Iklim Koppen

Posted on

Iklim Koppen – Setelah sebelumnya kabarkan.com telah menerangkan materi tentang Stepa Maka pada pertemuan kali ini kembali akan Contohsoal.co.id sampaikan materi tentang iklim koppen beserta Pengertian, Klasifikasi, Pembagian, Tipe dan Gambar. Nah untuk lebih jelasanya, yuk simak ulasan selengkapnya seperti yang ada di bawah ini.

Pengertian Iklim Koppen

Iklim Koppen
Iklim Koppen

Apa yang dimaksud dengan Iklim Koppen? yakni merupakan salah satu klasifikasi iklim yang begitu sangat banyak dimanfaatkan di Indonesia.

Kemudian koppen telah banyak mengenalkan mengenai berbagai daya guna ketika sedang berlangsung proses hujan.

Dengan adanya kejadian tersebut sehingga mempengaruhi terhadap perkembangan dan pertumbuhan tanaman.

Namun hal tersebut bukan berarti tergantung hanya pada jumlah hujan saja akan akan berdampak juga terhadap intensitas evaporasi sehingga nantinya akan mengakibatkan hilangnya banyak air yang cukup besar, hal tersebut terjadi baik dari tanah ataupun dari tanaman.

Dengan hubungannya antara intensitas evaporasi dan daya guna hujan maka bisa ditampakan dengan melalui keterkaitan terhadap hujan dan temperatur.

Klasifikasi Iklim Koppen

Iklim Koppen
Iklim Koppen

Di bawah ini terdapat beberapa langkah dalam menerapkan sebuah klasifikasi iklim koppen yakni seperti dibawah ini :

  • Pada struktur bumi dari suatu iklim yang pada dasarnya dapat dibedakan menjadi dua belahan, yakni salah satunya Belahan Bumi bagian Utara disingkat (BBU) dan yang kedua ialah Belahan Bumi Selatan atau (BBS)
  • Dari masing-masing belahan bumi, dibedakan atas empat musim yakni wrinter atau disebut musim dingin, Spring atau semi, atutum atau dikenla musim gugur, selanjutnya ialah summer atau disebut musim panas. Nah dari setiap musim tersebut terjadinya selama tiga bulan.

Macam-macam Iklim Koppen

Pembagian yang dilakukan oleh Koppen terhadap berbagai iklim di dunia biasanya selalu didasarkan dengan adanya keadaan curah hujan dan temperature yang ada pada suatu wilayah dengan memanfaatkan sebuah simbol huruf besar dan kecil.

Untuk simbol huruf besar kerap dipakai agar dapat menetapkan pembagian terhadap daerah iklim dengan didasarkan oleh temperatur bulan yang sangat dingin maupun panas.

Kemudian untuk simbol dengan menggunakan huruf kecil biasanya kerap dipakai agar bisa membedakan tipe dan juga ciri dari setiap hujan yang berlangsung di setiap daerah iklim.

  • A      : Simbol ini ialah iklim tropis
  • B      : Simbol hurudf ini ialah iklim kering
  • C      : Simbol dengan huruf ini ialah iklim sedang
  • D      : Simbol dengan Huruf ini ialah iklim dingin
  • E      : Simbol dengan huruf ini ialah iklim kutub
  • f : Simbol huruf ini biasanya selalu dalam keadaan basah (hujan dapat kapan saja terjadi di semua musim)
  • s : Simbol dengan huruf ini biasanya melambangkan bulan terjadinya kering yang ada pada saat musim panas yang ada di belahan bumi yang berkaitan
  • w : Simbol yang melambangkan bulan kering atau (winter)
  • m : Simbol yang melambangkan suatu hujan yang cukup atau medium
Baca Juga :  Pengertian Deflasi

Maka dengan adanya hasil dari gabungan pada masing-masing keadaan temperatur dan curah hujan tersebut sehingga memperoleh sebuah hasil pembagian iklim yakni :

Iklim Hujan Tropis (A)

Apa yang dimaksud dengan Iklim hujan tropis? yakni merupakan suatu iklim yang dikatagorikan sebgai suatu iklim panas.

Dengan persebaran yang terjadi di wilayah yang mana memiliki temperatir bulanan yang sangat dingin yakni berkisar 18c. Kemudian pada Iklim ini bisa dibedakan atas 3 tipe iklim, yakni:

Gambar Hutan Hujan Tropis
Gambar Hutan Hujan Tropis
Sabana Afrika
Sabana Afrika

Hutan Hujan Tropis (Af)

Apa yang dimaksud dengan Iklim hutan hujan tropis atau yang biasa  disebut sebagai iklim khatulistiwa? yakni merupakan suatu iklim yang dapat terjadi di dalam suatu wilayah tropis atau di dalam garis khatulistiwa, yang selalu terjadi hujan hampir setiap tahunnya.

Di bawah ini terdapat beberapa Karakteristik dari setiap wilayah yang mempunyai suatu iklim yakni sebagai berikut;

  • Dengan memiliki curah hujan yang terbilang sangat tinggi (bahkan hingga melebihi dari 1200 mm pada setiap tahunnya)
  • Memiliki suatu musim kering yang terbilang cukup singkat atau pendek, bahkan ada diantaranya yang malah tidak pernah terjadi musim kering, maka oleh sebab itu tipe hutan ini kerap dikenal denag sebutan hutan everwet (yakni dalam keadaan selalu basah) atau evergreen (dalam keadaan selalu hijau)
  • Di antarnya banyak memiliki berbagai jenis pohon
  • Pada wilayah tersebut memiliki suhu yang cukup stabil yakni sekitar 20-34°C
  • Mendapat biasan sinar matahari yang sangat cukup, sebab hutan hujan tropis letaknya berada di garis lintang 5-10° ke arah Utara dan Selatan yakni garis Khatulistiwa.

Monsoon Tropika (Am)

Apa yang dimkasud dengan Iklim monsoon ? yakni merupakan suatu daerah yang mana jumlah hujan yang ada pada bulan basahnya saling berimbang sehingga akan menutupi ketika ada di dalam bulan kering, sebab dianggap musim keringnya hanya sesaat.

Savana (As dan Aw)

Apa yang dimaksud dengan Iklim savana tropika atau suatu musim panas kering bersimbol (As) ? yakni merupakan suatu wilayah yang mempunyai musim kering yang sangat panjang.

Dimana Jumlah dari hujan di dalam bulan basah tidak akan bisa untuk mengimbangi adanya kekurangan hujan yang ada pada saat bulan kering.

Kemudian dengan adanya keadaan ini sehingga Vegetasi yang dapat berkembang pada wilayah ini tidak banyak. 

Adapun Contoh dari vegetasinya tersebut ialah seperti rumput dan pepohonan yang jarang.

Iklim Kering (B)

Apa yang dimaksud dengan Iklim kering atau biasa disebut dengan sub tropis? yakni merupakan salah satu jenis iklim yang mempunyai tingkat evaporasi sangat tinggi bahakan melebih curah hujan yang diperolehnya disepanjang tahun.

Iklim Kering (B)
Iklim Kering (B)

Di bawah ini terdapat beberapa langkah agar dapat menentukan iklim ini yakni sebagai berikut:

  • Dengancerah melakukan perhitungan terhadap suhu dari rata-rata pada setiap tahunnya dalam ° C dengan 20.
  • Dengan cara menambahkan 280 jika 70% atau bahkan bisa lebih dari jumlah total curah hujan di setiap tahunnya yang diterima pada bulan dalam musim semi dan juga panas yakni (pada April hingga September .
  • Kemudian ditambahkan kembali 140 apabila 30% sampai 70% atas jumlah total dari curah hujan yang diperoleh dalam periode yang berlaku.
Baca Juga :  Implikasi Adalah

Kemudian Iklim kering dapat dibedakan atas dua tipe yakni:

Iklim Stepa/Semi Gersang (Bs)

Yang dapat berlangsung , jika penjumlahan yang diperoleh dapat menampakan bahwa pada curah hujan yang terjadi pertahunnya jumlahnya lebih dari separuh dari hasil akhir.

Iklim Padang Pasir/Gurun (Bw)

Pada iklim ini dapat berlangsung, jika penjumlahan yang diperoleh bisa menyatakan bahwa pada curah hujan ada di bawah separuh dari hasil akhir yang sudah diperhitungkan ditentukan.

Iklim Hujan Sedang/ Mesotermal (C)

Apa yang dimaksud dengan Iklim hujan sedang ? yakni merupakan suatu jenis iklim yang proses penyebarannya terjadi disuatu daerah yang mempunyai suhu rata- rata yang ada dibulan terpanas hingga mencapai lebih dari 10 derajat celcius. Pada Iklim ini dapat dibedakan atas 3 tipe iklim, yakni sebagai berikut:

  • Mempunyai musim panas yang juga sangat kering (Cs). proses penyebarannya terjadi di daerah yakni Santiago di Chili , Perth di Australia, California, MAdrid di Spanyol dan sebagainya.
  • Humid mesothermal dengan musim dingin yang kering (Cw). dimana proses penyebarannya berlangsung di Chili, Islandia, Argentina, dan juga Norwegia.
  • Kemudian dengan iklim sedang dan juga hujan yang ada dalam semua bulan yang lembab (Cf).

Iklim Dingin/Iklim Benua/Mikrotermal (D)

Apa yang dimaksud dengan Iklim dingin? yakni merupakan suatu ikllim yang memiliki suatu suhu dengan rata-rata yang terjadi pada bulan yang terdingin yakni di bawah sekitar -3 C. 

Iklim Kutub (E)

Apa yang dimkasud dengan Iklim kutub? yakni merupakan suatu iklim yang biasanya kerap terjadi pada suatu daerah yang memeiliki temperatur rata- rata yang ada di bulan terpanas yakni kurang dari 10 derajat Celcius. Kemudian pada Iklim kutub ini dapat dibedakan atas dua tipe iklim yakni sebagai berikut:

  • Yang pertama ialah iklim tundra (ET). Dimana penyebaran berlangsung di daerah Rusia dan Kanada Utara
  • Yang kedua ialah iklim Es Salju Abadi (EF). Dimana proses penyebarannya berlangsung di Greenland dan juga Antartika

Manfaat Iklim Koppen

Berbagai macam tujuan dari adanya iklim koppen ini yang didasarkan dengan adanya suatu penelitian dari garis lintang 5 hingga 10° khatulistiwa dalam hal ini tentunya sangat banyak sekali manfaat dalam merancang suatu zona vegetasi atau bioma yang dalam proses pemetaan.

Adapun Manfaat yang diciptakan dari adanya iklim koppen ini ialah seperti berikut ini:

  • Dalam Bidang Pertanian
  • Dalam Bidang Transportasi
  • Dalam suatu Bidang Telekomunikasi
  • Dalam suatu Bidang Pariwisata
Apa yang dimaksud dengan Iklim Koppen?

yakni merupakan salah satu klasifikasi iklim yang begitu sangat banyak dimanfaatkan di Indonesia.

Apa yang dimkasud dengan Iklim kutub?

yakni merupakan suatu iklim yang biasanya kerap terjadi pada suatu daerah yang memeiliki temperatur rata- rata yang ada di bulan terpanas yakni kurang dari 10 derajat Celcius.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai iklim koppen, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :