Daya Listrik

Posted on

Daya Listrik – Materi pelajaran fisika kali ini akan membahas lebih jauh mengenai daya listrik beserta pengertian, rumus, persamaan daya listrik dan contoh soalnya. Pada pertemuan sebelumnya kami telah membahas mengenai materi rumus dan contoh kecepatan,  langsung saja mari kita simak bersama ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Daya Listrik

Contoh Daya listrik
Contoh Daya listrik

Daya litrik atau Electrical Power ialah merupakan suatu jumlah besaran listrik yang dapat diserap dalam sebuah rangkaian listrik. Daya listrik dihasilkan oleh sumber energi berupa tegangan listrik, namun beban dalam proses penghasil daya akan menyerap dayanya. Berikut ini merupakan contoh daya listrik yang digunakan dalam kehidupan sehari hari misalnya lampu dan heater (alat pemanas). Daya listrik tersebut akan diserap lalu diubah menjadi energi panas. Penyerapan daya listrik semakin meningkat, jika besar Wattnya maka akan semakin meningkat.

Adapun daya listrik juga dilihat berdasarkan konsep usaha yakni sebuah usaha yang berguna untuk memindahkan muatan setiap waktu dengan jumlah suatu energi yang tertentu.

Rumus
KeteranganP = Daya Listrik (Watt)
E = Energi Listrik (Joule)
t  = Waktu (detik)

Apabila ditinjau kembali pada rumus diatasyang mana pada daya listrik mempunyai lambang huruf P yang berarti Power. Dalam daya listrik juga  terdapat suatu satuan SI yakni Watt / W.  dan juga mempunai suatu persamaan arti ialah Joule/detik. D ibawah ini terdapat satuan Watt yang sering digunakan yaitu contohnya sebagai berikut:
1 mili Watt = 0,001 Watt
1 kilo Watt = 1.000 Watt
1 Mega Watt = 1.000.000 Watt

Rumus Daya Listrik

Pada rumus secara umum dipakai guna untuk menghitung satuan Daya Listrik dalam sebuah Rangkaian Listrik yaitu sebagai berikut :

RumusP = V x IAtau

P = I2R
P = V2/R

KeteranganP = Daya Listrik dengan satuan Watt (W)
V = Tegangan Listrik dengan Satuan Volt (V)
I = Arus Listrik dengan satuan Ampere (A)
R = Hambatan dengan satuan Ohm (Ω)

 

Persamaan Rumus Daya Listrik

daya listrik
daya listrik

Dalam contoh gambar di atas , variabel yang di ketahui hanya tegangan ( V ) dan hambatan ( R ), jadi kita tidak dapat menggunakan rumus dasar daya listrik yaitu P = V x I, namun kita bisa menggunakan persamaan berdasarkan konsep hukum Ohm untuk mempermudah perhitungan nya.

Hubungan Horsepower ( hp ) dengan Watt

Hampir semua peralatan listrik rumah tangga maupun di kantor-kantor menggunakan watt sebagai satuan penggunaan daya listrik nya. Namun ada juga peralatan tertentu yang tidak menggunakan watt melainkan menggunakan satuan Horsepower ( hp ). Dalam Konversinya yaitu, 1 hp = 746 watt.

Agar supaya lebih paham saya akan memberikan kalian semua contoh soal nya :

Contoh Soal Daya Listrik

Sebuah tv LCD memerlukan tegangan sebesar 220V dan arus listrik sebesar 1,2A agar dapat mengaktifkan nya. Jadi berapa Daya yang di butuhkan untuk menggunakannya ?Jawab :

Diketahui :
V = 220V
I = 1,2A

Di tanya :
daya listrik ( P )….?

Di jawab :
P = V x I
P = 220V x 1,2A
P = 264 Watt

Maka , tv  menggunakan daya listrik sebesar 264 Watt.

Contoh Soal.2

Sebuah Komputer memerlukan Tegangan 220V dan Arus Listrik sebesar 1,2A untuk mengaktifkannya. Berapakah Daya Listrik yang dikonsumsinya ?

Penyelesaiannya

Diketahui :

V = 220V
I = 1,2A

Ditanya P = ?

Jawaban :

P = V x I
P = 220V x 1,2A
P = 264 Watt
Jadi komputer tersebut mengkonsumsi daya sebesar 264 Watt.

Contoh Soal 3.

Sebuah lampu tertulis 10 watt. Jika dinyalakan dalam waktu 5 menit. Berapakah energi listriknya?

Jawab :

Ditanya W…?

W = P x t

W = 10 watt x 300 sekon

W = 3000 joule

Jadi energi listriknya adalah 3000 J.

Contoh Soal.4

Pada sebuah gosokan listrik 200 watt menyala dalam waktu satu(1) jam. Berapakah energi listrik yang telah digunakan?

Jawab :

Ditanya W…?

W = Pxt

W= 720.000joule atau setara dengan 720kJ

 

Demikianlah materi pembahasan mengenai daya listrik kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua.

Artikel ContohSoal.co.id Lainnya:

Baca Juga :  1 Ons Berapa Kg