Fungsi Serviks

Posted on

Fungsi Serviks – Setelah sebelumnya kita telah menyaksikan bersama materi pembahasan tentang Fungsi Endometrium. Maka dipertemuan kali ini akan kembali kabarkan.com uraikan materi pembahasan yang berikutnya, yakni tentang fungsi serviks beserta pengertian, bagian, struktur, gangguan dan gambar. Baiklah mari langsung aja kita simak bersama ulasannya berikut ini.

Pengertan Serviks

Fungsi Serviks
Fungsi Serviks

Apa yang dimaksud dengan Serviks? ialah merupakan suatu bagian bawah rahim, yakni organ alat saluran reproduksi wanita.

Pada Serviks  terhubung ke vagina dengan badan utama uterus, yang berperan sebagai sebuah pintu gerbang di antara mereka.

Dengan demikian secara anatomis dan histologis, serviks tidak sama dengan uterus, maka oleh sebab itu kerap dianggap sebagai struktur anatomi yang terpisah.

Struktur Anatomi Serviks

Fungsi Serviks
Fungsi Serviks

Pada bagian leher rahim terseusu atas dua daerah; yakni ektoserviks dan kanal endoserviks.

Apa itu Ektoserviks? yakni merupakan sebuah bagian terdapat pada serviks yang berbentuk menonjol ke dalam vagina.

Kemudian terdapat pembatas diantaranya yang disebut dengan epitel skuamosa non-keratin terstratifikasi.

Pada saat terjadinya pembukaan pada ektoserviks, maka os eksternal, akan menandai terjadinaya proses transisi dari ektoserviks ke kanal endoserviks.

Apa itu Kanal endoserviks (atau disebut dengan endoserviks) yakni merupakan salah satu bagian yang sangat proksimal, dan termasuk bagian dalam serviks.

Kemudian pada bagian Ini dilapisi oleh epitelkolumnar sederhana guna mensekresi lendir.

Maka Kanal endoserviks tersebut nantinya akan berakhir, lalu rongga rahim dimulai, pada penyempitan yang disebut os internal.

Pada bagian Kanal endoserviks dilapisi dengan sebuah selaput lendir yang lembab.

Lalu kemudian pada sel-sel yang terdapat di dalam lapisan jaringan ini nantinya akan mengeluarkan sebuah cairan yang menjulurkan menyerupai sebuah struktur yang mirip seperti rambut yang dikenal sebagai silia yang berfungsi untuk membantu memindahkan sperma dengan melalui saluran.

Kemudian pada cairan yang akan dilepaskan terutama yang tersusun dari air, gula, pati, dan protein.

Maka selama proses ovulasi berlangsung yakni (pada saat ovarium melepaskan sel telur) maka sekresi lendir akan menjadi berlimpah dan berair; hal tersebut terjadi sebelum dan sesudah ovulasi, sehingga membuat sekresinya tebal dan relatif tidak banyak.

Baca Juga :  Fungsi Peroksisom

Kemudian dalam penyusunan Lendir tersebut dengan menggunakan pola filamen dan ruang seperti mesh.

Maka pada saat ovulasi tersebut berlangsung, lubang-lubang yang ada pada jalinan filamen akan menjadi lebih besar sehingga membuat sperma bisa melewatinya dengan bebas.

Lalu kemudian hadir juga sebuah enzim yang disebut Lisozim di dalam lendir serviks, yang berfungsi untuk membantu dalam proses penghancuran dari beberapa jenis bakteri dan juga melindungi dari adanya infeksi.

Kemudian pada selaput lendir, terdapat sebuah penutup yakni merupakan sebuah lapisan kolagen yang sangat tebal dan berserat elastis.

Dan juga diantaranya terdapat beberapa jaringan otot, namun jumlahnya sangat sedikit jika dibandingkan dengan yang ada pada bagian rahim lainnya.

Pada saat sedang mengalami kehamilan, maka serviks menjadi satu-satunya bagian yang tidak mengalami pengembangan di rahim, meskipun sedang menampung janin yang terdapat di dalamnya ; kemudian pada lendir yang ada di dalam saluran endoserviks akan menjadi mengental dalam hal tersebut bertujuan agar bisa membantu untuk menutup sisa rahim dari infeksi.

Apabila kita perhatikan pada saat sebelum melahirkan, dimana bentuk dari pada lendir tersebut menipis, dan dinding yang ada apada serviks mengendur hal tersebut bertujuan agar dapat mempermudah pada saat proses persalinan.

Fungsi Serviks

Pada Serviks atau yang sering kita kenal sebagai alat saluran wanita mempunyai dua fungsi:

  • Yang pertama yakni memberikan fasilitas pada saat berlangsung sperma menuju ke dalam rongga rahim. Maka untuk mencapai hal tersebut yakni dengan cara melebarkan sedikit pada os eksternal dan internal.
  • Yang kedua ini yakni Memberi pertahanan sterilitas terhadap saluran reproduksi wanita pada bagian atas. Dimana pada bagian leher rahim, dan semua struktur yang terdapat pada superior,akan steril. Hingga dapat memberi perlindungan terhadap rongga rahim dan saluran genital bagian atas dengan jalan mencegah adanya invasi bakteri.

Gangguan Pada Serviks

Servisitis

Apa yng dimaksud dengan Servisitis? yakni merupakan suatu penyakita yang disebabkan adanya peradangan sudah kronis akibat adanya infeksi pada serviks.

Dalam hal ini bisanya bisa terjadi sebab adanya sebuah virus yang disebut dengan Chlamydia trachomatis atau Neisseria gonorrhoeae.

Baca Juga :  Vertebrata (Hewan Bertulang Belakang)

Kanker Serviks

Apa yang dimaksud dengan kanker serviks? yakni merupakan suatu penyakit kanker pada umumnya kerap menyerang pada bagian saluran alat reproduksi wanita. Berikut terdapat 2 klasifikasi utama pada kanker serviks:

  • Yang pertama yakni Karsinoma sel skuamosa – yakni erupakan kanker yang menyerang pada lapisan epitel ektoserviks.
  • Yang kedua Adenokarsinoma – Yakni merupakan suatu penyakit kanker kelenjar biasanya dapat dijumpai berada di dalam lapisan serviks.

Gejala Kanker Serviks

  • Infeksi Human Papilloma Virus (HPV)
  • Merokok
  • Imunosupresi
  • Infeksi klamidia
  • Hamil atau melahirkan di usia sangat muda

Cara Mencegah Kanker Serviks

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa pada umumnya penyakit kanker serviks dapat disebabkan oleh HPV yang dapat menyebar dengan melalui sebuat kontak kulit secara langsung pada bagian tubuh sesorang yang sebelumnya sudah terinfeksi. Maka dengan demikian kali ini akan kabarkan.com berikan sedikit tips agar tidak terkena infeksi HPV tersebut. Berikut ini penjelasannya:

  • Upaya agar memakai alat pengaman agar bisa sedikit mengurangi risiko terjangkitnya HPV.
  • Apabila baru pertama kali melakukan hubungan badan, upayakan untuk sedikit menunda sebisa mungkin.
  • Tidak melakukan hubungan badan secara bebas, dengan demiakian akan semakin kecil tingkat risiko tertular.
  • Upayakan agar dapat menghindari rokok.
  • Vaksin HPV.
  • Pap smear secara rutin.
Apa yang dimaksud dengan Serviks?

Yakni merupakan suatu bagian bawah rahim, yakni organ alat saluran reproduksi wanita.

Sebutkan salah satu fungsi Serviks?

yakni memberikan fasilitas pada saat berlangsung sperma menuju ke dalam rongga rahim. Maka untuk mencapai hal tersebut yakni dengan cara melebarkan sedikit pada os eksternal dan internal.

Sebutkan Gangguan Yang kerap Menyerang serviks?

Servisitis dan kanker serviks

Demikianlah materi pembahasan kita kali ini mengenai fungsi serviks, semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :