Contoh Teks Eksemplum

Posted on

Contoh Teks Eksemplum – Apa itu teks eksemplum? nah penasaran bukan ? sebelum kita masuk pada pokok pembahasan, pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai Teks anekdot. Namun pada materi kali ini kita akan membahas teks eksemplum beserta pengertian ciri, struktur, unsur dan Contohnya, untuk lebih lengkapnya simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Teks Eksemplum

Teks Eksemplum
Teks Eksemplum

Teks eksemplum ialah merupakan sebuah teks yang bercerita mengenai tingkah laku tokoh dalam cerita. Terkadang jenis dalam teks ini selalu diawali pada perkenalan tokoh kemudian peristiwa yang dialami tokoh dan ditutup dengan interpretasi yang muncul dari tokoh.

Definisi lain dari teks eksemplum adalah:

  • Teks eksemplum yaitu teks yang isinya rekaan suatu peristiaw yang tidak diduga dan tidak dikehendaki oleh partisipan (pelakunya)
  • Teks eksemplum ialah merupakan sebuah teks yang tertulis dan mempunyai karakter memberi keterangan akan adanya suatu pengalaman hidup yang dialami secara langsung oleh penulis
  • Teks eksemplum yaitu suatu teks yang isinya atau ceritanya tentang seorang pelaku

Ciri-ciri Teks Eksemplum

Agar bisa menilai perbedaan pada teks ini yaitu dengan menggunakan Teks Ulasan atau jenis teks lainnya, ada ciri-ciri yang wajib kita tahu. yakni:

  • Berisi terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan.
  • Mempunyai struktur lengkap.
  • Adanya urutan peristiwa yang jelas.
  • Menggunakan bahasa naratif.

Struktur Teks Eksemplum

Lengkapnya Struktur merupakan Salah satu dari ciri teks eksemplum ini , Elemen yang tersusun dalam teks eksemplum ini yang membuatnya menjadi utuh, serta memang sudah menjadi sebuah kewajiban di dalam membuat teks eksemplum.:

  • Orientasi ini merupakan suatu bagian pembuka atau awal teks dalam membuat teks eksemplum. Dimana pada orientasi ini didalamnya memuat tentang bentuk pengenalan yang diperankan oleh tokoh. Seperti contohnya: Pria itu mempunyai Tubuh yang sangat tinggi.
  • Insiden Insiden ialah sebuah bagian yang didalamnya itu terkandung berbagai perkara yang tengah diatasi oleh tokoh. Misalnya saja seperti: Rama tidak bisa mengikuti pelajaran disekolah dengan sebagaiman mestinya karena orang tuanya tengah dirawat.
  • Interpretasi Interprestasi adalah sebuah bagian yang didalamnya terdapat pesan moral, evaluasi, serta juga akibat dari segala masalah yang dialami oleh si tokoh.

Unsur Kebahasaan Teks Eksemplum

Pada Unsur ini hampir Mirip dengan unsur Teks prosedur kompleks yang sering memakai Konjungsi, di bawah ini terdapat beberapa keterangan mengenai unsur yang ada didalam teks eksemplum yang diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Menggunakan Kalimat Kompleks
  • Menggunakan Konjungsi (penghubung)
  • Menggunakan Kata Rujukan
  • Menggunakan Kata Kerja

Karakteristik Teks Eksemplum

Berikut ini karakteristik dari teks Eksemplum yang perlu kamu ketahui, Diantaranya yakni:

  • Isinya itu berupa sebuah kejadian atau peristiwa mengenai hal yang tidak sering terjadi.
  • Membuat sang tokoh itu merasa menyesal atas kejadian yang terjadi.
  • Penulis ada di dalam tulisan tersebut yaitu pada bagian interpretasi serta koda.
  • Terdapat nilai – nilai yang dapat dijadikan pelajaran bagi tiap-tiap pembaca.

Contoh Teks Eksemplum

siamak contoh dalam teks eksemplum berikut :

Contoh Teks Eksemplum tentang Liburan

Eksemplum Singkat
Eksemplum tentang Liburan

Orientasi

Pada hari minggu yang lalu, aku dan teman-temanku pergi mendaki ke puncak. Malam sebelum berangkat, hatiku sangat bahagia sekali membayangkan bisa mendaki bersama teman-teman masa kecilku.

Dan pada akhirnya aku jadi tidur larut sekali karna mengkhayal terlalu lama. Saat hari minggu, aku bangun kesiangan.

Insiden

Karena aku lambat bangun, jadinya aku buru-buru memasukkan apa saja hal yang dibutuhkan untukku nanti.

Namun, karena aku tidak memikirkan baik-baik apa yang harus dipersiapkan, akhirnya aku lupa membawa air minum. Selama mendaki itu aku sama sekali tidak minum apapun, aku sangat haus sekali waktu itu.

Interpretasi

Pesan moral atau pelajaran yang dapat kita ambil dari cerita di atas adalah kita tidak boleh terburu-buru dalam melakukan segala hal, dan juga harus selalu mempersiapkan dengan matang apa saja yang harus kita bawa selama liburan.

Contoh Teks Eksemplum Tentang Pengalaman

Eksemplum Tentang Pengalaman
Eksemplum Tentang Pengalaman

Suatu hari disuatu desa yang sangat makmur ada seorang anak yang bernama Fulan, kebiasaanya yang gemar berpoyah poyah dan selalu meghabiskan uang jajan yang ia dimilikinya.

Hal itu ia lakukan karena ia selalu merasa bahwa ia adalah seorang yang sangat kaya raya, dimana ayahnya bekerja salah satu perusahaan yang sangat besar.

Kemudian ketika ial mulai tumbuh dewasa, kemudian Ia mulai menjadi pribadi yang sangat boros , terlebih lagi iapun mulai mengenai pergaulan bebas dan mulai menjalankan suatu hubungan pacaran sehingga dengan hal tersebut ia semakin menjadi seorangn yang sangat boros dan bahkan dia selalu menghambur hamburkannya begitu saja.

Baca Juga :  Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan

Hampir setiap hari kegiatan yang ia lakukan hanyalah menghabiskan uang saja dan tidak lagi melihat semua upaya dan semua jerih payah yang ayah lakukan selama ini dalam mencari nafkah.

Kemudian tibalah pada suatu hari, Dimana kala itu sang Ayah mengalami kebangkrutan yang diakibatkan karena adanya suatu kegagalan terhadap proyeknya sehingga akhirnya membuat kondisi keluarganya jauh dari kata kaya, justru pada saat itu kehidupannya semakin terpuruk.

Sehingga akhrinya membuat si Fulan semakin sangat tertekan dan dengan keadaan tersebut membuatnya frustasi karena selama ini hobi dan kebiasaannya hanyalah menghambur-hamburkan uang saja dan kini kehidupan justru kebalik menjadi sangat menderita, sehingga akhirnya membuatnya memutuskan untuk melakukan bunuh diri

Contoh Teks Eksemplum Tentang Pendidikan

Larangan tidak diperkenankan membawa HP ke Sekolah

Seperti yang kita ketahui bahwa HP atau hand phone ialah merupakan suatu gadget yang saat ini tengah booming pada zaman millennial saat ini.

Dimana dalam penggunaannya kini bukan hanya digunakan oleh orang dewasa saja, melaikan tak jarang diantarnya banyak juga juga anak – anak. yang menggunakan Hp tersebut bahkan gadget tersebut selalu mereka bawa meskipun mereka berada di sekolah, padahal sepert yang kita ketahui bahwa disejumlah sekolah terdapat sebuah larangan bahwa semua para murid dilarang untuk menggunakan dan bahkan membawa HP.

Namun yang harus kalian pahami bahwa sekolah mendirikan adanya larangan tersebut semata-mata bukan tanpa maksud dan tujuan.

Melainkan peraturan ini diberlakukan karena hampir sering sejumlah guru yang mendapati para muridnya sibuk dan sangat asyik memikan gagdet nya ketika jam pelajaran sedang dilangsungkan.

Namun pada saat ini banyak yang beranggapan bahwa menurut mereka, diberlakukan larangan membawa HP ini merupakan suatu kebijakan yang menurutnya tak sesuai dengan penetapan kurikulum pendidikan yang tengah digunakan sebagai basis di Indonesia ini.

Dimana keterangan dari kurikulum 2013 tersebut yang mana bagi semua murid ini dituntut suppay bisa mandiri dan aktif dalam mencari sumber referensi mengenai materi pelajaran yang tengah disampaikan di dalam ruangan kelas.

Maka dalam pencarian ini tentunya semua murid memerlukan gadget sebagai media pencarian mereka.

Bahkan hampir sebagian orang tua banyak yang menegaskan dan memaksa para anak-anaknya agar kemanpun mereka pergi harus selalu disertai dengan membawa HP supaya memeberi kemudahan orang tua saat memantau anaknya dengan saling berkomunikasi.

Kemudian, alasan semua murid juga membawa yang tak lain adalah agar dapat berjaga – jaga jika suatu ada hal sangat darurat yang terjadi.  

Jadi Apakah pihak sekolah sudah tepat memlakukan larangan tersebut jika alasan yang diberikan oleh murid untuk antisipasi tersebut?

Apabila pihak sekolah mempunyai solusi atas permasalahan ini tentunya dengan upaya pengadaan HP yang diberikan oleh wali kelas masing – masing, sudah pasti hal ini memerlukan banyak waktu?

Kemudian selain itu, apakah semua para wali kelas ini akan selalu siaga dan waspada setiap waktu? Jadi adanya Alasan ini merupakan salah satu alasan yang sangat tepat dan kuat.

Maka dalam hal ini sebagai bentuk jalan keluar yang terbaik, jadi permohonan yang ajukan oleh segenap para orang tua supaya pihak sekolah yakni semua para wali murid dapat kembali mempertimbangkan mengenai kebijakan yang disampaikan tersebut, yakni mengenai adanya larangan membawa HP ke sekolah.

Maka dengan adanya kebijakan tersebut kepada semua Pihak sekolah di harapkan agar dapat menimbang kembali mengenai dampak positif dan juga negative karena solusi penggunaan hp bagi orang tua dianggap sangat membantu dalam memperhatikan dan berkomunikasi dengan anaknya dimanapun mereka beradaselain itu gadget juga dapat berperan penting dalam membantu untuk menunjang pendidikan.

Contoh Teks Eksemplum Tentang Sahabat

Indahnya Persahabatan

Ilham ialah merupakan seorang anak yang masih sekolah dipendidikan dasar SD, Dimana dalam keahriannya ia selalu berdagang kue di sekolahnya hanya karena ia ingin menabung agar ia dapat membayar semua biaya dan keperluan sekolahnya.

Dimana hal tersebut dilatar belakangi oleh kondisi ekonomi kedua orang tuanya yang kini tak lagi berkemampuan untuk membiayai semua biaya sekolahnya.

Kemudian pada suatu hari, lebih tepatnya pada tanggal 1 bulan Mei, Tomi mendadak saat itu tidak terlihat disekolah yang ternyata ia tidak masuk mengikuti kegiatan disekolah dengan sebagai mestinya.

Bahkan sudah satu minggu, Tomi tidak mengikuti semua kegiatan yang berlansgung di sekolahnya.

Kemudian para sahabatnya sekolahnya pun akhirnya bertujuan akan menjenguk dan datang datang ke rumahnya, sebab ada sedikit informasi mengenainya bahwa Tomi sekarang mulai berdagang kue berkeliling di terminal.

Baca Juga :  Retensi Adalah

Kemudian Ia tujuan ia berjualan tersebut adalah semata – mata agardapat membayar baiaya SPP yang telah menunggak dari bulan april.

Kemudian ia tidak masuk sekolah kare Uang hasil berjualannya belum terkumpul sehingga ia harus berusaha lebih keras lagi.

Maka ketika semua temannya mengetahui keadaannya tersebut akhirnya semua teman sekolahnya mendatanginya langsung ke terminal, kemudian mereka semua mulai mencari dimana lokasi Tomi berjualan dan mereka akan membeli semua dagangan tomi.

Dan semua temannya tersebut melakukan hal tersebut selama 3 hari berturut – turut.

Maka dengan berdasarkan dari ketrangan cerita diatas, dapat kita simpulkan bahwa bentuk persahabatan ialah merupakan suatu hal yang sangat indah, dengan adanya jalinan persahabatan maka akan membentuk sikap saling membantu kita akan muncul tanpa mengenal pamrih.

Contoh Teks Eksemplum Singkat

Operasi Zebra

Orientasi Cerita:

Ada Suatu kejadian yang akhirnya menyadarkan saya akan pentingnya mentaati peraturan dalam berlalu lintas yang suah ditetapkan.

Setiap sebulan sekali saya menyempatkan dari agar dapat pulang ke Demak, Mengingat disana merupakan tempat asal kota kelahiran saya. Dimana pada saat ini saya tengah menetap di semarang, tepatnya saya menyewa sebuah kontrakan.

Saat ini saya tengah berkuliah di salah satu universitas UNDIP, antara jarak kampus dengan kosan saya cukup jauh, maka oleh sebab itu saya akhirnya memutuskan untuk pindah dan mencari kontrakan yang terdekat berada disekitar kampus itu.

Dikontrakan tersebut saya hanya tinggal berdua dengan adik saya kebetulan ia juga tengah meneruskan sekolah di salah satu SMA terfavorit di daerah Semarang.

Saya berangkat dari kontrakan menuju ke kampus pukul 08:00 pagi, kemudian saya memprediksikan akan kembali ke Semarang seminggu sesudah itu dan saya pulang dengan mengendarai sepeda motor.

Insiden Cerita:

Ketika ditengah perjalanan tiba-tiba merasa begitu sangat mengantuk, karena kemaren seharian saya tidak dapat beristiraahat dengan baik karena menumpuknya tugas yang diberikan oleh dosen yang harus segera dibereskan.

Akhirnya dengan keadaan yang begitu lelah saya tetap pergi dengan berkendara, namun dengan kondisi terebut membuat saya tidak fokus dalam memacu sepeda motor saya.

Supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, akhirnya saya meminta adik untuk menggantikan saya mengendarai sepeda motor.

Akan tetapi saat itu adik saya masih belum fasih mengendarainya, terlebih lagi ia juga masih belum mempunyai SIM sebab ia masih berusia 16 tahun.

Teks Eksemplum Cerita Operasi Zebra

Saya sebelumnya berpesan pada adik supaya ia memacu kendaraan yang kami tumpangi tidak kebut-kebutan dan serta mentaati peraturan lalu lintas.

Apabila ada sebuah operasi zebra tidak mengapa jika harus berhenti sejenak namun tak perlu khawatir dan merasa panik.

Ketika mencapai setengah perjalanan berulang kali , saya memperhatikan keadaan disekitar dan tidak terdapat satupun adanya operasi yang nampak diperjalanan kami, kemudian adik sayapun masih dengan sangat tenang dan santai menikmati setiap perjalanan.

Kemudian sayapun akhirnya memutuskan agar dapat beristirahat agar dapat sedikit menghilangkan rasa mengantuk.

Setelah selang waktu yang tidak begitu lama, saya mendengar suara dan mendadak motor yang tengah dikendarai tiba-tiba lepas kendali sehingga membuat kami akhirnya terjatuh.

” Mengapa ko bisa terjatuh?” Tanya saya pada adik” seketika saya melihat kedepan ada operasi zebra, hingga akhirnya membuat saya menjadi sangat gugup dan panik dan tidak sengaja saya langsung mendadak belok ke kiri, eh ternyata terdapat sebuah.” Jawabnya. ” Sebelumnya tadi Kan sudah sampaikan tak perlu gugup dan khawatir ”.

Interpretasi Cerita:

Menyebabkan motor yang dikendarai menjadi rusak karena masuk kedalam lubang selokan, untungnya banyak warga sekitar yang menolong kami dan membantu mengangkat motor kami yang masuk keselokan tersebut.

Dengan adanya insiden tersebut, kini membuat saya tersadar bahwa pentingnya mentaati tata tertib lalu lintas yang telah diberlakukan.

Apa Yang dimaksu dengan Teks Eksemplum?

Teks eksemplum ialah merupakan sebuah teks yang bercerita mengenai tingkah laku tokoh dalam cerita. Terkadang jenis dalam teks ini selalu diawali pada perkenalan tokoh kemudian peristiwa yang dialami tokoh dan ditutup dengan interpretasi yang muncul dari tokoh.

Jelaskan Unsur Kebahasaan Teks Eksemplum?

-Menggunakan Kalimat Kompleks
-Menggunakan Konjungsi (penghubung)
-Menggunakan Kata Rujukan
-Menggunakan Kata Kerja

Sebutkan Karakteristik Teks Eksemplum?

-Isinya itu berupa sebuah kejadian atau peristiwa mengenai hal yang tidak sering terjadi.
-Membuat sang tokoh itu merasa menyesal atas kejadian yang terjadi.
-Penulis ada di dalam tulisan tersebut yaitu pada bagian interpretasi serta koda.
-Terdapat nilai – nilai yang dapat dijadikan pelajaran bagi tiap-tiap pembaca.

Demikianlah Materi pembahasan mengenai Teks Eksemplum kali ini, Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua

Artikel Lainnya :