Pengertian Anggaran

Posted on

Pengertian Anggaran – Anggaran adalah rencana perusahaan atau organisasi yang terintegrasi dan dijelaskan dalam satuan unit selama periode atau masa waktu yang telah ditentukan.

Kali ini kabarkan.com akan memberikan pelajaran mengenai Pengertian Anggaran. Dimana pelajaran ini akan dikupas secara jelas, dengan berdasarkan Pengertian, Fungsi, Macam, Jenis dan Contoh.

Pengertian Anggaran

Pengertian anggaran adalah rencana perusahaan atau organisasi yang terintegrasi dan dijelaskan dalam satuan unit selama periode atau masa waktu yang telah ditentukan.

Pengertian Anggaran

Memahami anggaran adalah rencana yang dapat disiapkan dan disajikan dalam bentuk angka yang dinyatakan dalam satuan unit, semua jenis kegiatan dalam perusahaan untuk periode waktu tertentu dan di masa depan.

Bisnis di perusahaan harus memiliki rencana anggaran sebagai bentuk kontrol terhadap pertumbuhan ekonomi internal perusahaan. Anggaran memiliki tujuan dan keunggulan penting dalam perusahaan, yang biasanya disiapkan pada periode awal tahun selama satu tahun atau lebih

Pengertian Anggaran Menurut Para Ahli

  1. Andri Sukmayadi
    Konsep anggaran adalah rencana kerja, dinyatakan secara kuantitatif dan diukur dalam satuan unit standar. Satuan lain yang digunakan dalam periode satu tahun.
  2. M. Farish Khan
    Maksud anggaran adalah rencana sistematis yang mencakup semua jenis kegiatan perusahaan, dinyatakan dalam satuan unit atau satuan yang diterapkan selama periode terbatas.
  3. Harun Ahmad
    Tujuan anggaran adalah rencana tertulis dari suatu organisasi, yang dikuantifikasi untuk periode tertentu. anggaran dinyatakan dari satu unit, tetapi juga dapat ditunjukkan dalam satuan barang atau jasa.
  4. Saoki Ahmad
    Memahami anggaran adalah pendekatan sistematis dan formal yang bertujuan mencapai implementasi fungsi perencanaan sebagai alat untuk melaksanakan tanggung jawab manajemen.
  5. M. Fandy Kurnia
    Definisi anggaran adalah aturan nilai usah, yang di manfaatkan sebagai pengawasan dasar nilai keuangan dan perusahaan untuk periode mendatang. Rencana anggaran jangka pendek yang dipersiapkan secara sistematis berdasarkan rencana jangka panjang yang telah ditentukan sebelumnya.

Dengan demikian, rencana yang telah dibentuk dan disusun serta disajikan dalam bentuk unit sering disebut rencana keuangan.

Fungsi Anggaran

Pengertian anggaran mempunyai fungsi perencanaan salah satu fungsi tatanan, dan fungsi ini adalah salah satu fungsi manajemen, dan fungsi ini adalah dasar untuk pelaksanaan fungsi manajemen lainnya.

Mengenai definisi anggaran, Anda juga perlu mengetahui Fungsi anggaran dalam organisasi. Berikut ini adalah beberapa Fungsi sasaran anggaran dalam organisasi:

  1. Presentasi Rencana Aksi
    Tujuan dari anggaran berikutnya adalah untuk memberikan informasi terperinci tentang kegiatan yang direncanakan. Dengan cara ini, ketidak pastian akan berkurang, dan arah ke individu dan kelompok dalam organisasi akan menjadi jelas sehingga tujuan organisasi dapat tercapai.
  2. Koordinasi Metode Kerja
    Selanjutnya, tujuan anggaran adalah untuk mengoordinasikan metode atau metode yang akan digunakan untuk mengoptimalkan semua sumber daya.
  3. Kontrol Kinerja
    Lebih lanjut, tujuan anggaran adalah untuk menyediakan alat untuk mengukur dan mengendalikan pekerjaan individu dan kelompok dalam organisasi, serta untuk menyiapkan informasi yang merupakan dasar bagi perlunya tindakan korektif.
  4. Ekspresi Tujuan dan Harapan
    Mengartikulasikan tujuan dan harapan organisasi secara jelas dan formal. Dengan cara ini, organisasi menghindari kebingungan dan memberikan panduan tentang apa yang ingin dicapai oleh manajemen.
  5. Komunikasi Harapan
    Tujuan dari anggaran selanjutnya ialah agar menyampaikan kenginan manajemen kepada pihak terkait sehingga anggaran dipahami, didukung dan diimplementasikan dengan benar.
Baca Juga :  Frasa Verba

Macam – Macam Anggaran

1) Perubahan anggaran

Anggaran untung dan rugi berisi informasi tentang perkiraan kerugian untung usaha dalam periode anggaran. Anggaran ini juga didasarkan pada anggaran operasional dan kemudian digunakan sebagai bahan untuk mempersiapkan neraca.

2) Anggaran saldo

Anggaran yang berisi rencana posisi keuangan (aset, utang, dan modal) perusahaan pada awal dan akhir periode anggaran. Anggaran neraca ini disusun berdasarkan anggaran kas laba rugi dan dapat digunakan sebagai dasar untuk menyiapkan anggaran untuk perubahan posisi keuangan.

3) Perubahan anggaran dalam situasi keuangan

Anggaran ini adalah tentang rencana untuk mengubah hutang, aset, modal perusahaan selama periode waktu anggaran. Anggaran ini juga disusun dari saldo anggaran.

4) Anggaran program

Anggaran operasional disusun berdasarkan berbagai program utama perusahaan dalam bentuk jenis produk atau keluarga, misalnya, dalam program penelitian dan pengembangan. Anggaran program ini biasanya digunakan untuk menganalisis keharmonisan antara berbagai program perusahaan.

5) Tanggung Jawab Anggaran

Apakah anggaran operasional disusun berdasarkan pusat pertanggungjawaban yang terdapat di perusahaan. Program akuntabilitas ini juga digunakan sebagai alat kontrol untuk setiap manajer, serta pusat tanggung jawab yang mereka kelola.

6) Anggaran Belanja Modal

Anggaran ini menjelaskan rencana untuk mengubah aset perusahaan dalam periode anggaran dan didasarkan pada perkiraan penjualan. Anggaran belanja modal ini biasanya digunakan sebagai dasar untuk menyiapkan anggaran kas, biaya produksi dan biaya non-produksi.

7) Anggaran Uang Tunai

Anggaran kas berisi informasi tentang sumber yang diperkirakan, serta tentang penggunaan uang tunai selama periode anggaran. Anggaran kas juga didasarkan pada anggaran operasional dan modal.

Penganggaran adalah hal yang sangat penting agar suatu organisasi dapat menjaga likuiditas organisasi ini. Anggaran kas ini biasanya digunakan untuk menyusun anggaran neraca.

8) Anggaran Persediaan

Anggaran inventaris adalah satu anggaran yang merinci nilai stok untuk periode mendatang. Ada tiga jenis persediaan di perusahaan manufaktur, termasuk persediaan bahan, persediaan barang setengah jadi, dan persediaan barang jadi.

9) Biaya Anggaran

Anggaran ini terdiri dari anggaran pemasaran, serta anggaran administrasi dan umum, yang masing-masing berisi perkiraan biaya pemasaran, administrasi, dan umum. Anggaran ini juga dapat digunakan sebagai dasar untuk menyiapkan anggaran laporan kas dan laporan laba rugi.

Baca Juga :  Karangan Eksposisi

10) Anggaran Penjualan

Anggaran ini berisi rencana penjualan untuk periode atau waktu anggaran (biasanya satu tahun), yang dinyatakan dalam satuan moneter serta dalam jumlah penjualan. Anggaran ini juga didasarkan pada perkiraan penjualan yang dibuat oleh perusahaan.

Anggaran penjualan sering disebut anggaran utama dalam proses persiapan anggaran, karena anggaran adalah dasar untuk menyiapkan jenis anggaran lainnya, termasuk anggaran produksi, anggaran tunai, anggaran non-produksi dan anggaran laba rugi.

Mendefinisikan anggaran penjualan adalah anggaran yang menjelaskan secara rinci dan juga berisi informasi terperinci tentang penjualan masa depan perusahaan, yang memiliki rencana untuk jenis barang, jumlah, harga, waktu dan tempat penjualan barang.

11) Anggaran Produksi

Anggaran ini berisi rencana unit yang disiapkan selama periode anggaran. Perkiraan produksi berdasarkan rencana penjualan dan persediaan yang diharapkan

Anggaran produksi ini adalah dasar untuk menyiapkan anggaran untuk biaya produksi, termasuk overhead pabrik, biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung. Anggaran produksi ini juga dapat digunakan sebagai dasar untuk menyiapkan anggaran pasokan atau sebaliknya.

12) Anggaran Biaya Bahan Baku

Anggaran ini mengacu pada penilaian bahan baku yang diperlukan untuk proses produksi, yang dinyatakan dalam satuan unit dan jumlah bahan baku.

Kemudian dari anggaran ini juga akan diketahui tentang pembelian bahan baku yang dianggarkan, yang kemudian akan digunakan sebagai dasar untuk mempersiapkan anggaran dengan uang tunai dan kerugian.

Contoh Anggaran

https://kucinggarong2341.blogspot.com/2020/02/pengertian-anggaran.html
Contoh Anggaran
Contoh Anggaran

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan materi pelajaran ini. Semoga dengan apa yang telah kami sampaikan dalam artikel ini, dapat memberikan pemahaman serta bermanfaat untuk sobat semua. AMIN.

Baca Juga: