Contoh Saran Dalam Makalah

Posted on

Contoh Saran Dalam Makalah – Materi pada kali ini akan membahas mengenai contoh saran dalam makalah. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Saran

Contoh Saran Dalam Makalah
Contoh Saran Dalam Makalah

Saran merupakan suatu bagian bab penutup dalam laporan karya tulis. Pada Bagian ini ada di sebuah akhir paragraf dengan di wali dengan serangkaian, Contoh kesimpulan dari awal hingga akhir. Ketika hendak Menulis saran memang tidak ada aturan khusus serta podoman yang berlaku,Terkadang hanya ada dalam proses pembuatan kalimat saran setidaknya harus mencantumkan beberapa hal berikut ini

Unsur-Unsur Saran

1. Jumlah Kata

Didalam penulisan karya tulis Pembuatan saran dibatasi dengan jumlah minimal karater. Hal ini dilakukan guna kesetaraan antara kesimpulan yang disampaikan.Adapun beberapa Batasan saran yang baik yakni tidak lebih dari 200 kata.

2. Memberikan Kata Harapan

Penulisan saran dalam karya tulis haruslah memberikan harapan kepada pembaca, dengan bentuk kata-kata yang menarik seperti penggunaan “oleh karena itulah”, atau penggunaan kata “harapannya dari penulisan ini…”, dan lain sebaginya.

3. Memberikan Rekomendasi

Langkah pembuatan saran yang baik dalam penulisannya haruslah memberikan rekomendasi berupa penelitian lebih lanjut mengenai metode yang dipergunakan. Dalam bahasan inilah banyak pihak yang mengindikasikan bahwa penulisan saran tidak perlu dilatakan pada abtrak kepenulisan.

Dari hasil keterangan di atas, Cara melengkapinya oleh sebab itu kami merekomendasikan beberapa contoh terhadap tata cara kepeunisan saran atau bab penutup dalam makalah. Contoh ini diberikan dengan tujuan agar bisa membantu, khususnya bagi yang sedang membutuhkan.

Contoh Saran Dalam Makalah

Contoh kepulisan saran bisa dilakukan dalam berbagai jenis karya tulis, baik skripsi, makalah, essay, ataupun karya ilmiah. Penggunaannya hampir sama, hanya saja untuk pelatakan kata-katanya barangkali perlu kamu banahi.

1. Contoh Saran Dalam Makalah

BAB IIIPENUTUPKesimpulan Pada kemajuan jaman saat ini banyak sekali penerapan pada UUD 1945 dan Pancasila dalam bidang kehidupan berbangsa dan bernegara mulai dari waktu ke waktu. Pada Era inilah yang membuat Indonesia semakin maju dan sosialisasi terhadap umum.

Baca Juga :  Contoh Surat Permohonan
Meskipun negara Indonesia tidak dapat menghindar dari jaman Globalisasi ini, namun tetap dapat menyesuaikan kehidupan masyarakat agar tetap beragama dan bermoral. Kita akan mengalami kemunduran dan sia sia dalam hidup jika pengaruh Globalisasi tidak disaring sesuai dengan kebudayaan Pancasila. Terlebih lagi menyebabkan kemunduran moral bagi masyarakatnya.   Saran Sedikit masukan dari saya,Mengenai era Globalisasi ini bangsa Indonesia memerlukan berbagai perbaikan dalam segala bidang. Seperti sosial dan budaya itu sangat penting , politik, hukum serta bidang ekonomii agar perubahan yang terjadi nantinya menjadi lebih baik lagi.   Agar bangsa Indonesia tetap maju Kita dapat menanamkan penerapan nilai nilai UUD 1945 dan Pancasila  dan ciri khas dari bangsa tersebut tetap terjaga meskipun pengaruh era Globalisasi tidak dapat dihindarkan. keyakinan saya  akan bangsa ini bahwa mempunyai kehidupan yang lebih baik jika berpegang teguh pada pedoman yang ada, walaupun jaman dan teknologi semakin canggih.  

2. Contoh Saran Dalam Makalah

 BAB IIIPENUTUPKesimpulan Berlandasan dengan data diatas, bahwa makalah berjudul “Kegiatan Jurnalistik dapat saya simpulkan Menggunakan Bahasa Baku” yaitu kegiatan jurnalistik dapat menggunakan bahasa baku yang terdiri dari beberapa bahasa, misalnya memadukan bahasa asing dengan bahasa melayu. kegiatan jurnalistik sesuai dengan penggunaannya dan menggunakan bahasa ini. Selain itu adapula perbaduan Bahasa Indonesia dengan bahasa asing ataupun bahasa melayu dalam dunia jurnalistik.   Saran pada saat pembuatan makalah Penulis menyadari bahwa banyak sekali kesalahan dan jauh dari kesempurnaan.  dengan sebuah pedoman yang bisa dipertanggungjawabkan dari banyaknya sumber Penulis akan memperbaiki makalah tersebut . Oleh sebab itu penulis harapkan kritik serta sarannya mengenai pembahasan makalah dalam kesimpulan di atas.

3. Contoh Saran Dalam Makalah

BAB IIIPENUTUPKesimpulan Berdasarkan hasil analisis mengenai Sistem Informasi Perusahaan Barang diatas, maka dapat disimpulkan bahwa:

  • Perusahaan lebih terbantu dalam menyediakan informasi pengadaan dan penjualan barang melalui system informasi yang ada.
  • dengan adanya seperti pembuatan laporan, proses pengadaan, maupun pencarian data.Perusahaan lebih mudah mendapatkan informasi.
Baca Juga :  Planet Merkurius

Saran Penulis menyarankann agar beberapa hal terkait pengembangan Perusahaan dimasa mendatang yaitu:

  • Dalam penerapan system akan lebih baik jika menambah beberapa peralatan komputer agar operasi kerja dapat berjalan dengan tepat dan cepat.
  • pada saat membimbing komputer harus dengan memakai komputer yang lebih optimal agar mendapat hasil yang baik

4. Contoh Saran Dalam Makalah 

BABIIIPENUTUPKesimpulan Berdasarkan data diatas dapat penulis simpulkan beberapa hal seperti:

  • Pola pikir guru dapat berubah sesuai paradigma pendidikan yang baru seperti anak harus menguasasi kompetensi yang ada (life skill), memperbanyak pengalaman belajar pada siswa dan pola guru sentris kepada siswa sentris dalam proses belajar mengajar. Maka dari itu pembelajaran dapat dilakukan lebih kontekstual.
  • diperlukan guru yang profesional Untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan kontekstual . Cara tersebut akan menghasilkan alat peraga yang baik dan efektif.
  • menarik, kreatif, dinamis dan aktif sehingga sangat penting. ini menjadi peranan Alat peraga dalam membuat pembelajaran lebih menyenangkan,
  • Pada saat menerapkan informasi belajar yang proporsional dan rasional melalui alat peraga tersebut.Anak anak diharapkan dapat menentukan tindakan.

Saran Penulis menyarankan beberapa hal terkait proses pembelajaran diatas seperti:

  • Pembelajaran dapat dilakukan dengan  guru pembimbing yang profesional.Guna Menciptakan alat peraga sederhana.
  • Untuk pengadaan pada saat proses pengembangan media pendidikan (alat peraga) maka dapat mengimplementasikan eksistensi manajemen dan Gugus sekolah.
  • Penulis juga mengharapkan kkritik dan saran dalam penulisan makalah dikemudian hari.

Demikianlah Materi pembahasan kali ini ,Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menambah pengetahuan kita semua.

Artikel Lainnya: