Perpindahan Kalor

Posted on

Perpindahan Kalor – Pada pertemuan kali ini ContohSoal.co.id akan memaparkan secara detail materi tentang perpindahan kalor mulai dari pengertian, ciri, sifat, rumus dan contoh soalnya. Tapi apakah sobat masih inget pertemuan sebelumnya juga ContohSoal.co.id telah membahas materi tentang Kalor Jenis. Baiklah untuk lebih jelasnya mari kita sama-sama simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Perpindahan

Perpindahan Kalor

Perpindahan ialah merupakan sebuah perubahan kedudukan suatu benda setelah bergerak selama selang waktu tertentu. Perpindahan dapat dikatakan besaran vektor sehingga selain mepunyai besar juga memiliki arah.

Pengertian Perpindahan Kalor

Kalor ialah merupakan salah satu dari displinnya ilmu teknik termal yang juga mempelajari cara menghasilkan panas, menggunakan panas, mengubah panas, dan menukarkan panas di antara sistem fisik.

Konduksi termal merupakan pertukaran mikroskopis langsung dari energi kinetik partikel melalui batas antara dua sistem.

Perpindahan kalor

Macam-Macam Perpindahan Kalor

  • Konduksi

Konduksi ialah merupakan salah satu kondisi perpindahan panas yang selalu melibatkan zat padat dalam prose perpindahannya dan perpindahan konduksi juga sering disebut sebagai hantaran.

Saat perpindahannya secara konduksi terjadi, maka pada partikel zat tersebut tak akan ikut berpindah dan daya hantar pada kalor dibedakan menjadi 2 macam yakni konduktor dengan isolator.

Konduktor ialah merupakan suatu zat yang mempunyai sebuah daya hantar kalor yang lumayan baik dan kalor dapat berpindah dengan lancar.

Sedangkan Isolator ialah merupakan suatu zat yang mempunyai daya hantar kalor yang kurang baik dan kalor akan berpindah dengan berbagai hambatan atau kalor tak akan berjalan lancar.

  • Konveksi

Konveksi adalah salah satu kondisi perpindahan panas yang terjadi pada suatu zat yang disertai dengan berbagai perpindahan partikel zatnya dan penyebab terjadinya perpindahan kalor secara konveksi ialah adanya perbedaan massa jenis pada suatu zat.

Konveksi bisa terjadi pada suatu zat yang cair atau gas yang termasuk udara dengan angin. Gas akan berbeda perpindahannya, sebab mempunyai tingkat tekanan udara yang berbeda dan tekanan udara dapat diperoleh dari berbagai peralatan yang ada di rumah.

Baca Juga :  Stoikiometri

Sedangkan zat cair berpindah akibat adanya perbedaan massa jenis dan hal ini sering terjadi pada saat pemanasan.

  • Radiasi

Perpindahan kalor yang terjadi akibat radiasi biasanya tak akan meilibatkan zat perantaranya dan radiasi biasanya akan sangat berhubungan dengan sebuah cahaya.

Cahaya yang menjadikan radiasi bisa bersumber dari berbagai hal dan perpindahannya secara radiasi juga sering disebut dengan pancaran.

Salah satu contoh radiasi benda hitam ialah menggunakan baju hitam pada saat panas terik, akan menimbulkan tubuh berkeringat. Tak ada zat perantara dalam proses perpindahannya secara radiasi, ini artinya perpindahan kalor terjadi secara langsung.

Rumus Perpindahan Kalor

Adapun rumus dari perpindahan kalor (panas) atau rumus massa benda secara sederhana dapat digambarkan sebagai berikut :

Konduksi 

Laju KalorQ/t = kA (T2 – T1)/x

Konveksi

Laju KalorQ/t = hA (T2 – T1)

Radiasi

Laju KalorQ/t = σeAT4

Keterangan:

Q = Kalor
T = Waktu
K = Konduktivitas termal
A = Luas Penampang
T1 = Selisih suhu 1
T2 = Selisih suhu 2
X = Jarak

Contoh Soal Perpindahan Panas (Kalor)

Berikut ini akan kita bahas contoh soal dari perpindahan panas (kalor), yakni berikut ini :Benda hitam sempurna luas permukaannya 1 m2 dan suhunya ialah 27 ºC. Jika suhu disekelilingnya 77 ºC, cari dan hitunglah : a. Kalor yang diserap persatuan waktu persatuan luas
b. Energi total yang dipancarkan selama 1 jam.Penyelesaian :Benda hitam, maka e = 1
T1 = 300 K
T2 = 350 K
σ = 5,67.10-8 watt m-2K-4Jawaban :a. = e σ ( T24 – T14) = 1. 5,67.10-8 (3504 – 3004) = 391,72 watt/m2b. R = Q/A.t = 391,72. 1. 3600 = 1.410.120 Joule

Nah itulah tadi materi pembahasan tentang perpindahan kalor, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya: