Contoh Pelanggaran Ham

Posted on

Contoh Pelanggaran HAM – Setelah sebelumnya kabarkan.com telah membahas materi tentang Contoh Penutup Makalah Maka kembali lagi pada perjumpaan kali ini akan kabarkan.com paparkan materi pembahasan tentang Contoh Pelanggaran HAM – Berat, Ringan, Masyarakat dan Sekolah. Nah untuk lebih jelasnya, yuk kita simak ulasannya sebagai berikut ini.

Pengertian Pelanggaran Ham

Contoh Pelanggaran Ham
Contoh Pelanggaran Ham

Apa yang diamaksud dengan pelanggaran ham? yakni merupakan suatu aksi atau tindakan yang dilakukan oleh segelintir kelompok mau secara individu hingga bahkan aparatuir negara baik disengaja maupun tidak disengaja.

Dan juga Memberi batasan, menghilangkan, menghalangi serta mengabaikan kemudian mengambil atau merampak apa yang menjadi hak atas seseorang individu maupun sekelompok.

Dimana terhadap semuanya tersebut mendaptkan jemian atas segelag kebebasannya serta dilindungi oleh semua undang-undang dan juga berbagai mekanisme hukum yang juga sebagai salah satu warga negara asli.

Bentuk-Bentuk Pelanggaran Ham Yang Berat.

Dengan berdasarkan apa yang tertera di dalam sebuah UU Ri nomor 2 tahun 2002 mengenai suatu keadilan atas suatu tindak pelanggaran ham yang telah diklasifikasikan atas 2, yang pertama yakni pelaggaran berat misalnya seperti adanya tindak kejahatan yang dilakukan oleh sesorang sedangkan yang kedua ialah genosida.

Adapun makna dari genosida sendiri ialah adanya suatu pembunhan yang bersifat masal yang dilakukan secara sistematis oleh suatu kelompok ataus ras, individu, agama, etnis, suku dan juga bahkan dengan bangsa, dengan dasar landasan, ingin menghancurkan dan memusnahkan.
Contoh Genosida :

  • Adanya Tindakan Pembunuhan terhadap berbagai kelompok.
  • Membuat suatu keadaan yang yang dinilai tidak kondusip.
  • Merusak dan mengahncurkan adanya perdaban dengan adanya aturan.
  • Sebuah Faktor yang bisa berakibat rusaknya fisik dan mental seseorang.
  • Adanya suatu persiapan pencegahan terhadap seseorang yang hendak melahirkan.

Contoh Pelanggaran Ham Ringan

Di bawah ini terdapat beberapa contohnya :

  • Adanya Pencemaran nama baik dari seorang atas dasar tidak suka.
  • Adanya tindak peukulan yang dilakukan oleh orang yang tak suka.
  • Membatasi sesorang dalam berpendapat.
  • Adanya pencemaran terhadap sekitar lingkungan.
  • Adanya tindak penganiayaan.

Contoh Pelanggaran HAM di Sekolah

Di bawah ini terdapat beberapa contoh pelanggaran yang terjadi disekolah. Berikut penjelasannya :

  • Sikap dekstiminasi seorang pengajar pada muridanya atas dasar harta yang dimilikinya.
  • Mengolok-olok teman antar sekolahnya.
  • Adanya tindak pembulian dan hinaan yang ditujukan dari seorang siswa terhadap temannya sekolahnya.
  • Adanya tindak pemalakan yang dilakukan seorang siswa terhadap temannya.
  • Adanya tindak tawuran terhadap antar sekolah maupun terhadap lingkungan sekolahnya.
  • Tindak Seorang pengajar disekolah yang menghukum muridnya dengan secara fisik misalnya tindak pemukulan dan ditendang, dijewer, lalu dijemur ditengah lapangan yang panas disekolah.
Baca Juga :  Contoh Soal UNBK SMP 2020

Contoh Pelanggaran HAM di Masyarakat

Di bawah ini terdapat beberapa contoh tindak pelanggaran yang biasa terjadi di tengah masyarakat. Berikut penjelasannya :

  • Adanya tindak Tawuran yang terjadi antar warga, RT, RW maupun desa. Dengan timbulnya rasa emosi yang tak terbendung lagi sehingga peristiwa tersebut bisa terjadi.
  • Mencegah maupun melarang seseorang dalam melaksankan suatu ibadah.
  • Adanya suatu tindak pencurian.
  • Membatasi seseorang dalam berpendapat.

Contoh Pelanggaran HAM di Keluarga

Di bawah ini terdapat beberapa contoh tindak pelanggaran yang biasa terjadi di dalam keluarga :

  • Adanya tindakan ksploitasi anak agar sealu harus bekerja.
  • Adanya batasan bahkan larangan terhadap seorang anak dalam belajar dan juga menuntut ilmu yang positip.
  • Adanya tindak kekerasan yang terjadi didalam sebuah harmoni rumah tangga, hal tersebut baik dilakukan oleh ayah yang melakukan sebuah tindak kekerasan baik kepada ibu, ataupun justru malah ibu yang melakukan kepada anaknya.
  • Adanya tindak pembunuhan yang dilakukan terhadap salah satu anggota keluarganya.
  • Adanya tindak pemerkosaan anak yang dilakukan oleh ayahnya.

Contoh Pelanggaram HAM Skala Nasional

Sebelumnya terjadi suatu pelanggaran HAM yang sudah tercatat sebagai sebuah sejarah bangsa Indonesia.

Dengan adanya pelanggaran HAM itu sehingga bisa dijadikan sebagai sebuah cermin dan peringatan, supaya untuk semuan generasi seanjutnya tidak lagi melakukan ha yang sama . Di bawah ini terdapat beberapa kasus yang pernah terjadi yang sudah kabarkan.com rangkum berikut ini penjelasannya :

Kasus Pelanggaran HAM di Tanjung Priok

Sebelumnya sekitar tahun 1984 yang lampau, yang sudah berlangsung di Jakarta Utara dimana pada kala itu sedang berkangsung suatu kasus kerusuhan yang dilakukan oleh para demonstrasi.

Dimana berbagai Kerusuhan yang terjadi tersebut yang di dalamnya melibatkan hampir sebagainnya semua para warga, lalu kepolisian, dan juga TNI. Sehingga dengan adnaya kejadian tersebut mengakibatkan ada banyak warga yang jatuh korban dan tidak dikit diantarnya yang mengalami luka-luka.

Dengan adanya berbagai kerusuhan itu pula , banyak sejumlah oknum dari kepolisian dan juga TNI yang kemudian diadili atas dakwaan yakni adanya pelanggaran HAM. Dimana berlangsungnya Kasus tersebut menjelang masuknya suatu masa Orde Baru.

Baca Juga :  Pithecanthropus Soloensis

Kasus Peristiwa Aceh 1990

Dahulu sekitar pada tahun 1990 yang lampau,dimana pada saat itu sekelompok oknum mengharapkan agar Aceh bisa segera dimerdekakan dan supaya bisa memisahkan diri dari wilayah Indonesia.

Yang mana adanya kasus tersebut akibat ditunggangi oleh berbagai unsur politik.

Sehingga dengan adanya berbagai kerusuhan terseut yang pada akhirnya menelan banyak korban, hal tersebut baik dari pihak aparat ataupun semua warga sipil yang tidak berdosa.

Pelaggaran HAM Skala Internasional

Beberapa kasus dari pelanggaran HAM skala Internasional dapat disimak sebagai berikut.

Pelanggaran Israel dan Palestina

Pada Kasus yang satu ini bahkan hingga sampai saat masih terus berlangsung. Dimana pada mulanya hal itu terjadi, yang diakibatkan oleh Israel yang pada kal itu sedang melakukan pengungsian kearah Palestina.

Namun pada saat itu dengan didasari oleh rasa peduli yang akhirnya negara Palestina mau membantu dan menerima semua para pengungsi dari Israel tersebut. Sehingga akibat dari pengungsian tersebut masuk dalam sejarah yang mana pada sebuah buku, di zaman dahulu Anda masih bisa melihat adanya negara Palestina di dalam buku peta di dunia.

Namun anehnya sampai saat ini negara Palestina justru malah dijajah bangsa Israel.

Dan selanjutnya dari bangsan yang sebelumnya merupakan bangsa pengungsi yang berkhianat tersebut mempunyai kekuatan dan juga dengan politik diduga lebih kuat, sehingga pada akhirnya bisa menghilangkan Palestina dari dalam peta dunia.

Hingga saat ini apabila kita perhatikan Palestina hanya mempunyai wilayah kekuasaan yang terbilang malah semakin mulai mengecil.

Bahkan dengan keadaan tersebut semua para warga sipil Palestina selalu diserang dengan berbagai amunisi berbentuk ,lalu rudal, dan juga berbagai senjata lainnya.

Hingga sampai saat ini Palestina masih dalam proses sedang berjuang dalam upaya untuk merebut kembali ke dalam pengakuan PBB mengenai wilayah yang mana pada mulanya pernah menjadi miliknya yang telah direbut.

Apa yang Diamaksud dengan Pelanggaran Ham?

yakni merupakan suatu aksi atau tindakan yang dilakukan oleh segelintir kelompok mau secara individu hingga bahkan aparatuir negara baik disengaja maupun tidak disengaja.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai contoh pelanggaran ham, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :