Contoh Teks Ulasan

Posted on

Contoh Teks Ulasan – Apa yang dimaksud teks ulasan ? sebelum kita pelajari contohnya, pada pertemuan sebelumnya kita telah membahas mengenai contoh teks editorial. Nah, pada kali ini akan membahas mengenai contoh teks ulasan film, buku, lagu, drama, novel dan puisi beserta pengertian, ciri dan strukturnya. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Teks Ulasan

Contoh Teks Ulasan
Contoh Teks Ulasan

Apa yang Dimaksud Dengan Teks Ulasan? ialah merupakan sebuah teks yang mana didalamnya memuat suatu ulasan/penilaian/review mengenai suatu hasil karya (film atau drama).

Kemudian pada saat mengulas sebuah film dan drama kita harus bersikap kritis supaya dapat berkontribusi demi kemajuan drama dan juga film ke depannya.

Ciri-ciri Teks Ulasan

  • Strukturnya terdiri atas: Orientasi, Tafsiran, Evaluasi, dan Rangkuman.
  • Memuat informasi berdasarkan pandangan atau opini penulis terhadap suatu karya atau produk .
  • Opininya berdasarkan fakta yang di-interpretasi-kan.
  • Dikenal dengan istilah lain yaitu resensi.

Struktur Teks Ulasan

  • Orientasi, merupakan suatu cara dalam memperkenalkan suatu pendangan mengenai suatu hasil karya yang hendak disampaikan.
  • Tafsiran,ialah merupakan suatu gambaran secara detail menenai hasi dari suatu karya yang disampaikan, Seperti misalnya: Keutamaan, kelebihan, Mutu, Isi dari karya, dan sebagainya.
  • Evaluasi, yakni merupakan menjadi suatu pandangan dari pengulas terhadap hasil karya yang diulas.
  • Rangkuman, yaitu kesimpulan dari ulasan terhadap suatu karya.

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

Sama dengan teks yang lainnya, yang mana dalam teks ulasan inipun ada suatu kaidah kebahasaan tersendiri.

Dimana diantarnya ialah memuat akan suatu yang ditonjolkan dari sejumlah unsur karya seni yang ingin dibacakan.

Selain itu di dalam teks ini menggunakan sejumlah kata-kata yang bersifat opini atau persuasif yang disematkan dalam teks ulasan. Namun bukan itu saja, dimana di dalamnya juga terdapat konjungsi internal dan eksternal.

Kemudian pada Teks Ulasan masih memakai berbagai penjelasan baik itu menggunakan sebuah perbandingan, atua bahkna dengan sebuah persamaan atau perbedaan.

Selanjutnya isi yang terdapat dalam teks ulasan pun masih menggunakan sebuah kata kerja relasional dan juga memakai kata kerja material.

Contoh Teks Ulasan

simak berikut ini:

1. Contoh Teks Ulasan Film

Ulasan Film
Ulasan Film

Informasi Umum

udul : Dilan 1991

Sutradara : Fajar Bustomi

Produser : Ody Mulya Hidayat

Penulis : Pidi Baiq

Distributor : Falcon Pictures

Rilis : Januari 2018

Durasi : 110 menit

Bahasa : Indonesia

Pemain

  • Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan
  • Vanesha Prescilla
  • Yoriko Angeline
  • Brandon Salim
  • Zulfa Maharani
  • Debo Andryos Aryanto
  • Gusti Rahyan

“Dilan 199” yang banyak dikenal dengan nuansa romantis merupakan sebuah film yang diambil dari buku karangan Pidi Baiq. Film ini disutradarai Fajar Bustomi.

Film ini laku pesat dan sukses meraih banyak penonton lebih dari enam juta. Saat bulan januari 990 ditayangkan serentak di bioskop seluruh Indonesia.

Mengenai apa yang ungkapkan pada penulis, bahwa film Dilan merupakan kisah nyata remaja usia SMA.

Milea sebagai toko wanita utama merupakan anak pindahan dari Jakarta yang kemudian bersekolah di sekolah yang sama dengan Dilan.

Dan Dilan sendiri merupakan seorang anak tentara yang masuk di sebuah geng motor terkenal di Bandung.

Saat hendak kesekolah disanalah Mereka berdua bertemu .Disana juga menjadi awal kisah keduanya, Dilan menyapa Milea menggunakan kata-kata ajaib.

Pada saat itu Dilan mencoba meramal milea bahwa ia akan bertemu di kantin siang nanti.

Berjalannya waktu, Namun dilan terus menerus melakukan pendekatan terhadap Milea.

Dan ternyata, Bukan hanya Dilan yang menyuukai milea akan tetapi ada teman sekelas Milea bernaman Nandan yang dan milea pun. Mengetahui akan hal itu, perlahan-lahan Dilan mulai  menjauhi Milea.

Ketika Dilan tahu jikalau nandan tidak memiliki ikatan ang spesial dengan Milea, maka akhirnya Dilan pun mulai mencari Milea untuk dia dekati.

Seiring waktu yang telah mereka habiskan berdua terasa begitu sangat indah dan mereka pun selalu terlihat bersama baik dirumah maupun disekolah.

Hingga pada suatu saat merekapun mengikat suatu jalinan secara resmi dan mulai berpacaran. Dimana cara yang digunakan oleh Dilan cukup unik dalam ia menjelaskan tentang hatinya terhadap Milea yakni ia menggunakan sebuah buku yang dilengkapi beserta materainya.

Dibuku itu ada sebuah tulisan, kata-kata tentang dirinya dan Milea yang resmi berpacaran yang dilengkapi dengan tanggalnya.

Baca Juga :  Contoh Moral

Sayangnya, film Dilan 1990 ini merupakan film bagian pertama yang akan ada kelanjutan ceritanya. Sehingga, bisa dibilang akhir ini dinilai “nanggung”, namun cukup membuat penasaran banyak orang.Pda kisah

Dilanbanayak digemari kalangan remaja dan dewasa mereka terasa terbawa ketika menyaksikan hubungan dari keduanya.

2. Contoh Teks Ulasan Buku

Ulasan Buku
Ulasan Buku

Identitas Buku

  • Judul Buku :Cinta Brontosaurus
  • Pengarang : Raditya Dika
  • Genre : Komedi, Percintaan
  • Penerbit : Gagas Media
  • Tahun Terbit : 2006
  • Tebal Buku : 160 Halaman.

2. Sinopsis Buku

Dika merupakan seorang penulis yang populer dan terkenal akan rasa humornya. Dan saat ini ia sedang  mengalami putus cinta pada kekasihnya yang bernama Nina.

Dari setelah Dika mengalami kegalagan dalam percintaan, kemudian pada saat itu hadirlah dalam perasaannya yang membuatnya mengerti dan yakin bahwa apapun itu tiada yang abadi, sekalipun itu adalah cinta sebab cinta juga memiliki batas.

Agar lebih yakin bahwa cintanya akan kembali kosasih sebagai agen nya memberikan semangat. Usaha yang dilakukan Kokasih ini, membawa Dika ke dalam serangkaian perkenalan dengan orang-orang baru.

Namun, apalah daya sebab kehadiran cinta sudah pasti kapan dan dimanapun berada kehadirannya tidak bisa diduga. Begitupun juga pada saat Dika bertatap wajah secara langsung dengan Ratna.

Ratna Adalah sesosok wanita yang memiliki suatu pandangan akan jalan pikiran yang sangat aneh sama halnya seperti fikiran Dika.

Pertanyaan tentang “apa benar cinta bisa kadaluarsa?” Lalu kemudian terbesit dalam fikirannya yang mana pada saat itu semakin jauh mengenal Ratna.

Ketertarikan Dika akan tawaran tersebut hingga pada akhirnya ia membuat suatu keputusan bahwasannya ia akan merangkai tulisan mengenai skrip dari film itu. Kemudian semenjak saat itu semua perkaran silih bergati hadir seolah menghalaunya di perjalanannya. Dimana pada saat itu Bossnya melakukan suatu perubahan terhadp naskah yang sudah Dika susun.

Naskah tersebut diubah menjadi film horror yang sedang laku pada saat itu. dimana cerita yang diangkat adalah yang diambil kehidupan nyata Dika mengenai pengertian dari sebuah cinta, yang ia peroleh berdasarkan hasil dari perjalanan kisahnya bersama dengan Ratna dan semua keluarganya sendiri.

3. Penilaian

  • Tampilan : Buku “Cinta Brontosaurus” ini sangat menarik. Hal ini juga didukung dari tampilan di dalam nya, sehingga terlihat lebih ceria.
  • Isi : buku berisikan mulai dari komedi, kisah cinta, hingga kehidupan sehari-hari sang tokoh sangat mudah untuk dipahami.Karena Kisah yang ada sesuai dengan kehidupan remaja masa kini dan sangat menarik untuk di tonton.
  • Bahasa : yang ada didalam Buku ini tidak membosankan karena bahasa yang digunakan memakai bahasa gaul seperti, loe, gue, dan lain sebagainya. Bahkan bahasa yang digunakan ini tidak mencakup Bahasa Indonesia yang baik tentang kehidupan remaja.
  • Kelebihan
  1. Dengan Tema yang dipakai pada buku ini membuata banyak peminat.
  2. Dalam Buku ini banyak menuliskan cerita kelucuan yang mengundang tawa.
  • Kekurangan
  • Pada cerita buku ini dinilai sangat Nanggung yang  membuat orang menjadi penasaran.
  • Terdapat perkataan yang agak vulgar tidak disensor.

4. Kesimpulan

Pada dasarnya,Kisah yang dimuat dalam cerita ini memiliki suatu kelebihan dan kekurangan. Namun ,di dalamnya masih terdapat suatu keindahan tersenidiri sehingga dapat menarik bagi para pendengarnya. Dimana hal ini disebabkan karena yang menulisnya merupakan seorang penulis sudah populer.

Contoh Teks Ulasan Novel Surat Kecil Untuk Ayah

Teks Ulasan Novel Surat Kecil Untuk Ayah

Teks ini ialah merupakan salah satu contoh novel yang sangat laris yang disusun oleh salah seorang yang bernama Boy Chandra.

Dimana di dalamnya menceritakan tentang kisah dari semua para ayah yang selalu meluangkan waktunya untuk keluarga dan giat dalam bekerja seolah tak kenal batas.

Akan tetapi, seorang ayah juga adalah seorang manusia. Nah isi dari novel ini, yang mana yang menjadi tokoh utamanya ialah yang bernama Aku.

a. Tafsiran

Pada bagian pertama, dimana Boy Chandra mengisahkan tentang seorang lelaki yang begitu sangat akrab dan dekat dengan kehidupannya.

Seorang lelaki itu sudah menyerahkan kasihnya yang tidak terkira dan selalu membuat senyuman manis keluar dari wajahnya di pagi hari buta. Lelaki yang dimaksud adalah sesosok Ayah.

Kisah Ayah yang dimuat pada novel tersebut seolah tak pernah kenal kata lelah selalu membuat anaknya bisa merasa nyaman. Akan tetapi, ia sendiri tak pernah mengenal siapa sosok ayahnya.

Kemudian akhir dari Cerita ini ketika saudara tirinya menginginkannya bisa datang ke Jakarta untuk berkunjung ke sebuah pemakaman.

Dari matanya mulai memerah dan meneteskan air mata lalu pada saat ia turun dari mobil langkah gontai tak terarah. Bunga yang digenggamnya mulai berjatuhan seiring dengan air matanya.

Baca Juga :  Teks Cerita Sejarah

b. Evaluasi

Keutamaan dari novel ini ialah pada penggunaan bahasa yang digunakan bisa membuat semua yang membacanya akan ikut terhanyut kedalam cerita yang dikisahkan.

Dimana pada Novel ini juga menjelaskan sejumlah perjuangan dari seorang anak, ibu yang sesuai dengan kehidupan nyatanya.

Akan tetapi amat disayangkan, di dalam penulisan novel ini masih terdapat sebuah kesalahan sehingga terkesan kurang menarik dan sangat sulit untuk dimengerti.

c. Rangkuman

Namun dengan mengenyampingkan sejumlah kekurangan yang ada, novel ini masih sangat wajib dapat dibaca oleh sejumlah anak di era sekarang.

Sebab di dalam Buku ini terdapat sebuah pelajaran yang berharga, yakni mengajarkan bahwa seorang anak musti bisa menghargai hasil dari kerja keras dan kekuatan seorang ayah.

Walaupun Kadang kita kerap melupakan bahwa sesungguhnya ayah juga adalah seorang manusia biasa.

Contoh Teks Ulasan Cerpen Nasihat Untuk Anakku

Karya ini ialah merupakan sebuah cerpen yang dibuat dari seorang yang bernama Motinggo Busye.

Dimana Cerpen ini ialah merupakan satu-satunya hasil karya yang ditulis secara langsung oleh Motinggo Busye dan memperoleh hadiah penghargaan dari sebuah majalah sastra.

Dimana hasil dari sebuah Karya tulis ini menceritakan mengenai banyak perubahan keadaan dunia, kemudian mengenai perjuangan hidup, serta Beberapa nasihat yang diberikan dari seorang ayah terhadap anaknya.

a. Tafsiran

Dalam penyusunannya diparagraf pertama mengisahkan mengenai kondisi negara Republik Indonesia ini yang banyak mengalami perubahan .

Kemudian dilanjut pada paragraf berikutnya mengisahkan mengenai begitu susahnya dalam mencukupi segala yang menjadi keperluan hidup sehari-hari.

Selain itu pada paragraf itu juga mengisahkan tentang akses transportasi yang nampak begitu sangat buruk di zaman itu.

Kemudian di teks paragraf yang ke-4 dan berikutnya memengisahkan tentang bagaimana penulis menceritakan mengenai perayaan yang ulang tahun yang dilakukan untuk sang Ayah.

Pada saat itu sang Ayah mengajak sahabatnya masuk kesebuah warung kopi yang bertujuan untuk bisa merayakan hari ulang tahunnya.

Kemudian pada paragraf selanjutnya membahas cerita mengenai rencana apa yang ingin dipakai dari hasil diterbitkannya buku sang Ayah.

Kemudian di pertengahan cerpen tersebut, kabar yang didengar oleh sang Ayah mengenai sahabatnya yang bunuh diri dengan cara mengiris urat nadinya dengan menggunakan silet.

Sudah pasti hal itu begitu sangat memalukan. Hingga di bagian akhir dari cerita, penulis menyampaikan sesuatu nasihat mengenai supaya jangan takut dalam membela suatu kebenaran walaupun terkadang kebenaran sering dikalahkan oleh kenyataan.

b. Evaluasi

Dalam menyampaikan Cerita pendek ini mungkin menggunakan bahasa yang sangat sulit untuk dipahami.

Jika semua para pembaca telah mengertiisi dari cerpen ini, maka tentunya akan membuat semua yang membacanya akan tersihir dengan cerita pendek yang satu ini.

Kemudian Cerpen ini juga menjadi sebuah motivasi yang sangat luar biasa serta banyak dijadikan sebagai sebuah panutan dalam kehidupan. Sehingga membuat cerpen ini begitu sangat baik terutama untuk samua para remaja.

Sebab isi dari cerpen ini dimana di dalamnya dimuat oleh sang penulis yang mengenai berbagai nasihat yang sangat baik bagi para pembaca.

Namun bukan hanya itu saja, di dalam cerpen ini juga menginformasikan tentang bagaimana sulitnya hidup dan juga bagaimana kondisi hidup pada masa saat itu yang serba terbatas.

c. Rangkuman

Maka dengan mengesampingkan adanya suatu kesalahan dan kekurangan, namun teks ini sangat diperlukan terutama terhadap semua para remaja di Indonesia.

Dimana hal tersebut disebab karena di dalamnya terdapat begitu sangat banyak sekali sejumlah nasihat yang dapat membangun suatu pribadi menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Apa yang Dimaksud Dengan Teks Ulasan?

Pengertiannya ialah merupakan sebuah teks yang mana didalamnya memuat suatu ulasan/penilaian/review mengenai suatu hasil karya (film atau drama). Kemudian pada saat mengulas sebuah film dan drama kita harus bersikap kritis supaya dapat berkontribusi demi kemajuan drama dan juga film ke depannya.

Sebutkan Ciri-ciri dari Teks Ulasan?

-Strukturnya terdiri atas: Orientasi, Tafsiran, Evaluasi, dan Rangkuman.
-Memuat informasi berdasarkan pandangan atau opini penulis terhadap suatu karya atau produk .
-Opininya berdasarkan fakta yang di-interpretasi-kan.
-Dikenal dengan istilah lain yaitu resensi.

Demikianlah materi pembahasan kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita semua.

Artikel Lainnya: