Contoh Akomodasi

Posted on

Contoh Akomodasi – Setelah sebelumnya kabarkan.com telah menerangkan materi tentang Contoh Interaksi Sosial Maka pada pertemuan kali ini kembali akan kabarkan.com paparkan materi tentang Contoh Akomodasi – Penjelasan, Pariwisata dan Lingkungan Masyarakat. Nah untuk lebih jelasnya bisa sobat simak ulasan selengkap di bawah ini.

Pengertian Akomodasi

Contoh Akomodasi
Contoh Akomodasi

Apa yang diamkasud dengan akomodasi ? yakni merupakan suatu proses untuk menyelesaikan adanya ketegangan yang terjadi antara dua pihak tanpa merugikan salah satu diantaranya.

Sehingga dengan demikian keduanya akan tetap terpelihara. Sedangkan menurut KBBI bahwa pengertian akomodasi ialah sesuatu yang disediakan guna mencukupi apa yang menjadi kebutuhan, contohnya seperti pad tempat menginap atau tempat tinggal sementara untuk seseorang yang sedang melakukan bepergian.

Tujuan Akomodasi

Adapun tujuan dari akomodasi sendiri ialah merupakan sebuah langkah yang dipakai agar bisa meringankan atau bahkan menyelesaikan masalah yang ada terhadap dua individu atau kelompok.

Di bawah ini terdapat beberapa tujuan dari akomodasi yakni sebagai berikut:

  • Memperkecil adanya sebuah konflik yang terjadi diantara individu atau kelompok yang biasanya disebabkan dengan adanya suatu perbedaan dalam berpendapat atau paham
  • Dapat dijadikan sebagai pencegahan terhadap potensi dari sebuah konflik yang lebih besar yang bisa disebabkan adanya peperangan.
  • Bisa mewujudkan suatu bentuk kerjasama terhadap sejumlah kelompok sosial yang hidup saling terpisah disebabkan adanya sebuah perbedaan budaya dan juga faktor sosial.
  • Dalam menyatukan berbagai kelompok-kelompok sosial yang mem[punyai latar belakang yang berbeda namun memiliki sebuah tujuan yang sama.

Karateristik Akomodasi

Dalam kasus ini secara umum akomodasi kerap ditandai dengan adanya upaya dalam memperkecil berbagai sumber konflik terhadap berbagai pihak yang saling bersetegangan dan menjadikan sebuah masalah dapat segera teratasi. Nah untuk karakteristik yang ada dalam akomodasi sendiri yakni sebagai berikut :

  • Kebutuhan kepada akomodasi bisa terjadi karena disebabkan adanya sebuah konflik atau suatu pertentangan.
  • Pada umumnya Akomodasi yang mempunyai sifat yang universal.
  • Biasanya pada Akomodasi menjadi salah satu proses yang berlangsung dengan secara terus menerus.
  • Kemudian Akomodasi sendiri yakni merupakan sebuah gabungan dari perasaan cinta dan juga benci.

Contoh Akomodasi dan Bentuk-Bentuknya

Di bawah ini terdapat beberapa contoh yang telah kabarkan.com bentuk atau susun dengan sedemikian rupa, nah adapun bentuk dan contoh dari akomodasi tersebut ialah sebagai berikut :

Baca Juga :  Kapak Corong

Contoh Koersi

Apa yang dimaksud dengan Koersi ? yakni merupakan suatu bentuk akomodasi yang terjadi sebab adanya paksaan atas kehendak suatu pihak kepada pihak lain yang dianggap lemah dengan didominasi terhadap suatu kelompok atas kelompok lain.

Adapun untuk contoh dari koersi sendiri ialah misalnya seperti ketika seorang rentenir melakukan suatu tindak pemaksaan dan diiringi sebuah ancaman agar si peminjam dana tersebut dapat dengan segera melunasi segala hutangnya, dengan demikian permasalahan akan terselesaikan.

Contoh Kompromi

Apa yang dimaksud dengan Kompromi ? yakni merupakan suatu bentuk akomodasi dimana terhadap sejumlah pihak yang terlibat perselisihan saling meredakan tuntutan yang telah diajukan sehingga dengan demikian bisa tercapai suatu penyelesaian secara bersama dengan saling melakukan kompromi.

Adapun contoh dari kompromi yakni misalnya seperti ketika partai A meminta jatah 5 kursi menteri kepada presiden, akan tetapi hal tersebut masih dirasa terlalu banyak, kemudian sesudah saling berkompromi pada kahirnya disepakatilah bahwa partai A memperoleh jatah 3 kursi menteri.

Contoh Arbitrase

Apa yang dimaksud dengan Arbitrase ? yakni merupakan suatu bentuk akomodasi yang berlangsung apabila ada beberapa pihak yang berselisih namun tidak bisa untuk mencapai kompromi sendiri, sehingga dengan begitu dihadirkanlah pihak ketiga agar tidak berat sebelah agar dapat mengupayakan penyelesaian.

Adapun contoh dari arbitrase sendiri ialah ketika memecahkan suatu permasalahan sengketa harta waris yang menggunakan jalur pengadilan supaya dalam pembagian serta semua keputusan yang dikeluarkan bisa disetujui secara bersama.

Contoh Mediasi

Apa yang dimaksud dengan Mediasi ? yakni merupakan sebuah bentuk akomidasi yang melibatkan pihak ketiga sebagai pihak penengah atau yang bisa mendamaikan permasalan tersebut.

Adapun contoh dari mediasi ialah seperti misalnya ketika Indonesia yang pernah dipilih untuk untuk dijadikan sebagai pihak ketiga atau pihak penengah yang sekaligus berperan selaku penasihat dalam sebuah upaya untuk dapat menyelesaikan pertikaian yang sedang berlangsung di Kamboja.

Contoh Konsiliasi

Apa yang dimkasud dengan Konsiliasi ? yakni merupakan sebuah bentuk akomodasi yang melakukan upaya untuk dapat menyatukan setiap keinginan dari beberap pihak yang sedang berselisih agar dapat terwujud sebuah persetujuan bersama.

Adapun contoh dar konsiliasi sendiri yakni misalnya seperti pada saat berlangsungnya sebuah kerusuhan antara dua desa, maka dengan adanya kejadian tersebut kemudian kedua pihak melakukan pertemuan untuk saling membuat kesepatakan agar dapat meredakan perselisihan yang terjadi antara satu sama lain.

Baca Juga :  Nama-Nama Planet

Contoh Toleransi

Apa yang dimaksud dengan toleransi ? Yakni merupakan sebuah bentuk akomodasi dengan tanpa adanya persetujuan secara resmi sebab tanpa disadari dan direncanakan, dalam hal ini adanya suatu keinginan agar dapat menghindarkan diri dari adanya sautu perselisihan yang dapat saling merugikan.

Adapun contoh toleransi sendiri yakni misalnyaseperti menghormati adanya suatu perbedaan antar umat beragama dengan prosesi yang terjadi ketika masing dari umat beragama sedang melakukan atau menjalankan peribadatan.

Contoh Stalemate

Apa yang dimaksud dengan Stalemate ? yakni merupakan sebuah bentuk akomodasi yang berlangsung pada saat kelompok yang terlibat pertentangan mempunyai kekuatan seimbang, sehingga konflik yang terjadi bisa akan berhenti dengan sendirinya.

Adapun contoh dari stalemate misalnya seperti ketika sedang berlangsung perang dingin antara blok timur dan blok barat di bagian Eropa, sebab masing kelompok sama-sama mempunyai kekuatan yang sama, sehingga dengan begitu konflik akan mereda dengan sendirinya sebab dari masing-masing kelompok tidak melakukan pergerakan.

Contoh Ajudikasi

Apa yang diaksud dengan Ajudikasi? yakni merupakan suatu bentuk akomodasi yang dilakukan dengan cara melalui sebuah proses pengadilan agar dapat menyelesaikan masalah yang terjadi.

Secara umum ajudikasi akan dilakukan jika dari masing-masing pihak yang sedang berkonflik tidak dapat mengatasi masalah walu[pun sudah dilakukan dengan berbagai cara untuk menyelesaikannya.

Apa yang diamkasud dengan akomodasi ?

yakni merupakan suatu proses untuk menyelesaikan adanya ketegangan yang terjadi antara dua pihak tanpa merugikan salah satu diantaranya.

Apa yang dimaksud dengan Mediasi ?

yakni merupakan sebuah bentuk akomidasi yang melibatkan pihak ketiga sebagai pihak penengah atau yang bisa mendamaikan adanya permasalahan.

Apa yang Dimaksud Dengan Toleransi ?

Yakni merupakan sebuah bentuk akomodasi dengan tanpa adanya persetujuan secara resmi sebab tanpa disadari dan direncanakan, dalam hal ini adanya suatu keinginan agar dapat menghindarkan diri dari adanya sautu perselisihan yang dapat saling merugikan.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai contoh akomodasi, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :