Hidup Rukun

Posted on

Hidup Rukun – Pada penjelasan pelajaran yang sudah kabarkan.com jelaskan sebelumnya mengenai pelajaran Hakikat Bangsa Dan Negara. Tentunya kali ini kabarkan.com akan menerangkan materi mengenai Hidup Rukun secara lengkap yang dimulai dari Pengertian, Ciri-Ciri, Manfaat, Macam-Macam, Nilai-Nilai dan Contoh di Masyarakat. Berikut ini ulasan penjelasannya.

Hidup Rukun
Hidup Rukun

Pengertian

Hidup rukun ialah suatu konsepsi hidup yang tentram, aman dan damai dimana setiap lingkungan masyarak, keluarga, sekolah, pertemanan dan berbangasa saling sayang menyayangi antar sesama dan saling tengang rasa atau menghargai orang lain. Walau setiap dilingkungan mereka ada perberbedaan dalam hal pendapat, prinsip, ide, agama, suku, ras dan budaya. Sehingga yang didapat dari hidup rukun ialah memberikan manfaat kepada masyarakat untuk saling tolong menolong dan bahu membahu antar sesama.

Ciri-Ciri Hidup rukun

Ada beberapa ciri dalam hidup rukun, antara lain.

  • Saling bekerja sama antara masyarakat, tetangga, keluarga dan pertemanan.
  • Saling bersatu antara sesama walau terdapat perbedaan pendapat, prinsip dan ide.
  • Ikut serta dalam melakukan kegiatan gotong royong atau kerja bakti dilingkungannya, baik itu lingkungan rumah, sekolah dan lain-lain.
  • Bersikap ramah kepada masyarakat apabila saling bertemu.
  • Meningkatkan keakraban dilingkungan sekitarnya.
  • Saling menghormati kepada yang lebih tua maupun yang lebih muda.
  • Saling menghargai walau ada perbedaan suku, budaya, ras dan agama.

Manfaat Dari Hidup Rukun

Ada beberapa manfaat yang diberikan kepada umat manusia dari saling hidup rukun, diantaranya.

Menjalin komunikasi yang baik

Dalam kehidupan bermasyarakat tentunya menjalin komunikasi merupakan hal yang penting untuk terciptanya hidup rukun. Dikarnakan setiap manusia tentunya tidak hidup sendirian dilingkungan sekitarnya. Maka kita sebagai umat manusia untuk dapat menjalin komunikasi yang baik terhadap sesama, terutama dilingkungan keluarga, tetangga, sekolah dan sebagainya.

Namun untuk dapat menjaga komunikasi yang baik, kita harus menjaga dalam perkataan kita ketika kita sedang berbicara di lingkungan sekitar kita. Sebab apabila kita dalam menyampaikan suatu kata-kata yang dapat menyinggung perasaan oranglain, maka yang ada kita akan menimbulkan sesuatu permasalahan di kehidupan kita dalam bermasyarakat.

Baca Juga :  Contoh Teks Tanggapan Kritis - Kumpulan, Ciri, Struktur dan Tujuan

Menjalin Kerukunan Antar Sesama

Dalam bermasyarakat dimana saja yang perlu kita hadirkan di setiap lingungan kita ialah menjalin kerukunan antar sesama umat manusia. Karna apabila kita sudah menjalin kerukunan dalam bermsayarakat, tentunya kita akan merasakan ketentraman, damai dan aman. Sehingga kita dalam menjalankan kehidupan selalu merasa tenang dilingkungan sekitar kita.

Menghindarkan Perselisihan dan Konflik

Agar kita dapat menghindarkan suatu perselisihan maupun konflik, tentunya kita harus menjaga komunikasi yang baik di setiap lingkungan sekitar kita. Jadi apabila kita dalam menjalin kehidupan dimasyarakat, maka berusahala untuk memahami karakter dan sifat seseorang. Sehingga apabila kita sudah bisa memahami karakter atau sifat seseorang, tentunya kita akan dapat bisa menghindarkan suatu konflik atau perselisihan dilingkungan kita.

Menghadirkan Keharmonisan

Untuk menghadirkan suatu keharmonisan dalam bermasyarakat, tentunya yang perlu kita perhatikan ialah untuk saling memahami satu sama lain, menghargai suatu perbedaan yang ada dan saling menghormati antar sesama. Apabila kita sudah bisa menghadirkan dari ketiga hal ini, maka kita dapat menghadirkan hidup rukun dalam kehidupan kita dilingkungan sekitar kita.

Tolong Menolong Antar sesama

Di setiap lingkungan masyarakat tentunya tolong menolong/bahu membahu merupakan hal yang penting dalam menjali hidup rukun. Dikarnakan setiap manusia tentunya saling membutuhkan oranglain. Sebab kita tidak bisa hidup sendiri dalam menjalankan kehidupan dilingkungan msayarakat sekitar. Karna apabila ada sesuatu hal yang terjadi pada warga di lingkungan kita maka, misalkan ada yang ninggal di keluarga tetanggga kita, maka kita harus saling tolong menolong kepada warga kita yang sedang mendapatkan musibah.

Macam-Macam Hidup Rukun

Berikut ada beberapa macam dalam hidup rukun, diantaranya.

Rukun Di Tempat Kerja

Didalam setiap individu dilingkungan kerja yang diperlukan setiap pekerja ialah menwujudkan kerja sama yang baik antar setiap karyawannya. Agar dapat tercapainya suatu tujuan visi dan misi perusahaaan ditempat kerjanya.

Rukun Di Tempat Sekolah

Terciptanya Suatu kerukunan di sekolah tentunya dikarnkan adanya satu visi dan misi yang di terapkan oleh pihak sekolah. Visi dan misi tersebut tujuannya agar setiap siswa/i untuk saling menghargai dan menghormati kepada sesamanya, sehingga siswa/i saling menjalin kerukunan selama berada di dalam lingkungan sekolah bahkan dibawa disaat diluar lingkungan sekolah.

Rukun Antar Warga

Salah satu terjalinnya kerukunan antar warga ialah dimana setiap warganya saling menjaga ketentram antar sesama dan saling gotong royong/bahu membahu dilingkungan sekitarnya.

Baca Juga :  Contoh Opini

Rukun Antar Tetangga

Hal yang terpenting agar terjalinnya kerukunan antar tetangga ialah saling menjalin komunikasai yang baik sesama tetangga, saling tolong menolong sesama tetangga dan saling menghormati sesama tetangga.

Rukun Antar Keluarga

Hal yang utama dan terpenting dalam menjalin kerukunan antar keluarga ialah membentuk satu hubungan dikelurga dengan menjalin keharmonisan, saling melengkapi, saling menghargai dan saling memahami. Apabila hal ini sudah bisa diterapkan di dalam keluarga maka akan terciptalah satu kerukunan antar keluarga.

Rukun Antar Beragama

Apabila dilingkungan kita terdapat perbedaan mengenai keyakinan atau agama, hal yang utama untuk menjaga kerukunan dalam beragama dilingkungan kita ialah saling memahami perbedaan agama, tidak saling menjelek-jelekkan agama lain, saling menghargai sesama manusia dan selalu tingkatkan rasa toleransi antar beragama.

Nilai-Nilai Kehidupan

Berikut nilai-nilai dalam kehidupan bermasyarakat agar terciptanya hidup rukun, diantaranya.

  • Menciptakan rasa toleransi yang tinggi antar sesama umat manusia.
  • Menciptakan persatuan dan kesatuan baik itu dilingkungan tetangga, tempat kerja, sekolah dan maupun negara.
  • Menciptakan rasa kebersamaan dengan rasa saling memiliki dan saling menjaga kekompakan antar sesama.

Contoh Hidup Rukun Di Masyarakat

  • Menjenguk/menengok tetangganya yang apabila sedang jatuh sakit.
  • Saling membantu tetangganya yang apabila sedang terkena musibah seperti misalnya apabila sanak saudaranya telah meninggal dunia.
  • Menghadirkan setiap ada pertemuan rapat RT dan maupun rapat RW.
  • Selalu ikut serta dalam kerja bakti di lingkungan tempat tinggalnya.

Sampai sinilah pembahasan yang admin sampaikan. Semoga dengan pembahsan ini dapat memberikan pemahaman dan manfaat untuk sahabat semua. Sampai bertemu di pembahsan yang lainnya.

Jelaskan pengertian hidup rukun ?

Hidup rukun ialah suatu konsepsi hidup yang tentram, aman dan damai dimana setiap lingkungan masyarak, keluarga, sekolah, pertemanan dan berbangasa saling sayang menyayangi antar sesama dan saling tengang rasa atau menghargai orang lain.

Sebutkan macam-macam hidup rukun ?

Rukun Antar Beragama, Rukun Antar Keluarga, Rukun Antar Tetangga, Rukun Antar Warga, Rukun Di Tempat Sekolah dan Rukun Di Tempat Kerja.

Sebutkan contoh hidup rukun di masyarakat ?

Menciptakan rasa toleransi, Saling membantu, Menghadirkan setiap ada pertemuan rapat RT, Selalu ikut serta dalam kerja bakti di lingkungan tempat tinggalnya.

Baca Juga:

Akuntansi Adalah : Fungsi, Tujuan dan Pengertian Secara Singkat
Jaringan Epitel – 8 Ciri dan 8 Fungsi Jaringan Epitel dan Pengertiannya
Pengertian Hukum : Definisi, Fungsi, Ciri dan Tujuan Menurut Para Ahli