Infrastruktur Politik

Posted on

Infrastruktur politik – Setelah sebelumnya kabarkan.com telah membahas materi tentang Struktur Teks Eksposisi Maka dipertemuan kali ini akan kabarkan.com paparkan dengan lengkap materi tentang infrastrutur politik, beserta, pengertian, komponen, konsep dan contoh. Nah untuk lebih jelasnya bisa sobat simak, ulasannya sebagai berikut ini.

Pengertian Infrastruktur Politik

Infrastruktur-Politik
Infrastruktur-Politik

Apa yang dimaksud dengan Infrastruktur politik? yakni merupakan sesuatu yang masih berkaitan dengan kehidupan lembaga-lembaga kemasyarakatan yang dalam aktivitasnya bisa dipengaruhi secara secara langsung ataupun tidak.

Fungsi Infrastruktur Politik

Selanjutnya terhadap unsur infrastruktur yang di dalamnya terdapat beberapa lembaga yang mempunyai fungsi dan peranan masing-masing dalam budaya politik.

Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai fungsi infrastruktur politik yakni sebagai berikut:

Pendidikan Politik

Pada umum dari unsur infrastruktur politik sangat berperan dalam memfasilitasi pendidikan politik terhadap rakyat dan warga negara mulai dari pusat sampai ke wilayah pelosok.

Dalam adanya hal ini sangat dibutuhkan yang bertujuan agar semua rakyat dapat ikut ambil andil secara optimal dalam sistem politik, minimal di wilayahnya sendiri.

Dengan disesuaikan sifat kedaulatan rakyat, yang artinya semua rakyat bisa ikut serta dalam menentukan suatu kebijakan politik yang diambil lembaga negara sekecil apa pun.

Mempertemukan Berbagai Kepentingan

Dengan adanya sistem politik di setiap belahan negara tentu saja ada berbagai kepentingan.

Walaupun pada umumnya mempunyai tujuan yang sama, akan tetapi setiap masyarakat atau kelompok mempunyai pendapat serta sudut pandangan yang berbeda sesuai tingkat pendidikan dan lingkungan yang mempengaruhinya.

Maka dengan adanya Infrastruktur politik akan dapat menyatukan hal yang sama tersebut. Misalnya dalam partai politik atau dalam komunitas tertentu.

Menyalurkan Aspirasi Rakyat

Dimana Infrastruktur politik mempunyai peranan yang sangat penting dalam menyalurkan aspirasi rakyat dari tingkat yang paling bawah.

Sehingga dengan begitu, apabila adanya suatu tuntutan maka bagian mayoritas dapat menjadi bahan pertimbangan bagi para wakil dan pejabat yang berada di lembaga negara sehingga menjadi keputusan politik.

Baca Juga :  Kalimat Deklaratif

Menyeleksi Kepemimpinan

Kemudian dalam unsur infrastruktur politik pada umumnya akan lahir dan selnjutnya berkembang suatu pemimpin yang nantinya akan mewakili rakyat di dalam suatu lembaga negara atau bahkan menjabat sebagai pimpinan di suatu lembaga lainnya.

Sebab dengan adanya suatu organisasi dan lembaga masyarakat ini lah nantinya akan menyeleksi yang dimulai dari bawah guna menampilkan siapa saja pemimpin yang layak berdasarkan hukum dan norma masyarakat.

Dengan Harapan, pemimpin yang lahir dari masyarakat, maka akan sesuai dan bisa mengerti kebutuhan masyarakat yang melahirkannya.

Komunikasi Politik

Bukan hanya seperti yang telah disebutkan di atas saja, namun infrastruktur politik juga dapat difungsikan sebagai suatu alat komunikasi politik.

Komponen Infrastruktur Politik

Partai Politik

apa itu Partai politik? yakni merupakan suatu contoh infrastruktur politik yang pada saat sedang populer. dimana partai politik ialah merupakan suatu bentuk organisasi yang di dalamnya terdapat anggota yang mempunyai suatu tujuan yang sama dan ingin mencapai tujuan tersebut.

Pada umumnya di negara kita Indonesia setiap kedatangan partai politik bisa dilihat pada saat menjelang pemilihan umum.

Hal ini disebabkan sebagaiman yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa fungsi pemilu ini masih berkaitan dalam menentukan wakil rakyat yang akan duduk di lembaga legislatif negara dan biasanya bagi semua para calon peserta diajukan oleh partai politik yang sudah memenuhi syarat.

Kelompok Kepentingan

Apa yang dimaksud kelompok kepentingan? yakni merupakan suatu kelompok yang sedang berupaya dalam mempengaruhi kebijakan pemerintah namun tidak dengan tujuan yang sama atau dengan jalan ikut serta duduk dalam pemerintahan.

Apabila kedapatan salah satu anggotanya ikut serta dalam jabatan tertentu di lembaga pemerintahan,maka harus melalui partai politik.

Bentuk dari kelompok yang mempunyai kepentingan ini misalnya seperti ormas, Kemudian pada sekelompok institusi tertentu (misalnya, IDI, PGRI , Kadin, kelompok non organisasi (misalnya seperti paguyuban, ikatan alumni), dan kelompok lain yang ada secara mendadak (misalnya bertemu karena disebabkan adanya sebuah aktivitas unjuk rasa bersama).

Kelompok Penekan

Kemudian selanjutnya yakni Kelompok penekan , yang mana pada kelompok mempunyai kesamaan dengan kelompok kepentingan.

Baca Juga :  Contoh Majas Metafora

Namun pada kelompoka lebih terorganisir untuk mempengaruhi kebijakan pemerintah.

Kemudian bentuk dari beberapa organisasi yang bisa dikatagorikan kedalam kelompok ini misalnya seperti L.S.M, kemudian kepemudaan, selanjutnya lingkungan hidup serta lembaga bantuan hukum, dan sebagainya.

pada Kelompok ini mempunyai kegunaan dalam mempengaruhi kebijakan pemerintah dengan melalui cara persuasi dan propaganda.

Dimana nantinya mereka semua akan mengambil semua jalur resmi yang ada agar tuntutannya dapat dipenuhi.

Misalnya, pada organisasi keagamaan yang menginginkan terbentuknya kebijakan tentang pornografi, maka organisasi tersebut akan datang secara resmi ke DPR dan meminta semua jalur yang ada supaya tuntutannya bisa terlaksanakan.

Media Komunikasi Politik

Dengan adanya Komponen infrastruktur politik media ini sangat mempengaruhi kelompok-kelompok politik lain hingga ke lembaga negara.

Dalam media ini dapat berbagai bentuk, mulai dari televisi, radio, dan internet yang saat ini ramai dengan sosial media.

Kegunaan media komunikasi politik yakni memberi pendidikan politik kepada masyarakat, dengan menggunakan proses sosialisasi politik, dan seharusnya menyampaikan segala informasi yang benar tentang sistem dan situasi politik yang ada.

Infrastruktur Politik Adalah?

Yakni merupakan sesuatu yang masih berkaitan dengan kehidupan lembaga-lembaga kemasyarakatan yang dalam aktivitasnya bisa dipengaruhi secara secara langsung ataupun tidak.

Fungsi Infrastruktur Politik Adalah?

Dimana Infrastruktur politik mempunyai peranan yang sangat penting dalam menyalurkan aspirasi rakyat dari tingkat yang paling bawah.

apa yang dimaksud dengan kelompok Kepentingan?

Yakni merupakan suatu kelompok yang sedang berupaya dalam mempengaruhi kebijakan pemerintah namun tidak dengan tujuan yang sama atau dengan jalan ikut serta duduk dalam pemerintahan.

Demikianlah materi pembahasan kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya ;