Planet Venus

Posted on

Planet Venus – Materi makalah pembahasan kali ini mengenai planet venus beserta pengertian,ciri, struktur dan juga faktanya, tapi sebelum kami paparkan lebih detail lagi, dipertemuan sebelumnya kami telah membahas mengenai Planet Jupiter. Baiklah langsung aja mari kita simak bersama ulasan dibawah ini.

Pengertian Planet Venus

Contoh venus
Contoh venus
Kata “Venus” diambil dari nama dewi cinta atau dewi kecantikan dalam mitologi Romawi. Kenapa diambil dari nama dewi cinta? Hal ini dikarenakan planet Venus merupakan benda langit tercerah di langit malam setelah bulan. Planet ini merupakan planet inferior dengan sudut elongasi yang mencapai 47,8o. Kecerahan maksimal planet ini dapat dilihat segera sebelum matahari terbit atau setelah matahari terbenam, sehingga disebut bintang fajar atau bintang senja.
Dalam pengenalannya Planet Venus dalam bahasa Arab dikenal dengan sebutan Zuhara dan pada bahasa Sanskerta disebut Sita. Venus mempunyai jarak yang paling dekat ke Bumi, yaitu jaraknya sekitar 42 juta km, sehingga dapat terlihat jelas dari Bumi sebagai suatu noktah kecil yang sangat terang dan berkilauan menyerupai bintang pada pagi dan senja hari.
 
Planet ini sering juga disebut bintang kejora pada saat planet ini berada pada posisi elongasi barat dan bintang senja dan pada saat planet venus berada pada posisi elongasi timur. Venus mempunyai kecerahan yang disebabkan oleh adanya suatu atmosfer berupa awan putih yang menyelubunginya dan berfungsi memantulkan cahaya matahari.
Dalam 225 hari venus berputar mengelilingi matahari dalam orbit yang hampir sirkuler pada tata surya. Denga perputarannya planet ini juga berotasi pada sumbunya selama 243,1 hari dari timur ke barat bukan dari barat ke timur seperti sebagian besar benda-benda langit lainnya. Di bawah ini ilustrasi perbedaan arah rotasi yaitu antara planet bumi, uranus, dan juga venus, sebagai berikut :
gambar
gambar
Planet Venus berotasi sedikit miring terhadap bidang orbitnya. Venus selalu diliputi awan-awan yang sangat tebal, dari banyaknya awan tersebut, dapat dipastikan bahwa Venus mempunyai atmosfer yang amat tebal/pekat yang mengandung banyak uap air, karbon dioksida, dan juga oksigen.
 
Adapun suhu pada permukaan venus adalah kurang lebih 480oC, sangat panas untuk melebur logam seperti timbal, aluminium, dan juga seng. Sekitar 95% atmosfer di Venus terdiri atas karbon dioksida, sedangkan oksigen, hidrogen, nitrogen, neon, dan amoniak jumlahnya sangat sedikit. Uap air hanya ada dalam jumlah yang sangat kecil, yaitu kurang dari 1% dari jumlah total berat udara.
Info Geografi
Efek rumah kaca Venus
Pada atmosfer venus, temperatur panas terkurung oleh CO2 di dalam dan di bawah lapisan awan asam belerang. Sebagian besar sinar matahari memantul dari lapisan awan luar. Sebagian yang diserap pada permukaan venus akan dipancarkan kembali sebagai panas. Atmosfer CO2 menyerap dan menahan panas ini sehingga permukaan tetap panas di malam hari. Malam hari di planet ini berlangsung selama empat bulan dari bumi karena planet itu berputar sangat lambat dalam selimut awannya yang sangat berbadai.

Ciri-Ciri Planet Venus

planet venus
planet venus
Secara umum, ciri-ciri planet atau karakteristik planet Venus adalah sebagai berikut.
Atmosfernya tebal karena banyak awan debu yang menyelimutinya sehingga sulit diselidiki.
Albedo (sifat warna putih) yang besar, disebabkan karena banyak awan.
Di dalam atmosfer ditemukan gas asam arang yang besar dan belum ditemukan uap air.
Ukuran Venus sebesar bumi.
 225 hari di Bumi sama dengan Satu tahun di Venus
Temperatur siang hari 100oC, temperatur lapisan awan di malam hari -23oC, jadi tidak ada makhluk hidup di sana.
Rotasinya(perputaran pada porosnya) berlawanan dari planet lainnya, dan lama rotasinya adalah 244 hari.
Revolusi (perputaran mengelilingi matahari) lamanya adalah 224,7 hari.

Struktur Planet Venus

Struktur planet Venus yang akan kita uraikan di sini meliputi permukaan, lapisan dalam, medan magnet, serta atmosfer dan iklim. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Baca Juga :  Contoh Teks Tanggapan Kritis - Kumpulan, Ciri, Struktur dan Tujuan

Permukaan Planet Venus

Daratan yang sebagian besar terbentuk dari hasil aktivitas vulkanik merupakan Permukaan Venus.  Daratan vulkanik pada venus 80% lalu yang, 70% nya merupakan daratan kasar berkerut dan 10% merupakan daratan yang halus dan berkerut. Sedangkan 20% permukaan lain merupakan dua benua dataran tinggi, yaitu :
  • Benua Utara (Ishtar Terra)

Ukurannya sedikit lebih besar dari benua Australia. Adapun gunung tertinggi yang terletak di planet ini yaitu Maxwell Montes terletak di Ishtar Terra.

  • Benua Selatan (Aphrodite Terra)

Permukaannya dipenuhi dari rekahan dan patahan yang kemungkinan besar terjadji disebabkan oleh aktivitas vulkanik di planet tersebut. 

Lapisan Dalam Planet Venus

Masih belum banyak data yang menunjukan bagaimana sebenarnya struktur dalam planet ini. Venus mirip dengan bumi, dapat dikatakan bahwa keduanya mungkin mempunyai struktur dalam yang sama, yaitu terdiri dari Inti, mantel dan Kerak Bumi. Karena Venus dan Bumi mendingin pada laju yang sama, maka inti Venus juga cair. 

Medan Magnet Planet Venus

Pada planet Venus terdapat  magnet yang ada pada permukaan dan sangat lemah namun ia tidak mempunyai magnet internal. Dengan ia tidak mempunyai magnet internal inilah yang membuat  cukup mengejutkan karena sistem kerja Venus dengan bumi sangat mirip. Yang mana magnet internal tersebut berasal dari dinamo yang ada pada inti

Atmosfer dan Iklim Planet Venus

Atmosfer yanga ada pada planet venus sangat padat, yang mana atmosfer ini terdiri dari 96,5 % Karbon dioksida dan 3,5 % Nitrogen. Adapun massa atmosfer planet ini 93 kali lebih besar daripada atmosfer pada bumi, sedangkan tekananya 92 kali lebih besar daripada tekanan di permukaan bumi.

Fakta Menarik tentang Planet Venus

Di bawah ini merupakan beberapa fakta yang mengejutkan mengenai planet Venus :
  • Tidak Akan Ada Kehidupan di Planet Venus
Planet ini mengandung atmosfer dengan kandungan CO2(Karbon dioksida)97%  dan  nitrogen kurang lebih 3%. Hal itu;lah yang membuat tidak terdapat kehidupan di planet tersebut ,Dengan tidak adanya kandungan oksigen, maka tak akan ada makhluk hidup yang bisa hidup di planet ini.
  • Venus Adalah planet terdekat kedua dari Matahari
Sekitar 108.200.000 km atau sebesar 0,72 AU. Merupakan jarak planet venus dengan matahari Adapun orbit dari planet Aphrodite (menurut mitologi Yunani) ini terletak antara orbit bumi dan Merkurius.
  • Venus Disebut Sebagai Bintang Sore
Venus juga tergolong sebuah  planet dengan kedudukan yang lebih rendah dari pada planet bumi. Selain itu, Venus mampu mencapai tingkat kecerahan maksimal hingga sesaat sebelum terbitnya matahari maupun sesudah terbenamnya Matahari.
  • Venus Merupakan Planet Kembaran Bumi
Planet Bumi dan planet Venus mempunyai beberapa kemiripan. Venus memiliki ukuran mendekati bumi, yakni 95% dari ukuran bumi. 
  • Venus Merupakan Planet Terpanas
Planet ini juga banyak dikenal dengan planet terpanas yang suhu permukaan sekitar 735 K. Dengan begitu, semakin memperkuat alasan bahwa tak mungkin terjadi kehidupan d planet ini.
  • Sehari di Venus Lebih Panjang Daripada Setahun
Planet melakukan rotasi mencapai 243 hari dan berevolusi untuk mengelilingi matahari hingga 225 hari. Tak hanya itu saja, arah rotasi planet ini berlawanan dengan bumi. 
  • Venus Tidak Memiliki Satelit Alam
Planet Venus pada faktanya tak memiliki satelit, layaknya planet bumi. Beberapa hal yang membedakannya dengan planet bumi adalah kurangnya air, suhu permukaan dan medan magnet yang lemah.
  • Lokasi di Venus menggunakan Nama Perempuan
Ada berbagai lokasi yang ada diplanet Venus yang dinamakan berdasarkan dari nama perempuan. Adapun nama-nama tersebut yang digunakan, di antaranya IshtarTerra, Atalanta Planitia, LaviniaPlanitia, GuineverePlanitia, LakshmiPlanum dan AphroditeTerra.
  • Venus Tampak Sangat Tebal
Pada ukuranya yang sangat tebal, maka dalam hal tersebutlah yang membuat venus berputar secara perlahan. Jadi banyak waktu yang diperlukan sehingga membuat nya dapat berputar berotasi pada porosnya. 
  • Venus Merupakan Planet Misteri
Planet Venus disebut juga sebagai sebuah planet misteri, sebab tak satu pun teleskop yang dapat menembus pada lapisan atmosfer tebal. Planet ini ditutupi oleh awan yang tebal dan mengandung senyawa asam sulfat dan sulfur oksida. 
Demikianlah materi pembahasan mengenai planet venus beserta pengertian,ciri, struktur dan juga faktanyanya kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua.

Artikel ContohSoal.co.id Lainnya: