Zama Mesolitikum

Posted on

Zaman Mesolitikum – Setelah sebelumnya contohsoal telah menerangkan materi tentang Masa Bercocok Tanam Maka pada perjumpaan kali ini kembali akan kabarkan.com sampaikan materi tentang Zaman Mesolitikum – Penginggalan, Alat, Hasil, Gambar dan Pengertian. Nah untuk ulasan selengkapnya, yuk kita simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Zama Mesolitikum

Zama Mesolitikum
Zama Mesolitikum

Apa yangdimaksud dengan Zaman mesolitikum ? yakni merupakan salah satu zaman prasejarah, yang dikenal juga dengan zaman batu yang mana pada setiap manusia yang ada pada zaman itu masih memakai peralatan yang terbuat dari bebatuan yang digunakan untuk kegiatan yang dilakukan dalam kesehariannya.

Kemudian Zaman mesolitikum banyak juga yang mengenalnya dengan sebutan suatu zaman batu tengah dan sudah berlangsung sejak pada masa holsen yakni berkisar 10. 000 tahun yang lalu.

Ciri Zaman Mesolitikum

  • Tidak nomaden sebab manusia pada zaman ini sudah bertempat tinggal.
  • Manusia pada zaan ini sudah memiliki keahlian dalam bercocok tanam.
  • Mempunyai kemampuan dalam membuat suatu kerajinan dari bahan gerabah.
  • Berbagai alat yang diperoleh pada zaman ini hampir serupa dengan zaman sebelumnya yakni paleolitikum misalnya seperti alat alatnya yang masih terbuat dari batu dan berbentuk kasar.
  • Hasil penemuan sampah dapur yang dikenal dengan sebutan kjoken mondinger.

Kebudayaan Zaman Mesolitikum

Dimana perdaban pada manusia zaman itu menempati suatu gua yang dijadikan sebagai tempat tinggal yang bisa ditemukan dalam kebudayaan sampung bone di gua lawa, yang letaknya berada dekat dengan sampung ponorogo, yakni didaerah Jawa Timur.

Kemudian sejumlah hasil penemuan yang terdapat di lamoncong, tepatnya di daerah sulawesi selatan sekitar pada tahun 1928-1931 yang pertama kali menemukannya ialah van Stein Callenfels adapun hasil temuan tersebut ialah berupa :

  • Yang pertama ialah berupa beberapa tulang manusia jenis Papua Melanesoid
  • Yang kedua flakes
  • Yang ketiga ialah berbagai alat yang terbuat dari tulang
  • Yang keempat ialah adanya tanduk yang semakin memperkuat dugaan adanya kebudayaan ini.

Yang memeprkuan selanjutnyaialah didukung dengan adanya penemuan berbentuk suatu lukisan dengan berupa sebuah cap tangan dan juga hewan di gua raha, lalu pulau muna, kemudian sulawesio tenggara serta danau sentani papua.

Tinggal di Tepi Pantai

Bukan hanya gua saja yang kerap dijadikan sebagai sebuah tempat tinggal namun manusia pada Zaman Mesolitikum ini kerap menempati daerah yang ada disepanjang pantai untuk dijadikan sebagai tempat tingganya dan mereka membangun beberapa rumah panggung yang sederhana.

Peninggalan Berupa Kapak Sumatra

Dimana dari hasil berbagai penemuan tersebut terdapat juga sebuah Kapak Sumatra yang mana bentuknya hampir serupa dengan kapak yang pernah dijumpai ddaerah Pegunungan Bacson dan juga daerah Hoabinh, serta daerah Tonkin, yakni dibagian Yunan Selatan.

Dengan berbagai hasil penemuan tersebut para ahli kemudian para ahli mempunyai kesimpulan bahwa di Tonkin ialha merupakan pusat dari berkembangnya kebudayaan pra-aksara yang terdapat di daerah Asia Tenggara yang kebudayaan tersebut dikenal dengan sebutan Bacson-Hoabinh.

Baca Juga :  Sejarah Bahasa Indonesia

Kepercayaan Zaman Mesolitikum

Sistem kepercayaan yang dianut pada Zaman Mesolitikum yakni animisme dan dinamisme.

Bukti adanya kepercayaan animisme dan dinamisme ini terdapat pada lukisan di Goa Leang-Leang, Sulawesi dengan gambar telapak tangan wanita serta gambar hewan yang diyakini bisa mengusir roh jahat.

Kehidupan Zaman Mesolitikum

pada zaman ini mempunyai perbedaan dengan zaman lainnya, hal ini dapat diketahui dengan berbagai hasil yang ditemukan, sehingga para ahli berpendapat bahwa pada zaman ini keadaan pada manusianya lebih cerdas apabila dibandingkan dengan zaman yang merupakan para pendahulunya.

Yang mana kelangsungan hidup mereka mulai menetap di dalam gua maupun pantai dan diantaranya sudah banayk yang mengenal bagaimana cara bercocok tanam , walupun untuk teknik yang dipakai masih terbilang sangat sederhana.

Kemudian pada Zaman Mesolitikum juga masih memakai berbagai peralatan yang diantarnya masih terbuat dengan menggunakan tulang dan juga tanduk untuk digunakan sebagai alat peralatan dalam keseharian mereka untuk memperoleh makanan.

Kemudian pada manusia yang ada pada zaman ini juga sudah mempunyai berbagai kealuian terutama dalam hal pembuatan gerabah yang dibentuk dengan menggunakan bahan dari tanah liat.

Adapun berbagai benda yang ditemukan pada Zaman Mesolitikum ialah :

  • Yang pertama berupa sebuah kapak genggam sumatra.
  • Yang kedua ialah flake atau (flakes culture) ditemukan didaerah toala
  • Yang ketiga ialah alat yang terbuat dari bahan tulang atau (bone culture) ditemukan di sampung.

Dari hasil semua peninggalan yang ditemukan pada zaman ini ialah dijumpai di pulau sumatra, lalu pulau jawa, dan juga pulau bali, serta didaerah nusa tenggara bagian timur.

Namun bukan hanya itu saja, dimana latar belakang pada manusia yang ada zaman ini juga memiliki tingkat kecerdasan yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan zaman para pendahulunya yakni zaman paleolitikum.

Yang mana dapat terlihat berdasarkan penataan dalam bentuk sosial yang dianggap lebih rapih, lalu tenang, tertata rapih. dan juga sangat berkembang maju sehingga dengan berbegai penemuan tersebut dapat disimpulkan bahwa bukti Zaman Mesolitikum ini dinilai berkembang sangat maju dengan baik.

Peninggalan Zaman Mesolitikum

Peninggalan Zaman Mesolitikum
Peninggalan Zaman Mesolitikum

Dari sejumlah peninggalan ini merupakan suatu alat yang pada masanya digunakan oleh manusia zaman Mesolitikum dalam kehidupannya sehari- hari, yang diantaranya ialah :

Kapak Genggam Sumatra

Pada peninggalan berupa Kapak genggam atau bisa disebut juga dengan Pebble Sumatra yang sebelumnya telah dijumpai oleh PV VAN Stein Callenfels sekitar tahun 1925 dimana pada saat itu ia sedang melakukan suatu penelitian tepatnya didaerah bukit kerang.

Kemudian dalam membuat kapak genggam ini dimana mereka membentuknya dengan menggunakan bahan seperti bebatuan kali yang dipecah dan kemudian diperhalus.

Kapak Pendek Hachecourt

Kemudian yang kedua ialah Kapak pendek atau biasa dikenal dengan hachecourt yang juga berhasil dijumpai oleh PV VAN Stein Callenfels yang terletak didaerah bukit kerang.

Akan tetapi nama dan ukuran bentuk dari kapak ini tidak serupa, pasalnya kapak ini mempunyai ukuran yang sangat pendek jika dibandingkan dengan kapak yang ditemukan sebelumnya.

Pipisan

Peninggalan Zaman Mesolitikum
Peninggalan Zaman Mesolitikum

Apa yang dimaksud dengan Pipisan? yakni merupakan suatu batu yang berbentu seperti penggiling yang lengkap dengan landasannya.

Namun dalam penggunaannya dimana pada alat ini bukan hanya dipakai unutk menghaluskan makanan, namun pada alat ini juga dapat dipergunakan sebagai suatu alat untuk menghaluskan cat merah yang bahannya berasal dari tanah merah.

Baca Juga :  Lari Jarak Jauh

Kemudian peninggalan selanjutnya ialah :

Abis Sous Roche

Apa yang dimaksud dengan Abis sous roche? yakni merupakan suatu peninggal berupa goa yang mana merupakan tempat kediaman atau disebut dengan rumah yang digunakan poleh manusia pada zaman mesolitikum kala itu.

Dimana pada saat itu Abis sous roche berhasil ditemukan untuk pertama kalinya didlam goa Lawa yakni oleh Dr. Van Stein Callenfels sekitar tahun 1928 hingga 1931.

Kjokkenmoddinger (sampah dapur)

Apa yang dimaksud dengan Kjokkenmoddinger? yakni merupakan sautu istilah yang didaperoleh dari bahasa Denmark yang kjokken artinya ialah dapur) sedangkan modding berarti sampah).

Dan seperti yang kita ketahui bahwa Kjokkenmoddinger ialah merupakan suatu fosil yang berbntuk seperti sebuah tumpukan dari berbagai kulit kerang dan juga siput dengan ketinggian hingga ± 7 meter.

Kebudayaan Tulang dari Sampung (Sampung Bone Culture)

Dengan berdasarkan dari semua hasil dari penemuan yang diperoleh yakni berupa tulang, maka kemudian para ahli arkeolog menamainya dengan sampung bone culture.

Kebudayaan Bacson-Hoabinh

Apa yang dimaksud dengan Bacson hoabinh ? yakni merupakan suatu kebudayaan yang sebelumnya telah dijumpai di dalam bukit kerang dan juga gua yang berada di Indo-china, lalu sumatera timur, serta melaka.

Nah pada daerah ini juga dimana telah dijumpai suatu alat peninggalan lainnya misalnya seperti batu giling.

Hasil penemuan ini terbilang cukup unik dari pada hasil penemuan lainnya.

Dimana apabila terdapat seseorang yang meninggal dunia, maka peninggalan yang satu akan berguna agar dapat meletakan mayat tersebut dalam keadaan sedang berjongkok.

Dengan berlatarkan suatu warna merah. Yang mana Konon ceritanya hal tersebut“agar bisa mengembalikan hayat terhadap mereka yang masih dalam keadaan hidup”.

Dengan berlatarkan suatu warna merah. Yang mana Konon ceritanya hal tersebut“agar bisa mengembalikan hayat terhadap mereka yang masih dalam keadaan hidup”.

Kebudayaan Toala

Kemudian yang selanjutnya dimana hampir dari sebagian besar hasil kebudayaan Toala dimana mereka membuat suau alat yang menggunakan bahan bebatuan yang bentuk hampir mirip dengan batu api yang berasal dari negara eropa. Misalnya saja seperti : jaspis, obsidian, kaleson, dan kapur.

Namun hal tersebut tidak sama dengan bacson hoabinh, dimana hasil dari penemuan ini digunakan agar dapat menguburkan setiap orang yang telah meninggal yang kemudian diletakan di dalam gua .

Kemudian ketika pada tulang belulang dari mayat tersebut sudah mulai mengering maka kemudian akan diambil kembali.

Dan Selanjutnya akan diserahkan terhadap pihak dari keluarganya yang bertujuan sebagai salah satu bentuk kenang-kenangan.

Secara umum, biasanypada tulang belulang tersebut akan dikenakan oleh berbagai kaum wanita pada kala itu untuk dijadikan sebuah kalung dari hasil tulang belulang tersebut.

Apa yangdimaksud dengan Zaman mesolitikum ?

yakni merupakan salah satu zaman prasejarah, yang dikenal juga dengan zaman batu yang mana pada setiap manusia yang ada pada zaman itu masih memakai peralatan yang terbuat dari bebatuan yang digunakan untuk kegiatan yang dilakukan dalam kesehariannya.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai zaman mesolitikum, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :