Administrasi Pembangunan

Posted on

Administrasi Pembangunan – Setelah sebelumnya kabarkan.com telah menerangkan materi tentang Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Maka pada pertemuan kali ini kembali akan kabarkan.com paparkan materi makalah tentang Adminiistrasi Pembangunan – Pengertian, Ruang Lingkup, dan Contoh. Nah untuk melangkapi tema penjelasan kita kali ini, maka simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Administrasi Pembangunan

Administrasi Pembangunan
Adminiistrasi Pembangunan

Apa yang dimaksud dengan Adminiistrasi Pembangunan? yakni merupakan suatu uapaya yang dikerjakan terhadap suatu negara/ pemerintah dalam mewujudkan suatu pertumbuhan, perkembangan, dan ingin merubaha ke arah atau keadaan yang dianggap lebih baik dan memajukan juga berbagai aspek-aspek kehidupan berbangsa.

Jika menyinggung mengenai adminitrasi pembangunnan yang mana dalam hal ini sangat erat kaitannya dengan upaya dan aktifitas pembangunan yang dilakukan dan dikembangkan oleh lembaga pemerintah beserta seluruh jajarannya.

Namun bukan hanya di lakukan oleh pemerintah saja, sebab upaya pembangunan juga dapat dipengaruhi oleh dunia usaha seperti misalnya, cendikiawan, teoritis, terutama dalam bidang ekonomi.

Pengertian Menurut Para Ahli

J. B. Kristadi

Berdasarkan J. B. Kristadi, bahwa menurutnya Administrasi Pembangunnan adalah merupakan suatu adminiistrasi yang ada di dalam sistem negara yang mampu mendorong menuju ke arah tahapan suatu perubahan dan pembaharuan dan juga penyesuaian serta merupakan suatu pendukung dalam sebuah perencanaan.

Sondang P Siagian

Berdasarkan pendapat Sondang P Siagian, bahwa Adminiistrasi Pembangunan ialah merupakan suatu tata usaha atau suatu rangkaian paya yang dilakukan untuk pertumbuhan dan perubahan yang terstruktur dan terencana yang dikerjakan dengan secara sadar oleh suatu bangsa, negara dan pemerintah dan akan mengacu pada perubahan modernitas dalam rangka pembinaan bangsa (nation-building).

Bintoro Tjokroamidjojo

Berdasarkan pendapat Bintoro Tjokroamidjojo, mengenai Adminiistrasi Pembangunan menurutnya ialah merupakan sebuah fase dalam pengendalian usaha (administrasi) yang dikerjakan oleh negara/pemerintah yang bertujuan demi mencapai keinginan bersama dalam pertumbuhan yang telah direncanakan sebelumnya menuju ke arah suatu kondisi yang dinilai lebih baik dan kemajuan di dalam sejumlah aspek kehidupan berbangsa.

Baca Juga :  Kritik Seni

Edward W. Weidner

Berdasarkan pendapat Edward W. Weidner, bahwa Adminiistrasi Pembangunan adalah merupakan suatu gambaran atas suatu peningkatan atau pengembangan secara administratif yang terjadi di dalam administrasi dalam program pengembangan.

Paul Meadows

Berdasarkan pendapat yang dikemukakan oleh Paul Meadows, bahwa menurutnya Adminiistrasi Pembangunan ialah merupakan suatu aktifitas dalam mengelola dan mengatur masyarakat dalam bidang ekonomi dan mengantarkan menuju ke arah perubahan sosial dalam hal memutuskan sautu kebijakan publik.

Tujuan dan Fungsi Administrasi Pembangunan

Berdasarkan pendapat Bintoro Tjokroamidjojo, ada 4 (empat) keutamaan dari adminiistrasi pembangunan, yakni berikut penjelasannya :

Kepemimpinan Administratif

  • Kepemimpinan Inovatif
  • Adminiistrator Pembangunan

Pendayagunaan Kelembagaan

Dari sejumlah Organisasi dalam pemerintah mengupayakan untuk menjalankan dan melaksanakan yang berkaitan dengan suatu peningkatan pembangunan.

Pendayagunaan Kepegawaian

  • Pengadaan
  • Pembinaan
  • Pendidikan dan Latihan

Pendayagunaan Ketatalaksanaan

Jika dikaitkan dengan sebuah organisasi maka disebut dengan perkara yang ada di dalam sebuah organisasi dalam tatalaksana, termasuk prosedur dan tata kerja.

Terhadap yang menyelenggarakan proses pembangunan, diperlukan sebuah sistem Administrasi Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan, hal ini meliputi:

  • Administrasi perencanaan dan program pembangunan. Misalnya seperti adanya suatu kemampuan dan mekanisme analisis, dan juga menyusun suatu kebijakan dalam hal pembangunan, kemudian di ikuti dengan sistem perencanaan dan penganggaran.
  • Administrasi pembiayaan pembangunan. Misalnya seperti Dalam menyalurkan biaya yang akan dikeluarkan untuk berbagai keperluan dari sejumlah kegiatan pembangunnan yang mempunyai sifat yang berbeda.
  • Administrasi program dan proyek pembangunan, mencakup tentang tata cara koordinasinya.
  • Administrasi sistem pengawasan dan pengendalian, sebuah pengawasan dari atasan dengan secara langsung fungsional.

Ruang Lingkup Administrasi Pembangunan

Secara umum terdapat 2 fungsi adminiistrasi pembangunnan, yang diantaranya ialah Pembangunnan Administrasi dan Adminiistrasi di bidang Pembangunan.

Dari Kedua fungsi tersebut saling berkaitan dan antara satu dengan yang lain saling melengkapi dalam proses menyusun sautu kebijakan.

Administrasi Bagi Pembangunan

Menyinggung hal ini, yang mana adminiistrasi bagi pembangunan mempunyai makna bahwa aktifitas administrasi yang dikerjakan dari dan untuk proses pembangunan.

Dimana dalam pelaksanaannya, secara umum memakai pendekatan manajemen sebab akan berkaitan dengan manajemen pembangunnan yang mencakup

Perencanaan Pembangunan

Dalam hal perencanaan pembangunan sangat diperlukan sebab hal ini mencakup segala yang enjadi keperluan dari proses pembangunan lebih besar jika dibandingkan sumber yang tersedia.

Baca Juga :  Nirmana : Pengertian, Macam, Unsur, Kosa, Rupa Dasar dan Cara Mengolah

Dengan demikian, dalam perencanaan pembangunnan sangat diperlukan untuk menyatakan sebuah keputusan yang sesuai dengan visi dari pembangunan tersebut.

Adapun sejumlah unsur-unsur yang ada di dalam perencanaan tersebut, diantaranya ialah:

  • Tujuan akhir yang diinginkan,
  • Sasaran dan prioritas demi mencapainya,
  • Jangka waktu,
  • Berbagai perkara yang dihadapi,
  • Modal atau sumber daya yang akan dipakai,
  • Kebijakan dalam pelaksanaannya
  • Individu, organisasi, atau badan pelaksananya
  • Mekanisme pengawasan,evaluasi, dalam pelaksanaannya.

Pengerahan Sumber Daya
Pengerahan atas sumber daya dapat dimaknai sebagai suatu kinerja untuk memobilisasi sumber daya yang dibutuhkan agar dapat menunjang tujuan organisasi.

Pembangunan Administrasi

Dalam hal ini erat hubungannya dengan adanya perbaikan dan pembaharuan administrasi sebagai ketentuan atas tindak lanjut dari pembangunnan adminiistrasi, yakni bersamaan dengan adanya perubahan birokrasi dengan unsur:

  • Birokrasi musti dapat mengajak/mendorong segenap masayarakat dalam berpartisipasi /ikut terlibat di dalamnya.
  • Birokrasi sepantasnya tidak ikut berpihak terhadap yang kuat, akan tetapi lebih berorientasi terhadap yang kurang berdaya.
  • Birokrasi bertugas dalam menyusun /menata dan membimbing memberdayakan masyarakat.
  • Birokrasi sepantasnya harus terbuka dan bertanggungjawab.
Apa yang dimaksud dengan Administrasi Pembangunan?

yakni merupakan suatu uapaya yang dikerjakan terhadap suatu negara/ pemerintah dalam mewujudkan suatu pertumbuhan, perkembangan, dan ingin merubaha ke arah atau keadaan yang dianggap lebih baik dan memajukan juga berbagai aspek-aspek kehidupan berbangsa.

Sebutkan Fungsi Administrasi Pembangunan?

– Kepemimpinan Administratif
– Pendayagunaan Kelembagaan
– Pendayagunaan Kepegawaian
– Pendayagunaan Ketatalaksanaan

Sebutkan Faktor yang mempengaruhi administrasi Pembangunan?

Administrasi pembangunan yang mana dalam hal ini sangat erat kaitannya dengan upaya dan aktifitas pembangunan yang dilakukan dan dikembangkan oleh pemerintah beserta seluruh jajarannya. Namun bukan hanya di lakukan oleh pemerintah saja, sebab upaya pembangunan juga dapat dipengaruhi oleh dunia usaha seperti, cendikiawan, teoritis, terutama dalam bidang ekonomi.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai Adminiistrasi Pembangunan – Pengertian, Ruang Lingkup, Sejarah dan Contoh, semoga serangkaian sejumlah pembahasan kali ini bisa sangat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan dan wawasan sobat semua.

Baca Juga :