Bola Tangan

Posted on

Bola Tangan – Pada pembahsan materi sebelumnya kabarkan.com telah menjelaskan mengenai materi softball secara jelas tentunya. Maka kali ini kabarkan.com akan membahas materi mengenai Bola Tangan secara jelas, dimulai dari Pengertian, Sejarah, Ukuran, Macam dan Peraturan. Berikutlah ulasan penjelasannya.

Bola Tangan
Bola Tangan

Pengertian Bola Tangan

Atlet
Atlet

Bola Tangan ialah merupakan cabang olahraga memeainkan bola dengan menggunakan tangan. Permainan ini sendiri hampir sama dengan permainan futsal atau bola kaki, dimana sama-sama memiliki gawang. perbedaannya hanya mereka harus mencetak gol ke gawang lawan dengan menggunakan tangan sedangkan untuk futsal harus menggunakan kaki.

Untuk cabang olahraga ini bila dimainkan indoor maka setiap tim berjumlah tujuh orang, dimana 1 sebagai kiper dan yang 6 sebagai pemainnya dan untuk permaiianan outdor maka jumlah tim sebelas orang, dimana 1 sebagai kiper dan 10 sebagai pemain.

Waktu permainan yang diperlukan dalam cabang olahraga ini ialah 1 jam, dimana setiap babak dibagi menjadi dua yaitu babak pertama 30 menit dan dengan babak kedua 30 menit. Untuk pinaltinya maka dalam olahraga ini ditentukan dengan jarak tujuh meter bila ingin melakukan pinalti.

Kemudian untuk ukuran lapangan cabang olahraga ini mencapai 40 m x 20m, dimana setiap lapanagn diberikan garis pemisah seperti garis gawang, Garis tengah dan garis pinggir lapangan. Cabang olahraga ini sudah diminati banyak orang, sehingga olahraga ini sudah diikut sertakan dalam perlombaan tahunan seperti Internasional (Olimpiade), Asia Games, Nasional dan maupun Lokal.

Macam-Macam Bola Tangan

Atlet
Atlet

Berikut di bawah terdapat dua macam dalam permainan ini, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Indoor ialah permainan yang dimainkan dilapngan gedung atautertutup dengan jumlah satu tim 7 orang.
  • Outdoor ialah permainan yang dimainkan dilapangan lebar dan terbuka dengan jumlah satu tim 11 orang

untuk peraturannya sendiri tetap tidak ada yang beda atau berubah walau dimainkan dilapangan outdoor.

Ukuran Bola dan Lapangan

Berikut ini pembahasan mengenai ukuran bola dan lapangan dalam cabang olahraga ini.

Baca Juga :  Contoh Naskah Drama

Dalam oalahraga ini dapat dibagi tiga untuk ukuran bolanya, yaitu antara lain.

Ukuran Bola

Ukuran Bola Tangan
Ukuran Bola
  • Untuk anak-anak baik laki-laki maupun perempuan, berat bola bisanya 290 sampai330 gram dan ukuran bolanya 50 sampai 52 centi meter.
  • Pada laki-laki dewasa berat bola biaasanya 425 sampai 475 gram dan ukuran bolanya 58 sampai 60 centi meter.
  • Berikutnya untuk perempuan dewasa berat bola bisanya 325 sampai 375 gram dan ukuran bolanya 54 sampai 56 centi meter.

Ukuran Lapangan

Ukuran Lapanagan Bola Tangan
Ukuran Lapanagan Bola Tangan

Dalam Olahraga ini dapat tujuh bagian untuk ukuran lapangan, yaitu antara lain.

  • Garis pinalti dengan jarak tujuh meter.
  • Garis gol dengan jarak enam meter.
  • Garis lemparan dengan jarak sembilan meter.
  • Untuk gawang dengan memiliki lebar tiga meter.
  • Untuk gawang dengan memiliki tinggi Dua meter.
  • Untuk lapangan memiliki lebar duapuluh meter.
  • Untuk lapangan memiliki panjang empetpuluh meter.

Inilah menurut ukuran-ukurannya yang dapat dibahas, kemudian akan membahas mengenai peraturannya dibawah ini.

Peraturan Bola Tangan

Atlet
Atlet

Untuk Peraturannya dapat dijelaskan sebagai berikut.

  • Pemain dilarang untuk mendorong, memukul, menarik tim lawan.
  • Pemain dilarang berada diarea kiper.
  • Pemain dilarang dengan sengaja melemparkan bola ke tim lawan.
  • Pemain dilarang saat berlari dan memberikan gerakan suatu lemparan sambil menyentuh dibagian tungkai bawah.
  • Pemain dilarang saat melakukan lemparan keatas dilarang untuk menankap lagi bolanya sebelum tim lawan menyentuh bolanya. Apabila ini dilakukan maka wasit memutusakan sebagai pelanggaran
  • Pemain tidak boleh melebihi tiga langkah saat membawa bola.

penjelasan diatas inilah mengenai seputaran peraturan dalam olahraga ini yang dimana harus di taati dan tidak untuk dilanggar. Setelah penjelasan diatas maka selanjutnya pembahasan mengenai sejarah cabang olahraga bola tangan dibawah ini.

Sejarah Bola Tangan

Mengenai sejarah tentu permaianan bola tangan ini sudah ada pada jaman dulu yaitu tepatnya berawal dari negara yunani. Ditahun 1230 masehi mulailah masyarakat jerman banyak memainkan permaianan ini, dimana pada masa itu olahraga ini masi dinamakan fangballspiel. Setelah sekian lama barulah di Negara Perancis mulai muncul permaianan ini ditahun 1494 sampai 1533 masehi namun jenis permainannya hanya dengan mengunakan telapak tangan. Kemudian barulah diabad 19 permainan boala tangan ini berkembang.

Atlet
Atlet

Ditahun 1897 tepatnya dinegara Denmark dibentuklah atau diadakan suatu kompetisi dalam permainan ini, dimana pada mmasa itu belum banyak negara yang mengikuti, karna hanya baru ada tiga negara saja yang ikut serta dalam perlombaan ini seperti negara Swedia, Denmark dan Jerman. Ditahun 1926 barulah peraturan olahraga ini dibentuk secara internasional, dimana pada itu diadakan suatu pertemuan antar negara mengenai federasi atletik amatir internasional, pertemuan itu sendiri diadakan di kota Hague.

Baca Juga :  Tekstur Tanah

Untuk diIndonesia sendiri olahraga ini mulai banyak digemarai masyarakat luas sehingga ditahun 1951 olahraga ini diikut sertakan diperlombaan diajang PON ke-2. Sehingga ditahun 2008 perkembangan cabang olahraga ini terus meningkat dan pesat, karana olahraga ini berhasil diadakan di ajang perlombaan Asian Beach Games di Indonesia, dan sebagai menandakan majunya cabang olahraga inipun sampai diadakan di ajang perlombaan besar seperti tingkat Internasional (olimpiade), Sea Games, dan nasional. Untuk olahraga ini juga masuk dalam kategori cabang olahrag ateletik.

Demikianlah pembahasan materi yang dapat di sampaikan, semoga dengan dijelaskannya mengenai materi ini. Pembaca dapat memahami dan mempelajari dari apa yang dimaksud dengan olahraga ini. Samapai bertemu di materi yang akan datang.

Jelaskan Sejarah Bola Tangan Yang Anda Ketahui ?

Ditahun 1926 barulah peraturan bola tangan dibentuk secara internasional, dimana pada itu diadakan suatu pertemuan antar negara mengenai federasi atletik amatir internasional, pertemuan itu sendiri diadakan di kota Hague.

Jelaskan Pengertian Bola Tangan ?

Bola Tangan ialah merupakan cabang olahraga memeainkan bola dengan menggunakan tangan.

Sebutka 3 Peraturan Dalam Permainan Bola Tangan Yang Kamu Ketahui ?

Pemain dilarang berada diarea kiper, Pemain dilarang dengan sengaja melemparkan bola ke tim lawan, Pemain tidak boleh melebihi tiga langkah saat membawa bola.

Baca Juga: