Kapak Corong

Posted on

Kapak Corong – Setelah sebelumnya kabarkan.com telah membahas materi tentang Zama Mesolitikum Maka pada perjumpaan kali ini kembali akan kabarkan.com sampaikan materi tentang kapak corong – Gambar, Fungsi, Gambar dan Pengertian. Nah untuk lebih jelasnya mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Kapak Corong

Kapak Corong
Kapak Corong

Apa yang dimaksud dengan Kapak corong ? yakni merupakan sebuah peralatan yang dibuat dari perunggu dan mempunyai rongga yang terdapat di tengahnya sehingga bisa diisi oleh sesuatu. Kemudian dengan adanya rongga tersebut sehingga dinamai kapak corong.

Akan tetapi berdasarkan dengan bentuknya, dimana pada kapak yang sejenis ini mempunyai 3 sebutan yang masing-masing tidak sama .

MIsalnya seperti Kapak sepatu sebab rupanya yang hampir mirip dengan sepatu.

Kemudian kapak upacara sebab pada dasarnya kapak ini sejenis ini hanya dipakai pada saat akan melakukan suatu ritual secara adat.

Selanjutnya ialah kapak corong sebab mempunyai rongga yang membentuk sebuah corong.

Sejarah Kapak Corong

Kemunculan kapak corong merupakan hasil sebuah peninggalan prasejarah masa perundagian yang mana dari berlangsungnya masa tersebut terdapat berbagai macam peninggalan yang berupakan suatu peralatan dan juga dalam bentuk perabotan rumah tangga yang terbuat dibuat dari perunggu dan perak.

Dimana kampak corong ialah merupakan salah satu bagian yang sudah ada sejak masa dalam peradaban modern ketika itu yang menurut perkiraan muncul sekitar tahun 2000 sampai 3000 sebelum Masehi. .

Ketika berlangsungnya masa itu, cukup sangat banyak jumlah para pengrajin besi yang sudah membuat berbagai macam benda berbahan besi, lalu perunggu, dan bahkan diantarnya dari bahan perak.

Demikian juga dengan hasil dari peninggalan pada kapak ini. Dimana pada awalnya dibuat dari bahan bebatuan namun seiring perkembangan zaman lalu kemudian pembuatannya menggunakan bahan besi dan juga perunggu.

Walaupun begitu sangat banyak para pengrajin besi, akan tetapi nyatanya jumlah dari populasi kampak corong ini tidak banyak.

Namun pada masanya hanya suatu kalangan tertentu saja yang bisa merasakan manfat dari adanya benda ini.

Penyebabnya ialah untuk bahan baku dalam membuat kampak corong tersebut terbilang cukup langka sehingga cukup sulit dalam memproduksi dengan jumlah sangat banyak.

Walaupun demikian, hasil peninggalan dari kampak corong ini tetap saja masih bisa tersebar luas dengan baik, bahkan hampir seluruh dunia mengenalnya.

Baca Juga :  Sejarah Bahasa Indonesia

Dengan adanya proses perjalanan yang dilakukan terhadap manusia pada masa itu sehingga dengan adanya perpindahan dari tempat ketempat yang lainnya akhir membuat persebaran dari kampak corong ini menjadi merata dan meluas.

Fungsi Kapak Corong

Kapak Corong
Kapak Corong

Pada masanya kampak corong mempunyai berbagai fungsi yang disesuaikan dengan jenis-jenisnya.

Dengan seiringnya perkembangan yang terjadi pada bentuknya yang bervariasi. 

Namun hampir dari sebagian kapak jenis ini mempunyai fungsi yang kerap dijadikan alat bantu dalam pertukangan yang ada pada zaman tersebut, dan juga merupakan salah satu tanda kebesaran terhadap seseorang atau suatu daerah tertentu serta kerap diunakan sebagai alat upacara suatu adat misalnya dalam sebuah ritual.

Namun berbeda dengan yang ada seperti saat ini yang mana lebih mudah dan terdapat lebih banya pertukangan yang membuat berbagai alat yang canggih.

Jenis-Jenis Kapak Corong

Kapak Corong
Kapak Corong

Pada dasarnya pembuatan kampak corong ini hanya dibuat terhadap suatu kalangan tertentu yang kemudian menciptakan berbagai macam jenis kampak corong yang sangat menarik.

Di bawah ini terdapat beberapa keterangan dari jenis-jenis kampak corong yang harus sobat pahami:

Tipe 1

Pada jenis kampak corong yang pertama ini ialah merupakan salah satu jenis kapak yang mempunyai penampang dengan bentuknya yang lonjong sehingga terlihat bentuknya menjadi sangat lebar.

Kemudian pada bagian pangkal dari tangkainya terdapat bentuk yang cekung namun yang sebagiannya tetap lurus.

Namun untuk bagian yang tajam bentuknya malah membentuk seperti cembung.

Penyebaran kampak corong jenis 1 sudah melebar dan meluas disetiap daerah Jawa, lalu Madura, Sulawesi, Flores, Bali, Maluku, dan kemudian sampai Papua.

Tipe 2

Kemudian pada kampak corong untuk tipe 2 yang biasa dikenal pada masanya yakni kapak seriti sebab pada bentuknya menyerupai seperti burung seriti.

Dan dibagian tangkainya, ada suatu belahan yang membentuk seperti layaknya sebuah sayap burung ceriti.

Namun dari jumlah sebagian kapak ini mempunyai belahan yang cukup dalam, dan sebagainnya lagi tidak.

Namun cirkhas lainnya , dimana pada kampak corong tipe 2 ini juga mempunyai sebuah corak atau suatu hiasan yang begitu sangat menarik.

Sehingga dengan adanya hiasan tersebut bisa menambah nilai tukari terhadap para bangsawan.

Tipe 3

Kemudian untuk tipe ketiga, dimana kampak corong pada tipe ini memiliki sebuah tangkai yang sangat panjang daripada bagian tajam atau pada bagian ujung corongnya.

Pada Kapak ini juga mempunyai ukuran yang sangat bervariasi, ada yang besar dan juga kecil.

Baca Juga :  Contoh Analisis

Penyebaran kampak corong dari jenis ini mulai tersebar luas dai daerah Sumatra, lalu Jawa Barat, Jawa Timur, Papua, Maluku, dan juga sampai ke Sulawesi Selatan.

Tipe 4

Kemudian jenis kampak corong yang keempat 4, dimana pada mempunyai mata kapak yang berbentuk gepeng dan hanya setengah lingkaran.

Namun pada jenis kampak corong yang ini mempunyai ukuran yang pendek dan bahunya lurus.

Penyebaran Kapak ini meluas hingga sampai didaerah Jawa Timur, Bali,dan juga sampai ke Sulawesi.

Tipe 5

Kemudian Kapak pada tipe yang kelima 5 ini mempunyai mata kapak yang berbentuk layaknya seperti bulan sabit.

Dan pada bagian tengahnya sedikit melebar dan pada bagian kedua sisi yang menyempit.

Diamana penyebaran Kapak tipe 5 meluas hingga sampai kedaeran Papua dan juga Bali.

Tipe 6

Kemudian pada Kapak yang keenam 6 mempunyai mata kapak yang berebntuk menyerupai sepertui sebuah jantung manusia.

Dan juga pada bagian bahu dari kapak ini berbentuk melengkung, namun pada bagian pangkalnya terlihat seperti sapu lidi. Penyebaran kapak ini hanya dijumpai di Bali saja.

Tipe 7

Kemudian pada jenis yang satu ini ialah merupakan sebuah kapak corong yang mempunyai gagang pegangan yang sangat pendek.

Dan pada kapak corong ini mempunyai sebuah mata yang sangat tipis dan juga tajam.

Pada bagian ujung dari kapak ini membentuk suatu lengkungan dan juga lebar ke dalam.

Kemudian dibagian tangkainya terdapat berbagai hiasan yan menggambarkan suatu kaki burung yang sedang mencengkeram. Penyerbaran Kampak corong ini dapat dijumpai di pulau Jawa.

Tipe 8

Kemudian hasil peninggalan yang terkhir yakni kampak corong dengan memiliki sebuah tangkai yang menyatu pada bagian matanya.

Dan pada sebuah cakram tersebut akan difungsikan sebagai bagian pangkal yang menghubungkan antara mata dan tangkai.

Namun hal yang sangat menarik dari kapak corong tipe 8 ialah terdapat sebuah hiasan yang berpola seperti topeng yang mirip seperti kipas. Pada Kapak ini dapat dijumpai di wilayah pulau Rote.

Kapak corong Adalah ?

yakni merupakan sebuah peralatan yang dibuat dari perunggu dan mempunyai rongga yang terdapat di tengahnya sehingga bisa diisi oleh sesuatu. Kemudian dengan adanya rongga tersebut sehingga dinamai kapak corong.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai kapak corong, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :