Emiten Adalah

Posted on

Emiten Adalah – Setelah sebelumnya kami telah menyampaikan materi tentang Ekonomi Syariah. Maka pada pertemuan kali ini kembali akan kami sampaikan materi tentang Emiten Adalah – Manfaat, berita, Daftar Laporan dan Kinerja. Nah untuk lebih jelasnya langsung aja simak ulasan selengkapnya di bawah ini

Emiten Adalah

Emiten Adalah
Emiten Adalah

Apa itu emiten? Emiten ialah merupakan sebuah perusahaan yang melakukan suatu penawaran Efek yakni dengan upaya menciptkan dan menjual Efek (obligasi, saham, warant, dan sejumlah surat penting lainnya) secara umum terhadap publik guna memperoleh suatu modal atau dana tambahan.

Dimana Emiten ini bisa berbentuk perusahaan swasta maupun BUMN, kemudian baik perusahaan terbuka ataupun perusahaan yang tertutup.

Akan tetapi, bukan berati semua perusahaan adalah emiten, namun hanya untuk sebuah perusahaan yang saham atau obligasinya diperjual-belikan di dalam bursa efek.

Nah berikut ini terdapat sejumlah Efek yang diperjualkan di Bursa Efek Indonesia yakni seperti keterangan di bawah ini:

  • Saham (Right Issue, Warrant)
  • Obligasi Korporasi
  • Surat Berharga Negara
  • Exchange Traded Fund (ETF)
  • Efek Beragun Aset (EBA)
  • Derivatif (Kontrak Opsi Saham, Kotrak Berjangka)

Emiten dan Perusahaan Publik

Mengenai hal ini tidak sedikit yang mempunyai anggapan bahwa emiten dan perusahaan publik ialah sama, padahal dari keduanya jelas berbeda. Lantas apa yang mnejadi perbedaan emiten dan perusahaan publik?

Definisi Emiten ialah merupakan pihak atau suatu lembaga yang sedang melakukan sebuah Penawaran Umum, yakni sebuah penawaran Efek yang bertujuan untuk menjual/menawarkan Efek terhadap publik yang didasarkan dengan suatu tata cara yang sudah disusun dalam UU yang berlaku.

Sedangkan pengertian dari perusahaan publik sendiri ialah merupakan sebuah perusahaan yang sahamnya sudah dimiliki oleh setidaknya 300 para pemegang saham, dan mempunyai modal yang disetorkan setidaknya Rp3 miliar.

Maka, mengenai perbedaan emiten dengan perusahaan publik ialah, dimana emiten ada pihak yang melakukan IPO dan untuk Perusahaan Publik adalah Perseoran Terbatas (PT) yang telah melakukan IPO.

Baca Juga :  Aktiva Tetap

Tabel Perbedaan Emiten

No.KegiatanEmitenBukan Emiten
Perusahaan Terbuka (Publik)Perusahaan TertutupPerusahaan Tertutup
1Memperjualkan saham ke publikYaTidakTidak
2Memperjualkan obligasi ke publikTidakYa
Tidak
3Memperjualkan saham dan obligasi ke publikYaTidakTidak

Syarat-Syarat Emiten

Suatu perusahaan bisa dianggap menjadi emiten jika perusahaan tersebut telah memenuhi sejumlah persyaratan tertentu. Nah mengacu terhadap definisi emiten, Lantas Apa saja syarat-syarat emiten? di bawah ini sudah kami sajikan serangkaian penejelasanya, simak aja ulasannya berikut ini:

  • Sayarat yang pertama adalah: menerbitkan efek yang akan dijual terhadap investor agar bisa memperoleh /mendapatkan modal.
  • Sayarat yang kedua adalah : Yang mana dalam hal ini wajib menjamin efek yang akan diterbitkan dan harus sah secara hukum. Maka dengan hal itulah sebabnya emiten musti mempunyai prestasi dan tidak cacat hukum supaya bisa menerbitkan efek.
  • Syarat yang ketiga adalah : Yang mana dalam hal ini emiten berperan untuk dijadikan sebagai sumber informasi yang utama mengenai efek yang akan diperjual-belikan. Sehingga dengan demikian, akan membuat keakuratan informasi dari emiten yang menadi tanggungjawab emiten terhadap yang bersangkutan.

Tugas Emiten

Lantas, apa saja sih yang menjadi tugas emiten? Nah dalam hal ini yang mana secara umum, Emiten memiliki tugas untuk memberikan sejumlah penawaran atas surat berharga terhadap publik dan kemudian bertanggungjawab guna mengatur dan mengelola dana publik dengan sebaik mungkin.

Nah di bawah ini terdapat sejumlah jenis surat berharga yang ditawarkan oleh Emiten terhadap publik yang diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Saham
  • Surat Pengakuan Utang
  • Obligasi
  • Surat Berharga Komersial
  • Tanda Bukti Utang
  • Kontrak Berjangka Atas Efek
  • Unit Penyertaan Kontrak Investasi Kolektif
  • Semua Derivatif dari Efek

Nah dalamhal ini selain yang telah dijelaskan pada keterangan di atas, mungkin saja terdapat jenis efek lainnya yang akan ditawarkan oleh Emiten untuk publik. Dimana Tentunya hal ini sangat bergantung terhadap kelangsungan dan perkembangan pasar modal yang terjadi di Indonesia.

Tujuan Emiten

Lantas Apa yang menjadi tujuan Emiten di pasar modal? Dalam hal ini secara umum, yang mana tujuan emiten ini ialah guna membuka kesempatan dari sejumlah investasi terhadap publik untuk sebuah perusahaan Emiten.

Baca Juga :  Analisis Kredit

Dimana dengan melepas sahamnya ke publik, yang artinya dalam perkara ini pihak pembeli saham, akan memperoleh porsi dari kepemilikan terhadap perusahaan itu dan akan memperoleh dividen dari saham tersebut.

Kemudian dari setiap emiten tentunya mempunyai tujuan tertentu dalam melaksanakan emisi. Yang mana hal itu secara umum biasanya akan dijeaskan di dalam sebuah Rapat Umum para Pemegang saham (RUPS), yang diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Untuk memperluas usaha, Nah dalam hal ini yang mana terhadap modal yang sudah diperoleh dari investor akan dipakai untuk memperluas/mengembangkan bidang usaha, kemudian perluasan pasar dan juga peningkatan kapasitas produksi.
  • Memperbaiki struktur modal, Dalam hal ini artinya sebuah cara yang dilakukan dalam menstabilakan antara modal sendiri dengan modal asing.
  • Melakukan pengalihan pemegang saham : dimana terhadap pemegang yang lama akan diserahkan segala tugas dan wewenagnya terhadap perusahaan ke pemegang saham baru.

Contoh Perusahaan Emiten

Secara umum Emiten ialah merupakan Perseroan Terbatas (PT) yang sahamnya sudah ditawarkan/diperjual-belikan di Bursah Saham. Nah untuk Perseroan Terbatas (PT) sendiri yang menawarkan sahamnya ialah sebauh perusahaan Terbuka, atau biasanya lebih dikenal dengan singkatan Tbk.

Kemudian sesuai dengan definisi emiten di atas, Di bawah ini terdapatb beberapa contoh emiten yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang diantaranya ialah sebagai berikut:

No.Kode SahamEmiten LQ45
1ADHIAdhi Karya (Persero) Tbk.
2ADROAdaro Energy Tbk
3AKRAAKR Corporindo Tbk.
4ANTMAneka Tambang Tbk.
5ASIIAstra International Tbk.
6ASRIAlam Sutera Reality Tbk.
7BBCABank Central Asia Tbk.
8BBNIBank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
9BBRIBank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
10BBTNBank Tabungan Indonesia (Persero) Tbk.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai Emiten Adalah – Manfaat, berita, Daftar Laporan dan Kinerja, semoga apa yang telah kabarkan.com sampaikan kali ini bisa sangat membantu dan tentunya bisa bermanfaat bagi sobat semua.

Baca Juga :