juga dapat ditemukan di wilayah abad pertengahan, misalnya, sebagai patung Daud, yang diciptakan oleh salah satu pematung yang sangat terkenal, Andre Kusmayadi.

Fungsi Macam Macam Patung

  1. Patung religius
    fungsi penciptaan patung ini adalah sarana ibadah dan makna keagamaan bagi beberapa komunitas berbagi agama.
  2. Patung Monumen
    Manfaat penciptaan patung ini adalah untuk menghormati memori atau menandai peristiwa sejarah dan peristiwa yang lain atau jasa pahlawan di masa lalu.
  3. Patung arsitektur
    Tujuan patung ini adalah untuk mendukung konstruksi bangunan dan nilai estetika atau keindahan.
  4. Dekorasi pahatan
    Dari penciptaan patung ini digunakan untuk menghias bangunan atau taman, baik wisma dan taman bermain.
  5. Seni patung
    Maksud pembuatan patung ini adalah karya seni murni untuk estetika, yang hanya dinikmati oleh keindahan bentuknya.
  6. Kerajinan patung
    Tujuan pembuatan patung ini adalah untuk menjualnya, karena dibuat oleh pengrajin.

Fungsi individu: fungsi individu atau apa yang dapat kita sebut dengan fungsi pribadi dimaksudkan hanya untuk memenuhi kebutuhan emosional mereka.

Salah satu contoh fungsi seni bagi orang adalah untuk memenuhi kebutuhan emosional. Seni rupa memberi kesenangan kepada pencipta dan pecinta seni. Jangan pedulikan penilaian orang lain. Atau tidak peduli dengan kebutuhan orang lain.

Dia yang sedih bisa dihibur dengan menikmati keindahan lukisan itu sendiri. Buat lukisan sendiri, yang nantinya berfungsi bisa membangkitkan ingatan akan sesuatu yang indah.

Berikan antusiasme yang cukup. Mengunjungi pameran seni juga bisa menjadi alternatif untuk memulihkan suasana hati atau pikiran yang lelah dengan rutinitas sehari-hari yang membosankan, terutama jika kita pecinta seni rupa.

Memuaskan kebutuhan fisik: seni terapan digunakan dalam fungsi kehidupan untuk memenuhi kebutuhan fisik. Karena produk ini dirancang untuk seumur hidup, maka harus memenuhi tiga kriteria, yaitu kenyamanan, keindahan dan keselamatan.

Baca Juga :  Contoh Surat Peringatan

Ini sangat diperlukan karena ketiganya akan saling mempengaruhi dan diperlukan. Keberadaan seni terapan, yang menarik perhatian tidak hanya pada fungsionalitas, tetapi juga nilai estetika atau kosmetik.

Namun, ini adalah keuntungan yang jelas yang dapat mengarah pada kenyamanan sebagai salah satu pilar penting dari kebutuhan fisik yang memuaskan.

Salah satu contohnya adalah desain pakaian dan aksesoris yang menarik yang memberikan kenyamanan, keamanan dan nilai dalam penggunaan yang sesuai dengan kebutuhan fisik orang.

Fungsi sosial dari rekreasi Istirahat: kita bisa menyebutnya hiburan. Hiburan ini adalah salah satu fungsi artistik yang dapat dirasakan secara langsung. Karena jika kita melihat pekerjaan, hati akan menjadi tenang, damai dan nyaman.

Perasaan antusiasme kembali bekerja. Ini adalah keuntungan berlipat ganda dalam apresiasi seni. Keindahan dan kenyamanan sebuah karya seni adalah daya tarik khusus yang dapat menghibur banyak orang dari berbagai lapisan masyarakat.

Seperti kombinasi elemen musik yang bisa menyenangkan, seni rupa juga membantu orang menyegarkan suasana setelah rutinitas yang melelahkan sepanjang hari.

Fungsi komunikasi Seiring dengan perkembangan teknologi, jaringan sosial dan Internet, karya seni semakin efektif menembus nilai-nilai budaya mereka.

Lihat bagaimana seorang seniman yang berlokasi di Eropa menyampaikan ide-ide dan nilai-nilai budayanya melalui gambar yang dapat dilihat banyak orang di seluruh dunia melalui jejaring sosial tempat seniman tersebut membagikan hasil karyanya.

Pertimbangkan artis-artis Indonesia yang mampu mengejutkan dunia dengan karya mereka. Anehnya, seniman menyampaikan budaya melalui seni. Mereka mempersembahkan produk seni mereka kepada dunia. Misalnya, Batik, atau Batik yang sudah dikenal di dunia.

Wyang Kulit, yang diakui di dunia. Mungkin dunia juga akan mempelajari sejarah Wayang Kulit untuk mempelajari cara membuat Wayang Kulit. Produk ini adalah bukti nyata sebagai alat komunikasi. Kami mendapat banyak ketika kita menikmati sesuatu yang kaya akan seni.

Banyak struktur bangunan terkenal diciptakan karena perancang belajar banyak dari seni arsitektur bangunan sebelumnya, yang membuatnya terkesan.

Juga bukan desain yang fashionable yang terus berkembang seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi dan teknologi informasi. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak desainer belajar dari seni yang ada dan kemudian berkembang secara kreatif.

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan materi pelajaran ini mengenai Macam Macam Patung. Semoga dengan apa yang telah kami sampaikan dalam artikel ini, dapat memberikan pemahaman serta bermanfaat untuk sobat semua. AMIN.

Baca Juga: