Nirmana : Pengertian, Macam, Unsur, Kosa, Rupa Dasar dan Cara Mengolah

Posted on

Nirmana -Pada pertemuan sebelumnya kita telah membahas tentang materi Gambar Vektor, Materi kali ini akan membahas mengenai Nirmana. Untuk lebih jelas dan lengkapnya, simak penjelasannya Berikut ini.

Pengertian Nirmana “Rupa Dasar”

Nirmana
Nirmana

Pengertian Nirmana adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang berbagai hal yang berkaitan dengan hubungan persepsi, bentuk, warna, ruang dan bahan berwujud dua dimensi ataupun tiga dimensi. Kegiatan utama ilmu ini ialah mengembangkan kemahiran untuk mengolah dan mengkomunikasikan bahasa rupa menggunakan bahan dan teknik tertentu.

Terdapat cara pandang yang kurang tepat di masyarakat kita bahwa untuk berkarya seni rupa atau desain, berdasarkan bakat alam yang dimilikinya seorang siswa akan bisa dengan sendirinya . Dari beberapa abad lalu sudut pandang ini telah buang

Pada negara yang sudah maju, seorang siswa yang mempunyai minat dalam dirinya untuk mengembangkan dunia kesenirupaan harus terlebih dahulu menguasai ilmu dasarnya agar hasilnya lebih optimal. Ilmu tersebut yakni harus menguasai tekni rupa dasar dan kemahiran menggambar.

Kosa Rupa

Kosa rupa merupakan sebuah wujud visual yang membentuk unsur-unsur dasar  , baik dua dimensi, tiga dimensi maupun wujud warna. wujud visual yang membentuk Unsur-unsur dasar  seni rupa yakni garis, titik, bentuk, bidang, ruang, warna dan tekstur dan gelap terang “unsur-unsur seni rupa”.

Kosa rupa dapat diperkaya dengan pengembangan bentuk-bentuk dasar di atas seperti contoh hasil pengolahan bentuk dasar seperti:

  • Wujud pengolahan bentuk dasar 2 dimensi “dwimatra”.
  • Wujud pengolahan bentuk dasar 3 dimensi “trimatra”.

Konsep Dasar Nirmana

Nirmana (rupa dasar) merupakan ilmu yang mempelajari dengan persepsi  berbagai hal yang berkaitan , warna, bahan , ruang, dan bentuk berwujud dua atau tiga dimensi. segitiga ialah  bentuk Unsur dasar dua dimensi , lingkaran, segi empat, dan bentuk organik, sedangkan unsur dasar bentuk tiga dimensi adalah balok, prisma, bola, dan wujud tak beraturan.

Unsur penciptaan rupa yang utama adalah gambar, melalui gambar manusia dapat menuangkan imajinasi atau gagasan kreatifnya. Gambar merupakan “bahasa” yang universal. Gambar telah menjadi alat komunikasi selama berabad-abad, bahkan hingga kini di era modern. Manfaat Gambar sangatlah beragam, dapat menampilkan sebuah gambar yang berfungsi diperlukan unsur-unsur seni rupa yang dapat dipahami semua orang.

Baca Juga :  Pengertian Elastisitas Fisika

Cara Mengolah Nirmana “Rupa Dasar”

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengolah nirmana “rupa dasar” antara lain dengan cara menata, mengatur, mengkomposisikan, menyusun, menciptakan variasi atau merancang unsur rupa tersebut menjadi sesuatu yang menggugah persepsi pengamat. Beberapa prinsip unutuk mengolah nirmana yang umum digunakan antara lain sebagai berikut.

Simetri “Symetry”

Simetri ialah dua atau lebih unsur rupa yang sama dan ditempatkan sejajar atau berdekatan serta diantara unsur rupa itu mempunyai kemiripan atau kesamaan.

Irama “Rhythm”

Irama ialah sebuah warna garis atau bentuk yang bergerak secara berulang atau dinamis, sehingga secar keseluruhan terkesan tidak menoton. Bentuk yang berirama biasa diartikan sebagai bentuk yang dinamis, perwujudannya dapat berupa bentuk yang keras, tiba-tiba lembut kemudian keras lagi.

Keseimbangan “Balance”

Keseimbangan ialah penempatan unsur-unsur rupa dalam satu bidang baik secara acak ataupun beraturan yang menekankan komposisi keseimbangan aspek unsur rupa di dalamnya “bentuk, warna dan bidang”, keseimbangan dapat dicapai dengan cara menyusun dari unsur rupa sehingga simetris atau dengan penempatan bentuk yang dinamis.

Aksentuasi “Accentuation”

Adapun Aksentuasi yaitu suatu penyajian unsur pembeda pada satu ungkapan rupa agar tidak berkesan membosankan atau menonton. Bentuk Unsur aksentuasi yang berbeda dapat dibuat dengan irama atau bentuk yang berbeda dari keseluruhan ungkapan.

Varian “Variant”

Varian ialah penyajian bahasa rupa yang berbeda pada besaran atau warnanya, Tapi masih terlihat seragam, bentuk berupa varian dapat dikomposisikan perulangan atau sistem modul.

Dinamika

Dinamika ialah penyajian bahasa rupa dengan berbagai unsur yang bervariasi di dalamnya, baik unsur bidang, bentuk, warna, maupun motifnya, namun unsur-unsur kontras, keseimbangan dan kesatuan tetap dipertimbangkan.

Gradasi

Gradasi ialah susunan bentuk atau warna yang berjajar dari nada terkuat sampai terendah atau sebaliknya. Adapun gradasi dapat dicapai melalui bidang, warna ataupun bangun tiga dimensi.

Unsur-Unsur Nirmana

Terdapat sejumlah unsur yang menjadi dasar terbentuknya wujud seni rupa, yaitu: titik, garis, bidang, bentuk, warna, dan tekstur.

Titik

Titik ialah merupakan seni rupa dua dimensi yang paling dasar (essensial), dari titik bisa dikembangkan menjadi garis atau bidang. pada sebuah gambar dalam bidang gambar juga akan berawal dari sebuah titik dan berhenti pada sebuah titik juga.

Garis

Garis ialah suatu hasil goresan nyata dan batas limit suatu benda, ruang, rangkaian masa dan warna. Garis bisa tebal, tipis, lurus, melengkung, berombak, vertikal, horizontal, diagonal, dan sebagainya.

Baca Juga :  Contoh Laporan Prakerin

Bidang

Bidang adalah suatu bentuk pipih tanpa ketebalan, mempunyai dimensi pajang, lebar dan luas serta mempunyai kedudukan, arah dan dibatasi oleh garis. Adapun bentuk dari bidang dapat geometris, organis, bersudut, tak teratur, dan bulat.

Bentuk

Suatu titik, garis, atau bidang akan dapat menjadi sebuah bentuk apabila terlihat. Sebuah titik betapapun kecilnya pasti mempunyai raut, ukuran, warna, dan tekstur.

Warna

Adapun warna merupakan kesan yang dapat ditimbulkan oleh cahaya terhadap penglihatan, oleh karenanya warna tidak akan terbentuk jika tidak ada cahaya.Dari tiap warna dihasilkan reaksi cahaya putih yang mengenai suatu permukaan dan memantulkan sebagian dari spektrum. Terjadinya warna-warna tersebut disebabkan oleh vibrikasi cahaya putih. Dan sistem yang paling sederhana agar mengetahui hubunganya warna antar warna adalah pada susunan warna dalam bentuk lingkaran warna.

Tekstur

Tekstur yaitu suatu nilai raba dari suatu permukaan, baik nyata maupun semu/tidak nyata, bisa halus, kasar, licin, dan sebagainya. Berdasarkan hubungannya dengan indera penglihatan.

Macam-Macam Nirmana

Nirmana terbagi menjadi dua, yang pertama adalah nirmana 2D (dwimatra) atau lebih dikenal nirmana datar , kedua adalah nirmana 3D (trimatra) atau dikenal dengan nirmana ruang.

Nirmana 2D

Nirmana 2D
Nirmana 2D

Nirmana 2D  adalah suatu nirmana yang dibuat di atas pada bidang datar. Jenis ini berguna untuk melatih seseorang kepada unsur-unsur rupa seperti bentuk, garis, warna dan penerapannya. Dan juga untuk  mengasah kemampuan agar  dapat mempertimbangkan komposisi, irama dan kesatuan. Pada saat kepekaan dan pertimbangan seseorang terasah, diharapkan bisa menghasilkan karya menjadi kesatuan yang selaras dan harmoni.

Nirmana 3D

Nirmana 3D
Nirmana 3D
Nirmana 3D adalah dibuat diatas pada sebuah bidang yang mempunyai panjang, lebar dan tinggi, atau memiliki volume. Sama seperti nirmana dua dimensi, nirmana tiga diemensi ini juga melatih kepekaan seseorang. Dan juga mengasah kepekaan dan kreatifitas estetis terhadap bentuk tiga dimensi. Nirmana ini digunakan untuk pengenalan bahan seperti material, struktur dan sifatnya. Nah, bedanya antara nirmana datar dengan nirmana ruang adalah, nirmana tiga dimensi bisa dinikmati dari berbagai sudut pandang. Karya nirmana tiga dimensi dapat juga dilihat dari sudut yang berbeda untuk mencapai keserasian rupa.