Penyimpangan Primer

Posted on

Penyimpangan Primer – Setelah sebelumnya kabarkan.com telah menerangkan materi tentang Kontak Sosial Maka pada pertemuan kali ini kembali akan kabarkan.com sampaikan materi tentang Penyimpangan Primer – Pengertian, Ciri, dan Contoh. Nah untuk lebih jelasanya bisa sobat simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Penyimpangan Primer

Penyimpangan Primer
Penyimpangan Primer

Apa yang dimaksud dengan Penyimpangan Primer? yakni merupakan suatu perilaku yang dianggap telah menyimpang namun masih dapat diterima oleh masyarakat, sebab adanya perilaku tersebut masih dapat dilakukan perbaikan atau diubah oleh si pelaku dan hanya berlangsung sementara (maknanya hanya dilakukan sesekali saja tidak setiap saat).

Dalam hal ini pada umumnya para pelaku yang telah menyimpang tidak menyadari bahwa perilaku tersebut merupakan suatu perilaku yang menyimpang, Misalnya seperti pada saat seorang anak kecil melakukan meletakan kakinya di atas meja.

Yang mana dalam hal ini merupakan salah satu bentuk perilaku yang tidak sopan dan dianggap menyimpang dengan etika masyarakat akan tetapi perilaku ini masih dapat dilakukan perbaikan atau diubah.

Ciri-Ciri Penyimpangan Primer

  • Dalam kasus penyimpangan Primer secara umum hanya dilakukan sesekali saja dan setiap saat.
  • Suatu bentuk penyimpangan ini tidak mengacu pada suatu tindakan Kriminalitas
  • Dalam kasus ini juga masyarakat masih dapat memberikan toleransi atau menerima si pelaku penyimpangan primer
  • Apabila kasus Penyimpangan Primer ini dilakukan dengan secara terus menerus , maka tentunya masyarakat tidak akan bisa mentolirir atau menerima perilaku terhadap penyimpangan tersebut

Sifat Perilaku Menyimpang

Dalam kasus ini penyimpangan pada dasarnya tidak selalu bersifat negatif, sebab ada juga suatu perilaku penyimpangan yang masih dianggap mempunyai sifat yang positif.

Maka dengan demikian, pada suatu penyimpangan sosial dapat dibedakan menjadi dua macam, yakni suatu penyimpangan positif dan juga negatif. Nah untuk lebih jelasanya simak ulasannya berikut ini

Baca Juga :  Iklim Junghuhn

1. Penyimpangan positif

Apa yang dimaksud dengan penyimpangan positif ? yakni merupakan suatu penyimpangan yang yang masih terarah dan masih di dalam nilai-nilai sosial yang diberlakukan.

Meskipun terkadang cara yang dilakukan masih berbentuk suatu penyimpangan yang sedikit keluar dari norma yang berlaku.

Adapun untuk contoh dari suatu penyimpangan positif ialah seperti misalnya seorang ibu yang mencari nafkah untuk keluarganya dan kemudian menjadi seorang tukang ojek agar dapat menutupi segala yang menjadi kebutuhan keluarga atau membantu untuk menambah penghasilan keluarga.

2. Penyimpangan negatif

Sedangkan definisi dari penyimpangan negatif sendiri ialah? yakni merupakan suatu tindakan yang dianggap atau dipandang sangat rendah, yang mana sebab telah melakukan pelanggaran terhadap nilai-nilai sosial, sehingga kemudian dicela dan pada pelakunya tidak dapat ditoleriransi oleh masyarakat.

Adapun Contoh bentuk dari adanya penyimpangan ini yakni misalnya seperti suatu tindak pembunuhan, kemudian pemerkosaan, lalu pencurian dan yang lain sebagainya yang masih berbentuk kriminal dan tindak pelecehan lainnya yang dianggap fatal.

Contoh Perilaku Penyimpangan Sosial Primer

  • Pada setiap siswa yang menyontek terhadap temannya pada saat sedang dilangsukannya sebuah ujian.
  • Pada murida taua siswa memakai atribut yang wajibkan dari sekolah namun tidak sesuai dengan pakaian yang seharusnya dikenakan dan dianggap telah melanggar aturan yang ada di sekolah.
  • Para murida atau siswa yang melakukan pembolosan pada saat prosesi belajar mengajar akan dimulai.
  • Terhadap masyrakat yang telah melakukan pelanggaran dalam rambu lalu lintas
  • Sesorang yang dinggap telah melakukan suatu tindakan Vandalisme

Contoh Penyimpangan Primer

di bawah ini contohsoa;.co.id sajikan juga berbagai contoh dari suatu tindakan yang bisa digolongkan sebagai kasus yang dilakukan dan merupakan bentuk dari adanya penyimpangan primer. Berikut ini penjelasannya ;

Makan Dengan Tangan Kiri

Dalam kasus ini bersifat umum dimana prilaku ketika menyantap suatu hidangan makanan dengan menggunakan tangan kiri pada dasarnya sudah cukup banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat lua.

Sebab pada Tangan kanan biasanya sangat identik dengan berbagai hal-hal yang dinilai atau dianggap baik dan bagus dan bisa menjadi cirikhas tersendiri dari sebuah kepribadian yang dimilkinya.

Baca Juga :  FGD Adalah

Walaupun demikian masih banyak sejumlah masyarakat yang makan dengan menggunakan tangan kiri, sehingga dengan adanya keadaan ini dinilai telah melanggar norma namun masih dalam batasan toleransi.

Makan dan Minum dengan Berdiri

Dalam kasus ini merupakan bagian dalam contoh lainnya yang disebut kasus penyimpangan primer yakni suatu prilaku yang mana pada saat sedang menyantap hidangan apapu dengan car berdiri, namun pada dasarnya prilaku ini sudah cukup sering dilakukan oleh semua masyarakat.

Sehingga dalam kasus ini pada seseorang yang makan dengan cara berdiri juga dapat dianggap sebagai salah satu bentuk penyimpangan, namun masih dalam batasan tertentu.

Melanggar Rambu Lalu Lintas

Dalam kasus ini sudah sangat sering terjadi di dalam kehidupan seharihari dimana dengan melakukan suatu pelenggaran jenis ini dapat di golongkan sebagai salah satu bentuk penyimpangan primer masyarakat. 

Pada setiap tindak pelanggaran terhadap rambu-rambu lalu lintas yang dilakukan di jalan raya,merupakan salah satu bentuk pelanggaran yang masih sangat bisa di maklumi.

Apa yang dimaksud dengan Penyimpangan Primer?

yakni merupakan suatu perilaku yang dianggap telah menyimpang namun masih dapat diterima oleh masyarakat, sebab adanya perilaku tersebut masih dapat dilakukan perbaikan atau diubah oleh si pelaku dan hanya berlangsung sementara (maknanya hanya dilakukan sesekali saja tidak setiap saat).

Demikianlah materi pembahasan kita kali ini mengenai penyimpangan primer, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :