Contoh Kesimpulan Makalah – Sejarah, Agama, Kewirausahaan & PKN

Posted on

Contoh Kesimpulan Makalah – Setelah sebelumnya kabarkan.com telah menerangkan materi tentang Kontak Sosial Maka pada pertemuan kali ini akan kembali kabarkan.com paparkan materi tentang contoh kesimpulan makalah Sejarah, Agama, Kewirausahaan dan PKN. Nah untuk lebih jelasnya bisa sobat simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Kesimpulan

Contoh Kesimpulan Makalah
Contoh Kesimpulan Makalah

Kesimpulan dalam sebuah makalah adalah bagian akhir yang berfungsi untuk merangkum inti dari isi makalah serta mengemukakan poin-poin penting yang telah dibahas sepanjang teks. Tujuan utama kesimpulan adalah memberikan gambaran komprehensif kepada pembaca tentang informasi, argumen, temuan, atau pandangan yang telah diuraikan dalam makalah tersebut. Kesimpulan juga memiliki peran dalam menghubungkan kembali isi makalah dengan tujuan awal penulisan.

Dalam kesimpulan, penulis harus mampu mengidentifikasi dan menyoroti poin-poin utama yang telah dijelaskan dalam bagian-bagian sebelumnya. Selain itu, kesimpulan juga bisa digunakan untuk mengaitkan topik yang dibahas dengan konteks yang lebih luas, memberikan pandangan pribadi atau rekomendasi, dan menyimpulkan hasil penelitian atau analisis yang telah dilakukan.

Secara singkat, kesimpulan makalah adalah ringkasan akhir yang menggambarkan esensi makalah, menyoroti temuan atau argumen kunci, dan mengakhiri penulisan dengan memberikan pemahaman yang jelas kepada pembaca tentang pesan yang ingin disampaikan oleh penulis.

Fungsi Kesimpulan Makalah

Kesimpulan adalah bagian akhir dari sebuah makalah yang merangkum poin-poin utama dan memberikan ringkasan dari apa yang telah dibahas dalam makalah tersebut. Fungsi utamanya adalah untuk:

  1. Merangkum Isi Makalah: Kesimpulan merangkum poin-poin penting, temuan, dan argumen yang telah dibahas dalam makalah. Ini membantu pembaca untuk mendapatkan gambaran keseluruhan tentang topik yang telah diuraikan.
  2. Menyajikan Temuan Utama: Jika makalah berisi penelitian atau analisis, kesimpulan adalah tempat yang tepat untuk menyajikan temuan utama yang telah ditemukan. Hal ini memungkinkan pembaca untuk memahami hasil penelitian dengan jelas.
  3. Memberikan Penegasan pada Tujuan Makalah: Kesimpulan juga memberikan penegasan pada tujuan awal makalah. Apakah tujuannya adalah untuk memberikan informasi, memecahkan masalah, atau menyampaikan pandangan tertentu, kesimpulan harus menggambarkan apakah tujuan tersebut telah tercapai.
  4. Menghubungkan dengan Konteks Lebih Luas: Kesimpulan juga dapat mengaitkan topik dalam makalah dengan konteks yang lebih luas atau memberikan implikasi lebih lanjut dari temuan yang telah diungkapkan.

Elemen Penting dalam Kesimpulan

Ketika menulis kesimpulan makalah, ada beberapa elemen penting yang perlu diperhatikan:

  1. Ringkasan Pokok-Pokok Utama: Tinjau kembali poin-poin utama dalam makalah dan ringkaslah dengan jelas dalam kesimpulan.
  2. Pengulangan Temuan Utama: Jika makalah berbasis penelitian, ulangi temuan utama yang telah diungkapkan dalam bagian analisis. Ini membantu menggarisbawahi hasil yang telah dicapai.
  3. Implikasi atau Relevansi: Diskusikan implikasi dari temuan atau argumen yang telah dibahas dalam makalah. Apakah ada konsekuensi lebih lanjut atau kaitan dengan situasi nyata?
  4. Penegasan Tujuan: Pastikan untuk menjelaskan apakah tujuan makalah telah tercapai dan bagaimana isi makalah mendukung tujuan tersebut.
  5. Refleksi Akhir: Buku-buku akhir dengan refleksi atau pandangan pribadi terkait topik yang dibahas. Ini memberikan dimensi subjektif pada kesimpulan.
Baca Juga :  Contoh Teks Hikayat

Contoh Kesimpulan

Kumpulan contoh-contoh kesimpulan yang diberikan ini terdiri dari kesimpulan makalah, karya tulis, skripsi, penelitian, dan lain sebaginya. Yang umumnya pelatakan pada bab ini berada sebelum saran dan sama-sama berada di dalam Bab 5.

Contoh Kesimpulan Makalah

Adapaun untuk kalimat contoh kesimpulan dalam sebuah makalah dapat dilakukan dengan cara panarikan masalah secara umum dan kemudian dilakukan kembali penarikan terhadap masalah yang bersifat khusus yang sedang berlangsung.

Contohnya saja seperti berada diantara sejumlah kalimat kesimpulan, yakni sebagai berikut ini ;

Kesimpulan Makalah

Kesimpulan

Dengan menggunakan LAMUK (Lampu Anti Nyamuk) yang mana dengan diperkaya oleh ekstraksi kulit langsat yang di dalamnya terandung triterpenoid, flavonoid, dan juga saponin sehingga membuat nyamuk tidak akan mau untuk mendekat.

Dalam ini sudah diuji dan proses pembuatannyapun dengan melalui tiga tahapan yakni tahapan extraction, kemudian veneering, dan juga finishing

Kemudian pada LAMUK dibuat agar dapat menyebarkan aroma yang terkandung di dalam ekstrak murni kulit langsat sehingga apabila mulai menyebar yang dipercaya dapat menjakau masyarakat dari adanya gigitan nyamuk.

Kemudian selain itu LAMUK juga dianggap sebagai tahap preventif atau suatu bentuk pencegahan terhadap adanya penyakit demam berdarah yang diakibatkan oleh nyamuk Aedes aegepty.

Contoh Kesimpulan Karya Tulis Ilmiah

Apa itu KTI atau yang biasa dikenal sebagai sebuah karya tulis ilmiah yang mempunyai bentuk cukup beragam. Dalam hal ini merupakan sebuah contoh dalam penggunaan kalimat kesimpulan yang kerapkali dipakai didalam KTI, nah simak contohnya berikut ini ;

Kesimpulan Karya Tulis Ilmiah

Simpulan

Dengan didasarkan dari penggunaan teknik dalam pengumpulan data dan pembahasan sehingga bisa disimpulkan seperti berikut ini:

  • Pada desain TARBID (yakni Tambak Rumput Laut Hibrid) yang mana tersusun atas turbin angin, kemudian sel surya, lalu pompa air dan kontroler, media peletakan rumput laut, pipa aliran air merata, serta dengan sistem distribusi air laut ke tambak.
  • Kemudian Relevansi penggunaan TARBID (Tambak Rumput Laut Hibrid) dianggap begitu sangat tepat terutama untuk masyarakat pesisir pantai khususnya di wilayah pesisir sebab masih sangat terjangkau, lalu murah, ramah lingkungan, investasi jangka panjang dan juga merupakan sebuah teknologi yang mudah dioperasikan.

Contoh Kesimpulan Penelitian

Kemudian seperti yang kita ketahui bersama bahwa Penelitian menajdi salah satu syarat agar dapat terbentuk dan berkembangnya ilmu pengetahuan yang selalu diperlukan berikut ini merupakan contoh untuk membuat kalimat kesimpulan dalam laporan penelitian, terutama penelitian dekriptif yakni sebagai berikut ini :

Baca Juga :  Pengamalan Sila Ke 3

Kesimpulan Penelitian

Pada saat akan menganalisis matematis terdapat kesimpulan bahwa sistem destilasi dapat memakai dua sumber energi secara bebas dari alam yakni menggunakan matahari dan angin sehingga memperoleh lebih banyak air dari adanya proses penguapan jika dibandingkan dengan meggunakan proses destilator yang hanya dengan satu sumber saja.

Sehingga dalam hal ini diindikasikan dan dianggap bisa menyelesaikan adanya permasalahan mengenai air bersih yang terjadi di kawasan pesisir pantai.

Kemudian disamping itu juga dengan di dasarkan studi pustaka yang dibahas juga memberikan sebuah data bahwa air yang diperoleh dari hasil destilasi dianggap dapat memenuhi standar konsumsi.

Namun pada dasarnya secara keseluruhan, adanya sistem destilasi ini harus dikaji dandilakuakan pengiujian secara berulang kali sampai bisa memperoleh hasil yang sesuai dengan keadaan di lapangan.

Adapun harapannya setelah proses tersebut terselesaikan maka teknologi ini bisa dengan segera direalisasikan dan kemudian dikembangkan dengan secara massal terlebih untuk di sejumlah daerah pesisir pantai terutama di Indonesia yang sedang mengalami permasalah krisis air bersih dan mempunyai potensi energi terbarukan

Contoh Kesimpulan Skripsi

Selanjutnya yang Terakhir yakni tentang contoh untum membuat kesimpulan dalam skripsi dapat dilakukan dengan jalan atau tahapan terlebuh dahulu harus memahami hasil penelitian, terutama terhadap masalah, dan solusi yang ditawarkan. Kemudian kuntuk data pada contoh penelitian ini yakni memakai penelitian yang kualitatif. yakni sebagai berikut :

Dengan didasarkan dari hasil yang diperoleh dari sebuah penelitian dan pembahasan skripsi yang sudah dijalankan , sehingga dengan demikian bisa ditarik kesimpulan bahwa determinan dan juga dampak dari suatu pernikahan dalam usia dini terutama yang sering terjadi didaerah pedesaan Sukamaju, yakni seperti berikut:

  • Dengangan meningkatnya pernikahan usia muda yang terjadi di Desa Sukamaju diakibatkan adanya 4 determinan, yakni ekonomi, lalu pendidikan, dan juga budaya, serta pergaulan remaja.
  • Dengan meningkatnya pernikahan usia dini di Desa Sukamaju dapat menyebabkan dampak yang postif maupun dampak negatif.
  • Kemudian Determinan yang sangayt mempengaruhi pernikahan usia dini di Desa Sukamaju ialah detrerminan pergaulan remaja, hal ini disebabkan pergaulan remaja di Desa Sukamaju sudah banyak terpengaruh oleh pergaulan bebas yang di bawa dan di dapat dari daerah perkotaan tanpa difasilitasi dengan adanya pendidikan yang tinggi.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai contoh kesimpulan makalah, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :