Fungsi Rahim

Posted on

Fungsi Rahim – Setelah sebelumnnya kita telah menyaksikan bersam materi yang telah disampaikan yakni tentang Fungsi Endometrium. Maka dipertemuan kali ini akan kembali kabarkan.com terangkan materi selanjutnya, yakni tentang fungsi rahim beserta pengertian, bagian, struktur dan gambar. Nah untuk lebih jelasnya sobat bisa simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Rahim

Fungsi Rahim
Fungsi Rahim

Rahim atau dalam bahasa ilmu biologinya yakni merupakan salah satu bagian tubuh yang dimiliki oleh manusia.

Pada umumnya rahim ini hanya dimiliki oleh kaum wanita yakni merupakan suatu sistem reproduksi organ berongga yang letak nya berada diantara panggul.

Dimana rahim ini merupakan sebuah tempat dimana zigot atau embrio ditempatkan atau sederhananya merupakan sebuah tempat bereproduksi untuk mendapatkan sebuah keturunan baru.

Rahim atau uterus ini mampu menyimpan suatu yang sukuran dengan gumpalan tangan dadan juga sangat elastis, bentuk hampir menyuerupai dengan bentuk embrio yang dikandungnya.

Dimana rahim ialah termasuk sebuah organ yang sangat kuat selain bisa menampung embrio yang berkembang hingga saat akan melahirkan.

Dan ia juga mampu berkontraksi untuk mendorong bayi pada saat akan dari dalam tubuh ketika dalam proses persalinan berlangsung.

Pada wanita apabila sel telur tidak dibuahi, maka rahim tidak menjadi embrio.

Namun apabila tidak dibuahi maka, ia akanmelakukan peluruhan di dalam rahim sebab tidak ada yang membuahi sel telur tersebut.

Struktur Rahim

Fungsi Rahim
Fungsi Rahim

Fundus Uteri

Apa yang dimaksud dengan Fundus? yakni merupakan suatu bagian yang terdapat pada atas uterus yang bentuknya hampir menyerupai dengan kubah.

Kemudian pada bagian ini oviduk akan dapat masuk menuju uterus pada saat masa kehamilan berlangsung, maka dengan fundus yang ada pada uteri inilah yang nantinya bisa membantu guan memperikaran usia kehamilan seseorang.

Korpus Uteri

Apa itu Korpus uteri Yakni merupakan salah satu bagian yang ada pada bagian badan uterus yang paling utama dan terbesar.

Dimana pada Korpus uteri akan telihat seperti menyempit di bagian bawahnya dan berlanjut sebagai serviks.

Serviks Uteri

Apa yang dimaksud dengan Serviks? yakni merupakan salah satu bagian yang berbentuk seperti menonjol kebagian dalam vagina pada dinding depan uterus.

Dimana pada Serviks ini tersusun terdiri atas dua bagian, yakni, sebagai berikut:

  • Yang pertama yakni Pars vaginalis atau yang dikenal juga dengan sebutan porsio serviks
  • Yang keduan yakni Pars Supravaginalis, ialah merupakan slah satu bagian serviks yang keberadaannya terletak di atas vagina
Baca Juga :  12 Fungsi Tulang Paha Pada Tubuh Manusia

Kemudian pada saluran yang mempunyai bentuk seperti serviks yakni disebut juga dengan kanalis Serviks , dmana pada saluran ini mempunyai bentuk seperti sebuah saluran yang lonjong dan mempunyai panjang berkisar 2,5 cm.

Kemudian pada pintu yang terdapat dibagian saluran serviks yang letaknya berada di dalam rahim juga disebut dengan ostium internum, namun untuk pintu yang berada di dalam vagina disebut ostium eksternum.

Fungsi Rahim

Di bawah ini terdapat beberapa fungsi rahim yang telah kabarkan.com rangkum, yakni sebagai berikut:

  • Rumah Bagi janin untuk bertahan hidup sehingga keluar menjadi bayi
  • Pada masa konsepsi dan ovulasi , fungsi rahim mengarahkan aliran darah ke organ reproduksi selama gairah reproduksi dan hubungan reproduksi. Aliran ini merupakan sebuah peluang pembuahn
  • Apabila terjadi pembuahan maka fungsi rahim berubah menjadi penerima sel telur yang nantinya akan berubah menjadi janin
  • Pada saat sedang hamil, maka rahim berfungsi untuk melindungi bayi dari dunia luar. Dengan mebrikan oksigen dan nutrisi melalui plasenta.
  • Pada Saat Bayi akanlahir, maka rahim mempunyai fungsi dalam membantu mendorong bayi hingga menuju keluar.

Bagian–Bagian Rahim

Endometrium

Yakni Merupakan suatu lapisan selaput lendir yang disusun oleh jaringan epitel, kelenjar dan banyak pembuluh darah.

Adapun pada Epitel penyusunnya ialah suatu epitel yang kerap digunakan sebagai pelapis silindris, serta terdapat sangat banyak kelenjar yang memproduksi lendir pada bagian ini.

Dari Dua pertiga bagian atas dari rahim ini biasanya selalu dilapisi dengan epitel silindris yang dibentuk dengan selaput lendir, kemudian untuk dibagian sepertiga bawahnya yakni dilapisi oleh epitel berlapis gepeng yang melekat dengan epiter vagina.

Dan pada Endometrium ini juga merupakan suatu lapisan yang berperan penting dalam proses menstruasi (haid) berlangsung. Dimana natinya dengan menggunakan dinding endometrium inilah yang akan luruh bersamaan dengan sel ovum matang yang tidak dapat dibuahi saat masa menstruasi.

Myometrium

Apa yang dimaksud dengan Myometrium? yakni merupakan sebuah lapisan otot dimana pada penyusunnya ialah dilkakukan oleh sekumpulan otot polos.

Kemudian pada bagian dalam dari lapisan ini secara umum kebanyakan tersusun oleh otot yang mempunyai bentuk seperti sirkuler yakni (melingkar).

Namun untuk bagian luarnya mempunyai bentuk seperti longitudinal, kemudian dan diantara kedua lapisan tersebut terdapat juga lapisan oblik yakni sebuah (lapisan paling kuat dan mengandung banyak pembuluh darah di dalamnya).

Dimana pada Myometrium dpaat dikatagorikan sebagai sebuah lapisan dinding yang paling tebal dari uterus. Yang berfungsi pada saat dalam masa pertumbuhan dan perkembangan janin.

Perimetrium

Apa yang dimaksud dengan Perimetrium? yakni merupakan suatu lapisan yang berada diluar rahim, Pada umumnya lapisan ini juga dikenal dengan sebutan lapisan serosa.

Baca Juga :  Xilem dan Floem

Kemudian bentuk lainnya dimana Perimetrium ialah Merupakan sebuah membran dengan berlapis ganda yang nantinya akan masuk menuju ke abdomen dan disebut peritoneum.

Secara umum rahim letaknya berada terapung di dalam rongga pelvis. Maka pada posisi keberadaan nya tersebut ia didukung oleh beberapa jaringan ikat dan juga dengan ligamentum yang merupakan sebagai penyokongnya sehingga membuatnya bisa terfikasasi dengan baik.

Maka di bawah ini terdapat beberapa ligamen tersebut :

  • Apa itu Ligamentum Kardinale Sinistrum Et Dekstrum? yakni merupakan sebuah ligamentum yang berperan penting dalam melindungi serta mencegah rahim agar tidak turun. Pada Ligamentum ini dapat tersusun yakni dengan jaringan tebal yang berjalan dari serviks dan puncak vagina yang menuju arah samping dinding perlvis.
  • Apa itu Ligamentum Sakro Uterinum Sinistrum Et Dekstrum? yakni merupakan suatu ligamentum yang mempunyai fungsi guna mempertahankan uterus supaya ia tidak banyak bergerak, baik ke kiri maupun ke kanan.
  • Apa yang dimaksud dengan Ligamentum Rotundum Sinistrum Et Dekstrum? yakni merupakan salah satu jenis ligamentum yang memberi pertahanan terhadap uterus untuk tetap berada pada posisinya yakni dari sudut fundus uteri kiri ke kanan.
  • Apa yang dimaksud dengan Ligamentum Latum Sinistrum Et Dekstrum? yakni masih merupakan salah satu jenis ligamentum yang peranannya tidak banyak dalam membantu proses fiksasi uterus.
  • Apa yang dimaksud dengan Ligamentum Infundibulo Pelvikum? yakni merupakan salah satu ligamentum yang berperan dalam memfiksasi tuba fallopi danovarium menuju ke dinding pelvis.
Apa itu rahim ?

Rahim atau dalam bahasa ilmu biologinya yakni merupakan salah satu bagian tubuh yang dimiliki oleh manusia. yakni dimiliki oleh kaum wanita dan merupakan suatu sistem reproduksi organ berongga yang letak nya berada diantara panggul.

Sebutkan Salah satu fungsi rahim?

Pada masa konsepsi dan ovulasi , fungsi rahim mengarahkan aliran darah ke organ reproduksi selama gairah reproduksi dan hubungan reproduksi. Aliran ini merupakan sebuah peluang pembuahn

Apa yang dimaksud dengan Perimentrium?

yakni merupakan suatu lapisan yang berada diluar rahim, Pada umumnya lapisan ini juga dikenal dengan sebutan lapisan serosa.

Apa yang dimaksud dengan Myometrium?

yakni merupakan sebuah lapisan otot dimana pada penyusunnya ialah dilkakukan oleh sekumpulan otot polos.

Demikianlah materi pembahasan kita kali ini yakni tentang fungsi rahim, semoga tulisan ini dapat memberi manfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :