Contoh Surat Edaran

Posted on

Contoh Surat Edaran – Pada pertemuan kali ini akan kabarkan.com sampaikan mengenai contoh surat edaran beserta Umum, RT, Lomba, Organisasi dan Sekolah. Namun pada pertemuan sebelumnya juga yang mana kabarkan.com telah menerangkan materi tentang Contoh Identifikasi Masalah Nah untuk lebih jelasnya sobat bisa simak ulasannya sebagai berikut ini

Pengertian Surat Edaran

Contoh Surat Edaran
Contoh Surat Edaran

Apa yang dimaksud dengan surat edaran? yakni merupakan suatu surat secara tertulis yang di dalamnya berisikan berbagai pengumuman yang bersifat resmi dan biasanya kerapa ditujukan terhapa berbagai pihak tertentu yang ada di dalam suatu instansi, atau lembaga, dan juga sebuah organisasi.

Dimana Istilah “Surat Edaran” didalamnya tersusun atas dua kata yang mempunya makana yang tentunya berbeda-beda, yakni:

  • Makna dari Surat: yakni merupakan suatu sarana atau alat komunikasi dalam membrikan suatu informasi dengan berbentuk tulisan di dalam kertas dengan satu pihak terhadap pihak yang akan dituju, baik bersifat individu maupun kelompok.
  • Kemudian makna dari Edaran: yakn9i merupakan sebuah kata yang bisa disebut juga dengan sirkuler, yang diartikan sebagai sesuatu yang akan dikirim terhadap berbagai pihak dan pada isi dan bentuknya semuanya serupa.

Maka,dengan penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa surat edaran bisa juga dimknai sebagai suatu surat penyampai secara tertulis yang diperutukan terhadap berbagai banyak pihak yang isi dan bentuknya semuanya serupa.

Fungsi Surat Edaran

Adapun fungsi dari surat edaran sendiri ialah, sebagai berikut ini.

  • Merupakan suatu sarana dalam membrikan sebuah informasi yang bisa diperuntukan terhadap banyak pihak, apabila isi pada surat tersebut memang bersifat umum dan bukan dalam bentuk tulisan yang rahasia.
  • Bisa digunakan menjadi petunjuk dari suatu keterangan atau pemberitahuan mengenai adanya suatu peraturan/ kebijakan atau suatu susunan metode pelaksanaan (terhadap instansi).

Ciri-Ciri Surat Edaran

Di bawah ini terdapat beberapa ciri yang bisa sobat pahami yang ada pada surat edaran, berikut penjelasannya:

  • Dimana pada surat edaran biasanya merupakan suatu surat yang bersifat resmi dengan susunan bahasa yang baku.
  • Pada umumnya mempunyai sifat yang luas dan bukan merupakan suatu rahasia.
  • Pada umumnya isi dari surat edaran ini dan juga bentuk yang serupa sebab biasanya kerap ditujukan bagi banyak pihak.
  • pada umunya surat ini kerapa digunakan sebagai sebuah informasi atau sarana pemberitahuan terhadap berbagai pihak yang ada atas ruang lingkup yang tertentu.

Bagian-Bagian Surat Edaran

Di bawah ini terdapat beberapa bagian yang bisa sobat sekalian pahami dalam menyajikan dan menyusun surat edaran. Berikut penjelasannya ;

Baca Juga :  Tekstur Tanah

Bagian Kepala Surat

Pada umumnya atas bagian ini biasanya kerap terdapat sebuah kop surat yang tersusun atas logo atau sebuah lambang dari lembagai atau organisasi terkait, dimna lebis tepat berupa sebuah identitas seperti nama dan alamat atas suatu organisasi,lalu instansi atau lembaga yang terkait di dalamnya. Dan pada kop ini secara umum kerap difungsikan sebagai suatu menunjukan surat yang mana bersifat formal dan juga non-formal.

Bagian Isi Surat

Dimana biasanya pada bagian isi merupakan suatu bentuk pemberitahuan atau sebagai suatu bentuk informasi akan apa yang hendak disampaikan terhadap umum, dengan sesuai urutan atas tatanan pendahuluan, terhadap isi pokok surat dan juga penutup.

Bagian Kaki Surat

Maka bagian menjadi bagian yang terakhiryang biasannya selalu berisikan sebuah nama jabatan, dengan disertai tandatangan dari pengirim surat, kemudian nama lengkap, lalu nip, stempel “organisasi, instansi maupun suatu lembaga” dan juga tembusan “apabila memamg diterterakan ”.

Contoh Surat Edaran

Di bawah ini terdapat beberapa contoh yang akan kabarkan.com paparkan secara lengkap, berikut penjelasannya.

Contoh Surat Edaran Lomba

PEMERINTAHAN KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
Jl. Pangeran Dimana No. 222
LAMPUNG

Lampung, 14 sepetember 2019

Nomor : 01/PHBI/XI/2019
Lampiran. : –
Perihal : Perlomba MTQ

Kepada Yth.
Kepala sekolah MI NEGERI 2 Lampung
di tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bersama marilah kita hanturkan segala puji dan syukur hanya untuk Allah swt, dengan shalawat beserta salam marilah kita curhkan terhadap junjungan dan suri tauladan kita Nabi besar Muhammad saw, beserta keluarga, dan sahabat, semoga bisa sampai kepada kita selaku umatnya. Aamiin.
Maka dengan berkaitan akan dilaksanaknnya sebuah perlombaan MTQ se-Kabupaten Lapung selatan yang dimulai pada :

Hari/Tanggal : Kamis /19 September 2019
Pada pukul : 07.00 Hingga Selesai
Bertempat di : Islamic Center Lampung

Bersamaan dengan surat ini kami berniat akan mengundang agar dapat Mendaftarkan beberapa peserta maxsimal 3 orang pad acara tersebut.

Sekianlah surat permohonan ini kami ucpkan, terimaksih atas segala perhatian dan partisipasinya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat

Ketua Panitia,

Safrizal

Contoh Surat Edaran Sekolah

PEMERINTAH KABUPATEN BANDAR LAMPUNG
DINAS PENDIDIKAN
SMPN 1 BANDAR
Jalan Dirut Km 123, Bandar Lampung

Bandar Lampung, 14 September 2019

No. : 123/ 008 /smpn 1 B.Lampung /2019
Lampiran :-
Hal : Perpisahan

Yth
Pada Orang Tua selaku Wali Murid
Siswa Kelas IX
di Tempat

Hormat,

Dengan berdasarkan dari hasil pertemuaan terhadap para Orang Tua / Wali Murid kelas IX serta semua para staff guru dari SMP Negeri 1 B.Lampung dan juga dengan di hadiri oleh berbagai pihak komite SMP Negeri 1 B.Lampung pada:

Hari/Tanggal:Kamis /19 September 2019
Tempat:SMP Negeri 1 B.Lapung
Acara:Rapat Diselenggarakan Perpisahan Siswa Kelas IX

Dengan berdasarkan kesepetan akan dilangsungkannya acara perpisahan terhadap para siswa dan siswi kelas IX SMP Negeri 1 Dirut yang akan dihadiri oleh berbagai pengurus komite SMP Negeri 1 B.lampung dengan tahun ajaran 2018/2019. Dalam memberi dukungan atas kegiatan tersebut kami harapkan kontribusi dalam bentuk finansial dari semua orang tua/ wali murid berikut ini rinciannya :

  • Pada Kelas 9 :Rp. 65.000
  • Pada Kelas 8 :Rp.45.000
  • Pada Kelas 7 :Rp.30.000
Baca Juga :  Bimbingan Konseling

Sekianlah dari surat edaran ini kami hanturkan terimakasih atas perhatian dan juga kerjasamanya.

Hormat,
Kepala Komite SMP Negeri 1 B.Lampung,

Safrizal

Contoh Surat Edaran RT

RK 5/ 6 PERUMAHAN ARINDA PERMAI ASRI
DESA SEMUANYA BERBEDA KECAMATAN BIASA
KABUPATEN B.LAMPUNG 34114
Jl. Dirut km 1234 B.Lampung

Bandar Lampung, 14 September 2019

Perihal: Turut Mengundang

Yth.
Untuk semua Saudara/i
di tempat

Hormat

Dalam suatu upaya untuk menjaga kebersihan dan keindahan serta kesehatan terhadap lingkungan sekitar, maka dengan ini kami selaku pengurus RT turut mengundang untuk semua para warga masyarakat sekira agar dapat berpartisipasi dalam kegiatan gotong royong pada :

Hari, Tanggal:Kamis, 14 Sepetember 2019
Pada waktu:9.00 hingga Selesai
Berlokasi:Lapangan Bola Bulet

Sekianlah yang bisa kami sampaikan dengan surat ini, harapan kami agar sekiranya semua warga masyarakat bisa ikut terlibat secara langsung dalam kegiatan ini , bersamaan dengan ini pula kami ucapkan terimakasih.

Hormat,

Ketua RT 01/ 02

Safrizal

Contoh Surat Edaran Organisasi

KETUA PENGURUS RASA PEDULI SESAMA LAMPUNG
Jl. Kelapa warna 6No. 14 Bandar Lampung

Bandar lampung, 14 Sepetember 2019

Yth,
Semuan Para Pengunjung
di tempat

hormat,

Bersamaan dengan surat edaran ini kami sampaikan bahwasannya pada tanggal 14 September 2019 agar pada sementara waktu ini pasar malam yang ada di Alunan bagian selatan akan dilakukan penutupan disebabkan berkaitan dengan adanya insiden yang sudah terjadi dalam beberapa minggu lalu, dan nantinya akan kembali dibuka pada tanggal 20 Oktober 2019.

Sekianlah yang bisa kami sampaikan maka atas segala perhatiannya kami hanturkan banyak terimakasih.

Hormat ,

Kepala Pasar Malam

Safrizal

Apa yang dimaksud dengan surat edaran? 

yakni merupakan suatu surat secara tertulis yang di dalamnya berisikan berbagai pengumuman yang bersifat resmi dan biasanya kerapa ditujukan terhapa berbagai pihak tertentu yang ada di dalam suatu instansi, atau lembaga, dan juga sebuah organisasi.

Sebutkan Fungsi dari surat edaran?

Bisa digunakan menjadi petunjuk dari suatu keterangan atau pemberitahuan mengenai adanya suatu peraturan/ kebijakan atau suatu susunan metode pelaksanaan (terhadap instansi).
Bisa digunakan menjadi petunjuk dari suatu keterangan atau pemberitahuan mengenai adanya suatu peraturan/ kebijakan atau suatu susunan metode pelaksanaan (terhadap instansi).

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai contoh surat edaran, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :