Contoh Penutup Makalah

Posted on

Contoh Penutup Makalah – Setelah sebelumnya kabarkan.com telah menerangkan materi pembahasan tentang Contoh Surat Edaran Maka pada pertemuan kali ini akankembali kabarkan.com sampaikan materi pembahasan tentang contoh penutup makalah, Agama, Sejarah, PKN Yang Baik dan Benar. Nah untuk lebih jelasnya yuk, langsung aja kita simak ulasan selengakpanya di bawah ini.

Pengertian Penutup Makalah

Contoh Penutup Makalah
Contoh Penutup Makalah

Apa yang dimaksud dengan Makalah? yakni meruapakan suatu karya secara tertulis yang bersifat resmi mengenai suatu pokok pembahasan yang sudah disusun agar dapat dibacakan dalam suatu jalannya persidangan atau di depan muka umum. Namun bukan hanya itu saja terkadang pada makalah juga diterbitkan.

Namun menurut salah satu ahli bahasa menuturakan bahwa makalah ialah merupakan suatu karya ilmiah yang mana di dalamnya berisikan atau memuat suatu pemikiran dari sebuah topik masalah yang disusun kemudian ditulis dengan secara sistematis dan juga dengan berdasarkan analisa secara rasional dan objektif.

Namun bukan hanya itu saja dimana surahmad juga menyatakan bahwa makalah ialah merupakan segala jenis dari berbagai tugas kuliah yang berbetuk tertulis yang musti diselesaikan, hal tersebut baik berbentuk suatu karangan ataupun pembahasan atas suatu buku yang berkaitan mengenai suatu pokok permasalahan.

Ciri-ciri Makalah

Namun makalah sangat berbeda dengan setiap jenis dari suatu karya ilmiah misalnya seperti jurnal, lalu artikel, ataupun paper.

Kemudian pada makalah juga terdapat 3 macam ciri Yakni makalah berdasarkan atas segi isi, lalu segi penulisan, dan juga ciri makalah dengan berdasarkan strukturnya.

Berikut ini kabarkan.com paparkan beberapa ciri dari suatu makalah berdasarkan dari segi isi pembahasan yang di dalamnya, yakni seperti yang ada dibawah ini.

  • Di dalamnya memuat sebuah kajian literatur atau sebuah laporan dari suatu kegiatan yang ada di lapangan yang telah di sesuaikan dengan pembahasan pokok dari suatu mata pelajaran atau suatu mata kuliah tertentu.
  • Di dalamnya memat dan juga mendemonstrasikan suatu pemahaman atas sesorang yang sudah menyusun pemakalah berdasarkan suatu permasalahan teori yang selanjutnya dilakukan pengkajian dengan menggunakan sebuah prosedur, lalu teori, dan juga sebuah prinsip dasar yang masih berkaitan dengan mata pelajaran atau kuliah tertentu.
  • Bisa mengkiaskan suatu keahlian atas seorang penysun makalah dalam mengumpulkan bermacam teori dan juga berbagai informasi yang kemudian dijadikan kedalam satu kesatuan yang utuh. Maka oleh sebab itu, dalam penyusunan makalah harus sesuai dan juga tertata dengan baik dan sempurna dengan metode harus selalu memperhatikan EYD, lalu penggunaan bahasa, kemudian etika menulis, etika mengutip, dan juga mengenai bagai mana cara menyimpulkan suatu gagasan dari suatu makalah.
  • Pada sebuah makalah harus mempunyai susunan sistematika yang paten. (Yang harus diiperhaikan di dalam sub bab kemudian nantinya akan dibahas tentang bagaimana sistematika dalam penulisan makalah yang baik dan benar). Namun hal tersebut tidak sama layaknya seperti suatu karya sastra ataupun sebuah karya seni yang mempunyai sistematika yang bebas. 
Baca Juga :  Allahumma Yassir Wala Tu'assir

Contoh Penutup Makalah

Di bawah ini terdapat beberapa contoh pentup makalah yang bisa sobat pelajari seperti yang ada pada di bawah ini.

Contoh Penutup Makalah yang Baik dan Benar

5.1 Kesimpulan

Atas semua fakta dan data yang sudah dijelasakan diatas maka dengan ini penulis telah menyimpulkan bahwasannya dalam pemakaian suatu bahan pengawet yang terkandung pada jajanan anak sekolah bisa berakibat sangat membahayakan bagi kesehatan.

Maka berkitan dengan adanya temuan ini sehingga sangat perlu untuk segera dilakukan suatu tindakan pencegahan.

Bentuk dari tindakan tersebut ialah meliputi dengan penyediaan suatu jajanan yang sehat yang ditempatkan di kantin sekolah dan kemudian memeberi larangan terhadap anak-anak agartidak jajan sembarangan. Dalam hal ini diperlukannya pengawasan dari semua orang tua dan guru agar dapat mengatasi permasalahan ini.

5.2 Saran

Walaupun dalam hal ini penulis mengharapkan sempurnanya penyusunan dalam makalah ini namun pada kenyataannya masih begitu sangat banyak berbagai kekurangan yang nantinya harus penulis segera perbaiki.

Dalam hal ini disebbkan oleh masih sangat minimnya ilmu pengetahuan yang penulis miliki. Maka oleh sebab itu kritik serta saran yang membangun terutama bagi semua para pembaca sangat penulis butuhkan agar bisa dijadikan sebagai bahan acuan dan evaluasi diri agar kedepannya bisa lebih baik lagi.

Contoh Penutup Karya Ilmiah

Dalam perkembangan era globalisasi pada saat ini pendidikan merupakan suatu halynag penting dalam mengiringi setiap perkembangan hidup manusia yang berlangsung pada saat ini dan juga merupakan suatu upaya dalam menciptakan sebuah masa depan yang lebih baik lagi.

Maka oleh sebab itu metode pembelajaran yang terdapat dalam pendidikan musti segera dibenahi, dimana bahwa pembelajaran ialah merupakan suatu peraduan atas segala kegiatan belajar dan mengajar dengan mempunyai tujuan yang baik, yakni agar dapat mengubah setiap perilaku pada seseorang menuju ke arah yang lebih baik untuk menyongsong masa depan yang indah.

Kemudian pada pendidikan terdapat begitu banyak faktor yang terlibat di dalamnya.

Contohnya saja seperti di sekolah terdapat seorang guru yang merupakan seorang pengajar, lalu siswa, dan berbagi fasilitas yang sudah disediakan, program dan tujuan, rencana kurikulum dan lain sebagainya .

Dalam proses belajar dan mengajar mempunyai sejumlah prinsip yang sangat penting yang merupakan sebuah hal yang sangat baik agar bisa diketahui.

Baca Juga :  Contoh Gurindam

Sehingga untuk bisa mencapai terwujudnya atas segala yang menjadi tujuan dari belajar dan mengajar tersebut bisa berjalan dengan sempurna dan baik.

Pada saat berlangsungnya proses ajar mengajar yang berlangsung di sekolah hal tersebut tidak terlepas dari adanya permasalah yang bisa mengganggu proses berjalannya proses belajar mengajar, namun permasalahan tersebut dapat segera teratasi jika pada semua pihak yang terkait bisa bersatu untuk mengatasinya.

Saran

Di bawah ini terdapat beberap saran yang akan kabarkan.com berikan agar dapat menuju ke arah perkembangan yang sempurna:

  • Menghubungkan berbagai faktor yang ikut berkecimpung atau terlibat dalam proses ajar dan mengajar agar bisa berkesinambungan.
  • Harus bisa bersatu dalam memperbaiki sarana dan prasarana dalam proses diberlangsungkannya metode belajar dan mengajar yang masih belum sesuai .
  • Proses yang diberlakukan dalam belajar dan mengajar di sekolah menerapkan suatu metode yang sebelumnya memang telah teruji terlebih dahulu.

Contoh Penutup Makalah PKN

Tentang Hak Dan Kewajiban Warga Negara

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Pengertian Hak ialah merupakan apa yang sudah seharusnya menjadi milik kita yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan khsusnya kita pribadi.

Kemudian pengertian dari kewajiban sendiri adalah merupakan sebuah bentuk dari segala sesuatu yang harus dilakukan agar bisa memperoleh suatu hak.

Sebab kita sebagai warga negara Indonesia yang baik, sangat diwajibkan agar dapat ikut terlibat dalam membenatu dan menjaga keharmonisan serta kedamaian negara dengan cara mengisi kemerdekaan dengan berbagai hal yang positif.

Adapun sebuah hak yang bisa diperoleh ialah benbentuk suatu kebebasan dalam melangsungkan kehidupan, kemudian bebas menyampaikan pendapat, dan jga kebebasan untuk beribadah dengan berdasarkan yang sudah diatur dalam UU Dasar 1945.

B. Saran

Maka dengan adanya keterangan dari yang sudah disampaikan kali ini mengenai suatu hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia yang baik dan sederhana ini sangat diharapkan terutam bagi semua masyarakat Indonesia bisa lebih mengerti mengani perannya masing-masing dalam bernegara. Dan himbauannya agar tidak hanya menuntut segala yang menjadi haknya saja melainkan masyarakat juga harus bisa melaksanakan dan menunaikan segala yang kewajibannya terhadap negara.

Penutup Makalah Adalah?

yakni meruapakan suatu karya secara tertulis yang bersifat resmi mengenai suatu pokok pembahasan yang sudah disusun agar dapat dibacakan dalam suatu jalannya persidangan atau di depan muka umum. Namun bukan hanya itu saja terkadang pada makalah juga diterbitkan.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai Contoh Penutup Makalah, seoga atrikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :