Joint Venture

Posted on

Joint Venture – Adalah perusahaan yang dibuat oleh dua atau lebih entitas komersial untuk melakukan bisnis bersama untuk jangka waktu tertentu. Kedua perusahaan ini adalah perusahaan yang berasal dari suatu hubungan negara

Kali ini kabarkan.com akan memberikan pelajaran mengenai Joint Venture. Dimana pelajaran ini akan dikupas secara jelas, dengan berdasarkan Pengertian, Jenis dan Contoh .

Pengertian

Joint Venture adalah perusahaan yang dibuat oleh dua atau lebih entitas komersial untuk melakukan bisnis bersama untuk jangka waktu tertentu. Kedua perusahaan ini adalah perusahaan yang berasal dari suatu hubungan negara dengan perusahaan dari luar negeri (asing).

Joint Venture

Di bidang ekonomi, kita sering mendengar istilah joint venture. Apa sebenarnya arti dari usaha patungan? Mari kita memahami arti kata itu bersama.

Usaha patungan adalah kolaborasi dari dua atau lebih perusahaan yang berasal dari perusahaan dalam negeri dengan perusahaan asing. Di dalam perusahaan, usaha patungan telah menjadi rutin karena perusahaan pintar jika bekerja dengan perusahaan lain.

Usaha patungan atau usaha patungan diklasifikasikan sebagai Kegiatan Penanaman Modal Asing, sebagaimana didefinisikan dalam Bagian 1, huruf (c) UU No. 25 tahun 2007 tentang investasi (“Undang-Undang Investasi”)

Untuk memperluas bisnisnya, dua atau lebih perusahaan independen biasanya menyumbangkan modal bersama untuk menciptakan perusahaan baru. Usaha patungan adalah kolaborasi dari beberapa pihak untuk melakukan bisnis bersama untuk jangka waktu tertentu.

Biasanya, kolaborasi berakhir setelah tujuan tercapai atau pekerjaan selesai. Perbedaan antara perusahaan patungan dan kemitraan dengan perusahaan (CV) adalah bahwa kehidupan perusahaan patungan jauh lebih pendek daripada usia kemitraan konvensional.

Kerjasama perusahaan diciptakan untuk dipahami sebagai perusahaan yang memberikan kekuatan ekonomi kepada perusahaan induk untuk saling menguntungkan.B sebenarnya, perusahaan memiliki hal-hal yang berbeda yang disebut kerjasama, dan perusahaan patungan adalah salah satunya.

Misalnya, ada kemitraan kemitraan (CV) dan perusahaan yang memiliki perbedaan pendapat dengan perusahaan patungan, terutama yang berkaitan dengan waktu implementasi.

Jika waktu joint venture relatif lebih pendek dari dua bentuk kerjasama. Usaha patungan akan segera berakhir jika mencapai tujuannya. Dengan demikian, di antara negara-negara sekutu ada tujuan masing-masing dalam kerja sama yang telah dibuat atau didirikan.

Kerjasama Perusahaan adalah unit yang dibentuk antara dua pihak atau lebih untuk melakukan kegiatan ekonomi bersama. Para pihak menyetujui pengelompokan, membawa ekuitas ke properti, dan kemudian dibagi menjadi pendapatan, biaya, dan kendali perusahaan.

Frasa ini biasanya merujuk pada tujuan grup, bukan tipe grup. Kemudian Kerjasama Perusahaan. Ini dapat berupa badan hukum, kemitraan, LLC atau struktur resmi lainnya, tergantung pada jumlah kompensasi, seperti kewajiban dan kerugian pajak.

Baca Juga :  Contoh Rundown Acara

Kerjasama Perusahaan bersama dalam industri minyak dan gas, dan seringkali badan hukum antara perusahaan lokal dan asing, perusahaan patungan sering bertindak sebagai alternatif bisnis yang layak di sektor ini, karena perusahaan-perusahaan ini dapat meningkatkan peralatan mereka, sementara perusahaan menawarkan kehadiran geografis kepada perusahaan asing. ,

Juga diketahui bahwa Kerjasama Perusahaan di negara-negara terbelakang menunjukkan ketidakstabilan yang lebih besar, dan usaha patungan yang melibatkan mitra negara lebih mungkin bangkrut (perusahaan swasta tampaknya memiliki lebih banyak peluang untuk mendukung keterampilan penting, jaringan pemasaran, dan lain sebagainya.

Beberapa negara, seperti Republik Rakyat Cina dan India, mengharuskan perusahaan asing untuk membuat Kerjasama Perusahaan dengan perusahaan lokal untuk memasuki pasar.

Persyaratan ini sering mendorong transfer teknologi dan kontrol manajer ke mitra lokal. Sebagian besar Kerjasama Perusahaan gagal di Asia karena perbedaan budaya.

Kerjasama Perusahaan gagal karena sejumlah alasan, termasuk kurangnya komunikasi dan distribusi listrik antar manajemen.

Jenis Joint Venture

Joint Venture domestik

  • Joint Venture Domestik adalah suatu bentuk usaha patungan yang dibuat antara perusahaan domestik.

Joint Venture internasional

  • Joint venture International adalah bentuk usaha patungan dengan partisipasi perusahaan asing sebagai salah satu pihak.

Sesuai dengan ayat 1 Pasal 8 Keputusan Menteri Negara untuk Mobilisasi Dana Investasi / Ketua Dewan Koordinasi Investasi nomor: 15 / SK? 1994, mengenai ketentuan tentang pengenalan hak properti di perusahaan yang dibuat sebagai bagian dari investasi asing, sektor bisnis yang diperlukan untuk membuat usaha patungan adalah:

  • pelabuhan
  • Produksi, transmisi dan distribusi listrik untuk penduduk
  • Telekomunikasi
  • Layanan
  • Penerbangan
  • Air minum
  • Kereta umum
  • Energi atom
  • Media

Faktor PMA yang diperlukan untuk menciptakan usaha patungan dengan perusahaan-perusahaan domestik adalah bahwa perusahaan-perusahaan ini diklasifikasikan sebagai penting bagi negara dan mengendalikan kehidupan banyak orang. Pada saat yang sama, investasi asing dilarang di bidang yang terkait dengan pertahanan nasional, seperti produksi senjata, peralatan, alat peledak dan peralatan militer.

Sukmayadi juga menyebutkan unsur-unsur yang menjadi dasar dari kerjasama perusahaan, yaitu uraian pihak-pihak dalam kontrak, pertimbangan, uraian tujuan, kondisi perselisihan, waktu organisasi dan kerjasama. Selain itu, ada juga unsur-unsur seperti pembiayaan, dasar penilaian, hubungan antara mitra, transfer saham, bentuk hukum dan pendapatan mitra.

Contoh Joint Venture

Berikut adalah beberapa perusahaan besar yang telah bergabung dengan sistem Joint Venture, beberapa di antaranya adalah perusahaan di negara kita Indonesia :

Baca Juga :  Contoh Filtrasi

1) Asus dan Gigabyte
Persaingan bisnis dalam pembuatan peralatan untuk produk komputer mendorong banyak perusahaan untuk berinovasi dan berkolaborasi dengan perusahaan lain. Ini juga dilakukan oleh dua perusahaan teknologi terkenal dari Taiwan, yaitu Gigabyte dan ASUS, yang masih bersaing dalam produksi motherboard, kartu video dan beberapa komponen lainnya.

Kedua perusahaan sepakat untuk bekerja sama untuk menciptakan strategi baru untuk produksi dan pemasaran motherboard dan kartu video pada tahun 2007.

2) Sharp dan Sony
SHARP Corporation (SHARP) dan SONY Corporation (SONY) mengumumkan penandatanganan nota kerjasama opsional dalam produksi dan penjualan panel dan modul LCD berukuran besar dari pabrik Sharp LCD. Secara hukum, kerja sama ini mulai berlaku pada 30 September 2008.

3) PT.Pusri dengan Perusahaan Petrokimia Nasional Iran (NPCI)
Di Indonesia sendiri, PT Pusri beroperasi bekerja sama dengan Perusahaan Petrokimia Nasional Iran (NPCI). Kolaborasi ini adalah untuk membangun pabrik pupuk dengan kapasitas 1,14 juta ton per tahun.

Saham Pusri sendiri di perusahaan patungan mencapai $ 97 juta dan harus dibayarkan selama empat tahun ke depan.

  • ne1mobile antara One1 dan Netalizer
  • AutoAlliance International antara Ford Motor Company dan Mazda
  • Aliansi Strategis antara Northwest Airlines dan KLM Royal Dutch Airlines
  • LG. Komponen Philips antara LG Group dan Royal Philips Electronics
  • NUMMI antara General Motors dan Toyota
  • Penke Truck Leasing antara GE dan Penske Corporation
  • Sony Ericsson antara Sony dan Ericsson
  • Jaringan Nokia Siemens antara Nokia dan Siemens AG
  • Balfour Beatty Skanska JV antara kontraktor konstruksi dan Balfour Beatty Skanska
  • Brewers Retail Inc. antara Inbev, Molson Coors dan Sapporo Breweries
  • Verizon Wireless antara Verizon Communications dan Vodafone
  • Jaringan Televisi CW antara CBS Corporation dan Time Warner
  • Jaringan Baseball antara ABC, NBC dan Major League Baseball
  • Prime Time Entertainment Network, sebuah konsorsium Prime Time, sebuah perusahaan patungan dari Warner Bros. Televisi Domestik dan grup independen stasiun Chris-Craft.
  • XFL antara NBC dan World Wrestling EntertainmentCular antara SBC (sekarang AT&T Inc.) dan BellSouth
  • DnB NORD Bank antara DnB NOR dan NORD / LB.
  • Equilon antara Texaco dan Royal Dutch Shell
  • Shell-Mex dan BP antara Royal Dutch Shell dan British Petroleum

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan materi pelajaran ini. Semoga dengan apa yang telah kami sampaikan dalam artikel ini, dapat memberikan pemahaman serta bermanfaat untuk sobat semua. AMIN.

Baca Juga: