Fungsi Kelenjar Prostat

Posted on

Fungsi Kelenjar Prostat – Setelah sebelumnya kabarkan.com telah menerangkan materi pembahasan tentang  Fungsi Kelenjar Cowper Maka dipertemuan kali ini akan kembali kabarkan.com sampaikan materi pembahasan tentang fungsi kelenjar prostat beserta pengertian, bagian, struktur dan gambarnya.Untuk penjelasan selengkapnya sobat bisa simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Kelenjar Prostat

Fungsi Kelenjar Prostat
Fungsi Kelenjar Prostat

Apa yang dimaksud dengan Kelenjar Prostat? yakni merupakan organ yang berfungsi untuk memproduksi dan menyimpan sejenis cairan yang akan menjadi sebagian besar air mani “semen”.

Dan prostat juga ialah merupakan sebuah kelenjar eksokrin mempunyai ukuran yang sangat besar seperti buah kenari yang letaknya berada diantara kandung kemih dan penis, yakni di depan rektum.

Kemudian pada cairan yang dikeluarkan oleh prostat membantu dalam memenuhi nutrisi dan melindungi sperma.

Maka selama proses ejakulasi berlangsung, maka prostat akan membuat cairan ini keluar dengan melalui uretra, dan secara bersamaan dengan sperma membentuk cairan mani.

Fungsi Kelenjar Prostat

Fungsi Kelenjar Prostat
Fungsi Kelenjar Prostat

Di bawah ini terdapat beberapa fungsi kelenjar prostat yang sudah kabarkan.com rangkum untuk sobat ketahui, yakni sebagai berikut ini:

  • Berfungsi dalam membantu mengeluarkan 30 hingga 35% / dari sepertiga cairan sperma. Dimana Cairan ini berperan dalam menyuplai nutrisi serta melindungi sperma agar bisa bertahan berada di dalam area vagina.
  • Memberikan dukungan terhadap jaringan otot polos, dalam upaya membantu memompa air mani agar bisa keluar dengan melalui penis dengan berupa sebuah kekuatan supaya dapat masuk ke dalam vagina untuk membantu sperma membuahi ovul.
  • Berperan sebagai katup agar dapat mencegah urin keluar terkecuali jika memang terjadi sebuah rangsangan ingin membuang air kecil.
  • Kemudian pada bagian saraf prostat berperan dalam proses berlangsungnya ereksi pada penis.

Struktur Kelenjar Prostat

Fungsi Kelenjar Prostat
Fungsi Kelenjar Prostat

Di bawah ini terdapat serangkai struktur dan bagian kelenjar prostat yang harus sobat kabarkan.com ketahui yakni sebagai berikut:

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pada prostat ini mempunyai bentuk seperti sebuah segitiga terbalik dengan panjang berkisar 4 cm, dan lebar 3 cm, dan pada bagian tengahnya 2,5 cm, serta mempunyai berat diperkirakan berkisar 20 gram.

Kemudian definisi dari Kelenjar prostat ini yakni merupakan sebuah kelenjar fibromuskuler “yang tersusun dari serangkaian serabut otot polos yang sudah tercampur dengan kolegen dan elastik.

Baca Juga :  Struktur Kromosom

Dimana pada kelenjar ini diselubungi oleh kapsula prostatika “yakni merupakan sebuah jaringan fibroa yang di dalamnya berisikan suatu pembuluh darah serta jaringan saraf” dan juga vagina prostatika “yang masih merupakan jaringan fibrosa”.

Dari beberapa bagian kelenjar prostat tersusun dari 30 sampai 50 komponen kelenjar tubuloasinar atau dikenal dengan sebutan tubulo alveolar berbentuk kecil dan bercabang.

Kemudian pada bagian dinding yang melapisi prostat ini ialah merupakan sebuah dinding mukosa, lalu submukosa dan juga lapisan prifer yang tersusun oleh kelenjar utama yakni penyusun prostat.

Kemudian pada jaringan Epitel yang melapisi prostat mempunyai bentuk berupa simpleks kolumnar atau disebut juga dengan pseudostratificatum kolumnar.

Yang mana dari sebagiannya dilapisi oleh epitel skuamosum atau kuboid. Kemudian pada Prostat mendapatkan asupan nutrisi dan oksifen yakni di dapat dari arteri prostat.

Dan persarafannya dengan bersumber dari pleksus prostatikus “yakni dengan berupa rangsangan simpatis atau parasimpatis”.

Bagian-Bagian Kelenjar Prostat

Kemudian pada Prostat bisa dikatagorikan ke dalam 5 lobus yakni:

  • Yang pertama yakni Lobus aterior/isthmus “bagian depan”, yang letaknya berada di depan uretra dan juga tidak mempunyai jaringan kelenjar.
  • Yang kedua yakni Lobus medius “bagian tengah”, yang letaknya berada diantara uretra dan duktus ejakulatorius, dimana pada bagian mempunyai banyak jaringan kelenjar.
  • Yang ketiga yakni Lobus Posterior “bagian belakang”, yang letaknya berada di bagian belakang uretra dan dibawah duktus ejakulatorius, yang mana pada bagian ini kaya akan jaringan kelenjar.
  • Yang keempat yakni Lobus lateral kanan, yang terletak di sebelah kanan uretra yang terdapat dinding pemisah diantaranya yakni alur vertikal dangkal pada permukaan belakang prostat, dan bagian ini juga mempunyai jaringan kelenjar yang banyak.
  • Yang kelima yakni Lobus lateal “bagian kiri” yang letaknya berada di sebelah kiri uretra dan juga dipisahkan oleh alur vertikal dangkal pada permukaan bagian belakang prostat, dimana pada lobus ini juga kaya akan jaringan kelenjar.

Dengan di dasarkan pada zonanya, maka prostat ini bisa dibedakan menjadi beberapa zona yakni:

  • Yang pertama ialah Zona perifer “sisi” hampir 70% mebentuk jaringan kelenjar prostat dan meliputi pada bagian postior serta lateral kelenjar tersebut. Pada bagian perifer ini merupakan zona yang paling mudah terinfeksi atau adanya peradangan.
  • Yang kedua ialah Zona transisional “pertengahan”, merupakan 5 hingga 10% yang membentuk kelenjar prostat.
  • Yang ketiga ialah Zona sentral “pusat”, dari 25% merupakan pembentuk jaringan kelenjar prostat, dimana pada bagian sentral ini penyusunnya ialah lapisan mukosa dan submukosa.
  • Yang keempat iyakni zona stroma fibromuskular “yakni merupakan serabut otot polos yang sudah tercampur dengan serat kolagen dan elastin” yang letaknya berada pada bagian depan kelenjar prostat.
Baca Juga :  Otot Polos

Penyebab Penyakit Prostat

Dari sebgaian besarnya Penyakit prostat yang menyerang pria yang pemicu bahkan tidak bisa kita sadari oleh para pria. Untuk penjelasan selengkapnya simak ulasannya sebagai berikut:

Pembesaran Prostat Jinak

Apa yang diamksud dengan pembesaran prostat jinak? yakni merupakan suatu kondisi dalam pertumbuhan kelenjar prostat yang berlebihan.

Peradangan Prostat

Apa yang dimaksud dengan Radang prostat? yakni merupakan salah satu gangguan prostat yang harus diwaspadai.

Pada penyakit prostat yang satu ini sangat berbahaya dan dapat berakibat fatal bagi yang menderitanya hingga bisa mengakibatkan rasa yang begitu sangat sakit serta menyiksa bagi sipenderitanya.

Dan biasanya adanya Radang prostat atau yang dikenal dengan sebutan prostatitis ini dapat diakibatkan adanya infeksi dari bakteri sehingga menjadi prostat meradang dan terjadi pembengkakan , maka pada saat itulah mulai bisa dirasakan rasa sakit yang teramat menyiksa.

Kanker Prostat

Apa yang dimaksud dengan Kanker prostat? yakni merupakan sebuah penyakit kanker yang kerap menyerang kelenjar prostat, yang kemudian membuat sel-sel dapat tumbuh dengan secara abnormal dan tidak terkendali.

Apa yang dimaksud dengan Kelenjar Prostat?

Yakni merupakan organ yang berfungsi untuk memproduksi dan menyimpan sejenis cairan yang akan menjadi sebagian besar air mani “semen”.

Fungsi Prostat adalah?

Berfungsi dalam membantu mengeluarkan 30 hingga 35% / dari sepertiga cairan sperma. Dimana Cairan ini berperan dalam menyuplai nutrisi serta melindungi sperma agar bisa bertahan berada di dalam area vagina.

Apa itu Zona stroma fibromuskular?

yakni merupakan serabut otot polos yang sudah tercampur dengan serat kolagen dan elastin” yang letaknya berada pada bagian depan kelenjar prostat.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai fungsi kelenjar prostat, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :