Kontak Sosial

Posted on

Kontak Sosial – Setelah sebelumnya kabarkan.com telah menerangkan materi tentang Diferensiasi Sosial Maka pada pertemuan kali ini akan kabarkan.com paparkan secara gamblang materi pembahasan tentang Kontak Sosial – Pengertian, Bentuk, Ciri dan Contoh. Nah untuk lebih jelasnya bisa sobat simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Kontak Sosial

Apa yang dimaksud dengan Kontak sosial ? yakni merupakan suatu interaksi dari setiap bagian dalam dalam sebuah hubungan baik dengan cara saling berdiskusi, lalu konsultasi maunpun menghargai dan tidak selalu terjadai hanya dengan melalui hubungan fisik saja, sebab orang dapat melakukan sebuah kontak sosiial tehadap bagian lain meskipun tanpa menggugahnya, misalnya seperti halnya konsultasi dengan melalui telepon, radio dan juga surat.

Sehingga oleh sebab itu, suatu interaksi secara fisik bekuan merupakan prioritas utama agar dapat terjadinya sebuah kontak sosiial bahkan denagan meningkatnya perkemabngan dalam bidang teknologi sehingga kemudian mengganti definisi dari kontak sosiial itu sendiri, yang mana dengan adanya teknologi, maka untuk melakukan kontak sosiial tidak harus terjadi dengan melalui gesekan fisik.

Sifat-Sifat Kontak Sosial

Di bawah ini terdapat beberapa poin penting dalam menjelasakan mengenai sifat yang ada dalam kontak sosiial , berikut ini penjelasannya :

Dalam memahami mengenai Kontak sosial ada hal yang harus sobat ketahui bahwa pada kontak sosiial dapat bersifat positif maupun negatif.

Adapun sifat dari Kontak sosial yang positif pada umumnya mengacu pada suatu kerja sama, dan untuk kontak sosiial yang bersifat negatif dapat mengacu dengan adanya suatu perlawanan atau konflik.

Kemudian selain itu kontak sosiial juga bisa bersifat primer atau sekunder, dimana pada kontak sosiial primer dapat berlangsung jika semua para peserta yang melakukan sebuah interaksi bisa berhadapan dengan secara langsung, contohnya saja adanya sebuah kontak saling berinteraksi antara guru dan murid ketika berada di dalam kelas.

Baca Juga :  1 ML berapa Gram

Kemudian selanjutnya antara penjual dan juga para pembeli sekunder dapat berlangsung jika interaksi dapat terjadi melalui suatu perantara.

Contyohnya adanya suatu percakapan yang disampaikan dengan melalui sebuah telepon.

Kemudian selain itu kontak sekunder dapat dilangsungkan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Adapun salah satu contoh dari kontak sekunder secara langsung misalnya bisa berlangsung ketika ketua RW memberikan undangan terhadap ketua RT agar dapat datang ke rumahnya yang disampaikan dengan melalui telepon, dan kemudian apabila ketua RW memerintahkan sekretarisnya untuk memebrikan pesan terhadap ketua RT agar dapat hadir ke rumahnya, naha dalam hal ini yang terjadi ialah suatu kontak sekunder yang bersifat tidak langsung.

Bentuk-Bentuk Kontak Sosial

Di bawah ini terdapat beberapa penjelasan mengenai bentuk-bentuk yang terdapat di dalam kontak sosiial, berikut ini ulasannya:

Berdasarkan Prosedur Terjadinya

Di bawah ini terdapat 2 jenis bentuk yang didasarkan dengan prosedur terjadinya kontak sosiial, yakni sebagai berikut :

Kontak Sosial Primer

Apa yang dimaksud dengan kontak sosiial? yakni sesuatu yang berlangsung dengan secara terbuka dengan berkonsultasi, hal tersebut baik melalui dengan suatu gesekan fisik ataupun tidak dengan adanya gesekan fisik.

Contoh Kontak Sosial Primer

Adapaun contoh dari kontak sosiial ini ialah, seperti misalnya melakukan jabat tangan, saling berbdiskusi, lalu bahasa indikasi dan juga tersenyum.

Kontak Sosial Sekunder

Apa yang dimaksud dengan kontak sosiial sekunder? akni merupakan sesuatu yang berlangsung dengan secara tidak terbuka yakni dapat terjadinya dengan menggunakan suatu sarana yang sangat spesifik.

Contoh Kontak Sosial Sekunder

Adapun contoh dari kontak ini ialah misalnya saja seperti , telepon, kemudian surat dan juga televisi.

Berdasarkan Beberapa Seseorang yang Berpartisipasi

Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai bentuk kontak sosiial dengan berdasarkan beberapa seseorang yang berpartisipasi, berikut ini ada 3 jenis bentuk kontak tersebut yakni :

Kontak antar Seseorang

Dalam hal ini misalnya seperti, adanya suau kontak yang terjadi antara pegawai dengan pegawai, kemudian sebuah kontak yang terjadi antara pemimpin dengan para pegawai.

Baca Juga :  Pengertian Anggaran

Kontak antar kelompok

Contoh dari kontak ini misalnya seperti, adanya suatu kompetisi futsal antar sekolah dan uga sebuah kompetisi myang menyelenggarakan cerdas cermat antar sekolah.

Kontak antara Seseorang dengan kelompok

Adapun contoh dari kontak ini misalnya seperti , seorang dosen dengan para mahasiswanya dan terhadap penceramah dengan para jamaahnya.

Dampak Kontak Sosial

Di bawah ini terdapat beberapa penjealasan mengenai dampak yang di diperoh dari adanya sebuah kontak sosiial yang diantarnay ialah seperti yang ada di bawah ini ;

  • Yang pertama ialah Dampak Negatif, Adapun untuk dampak negatif yang bisa di dapatkan di dalam kontak sosiial ini ialah jika yang seorang individu atau kelompok melakukan interaksi yang berkaitan tentang hal-hal yang yang bisa menimbulkan kerusakan dalam keteraturan sosial ditengah masyarakat. Namun selain itu kontak sosial yang dilangsungkan dalan suatu transaksi dari tindak pencurian, atau bahkan di dalam suatu agenda untuk melakukan suatu tindak terorisme yang mana hal ini bisa merusak integrasi sosial dalam masyarakat.
  • Yang kedua ialah Dampak Positif, Kemudian dengan adanya suatu hubungan yang ada di dalam proses kontak sosiIal ini akan menghasilkan hal yang positif. Dimana dalam ini bisa terjadi jika dapam suatu kontak sosiIal dapat saling menguntungkan kedua belah pihak, contohnya saja seperti adanya sebuah agenda bisnis, kemudian menjaring komunikasi dalam agenda silaturahmi.
Apa yang dimaksud dengan Kontak sosial ?

yakni merupakan suatu interaksi dari setiap bagian dalam dalam sebuah hubungan baik dengan cara saling berdiskusi, lalu konsultasi maunpun menghargai dan tidak selalu terjadai hanya dengan melalui hubungan fisik saja, sebab orang dapat melakukan sebuah kontak sosial tehadap bagian lain meskipun tanpa menggugahnya, misalnya seperti halnya konsultasi dengan melalui telepon, radio dan juga surat.

Demikianlah materi pembahasan kali ini menegnai kontak sosial, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :