Daur Hidup Kecoa

Posted on

Daur hidup kecoa – Setelah sebelumnya Contohsoal.co.id telah membahas materi tentang Daur Hidup Nyamuk Maka dipertemuan kali ini akan kabarkan.com paparkan materi tentang daur hidup kecoa secara lengkap, mulai dari pengertian, tahapan proses, penjelasan dan gambarnya. Nah untuk lebuh jelasnya sobat bisa simak ulasannya dibawah ini.

Daur Hidup Kecoa

Daur Hidup Kecoa

Apa yang dimaksud dengan Kecoa? ialah merupakan salah satu jenis serangga yang dapat ditemukan dimana saja. Sebab ia memang mampu hidup dimanapun biasanya tinggal di kamar mandi, kantor, sekolah, tempat ibadah dan masih banyak tempat lainnya.

Tempat yang lembab dan mengandung banyak makanan menajdi sumber kediamannya. Dalam hal ini disinyalir pada kecoa menjadi salah satu serangga yang mengganggu manusia sebab jorok dan bisa menyalurkan berbagai penyakit kepada manusia.

Hampir sebagian besarnya kecoa kerap melakukan aktivitasnya pada malam hari sebab ia sangat suka bersembunyi di tempat gelap maka oleh sebab itu ia sering muncul tiba-tiba dari sudut kegelapan misalnya seperti kolong tempat tidur, lemari atau tempat gelap lainnya.

Siklus Hidup Kecoa

Daur Hidup Kecoa

 

Berikut ini merupakan penjelasan dari daur hidup kecoa :

1. Fase Telur

Pada kecoa mempunyai sebuah siklus hidup atau metamorfosis yang tidak sempurna dalam hal ini disebabkan ia hanya melalui 3 tahapan atau fase.

Dapat dikatan pada Fase pertama yakni telur, dimana biasanya telur kecoa berbentuk seperti kapsul dengan ukuran yang sangat kecil dan bewarna coklat pekat.

Pada umumnya biasanya biasanya jika bertelur ia akan mencari daerah yang kumuh atau sampah atau bahkan di tempat yang tidak banyak dikunjungi orang karena akan lebih aman berbeda dengan daur hidup hewan yang lain seperti daur hidup kupu kupu yang jauh dari tempat kotor.

Telur kecoa memiliki cangkang yang keras dan tidak mudah pecah dengan memiliki semacam cairan tertentu yang merekat pada tempat telur tersebut.

2. Fase Nimfa

Kemudian setelah telur menetas telur tersebut akan menjadi nimfa atau bayi kecoa. Nimfa ini sangat kecil dan bewarna putih seperti kutu beras. Nimfa sudah dapat bergerak bebas dan kemudian secara perlahan mengalami perubahan warna menjadi coklat.

Baca Juga :  Bagian Bagian Bunga

Pada fase ini kecoa masih sangat rentan bahkan belum memiliki sayap. Kecoa juga dapat mengalami berbagai pergantian kulit sehingga menjadi kulit seperti kulit kecoa dewasa.

Namun nimfa sudah mampu mencari makanannya sendiri yaitu mencari makanan yang ada di sekitarnya. Seiring berjalannya waktu nimfa kemudian menjadi kecoa muda dan sudah hampir menjadi kecoa dewasa.

3. Fase Kecoa dewasa

Selanjutnya setelah telur dan nimfa kemudian yang terjadi yakni perubahan menjadi kecoa muda dan berangsur dewasa yang telah memiliki sayap. Kecoa bisa terbang baik kecoa betina maupun kecoa jantan.

Cara Berkembang Kecoa

Berdasarkan habitatnya kecoa berkembang biak dengan cara bertelur atau Ovipar dan sebagian kecil lainnya berkembang biak secara Ovovivipar (bertelur dan beranak).

Dalam perkembangbiakannya, Kecoa mengalami metamorfosis tidak sempurna dimana siklus hidupnya seperti yang di jelaskan di atas tadi bahwa terbagi dalam 3 fase perkembangan yaitu Telur, Nimfa dan Imago.

Cara Menghilangkan Kecoa

Karena serangga yang satu ini dilansir bisa menganggu manusia karena hewan ini tinggal di tempat tempat yang kotor secara otomatis hewan ini juga menjadi hewan yang menjijikan dan hewan ini sering hidup lingkungan manusia sehingga ada manusia yang ingin membasmi atau menghilangkan agar tidak lagi hidup lingkungan rumah.

Nah, dibawah ini terdapat beberapa cara untuk membasmi kecoa yang ada di lingkungan kita baik rumah atau tempat yang lainnya :

  • Bawang putih:Letakan bawang putih yang sudah di iris irisa kemudian letakkan di area Kecoa yang biasanya muncul. Kecoa tidak terlalu menyukai bawang putih, karena mengandung zat antibakteri yang bisa membuat mereka melarikan diri.
  • Air panas: Sedikit sadis, tetapi cara ini sangat efektif untuk membunuh Kecoa, terutama pada kawanan kecoa yang berkumpul. Siramlah air panas pada kecoa dan kecoa pun akan langsung mati dan tidak akan menganggu anda lagi.
  • Ketimun: Kecoa tidak suka mentimun, letakan mentimun di dekat makanan sehingga mereka tidak melewatinya.
  • Air sabun: Anda bisa menambahkan air yang dicampur dengan sabun untuk mencuci pakaian atau sabun cuci piring, dan kecoa akan mati seketika.
  • Penolak serangga: Gunakan pembasmi serangga yang ramah lingkungan dan tidak berbahaya untuk kesehatan Anda sendiri.

Fakta Menakjubkan Tentang Kecoa

Ada banyak hal tentang Kecoa yang hanya sedikit diketahui orang, Kecoa yang sangat ditakuti dan menjijikkan, tetapi hanya sedikit orang yang ingin tahu lebih banyak tentang Kecoa.

Baca Juga :  Batuan Beku

Dibawah ini ialah merupakan sebuah penjelasan mengenai fakta tentang Kecoa:

Kecoa bisa terbang – Dengan sepasang sayap yang dimilikinya sehingga bisa digunakan untuk terbang. Secara umum, Kecoa terbang ketika tertekan, seolah-olah ada predator atau jika mereka dalam bahaya. Kecoa juga akan terbang saat suhu udara panas.

Kecoa adalah salah satu penyebab efek rumah kaca: jika ada perlombaan kentut, Kecoa kemungkinan akan menang karena kentut yang dikeluarkan Kecoa setiap 15 menit rata-rata.

Kecoa kentut dalam bentuk gas metana, bahkan Kecoa akan terus buang angin ketika dia mati selama 18 jam. Dengan jumlah Kecoa di dunia, Anda dapat membayangkan jumlah gas metana di bumi dan merupakan salah satu penyebab utama kerusakan lapisan ozon dan efek polusi udara.

Mati terlentang: Kecoa akan mati ketika mereka terlentang karena koordinasi otot-otot tubuh mereka tidak akan bekerja atau berhenti, sehingga Kecoa akan mati di punggung mereka.

Mampu hidup tanpa kepala: Kecoa bisa hidup tanpa kepala, ini disebabkan fakta bahwa Kecoa bernafas dengan ventilator di tubuh dan bahwa kepala bukanlah organ vital, sehingga mereka dapat hidup hingga 7 hari tanpa kepala.

Kecoa menyebabkan asma: Kecoa menghasilkan bubuk atau serbuk halus yang menembus saluran udara dan menyebabkan kesulitan bernafas atau asma.

Kecoa tahan terhadap radiasi: ini belum terbukti, tetapi dikatakan bahwa ketika bom nuklir diproduksi di Jepang, Kecoa tidak mati. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa Kecoa bisa bertahan 10 kali lebih banyak radiasi daripada manusia.

Kecoa sebagai pembawa penyakit: hal ini disebakan didalam tubuh Kecoa, terdapat patogen serangga (berbahaya atau merugikan) seperti streptococus, salmonella dan jenis bakteri patogen lainnya yang dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti demam tipus, diare, disentri , polio, kolera, hepatitis A dan demam Kecoa suka hidup di lingkungan yang kotor-kotor, begitu banyak bakteri dan virus berbahaya memasuki rumah, dan kemudian bakteri dan virus memasuki rumah dan menetap di rumah. lantai, atau makanan dapat dengan mudah tertular penyakit.

 

 

 

 

Demikianlah materi pemabahasan kali ini mengenai daur hidup kecoa, semoga artikel ini dapat bermanfaat abgi sobat semua.

Artikel Lainnya :