Pengertian Segmentasi Pasar

Posted on

Pengertian Segmentasi Pasar – Segmentasi pasar adalah pemisahan kelompok yang memiliki kebutuhan, karakteristik atau perbedaan yang berbeda dalam suatu pasar tertentu.

Kali ini kabarkan.com akan memberikan pelajaran mengenai Pengertian Segmentasi Pasar Dimana pelajaran ini akan dikupas secara jelas, dengan berdasarkan Pengertian, Tujuan, Manfaat, Dasar dan Contoh.

Pengertian Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah pemisahan kelompok yang memiliki kebutuhan, karakteristik atau perbedaan yang berbeda dalam suatu pasar tertentu. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai mengungkapkan analisis perbedaan pembeli di pasar.

Segmentasi pasar menurut Kotler dan Beal Armstrong adalah untuk membagi pasar menjadi berbagai kelompok pelanggan.

Segmentasi pasar dapat membantu dalam bentuk divisi pasar yang berbeda (heterogen) ke dalam kelompok pasar homogen, di mana setiap kelompok dapat bersaing dengan produk pasar yang memenuhi kebutuhan, keinginan, tidak peduli apa yang pelanggan tawarkan di pasar.

Ada beberapa persyaratan segmentasi yang efektif, yaitu:

Bisa mengukur
Ukuran, daya beli dan profil pasar harus ditentukan pada tingkat tertentu.

Tersedia
Segmen pasar dapat dicapai dan disetujui.

Cukup besar
Segmentasi pasar cukup besar atau cukup untuk menghasilkan keuntungan yang dapat didukung. Beberapa segmen, yang merupakan kelompok homogen, cukup cocok untuk ditawarkan oleh program pemasaran yang sesuai.

Dapat dibedakan
Segmen yang dipilih dapat dibedakan dengan jelas.

Dapat diimplementasikan
Anda dapat melacak segmen yang dapat disetujui atau disejajarkan dengan sumber daya perusahaan.

Manfaat Segmentasi Pasar

Segera setelah tingkat karakteristik yang ada di pasar, segmentasi pasar harus dilakukan, berikut adalah kelebihan dan tujuan secara lebih rinci:

Pasar Lebih Mudah Dibedakan

Sangat sulit bagi perusahaan untuk terus-menerus mengikuti selera konsumen, yang selalu berkembang dalam bentuk yang heterogen. Dengan demikian.

perusahaan ini lebih menyukai kelompok konsumen yang menginginkan keseragaman untuk memfasilitasi pemahaman tentang kepuasan pelanggan sehingga produk yang diproduksi oleh perusahaan dapat memenuhi kebutuhan dan persyaratan konsumen yang menghasilkan produk yang dapat diterima dengan baik oleh konsumen.

Layanan Terbaik

Ada empat poin penting yang ingin memuaskan konsumen, yaitu: kualitas, harga, layanan, dan ketepatan waktu. Namun, dari hal yang paling penting, layanan adalah hal yang paling dominan.

Sementara harga dan kualitas setuju untuk berada di posisi kedua dalam pelayanan. Oleh karena itu, segmentasi pasar harus dilakukan untuk memberikan layanan yang tepat dan sesuai dengan pasar.

Baca Juga :  Akuntansi Adalah

Strategi Pemasaran Lebih Terarah

Melayani pasar yang homogen, ketika merencanakan strategi pemasaran, menyiapkan bauran pemasaran yang mengandung produk, harga, distribusi dan promosi bisa lebih terarah dan lebih jelas.

Temukan Peluang Baru

Perusahaan yang memahami segmen pasar yang baik telah mencapai titik di mana peluang dapat ditemukan, meskipun peluang yang ditemukan tidak selalu besar.

Panduan Desain

Dengan menghadirkan pemahaman tentang kebutuhan segmen pasar, pemasar dapat mengembangkan produk sesuai dengan persyaratan segmen, dan proyek yang dikembangkan lebih responsif terhadap kebutuhan pasar.

Strategi Komunikasi Yang Lebih Efektif

Komunikasi dapat efektif dalam komunikasi. Ingin tahu siapa yang bicara? apa preferensi Anda, kebiasaan, asal dan sebagainya. Dalam hal ini, perusahaan akan berkomunikasi dengan cara yang berbeda dan melalui berbagai media yang disesuaikan dengan segmen pasar tempat ia jatuh.

Lihat Pesaing Dengan Segmen Yang Sama

Mengetahui siapa segmen untuk perusahaan, tentu saja, perusahaan juga dapat melihat bahwa perusahaan lain (perusahaan pesaing) menawarkan produk / layanan yang sama yang juga mendukung segmen pasar yang sama yang mereka tuju dan tindakan apa yang dilakukan oleh pesaing.

perusahaan untuk menarik perhatian pasar dalam upaya memenuhi kebutuhan segmen pasar ini.

Mengevaluasi Tujuan Dan Rencana Bisnis

Mengetahui siapa dan bagaimana mempelajari segmen pasar target, perusahaan dapat mengevaluasi efektivitas kegiatan pemasaran yang dilakukan selama periode tertentu, apakah memenuhi karakteristik pasar target, dan perusahaan dapat mempromosikan lebih banyak dan lebih sedikit strategi yang sudah diluncurkan untuk membuat rencana untuk masa depan.

Manfaat Segmentasi Pasar

Manfaat Segmentasi Pasar

Dengan mengintegrasikan program pemasaran yang ditujukan untuk segmen pasar yang ditargetkan, manajemen dapat lebih baik melakukan kegiatan pemasaran dan memanfaatkan sumber daya pemasaran dengan lebih baik.

Untuk perusahaan kecil dengan sumber daya yang sangat terbatas, dapat bersaing di segmen pasar tertentu. Dapat dikatakan secara rinci bahwa segmentasi pasar dapat membantu manajemen dalam:

  • Mengarahkan uang dan bisnis ke potensi yang paling menguntungkan.
  • Merencanakan produk yang dapat memenuhi permintaan pasar.
  • Identifikasi metode promosi paling efektif untuk perusahaan.
  • Pilih iklan bergambar terbaik dan putuskan cara terbaik untuk mendistribusikan anggaran di berbagai media.
  • Kelola Waktu Kampanye Terbaik Anda.

Dasar Segmentasi Pasar

Dasar-dasar segmentasi untuk pasar konsumen adalah sebagai berikut:

Geografis

Banyak pengusaha membagi pasar mereka secara geografis, misalnya, berdasarkan wilayah: kota, pinggiran kota, desa, pantai, gunung, dan sebagainya. Ada beberapa pengusaha yang membagi pasar mereka untuk wilayah geografis tertentu, misalnya: untuk bagian barat Indonesia, Jawa dan Bali, dan sebagainya.

Baca Juga :  Elastisitas Permintaan

Demografis

Basis yang paling umum digunakan untuk segmentasi pasar adalah faktor-faktor demografis, seperti: usia, jenis kelamin, pendapatan, siklus hidup keluarga, pendidikan, agama, ras, tingkat sosial, dll.

Psikografis

Faktor-faktor psikografis yang biasa digunakan untuk segmentasi pasar adalah: struktur kelas sosial, karakteristik kepribadian, dan gaya hidup

Harapan Konsumen / Perilaku Konsumen

Segmentasi pasar juga dapat didasarkan pada manfaat produk yang diinginkan oleh konsumen, status pengguna, tingkat loyalitas, dan rata-rata penggunaan produk.

Contoh Pengertian Segmentasi Pasar

Contoh segmentasi pasar

Segmentasi Aquamarket

Dalam segmentasi geografisnya: Aqua menyambut semua pasar di Indonesia. Tidak hanya di daerah perkotaan, tetapi kami juga dapat menemukan produk Aqua di pinggiran kota, bahkan di daerah pedesaan.

Demografis: Aqua ditujukan untuk orang-orang dari semua kalangan dan jenis kelamin. Produk Aqua dibuat untuk semua kelompok dan untuk konsumsi apa pun.

Secara psikologis: Aqua menargetkan kelas sosial kelas menengah. Tetapi juga bisa digunakan untuk kelas bawah, mengingat harga kemasan yang bisa dicapai oleh kelas bawah dengan harga pasar Rp. 500, – dan Rp. 3000

Aqua tidak hanya dirancang untuk orang-orang dengan gaya hidup praktis dan sehat dengan kemasan yang mudah dibawa dan dibawa. Jadi Aqua cocok untuk orang yang aktif dengan mobilitas tinggi.

Segmentasi Pasar Coca-Cola

Secara geografis: Coca-Cola menjual minuman khusus yang hanya ada di Jepang, yaitu Sokembicha (bukan karbonat, ginseng, dan teh), Lactia (susu fermentasi).

Dalam hal segmentasi psikografis: Coca-Cola memiliki jenis opsi yang berbeda; Zero-Coca-Cola menghasilkan gula rendah kalori yang ditargetkan untuk konsumen dengan gaya hidup sehat.

Perusahaan Coca-Cola dapat juga berbagi suatu segmentasi pada pasarnya dan dapat menjadi suatu segmentasi pada demografis, yakni pada remaja, yang baik pria maupun wanita berusia 15 sampai 20 tahun.

Honda Beat adalah jenis tipe skuter otomatis, dengan harga Rp. 12,5 juta. Secara demografis, Beat Honda menargetkan murid dan siswa sebagai segmen pasar.

Psikografis: Honda Beat dirancang untuk kaum muda yang menyukai kenyamanan dan kepraktisan, serta gaya hidup modern dan modis.

Dan secara geografis: Honda Beat di segmen 110 CC memiliki konsentrasi pemasaran di kota-kota besar di Indonesia dan di kawasan,di mana, di daerah perkotaan, roda balap biasanya digunakan, dan di daerah, roda bicara biasanya digunakan.

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan materi pelajaran Pengertian Pemuaian ini. Semoga dengan apa yang telah kami sampaikan dalam artikel ini, dapat memberikan pemahaman serta bermanfaat untuk sobat semua. AMIN.

Baca Juga: