Contoh Naskah Drama

Posted on

Contoh Naskah Drama – Pada materi sebelumnya kita sudah membahas mengenai Contoh Hikayat. Namun pada kesempatan Materi makalah pembahasan kali ini kembali akan kami bahas mengenai Contoh naskah Drama persahabatan. anak sekolah, pendek untuk 4 – 5 orang. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasannya berikut ini :

Pengertian Naskah Drama

Contoh Naskah Drama
Contoh Naskah Drama

Apa yang dimaksud dengan naskah Drama ? yakni merupakan sebuah salah satu dari karya sastra yang tertulis dengan membentuk suatu obrolan atau dialog yang dimainkan di dalam suatu pementasan atau pertunjukan yang dimaikan dihadapan orang banyak.

Selain itu istilah drama ini kerap juga dikenal teater. Jadi definisi dari Teks drama ialah merupakan suatu naskah yang menceritakan tentang rangkaian alur cerita dari sebuah drama yang sudah dipersiapkan dengan berbentuk suatu percakapan dan juga diiringi dengan adanya gerakan yang dijadikan sebagai pedoman dalam menampilkan sebuah drama.

Dimana pada umumnya drama memuat suatu pesan di dalamnya agar dapat disampaikan terhadap semua yang menyaksikannya.

Ciri-Ciri Teks Drama

Contoh Teks Drama
Contoh Teks Drama

Teks drama yang baik selalu memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Pada cerita yang dimuat di dalam drama meski memiliki bentuk dialog dan juga mempunyai narasi, hal tersebut baik terhadap para tokoh maupun naratornya. Selain itu ungkapan yang di sampaikan harus tertulis di dalam teks.
  • Suatu percakapan yang berlangsung di dalam drama tidak memakai suatu tanda petik. Hal tersebut karena bukan merupakan suatu kalimat langsung.
  • Dalam pembuatan sebuah Naskah drama musti diberikan sebuah petunjuk terhadap para penokoh/pemeran yang terlibat di dalamnya. Dimana biasanya Petunjuk dapat berbentuk tertulis dengan memakai tanda kurung /menggunakan format huruf yang berbeda.
  • Kemudian dalam penempatannya dimana Naskah petunjuk yang dimuat didalam suatu drama tertulis tepat berada disamping atau di atas dialog.

Buat kalian yang suka bermain game dan informasi seputar teknologi, kami sarankan kunjungi situs aptoide.co.id untuk bermain permainan dan aplikasi yang sedang trending secara gratis.

Jenis-jenis Drama

Dalam bentuk pembagian jenis drama, secara umum menerapkan 3 dasar yakni : sesuai didasarkan dengan kisah drama yang disajikan, kemudian dengan sarana, dan juga dengan didasarkan dari letak dari naskah drama itu.

  • Tragedi, yakni merupakan sebuah drama yang di dalamnya memuat cerita mengenai kesedihan.
  • Komedi,ialah merupakan sebuah drama yang di dalamnya memeuat sebuah cerita yang sangat lucu.
  • Tragekomedi, ialah merupakan sebuah drama yang di dalamnya memuat sebuah cerita yang memadukan antara suatu tragedi kisah drama dan komedi.
  • Opera, yakni merupakan sebuah drama yang dialognya dinyanyikan dan diiringi musik.
  • Melodrama, yakni merupakan sebuah dialog yang diucapkan dengan diiringi musik.
  • Farce, ialah merupakan sebuah drama yang menyerupai dagelan, namun ia bukan dagelan.
  • Tablo, yakni merupakan sebuah drama yang biasanya banyak menggunakan gerakan, dimana semua pemerannya tidak menyapaikan sebuah dialog, melainkan hanya dengan gerakan.
  • Sendratari, yakni merupakan sebuah hasil penggabungan antara drama dan seni tari.

Unsur-unsur Drama

Dibawah ini ada beberapa unsur-unsur drama :

  • Tema yakni merupakan sebuah ide pokok atau sbuah gagasan utama dalam cerita drama.
  • Alur yakni merupakan sebuah alur cerita yang dimaikan dalam pertunjukan drama tersbut yang dimulai pada babak pertama sampai babak terakhir.
  • Tokoh drama dalam bagian ini terdiri atas tokoh utama dan pembantu. Pada Tokoh utamanya dikenal dengan sebutan primadona sedangkan peran pembantu dikenal dengan sebuatan figuran.
  • Watak Ialah merupakan sebuah perilaku yang diperankan oleh tokoh drama tersebut. Pada watak pratagonis ialah peran yang memiliki watak yang sangat baik. sedangkan antagonis ialah watak yang jahat.
  • Latar ialah merupakan suatu gambaran dari lokasi, waktu, serta situasi yang berlangsung di dalam kisah drama.
  • Amanat drama yakni merupakan sebuah pesan yang disampaikan oleh pengarang terhadap yang menontonnya . Dimana pesan tersebut dapat tersampaikan dengan menggambarkan peranan yang dimaikan oleh semua para tokoh dalam drama itu.

Contoh Naskah Drama Singkat Beserta Prolog dan Epilog

Berikut ini ada beberapa Contohnya:

Contoh Naskah Drama Teater

Cinta segitiga

Bagian Pertama

Narator memberikan instruksi kepada para pemeran Sita, Jim dan Mrs. Desi untuk membuat pengaturan yang sama. Berikut adalah tiga di rumah besar dan megah yang dimiliki oleh Ms. Desi. Sitadatang ke rumah Ny. Desi sebagai pelayan baru dan menarik perhatian Jim.

Naskah Drama

Sita : Maaf, selamat siang.
Ms. Desi : Halo, apa yang kamu butuhkan?
Sita: Apakah itu benar-benar rumah Ms. Desi?
Ms. Desi: Ya, itu benar. kamu siapa
Sita: Izinkan saya memperkenalkan diri, Sita, seorang penolong yang dikirim oleh pialang Tn. Gusni.
Ms. Desi: Oh, acaranya adalah Gusni. Oke, Anda baru saja kembali. Taruh barang bawaan Anda di kamar dekat taman. Kemudian temui aku di ruang tamu.

Sitaberjalan perlahan menuju taman. Namun, karena rumahnya sangat besar, dia tersesat di ruang kerja yang juga dekat taman belakang.

Jim: Siapa kamu?
Sita: Eh! Oh! Saya … saya pembantu baru, Mas. Saya tidak tahu di mana kamar saya.

Jim tertegun ketika Sita berbalik. Dia terpesona oleh wajah Sita yang cantik dan polos.

Jim: Pembantu? Oh Kamarmu tidak ada di sini.
Sita : Ya, maaf, Mas. Permisi.
Jim: Eh, siapa namamu?
Sita : Sita , Mas …?
Jim: Jim. Nama saya jim
Sita : Um, ya, Jim. Salam pembuka.

Teman sekamarnya tersipu ketika Jim menatapnya. Mata Jim tampaknya tidak bisa lepas dari wajah cantik Sita . Tiba-tiba Ms. Desi memasuki kantor.

Baca Juga :  Cara Menulis Footnote Dari Internet

Ms. Desi: Sita ! Apa yang kamu lakukan di sini aku menunggumu di ruang tamu jangan datang! Tidak heran Anda menggodaku anak saya?
Sita : Tidak … Tidak, Bu. Itu bukan cara Anda melihatnya. Saya …
Ms. Desi: Diam! Pergi ke kamarmu!

Teman sekamar meninggalkan kantor sementara Nyonya Ms. Desi curiga bahwa putra satu-satunya terpesona oleh kecantikannya.

Ms. Desi: Jim, kamu berubah, gih! Akan ada tamu segera.
Jim: Hah? Siapa, ma? Saya punya banyak pekerjaan di sini.
Ms. Desi : Apa yang kamu lakukan pada hari Sabtu? Jangan khawatir tentang kata-kata ibu. Cepat dan ganti baju.
Jim: Oke, oke, Bu.

Bagian Kedua

Tak lama kemudian, dua wanita bergaya datang ke rumah Ms. Desi.
B. Bena: Maaf, Jeng Ms. Desi.
Ms. Desi : Uh, Jeng Bena! Silakan masuk. Apakah itu anaknya?
B. Bena: Ya, Jeng. Ini satu-satunya anak saya. Pop, salam untuk Ms. Desi.
Poppy: Halo bibi. Salam pembuka. Saya opium.
Ms. Desi: Halo Poppy. Anak Jeng Bena sangat cantik.
B. Bena: Hehe … Ini seperti ibu, Jeng. Ngomong-ngomong, di mana putra Jeng Ms. Desi? Jadi ini rencana kita.
Poppy: Ugh, bu! Apa apaan.
Ms. Desi : Oh, Poppy sudah tahu? Hmm .. Saya akan segera menghubungi Anda. JIM! Di sini, nak!

Jim datang bersama Sita. Karena mereka memiliki percakapan di latar belakang tanpa Nyonya Ms. Desi tahu.

Ms. Desi : Jim, ini Bibi Bena dan yang cantik adalah Poppy, anaknya. Cantik, Jim?
Jim: Selamat sore, Bibi Bena. Uh, halo Poppy. Saya Jim.

Poppy segera bangkit dari tempat duduknya dan terpana melihat ketampanan dan kesopanan Jim. Dia jatuh cinta pada Jim pada pandangan pertama.

Poppy: Halo Jim.
Ms. Desi : Ya, kalian semua tahu benar satu sama lain. Rencananya, ibu dan bibi Bena, akan cocok untukmu. Anda berdua lajang, keduanya lulusan universitas asing, tetapi kami pikir Anda cenderung menjadi pasangan menikah.
Jim: Hah? Apa Anda sedang bercanda? Perjodohan? Mengapa kamu tidak bertanya dulu padaku?
Ms. Desi : Jim! Jaga perilaku Anda. Sepertinya kita harus bicara nanti! Dan kamu teman sekamar! Apa yang Anda lakukan di sini yang menyuruh Anda menguping pembicaraan kami
Poppy: Bibi, siapa wanita ini?
Ms. Desi : Oh, dia pembantu baru di rumah ini. Sepertinya pertandingan antara anak-anak kita perlu dipercepat, Jeng. Sebelum anak saya digunakan oleh pelayan baru ini.
Ms. Desi : Wow, beraninya Anda mendekati pewaris perusahaan terbesar kelima di Indonesia, seorang gadis desa? Kamu harus menjadi dirimu sendiri.

Sita baru saja bangun dan melihat ke bawah. Dia sangat sedih dengan penghinaan semacam itu. Sita benar-benar menyukai Jim, meskipun dia hanya mengenalnya. Dia juga merasa bahwa Jim juga menyukainya.

Jim: Ma, apa-apaan ini? Bagaimana mungkin Sita salah? Jim tidak ingin pernikahan yang diatur seperti itu. Saya ingin memilih pasangan hidup saya sendiri, Ma!
Ms. Desi : Jim yang terhormat, saya tahu Anda hanya ingin bermain dengan pelayan ini. Tapi tolong akhiri permainanmu. Karena cepat atau lambat Anda akan menikahi Poppy.
Jim: Saya menikahi Poppy sehingga perusahaan kami bisa berkembang karena saya datang ke perusahaan Bibi Bena? Sejak itu ibu tidak berubah. Satu hal lagi, saya tidak main-main dengan Sita. Saya ingin mengenalnya lebih serius.
Poppy: Jim! Kami memiliki pernikahan yang diatur. Apa yang tidak kau hormati aku, calon istrimu?
Jim: Pernikahan yang diatur? Calon istri? Dalam mimpimu. Ayo, nir.
Jim meraih tangan Sita dan dia sudah

Contoh Naskah Drama Pendek

contoh naskah drama pendek
Contoh Naskah Drama

Akmal : Bila nanti lulus sekolah mau lanjut kuliah atau mau kerja ? Saat ini aku belum bisa memberikan keputusan nih.

Reza : kalau keinginan aku sih maunya langsung cari kerja aja. Sebab aku sudah pusing memikirkan pelajaran lagi.

Akmal : Emang kamu sudah ada pandangan mau kerja kemana? Nanti kalau cocok bisa saya pertimbangkan.

Reza : iya mungkin aku memilkih langsung cari ke perusahaan besar saja. Disisi lain nanti aku kan langsung mendapatkan gaji besar.

Akmal : iya sih, sebenarnya aku pengen kerja tetapi dari pihak keluarga aku diduruh untuk kuliah. Bosen juga sih sebarnya kalau harus dihadapan buku terus.

Reza : itu sih terserah kamu aja! Bila nanti kamu sudah bisa memutuskan untuk kerja segera hubungi aku ya !

Akmal : oke lah, tunggu jawabannya ya !

Keesok harinya mereka ketemu disekoalahan. Karena posisi mereka tidak satu kelas, maka dia pergi ekantin secara bersama-sama.

Reza : gimana gan, keputusannya ?

Akmal : Sudah aku pertimbangkan dengan keluarga. Aku ingin langsung kerja saja, seperti katamu kemarin.

Reza : oke, baiklah kalau begitu nanti masalah perusahaan yang didituju saya beri tahu menyusul saja.

Akmal : siap, terima kasih atas bantuannya. Semoga nanti kita sukses bersama-sama.

Reza : amin.

Setelah perbincangan setelai, bel berbunyi. Mereka  langsung masuk ke kelas lalu berjabat tangan.

Contoh Naskah Drama Tentang Persahabatan

Pada beberapa waktu lalu sejumlah siswa telah melaksanakan ujian sekolahan.

Dalam tokoh ini sebut saja dengan nama Handoko ya mana ia Merupakan murid teladan disekolahnya dan dia mempunyai sahabat Dodi, Nikmah, dan Roni. Pada suatu hari dia dipanggil kepala sekolah untuk menghadap beliau.

Ketika dari ruang guru, Handoko terlihat riang , Pasalnya dia mendapat nilai Ujian Nasional yang bagus, Dan semua temannya pun mendapatkan nilai yang sama.

Handoko : “Akhirnya aku lulus!”
Dodi :Aku senang kita berempat lulus dengan nilai yang baik, Semuaini berkat keseriusan kita ketika belajar selama ini.

Nikmah :Itu karena mengorbankan banyak waktu untuk belajar.

Baca Juga :  Contoh Soal UNBK SMP 2020

Handoko : Roni kamu ngelamunin apa (sambil menepuk bahu Roni karena sejak awal ngelamun sendiri).

Roni : ,Sumuanya kita udah lulus SMP nih, Tentunya kita akan berpisah karena aku akan melanjutkan pendidikan ke SMA di luar kota.

Dodi : Aku akan melanjutkan pendidikan diluar negeri, bagaiman dengan kamu Nikmah?

Nikmah : Aku akan meneruskan ke pondhok luar kota, kalau kamu kemna Handoko ?

Handoko : aku akan meneruskan ke SMA favoit tunas muda yang ada di kota ini.

Tidak terasa persahabatan ini kita rajut sejak TK hingga sekarang dan harus terpencar sendiri-sendiri (sambil meremurungkan muka).

Dodi :Setiap pertemuan pasti ada akhir dan itu terjadi pada kita sekarang. Bagaimanapun juga itulah hidup kita harus memikirkan masa depan kita. Mari kita saling memaafkan untuk menjalin silaturohmi ini menjadi yang baik.

Lalu keempat remaja itu saling bersalaman karena akan berpisah untuk sementara. Maka akhirnya mereka berempat memutuskan bahwa persahabatan ini akan terus berlanjut.

Walaupun ada jarak diantara mereka,Sambil berharap Semoga suatu saat ada waktu yang indah untuk ditemukan.

Contoh Naskah Drama 5 Orang 

contoh naskah drama lima orang
Contoh Naskah Drama

Jenis Naskah ini ialah naskah drama yang didalamnya terdapat pecakapan seseorang yang berjumlah sebanyak lima orang.

Contohnya dibawah ini.

Andi : Dim kamu punya usulan nggak, kita kan sudah selesai ujian. Masak tidak pengen liburan gitu !

Dimas : aku sih pengen banget. Tapi aku gak tau mau liburan kemana.

Burhan : Bagimana kalau kita bermain ke Telaga Sarangan saja. Disana tempat enak lo, pemandangannya indah, suasanya asri dan banyak makanan khasnya.

Andi : Daerah mana itu?, Saya belum pernah mendengar nama tempat wisata itu.

Fadil : Itu nama Daerah kampung kamu ya Bur ?

Burhan : iya dil, Itu sebuah wisata ternama yang ada di Magetan looh. Bahkan wisata itu sudah terkenal dimanan-mana.

Biasanya pada hari libur selalu dipadati pengunjung, Dan Banyak wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Akhir-akhir ini turis dari luar juga berdatangan kesana.

Putri : wah kayaknya tematnya menarik tu, saya boleh ikut nggak ?

Fadil : tidak boleh. Kamu kan cewk masak ikut main sama cowok.

Putri : iyha sih, kalau gitu aku cari teman cewk juga ya. Nanti kan lebih banyak personil makin rame suasananya.

Andi : Baiklah aku mau kalau gitu,Namun yang paling penting nggak sendirian. Nanti kalau ada apa-apa kami yang repot.

Dimas :Aku ikut aja deh,Yang penting bisa bermain bersama kalian semua. Agar dapat membuang stress setelah beberapa waktu ada dihadapan buku terus.

Andi : oke siip dah, aku sangat setuju dengan ide kalian semua.

Putri : terus acaranya kapan nih ?

Andi : kalau itu nyusul saja, yang penting fiks kan dulu anggota yang ikut siapa, setelah itu kita tentukan waktunya.

Burhan : siap komandan, laksanakan.

Contoh Naskah Drama 7 Orang

contoh naskah drama tujuh orang
Contoh Naskah Drama

Iwan : Bayu ada salah seorang teman kita yang sakit nih ! masak kita sebagi teman akrab nggak njenguk.

Bayu : Siapa lo yang sakit ? saya kok tidak tau ya !

Emil : wah kamu tu gimana sih, teman akrab kok malah nggak tau. Yang sakit Reza, dia kena gejada demam berdarah.

Bayu : Maafkan saya belakangan ini saya banyak urusan . Jadi kurang memperhatikan teman.

Erik : Ya saya setuju, kapan njenguknya ? Nanti usai pulang sekolah aja ya.

Iwan : iya itu lebih baik, Agar teman yang lain bisa ikut ?

Ihsan : soal perkara itu biar saya yang mengatrunya, yang terpenting sore ini kita harus pergi !

Bayu : Ok lah kalo begitu. Terus kita bawa apa nih ?

Iwan : Iya nanti kita bawa buah-buahan aja gmna. Uangnya bisa iuran sama-sama, biar nggak keberan.

Ihsan : Ok siap mari kita beritahukan kesemua teman dan kita buat pendataan siapa ingin bareng bareng menengok Reza di rumah sakit.

Emil : Laksanakan ndan, Kita mulai dari kelas yang pojok dulu nanti biar merata semua.

Mereka berdua memulai dari kelas yang paling ujung. Pada saat itu kelas lagi free semua sebab habis menghadapi UN.

Danang : Ada apa ini kok rame-rame !

Ihsan : Salah satu teman kita ada yang sakit. kami mau memberi tau kalian agar sekiranya kalian semua mau sedikit menolong untuk meringankan derita sahabat kita semua yang saat ini tengah di rawat.

Emil : ceileh lebay amat ya, Reza sedang lagi sakit gejala demam berdarah sejah satu minggu kemarin dia sudah tidak masuk sekolah.

Rizki : Sampaikan Salam saya buat kak Reza ya, semoga lekas sembuh dan bisa bercanda bersama kita lagi.

Danang : oo iya, aku juga ya ! hehe

Ihsan : Insyaallah akan aku sampaikan salammu itu.

Setelah semuanya beres, dan terdata semua yang ikut njenguk Reza. Kemudian mereka menghitung hasil sumbangannya itu. Guna  membeli buah yang baik untuk kesehatan Reza.

Apa yang dimaksud dengan naskah Drama ?

Yakni merupakan sebuah salah satu dari karya sastra yang tertulis dengan membentuk suatu obrolan atau dialog yang dimainkan di dalam suatu pementasan atau pertunjukan yang dimaikan dihadapan orang banyak.

Jelaskan Ciri-Ciri yang terdapat pada naska Drama?

-Pada cerita yang dimuat di dalam drama meski memiliki bentuk dialog dan juga mempunyai narasi, hal tersebut baik terhadap para tokoh maupun naratornya. Selain itu ungkapan yang di sampaikan harus tertulis di dalam teks.

Sebutkan Unsur-unsur yang terdapat pada naskah Drama?

– Tema
– Alur 
– Tokoh drama
– Watak Ialah
– Latar 
– Amanat drama

Demikianlah pembahasan kali ini,Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan serta wawasan kita semua.

Artikel Lainnya: