Reaksi Endoterm

Posted on

Reaksi endoterm – Halo sobat ContohSoal.co.id semua, materi kali ini masih seputaran pembahasan mengenai ilmu kimia, yakni tentang rekasi endoterm yang akan ContohSoal.co.id jabarkan secara lengkap mulai dari pengertian, ciri, dan contoh reaksinya. Namun dipertemuan sebelumnya ContohSoal.co.id juga telah menerangkan materi tentang Reaksi Eksoterm. Baiklah untuk lebih jelasnya mari sama-sama kita simak ulasan diabwah ini.

Pengertian Reaksi Kimia

Reaksi Endoterm

Reaksi kimia ialah merupakan suatu peristiwa perubahan kimia dari zat-zat yang bereaksi (reaktan) menjadi zat-zat hasil reaksi (produk). Pada reaksi kimia selalu dihasilkan zat yang baru dengan sifat yang baru.

Pengertian Reaksi Endoterm

Reaksi endoterm ialah merupakan suatu reaksi yang menyerap kalor (terjadi perpindahan kalor dari lingkungan ke sistem)[1]. Reaksi endoterm (endo-merupakan sebuah awalan yang berarti “ke dalam”), di mana kalor harus disalurkan ke sistem oleh lingkungan[2].

Terjadinya reaksi ini, yakni dalam perpindahan kalor dari lingkungan ke sistem sehingga suhu lingkungan turun dan menjadi lebih dingin.

Reaksi endoterm menyerap sejumlah energi sehingga energi sehingga energi sistem bertambah. Sebab entalpi bertambah, perubahan entalpinya bertanda positif.

Dapat dijelaskan dengan gambar sebagai berikut:

Diagram Endoterm

Pada reaksi endoterm, sistem menyerap energi. Oleh sebab itu, entalpi sistem akan bertambah. Maka maksudnya, entalpi produk (Hp) lebih besar daripada pereaksi (Hr).

Pada perubahan entalpi mengakibatkan selisih antara entalpi produk dengan pereaksi (Hp-Hr) bertanda positif. Dalam hal ini dapat dinyatakan perubahan entalpi untuk reaksi endoterm sebagai berikut:

∆H = Hp-Hr > 0 (Positif)

Serta dapat dijelaskan secara rinci dengan gambar sebagai berikut:

Diagram Endoterm

Pada reaksi endoterm, sistem menyerap energi. Oleh sebab itu, entalpi sistem akan bertambah. Artinya H akhir ( H dari zat-zat produk reaksi) lebih besar daripada entalpi H awal (H dari zat-zat pereaksi).

Akibatnya, perubahan entalpi (∆H) yakni  selisih antara entalpi (H) akhir dengan entalpi (H) awal. Sehingga nilainya bertanda positif.

Hal ini ditandai dengan menurunnya suhu lingkungan dan bertambahnya suhu pada sistem. Salah satu contoh penulisan persamaan termokimia adalah sebagai berikut :

Baca Juga :  Tabel Periodik
32°CRekasi Endoterm25°C

Perbedaan Reaksi Eksoterm dan Reaksi Endoterm

Menurut Marcellin Berthelot Istilah “endoterm” dan “eksoterm” ini berasal dari bahasa Yunani, yakni endo-“dari kata “endon” yang berarti “dalam” dan kata “term” yang berarti “panas”, yang berarti reaksi ini ialah reaksi menyerap panas.

Dan begitu sebaliknya “eksoterm yakni berasal dari kata “eksos” yang artinya“luar” dan “term” berarti “panas”, yang kesimpulannya ialah reaksi mengeluarkan panas.

Pada reaksi endoterm, harga perubahan entalpinya ialah negatif. Perubahan entalpi dihitung dengan hukum Hess, yang menyatakan bahwa entalpi berbanding lurus dengan perubahan suhu yang terjadi.

Sebab adanya penurunan suhu yang terjadi , maka perubahan suhunya ialah negatif sehingga perubahan entalpi juga negatif. Sebaliknya pada reaksi eksoterm, harga perubahan entalpinya adalah positi.

Sebab terjadi kenaikan suhu, maka perubahan suhunya ialah positif sehingga perubahan entalpi juga positif.

Contoh Reaksi Endoterm

  • Reaksi antara barium hidroksida (Ba(OH)2) dan kristal amonium klorida (NH4Cl) dengan penambahan beberapa tetes air
  • Reaksi antara amonium tiosianat (NH4SCN) dan barium hidroksida dekahidrat (Ba(OH)2.10H2O)
  • Peristiwa pembekuan es
  • Asimilasi
  • Fotosintesis
  • Penguraian merkuri(II) oksida (HgO) pada suhu tinggi

Ciri-Ciri Reaksi Endoterm

• Reaksi yang memerlukan kalor
• Suhu sistem < suhu lingkungan
• Kalor berpindah dari lingkungan ke sistem
• Disertai dengan penurunan suhu.
• Penulisan persamaan reaksinya sbb:
reaksi A + B C diserap kalor 25 kj
pers. Reaksi :
A + B + 25 kj C
A + B à C – 25 kj
r = p – 25 kj
r < p
ΔH = Hp – Hr
besar kecil
ΔH = +

Contoh :
2NH3N2(g)+3H2(g)ΔH=–26,78Kkal

Nah demikianlah materi pembahasan ContohSoal.co.id kali ini menegnai tentang reaksi endoterm, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya: