Contoh Teks Anekdot

Posted on

Contoh Teks Anekdot – Apa Pengertian dari Teks Anekdot ? Sebelumnya juga kita telah membahas mengenai Majas Metafora. Namum pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai contoh teks anekdot Sosial, Pendidikan, Dialog, Panjang dan Strukturnya beserta Pengertian, Struktur, Ciri dan Kaidahnya. Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Teks Anekdot

contoh Teks anekdot
contoh Teks anekdot

Apasih yang dimaksud dengan Teks anekdot? yakni merupakan sebuah cerita pendek yang bersifat lucu, namun di dalamnya terdapat sebuah kritikan. Yang secara umumnya kritikan tersebut tertuju terhadap layanan publik baik itu dalam bidang hukum, Lingkungan, sosial dan juga politik.

Teks anekdot merupakan suatu cerita singkat yang lucu dan dapat menghibur yang mungkin diambil dari pengalaman hidup seseorang.

Struktur teks anekdot

Selain itu, sebuah teks dengan bentuk anekdot juga mempunyai struktur yang berbeda. Adanya struktur yakni bertujuan : untuk membuat teks menjadi lebih rapi dan sesuai, juga benar-benar berbentuk.

Struktur anekdot terdiri dari 5 yaitu:

  • Abstrak
  • Orientasi
  • Krisis
  • Reaksi
  • Koda

Ciri-ciri teks anekdot

Agar kamu mengerti dan mudah untuk membedakan mengenai teks anekdot itu seperti apa, Mari Pelajari juga ciri-ciri teks anekdot di berikut ini:

  • Berupa teks yang mendekati perumpamaan
  • Menunjukan sebuah tokoh atau publik figure yang ada pada dengan kehidupan nyata atau juga orang penting
  • Mempunyai sifat yang humoris atau lucu, Dan berbau lelucon tapi menyindir
  • Terselip kritikan atau tujuan

Kaidah teks anekdot

Dalam bentuk anekdot juga mempunyai kaidah teks anekdot /kaidah bahasa teks anekdot dimana juga digunakan sebagai pegangan menulis cerita.

Apa saja kaidah-kaidah tersebut?

Kaidah-kaidahnya sebagai berikut:

  • Menggunakan pertanyaan dalam  bahasa terampil dan kreatif serta efektif atau retorik.
  • Penulisan harus sesuai dengan struktur yaitu diawali dengan bagian abstrak dan diakhir dengan bagian koda.
  • Menerangkan tentang kejadian dan di dalam kejadian tersebut memakai konjungsi.
  • Menggunakan sebuah kata dari penjelasan mengenai waktu yang lama berlalu.
  • Menggunakan sebuah kata predikat atau kata kerja.
  • Menggunakan sebauh kalimat yang berhubungan dengan peritah.
  • Dalam penyusunannya secara berurut dan kronologis.

Contoh Teks Anekdot

Anekdot
Anekdot

Berikut merupakan Anekdot yang memakai struktur:

1. Contoh Anekdot Lucu Tentang Sekolah

Dari contoh di bawah ini, Kamu dapat kembangkan jadi teks anekdot pendidikan panjang dan lucu, juga jangan lupa gunakan strukturnya, sehingga menjadi teks anekdot yang bagus.

PERBEDAAN PERPUSTAKAAN DAN KATIN

Sule dan Azis sedang berbincang, di kantin sambil menunggu pesananya datang, maksudnya Azis mau menyindir teman, tetapi malah sebaliknya.

Azis : Le, Apakah kamu tahu perbedaan perpustakaan dan kantin ?
Sule : Ya tau lah Zis, yang satu tempat baca dan sayu lagi tempat makan
Azis : Tumben kah,. kamu encer Le!
Sule : Kamu yang tumben agak pinter, nanya-nanya tentang perpustakaan
Azis : Terus Le, kalo perbedaanya apa?
Sule : Apa ya? gak tau gua!
Azis : Suut! Jangan bilang-bilang ya, jawabannya sama-sama ada yang jaga!
Sule : Minum dulu Zis, takut sawan!

2. Contoh Teks Anekdot Pendidikan

Anekdot pendidikan
Anekdot pendidikan

1. Sekolah Bertaraf Internasional

Abstraksi

Pada suatu hari di sebuah sekolah bertaaf Internasional.Orientasi

Pada suatu sekoalah seorang guru  memberikan pengumuman kepada murid-muridnya.
Guroe: “, Untuk semuanya ibu punya berita baik untuk kita semua. Yakni bahwa seekolah kita sebentar lagi akan menjadi Sekolah setara Internasional! Nah untuk menyambut hal bahagia ini, saya mau bertanya.  Coba didi, apa yang akan kamu lakukan untuk menyambut hal ini?”
Didi: “Saya akan belajar lebih giat lagi.
Guru : “Wah bagus sekali . Terus.. kalau kamu bagaimana Faqih?”
Faqih : “Harus siap uang bu!”Krisis

Baca Juga :  Contoh Teks Observasi

Mendegar jawaban spontan tersebut, Ibu Guru mencoba bertanya kembali kepada Faqih
Guru : “Lho kenapa?”
Faqih : “Ya jelas. Karena apabila sekolah ini nanti statusnya SBI pasti bayarnya lebih mahal. Masa iya si sama aja? U
Guru : “Kamu kok jawabnya seperti itu? Tidak seperti itu nak ,Jika nanti sekolah kita setara internasional yang atinya kita itu setara dengan sekolah di luar negeri sana. ”
Reaksi

Ibu Guru hanya tersenyum saat Mendengar si Faqih berkata seperti itu,

Koda 

Lalu kemudian guru langsung memulai materi pelajaran agar kelas dapat menjadi tenangkembali.

3. Contoh Teks Anekdot Sosial

Pada suatu hari terdapat dua bersaudara kakak dan juga adiknya yang tengah asik melakukan sebuah perbincangan pada saat tengah menyaksikan acara televisi sebuah acara berita di suatu chanel.

Sambil menyaksikan acara tersebut mereka saling berargumen dan bertukar pendapat mengenai apa yang sedang mereka tonton yakni berita acara para organisasi dan sejumlah istri para pejabat yang tengah asyik berwisata kesuatu tempat yang berada di luar negri.

‘’ Coba kamu perhatikan ibu itu dek terlihat dari atas sampai bawah memakai barang mewah, Semua yang dipakai merupakan barang bermerk import , Dan semuanya kompak,’’.

‘’Apa itu suatu masalah kak ? itu kan hak mereka menggunakan barang dan pakaian merk apapun bukan urusan kita.

‘’Mungkin semua itu nampak terlihat begitu elit tapi coba kamu perhatikan pada penampilan rambut mereka yang bewarna coklat muda disemir layaknya orang bule, selain itu beju yang mereka gunakan semuanya berwarna baby pink serta sepatu yang mereka gunakan sudah terlalu tinggi.

Apakah pantas jika seorang pejabat berpenampilan seperti layaknya seorang turis,’’. ‘’Apa kakak tidak tau bahwa mereka hendak pergi ke luar negeri untuk menyelenggarakan sebuah konser, ucap sang adik sambil tersenyum’’

Contoh Teks Anekdot Singkat

Contoh Teks Anekdot Singkat
Contoh Teks Anekdot Singkat

Racun serangga

Pada hari Minggu pagi yang cerah, keluarga Pak Amin, yang terdiri dari istri dan dua anaknya, bekerja di kebun sebagai salah satu rutinitas hari Minggu mereka.

Dia melihat bahwa Ardi, yang adalah saudara laki-laki Ilham, tiba-tiba mendekati orang tuanya, menahan napas saat dia berlari. Ketika sang ibu melihat putra sulungnya berlari, dia bertanya.

Ibu: “Kenapa kamu Ardi?”

Ardi “BUk, adik telah menelan ulat itu”

Ibu: “Loh, bagaimana bisa? Tadikan sudah perintahkan agar Kamu menjaga adikmu dengan baik. Segera panggil ayahmu untuk membawanya ke rumah sakit,” jawab ibu dengan panik.

Ardi: Ah, Jangan panik dan khawatir Bu, tunggu hingga ulat tersebut mati. Masalahnya, tadi sudah saya perintahkan agar adik meminum racun agar ulat yang ada didalam perutnya bisa mati “

Sang ibu semakin bertambah panik lalu pingsan.

Contoh teks anekdot lingkungan

Penyuluhan tentang sampah

Pada minggu pagi yang sangat cerah dimana hari itu di desa Tanjung senang, tengah dilangsungkan sebuah seminar terkait mengenai kebersihan sampah yang ada di desa tersebut.

Dimana pada saat itu kepala desa memberikan sebuah arahan mengenai sampah plastik yang merupakan jenis sampah yang dapat berdampak sangat buruk terhadap lingkungan. \

Dalam membuang sampah yang berjenis plastik alangkah baiknya dibuang pada tempatnya atau kalu bisa di daur ulang atau akan lebih baik jika dapat dimanfaatkan kembali.

Kepala Desa: “Para Ibu-ibu dan bapak, jika nanti dintara kalian semua ada yang melihat sampah plastik, maka sebaiknya dibuang di tempat sampah.

Jangan di buang disembarang tempat karena jenis sampah tersebut nbisa mengakibatkan kerusakan terhadap lingkungan kita yang indah ini. Hal yang harus kalian ketahui bahwa sifat dari Ssampah plastik ini tidak dapat terurai oleh tanah dalam waktu yang singkat”.

Baca Juga :  Passing Grade ITERA

Kemudian ketika acara tersebut telah usai, pada semua para peserta dikasih makanan dan minuman gratis yang memakai wadah dari bahan dasar plastik.

Hal tersebut dilakukan sebab warga baru saja mendapat penyuluhan mengenai bahayanya sampah yang berjenis plastik, sehingga pada akhirnya semua warga berbondong bondong membantu mengumpulkan bekas sampah plastik dari wadah makanan dan minumannya tersebut dan kemudian sampah yang mereka kumpulkan tadi dikemas ke dalam tas milik kepala desa. Kemudian Pak kepala desa merasa bingung dan membuatnya bertanya.

Kepala Desa: “Loh, kenapa ibu-ibu dan bapak-bapak, memasukan sampah sampah tersebut ke dalam tas saya?”

Ibu dan Bapak: “Tadi kan bapak sendiri yang menyampaikan bahwa sampah plastik ini tidak mudah terurai dalam waktu yang singkat sehingga tak boleh di buang sembarangan dan harus di daur ulang, maka oleh sebab itu, kami semua bersama-sama mengumpulkan sampah tersebut dan memasukannya kedalam tas bapak supaya bisa di daur ulang”

Kepala desa langsung pamit pulang.

Contoh Teks Anekdot Menyindir Teman

Jiwa sosialita

Pada suatu kompleks perumahan, terdapat dua gadis remaja yang bernama Riska dan Fitri.

Dari keduanya sudah menjalim hubungan pertemanan semenjak dari kecil hingga sampai dewasa selalu bersama.

Dalam kesehariannya mereka selalu terlihat jalan bersama hingga bahkan sampai masuk kesekolah pun mereka masih tetap bersama.

Namun dari keduanya mempunyai sifat dan kerakter yang tentunya tidak sama .

Riska ialah merupakan seorang gadis yang serba kecukupan dan tidak pernah memamerkan harta yang dimilikinya, sedangkan Fitri mempunyai sifat kebalikan dari Riska yakni selalu gemar memamerkan semua kekayaannya sampai-sampai sering diunggah di sosial media.

Riska: “Fit, aku pinjam dong baju yang kamu beli kemarin, aku ingin berfoto dengan menggunakan baju tersebut dan mempostingnya di sosial media milikku.”

Fitri: “Tapi aku kan belum pernah memakainya Ris, sebab baju itu baru saja kubeli dan belum sempat memakainya, Masa dipakai kamu duluan sih Ris?”

Riska: “Alah kamu ini meminjam baju saja sudah tidak boleh dasar pelit sekali kamu ini Fit. Kita ini bersahabt sudah sangat lama namun aku minjam baju saja tidak boleh, apalagi jika aku pinta”

Lantas berat hati Fitri meminjamkan baju tersebut dan kemudian ia memberikan baju baru tersebut pada Riska.

Kemudian Riska pun bergegas memakai baju baru tersebut dan menggunakannya untuk berfoto dan stela itu mengaploudnya ke sosial media. Selang waktu yang begitu lama ada sesorang yang mengkomentari postingan foto Fitri.

Sang Komentator : “Riska meminjam baju milik Fitri ya? Kenapa di akunnya Fitri terdapat postingan Kalo Fitri sedang membeli baju yang digunakan sama Riska?”

Kemudia Riskapun segera menghapus foto tersebut.

Apa yang dimaksud dengan Teks anekdot?

yakni merupakan sebuah cerita pendek yang bersifat lucu, namun di dalamnya terdapat sebuah kritikan. Yang secara umumnya kritikan tersebut tertuju terhadap layanan publik baik itu dalam bidang hukum, Lingkungan, sosial dan juga politik.

Jelaskan Ciri-ciri yang ada pada teks Anekdot?

-Berupa teks yang mendekati perumpamaan
-Menunjukan sebuah tokoh atau publik figure yang ada pada dengan kehidupan nyata atau juga orang penting
-Mempunyai sifat yang humoris atau lucu, Dan berbau lelucon tapi menyindir
-Terselip kritikan atau tujuan

Jelaskan Struktur Teks Anekdot?

Abstrak
Orientasi
Krisis
Reaksi
Koda

Demikianlah materipembahasan kali ini mengenai contoh teks anekdot, semoga serangkaian ulasan ini bisa bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya: