Menhir

Posted on

Menhir – Sebelum kabarkan.com membahas lebih jauh lagi menganai menhir, maka pada pembahasan sebelumnya sobat semua tentunya masih ingat, yang mana kabarkan.com telah menerangkan mengenai materi yang masih ada kaitannya dengan pembahasan kita kali ini, yakni tentang Pithecanthropus Soloensis Baiklah untuk mengulas lebih dalam lagi mengenai menhir.

Menurut istilah, kata menhir didapat dari bahasa keltik, dimana men yang berati batu sedangkan hir artinya tegak maka dapat ditarik kesimpulan bahwa menhir bermakna batu yang tegak. Nah untuk melengkapi pembahasan kita kali ini, maka sobat bisa simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Menhir 

Menhir
Menhir

Apa yangh dimaksud dengan Menhir? yakni merupakan suatu peniggalan berbentuk seperti batu tunggal dan mempunyai ukuran yang begitu besar sehingga ia sangat mudah diatur dengan sedemikian rupa hingga menjadi bentuk seperti tugu dan dapat ditegakan pada setiap permukaan tanah yang datar.

secara umum Menhir kerap ditegakan dengan secara tunggal atau dapat dikolompokan dengan yang lainnya, namun ada juga dari beberapa suku adat yang kerap meletakannya dengan gaya melintang pada dataran tanah disandingan bersamaan dengan megalit, lalu dolmen dan juga dengan salkofagus dan sudah banyak dikenal dimulai dari 6000 tahun SM (Sebelum Masehi).

Untuk daearh tempat ditemukannya menhir sendiri Lokasi hampir cukup banyak ia terdapat di seluruh belahan bumi, misalnya seperti didaerah Afrika bagian Barat, lalu Eropa, kemudian Timur Tengah, dan juga diKorea, dan yang terakhir di India serta Nusantara.

Dan untuk dinegara kitasendiri yakni Indonesia , hasil dari sebuah untuk menukan menhir sendiri terletak di kawasan Playen atau daerah Gunung Kidul yang masih berbentuk patung arca dan juga masih ada lokasi lainnya misalnya seperti daerah Ciaruteun,lalu Bogor, dan juga Jawa Barat.

Dari hasil penemuan Menhir yang didapat dari dua tempat itu dan masing masing mempunyai posisi tidak sama yakni ada yang berbaring dan ada yang ditegakan tentunya dari masing-masing menhir tersebut mempunyai rupa dan ukuran yang berbeda beda dan merupakan salah satu khas peninggalan nenek moyang di masa lampau.

Fungsi Menhir

Dengan berdasarkan peranan, dimana pada masanya menhir ini kerap difungsikan sebagi suatu media tempat berlangsungnya pemujaan yang peruntukan bagi arwah nenek moyang serta untuk memperingati seseorang atau kepala suku yang sudah tiada.

Baca Juga :  Metabolisme Karbohidrat

Namun ada pula yang kerap mengaitkan Menhir sebagai suatu peninggalan yang dikenal dengan kemistisannya, misalnya seperti tempat untuk menampung bagi para arwah serta menyambut kedatangan arwah atas seseorang atau nenek moyang dari suku tertentu.

Nah dinegara kita juga yakni Indonesia yang masih merupakan salah satu wilayah yang mempunyaimenhir yang berada di kawasan tertentu dan sudah begitu sangat banyak tersebar di penjuru nusantara.

Kemudian keberadaan benda ini bukan hanya terdapat dikawasan Gunung Kidul dan Bogor saja namun ia keberadaan nya terdapat di Pasemah (yakni Sum-Sel), Lalu diPugungharjo yakni daearh Lampung), kemudian didaerah Kosala dan Lebak Sibedug, Leles, Karang Muara, Cisolok (Jawa Barat), Pekauman Bondowoso (Jawa Timur), Trunyan dan Sembiran (Bali), Belu (Timor), Bada-Besoha, dan Toraja (Sulawesi).

Pertama kali yang menyelidiki menhir didaearh Pasemah ini yakni dikerjakan oleh Dr. Van-der Hoop dan Van-Heine Geldern.

Konsep Kepercayaan dan Peninggalan Menhir

Seperti yang sudah kabarkan.com terangkan dimateri sebelumnya bahwa mengenai manusia hidup pada zaman berburu dan merekan telah berkembang sehingga dapat mencari serta mengumpulkan makanannya sendiri/ berkelompok dan mereka juga telah banyak menganut kepercayaan.

Namun pada masa berburu tersebut yang dikatakan mereka telah berkembang yakni bukan hanya sebatas kepercayaan saja akan tetapi dengan adanya seperti penguburan.

Dan terus perkembangan ini mengalami banyak peningkatan hingga masuk kemasa bercocok tanam dan perundagian.

Adapun Bukti dari berkembangnya zaman ini , yakni dengan dibekali seperti alat-alat peninggalan pada masa itu serta dijumpai juga suatu bangunan-bangunan yang ternbentuk dari bebatuan yang besar.

Adapun zaman telah adanya penemuan batu-batu besar ini dikenal dengan sebutan zaman megalithikum.

Nah agar sobat semua lebih memahami menganai penemuan-penemuan yang ada pada zaman megalithikum ini, maka dibawah ini telah contoh soal.co.id sajikan berbagai hasil penemuannya yakni sebagai berikut.

  • Yang pertama Menhir? yakni merupakan sala satu hasil penemuan yang berupa seperti tiang atau tugu yang terbuat dari batudan kerap digunakan sebagai tempat untuk memberi penghormatan terhadap para arwah nenek moyang.
  • Yang kedua Sarkofagus?. yakni menyerupai suatu peninggalan yang berbetuk seperti peti mayat atau dikenal sebagai keranda dengan bentuk menyerupai palung atau lesung, namun terdapat sebuah tutup. Dari hasil penemuan yang terbuat dari batu yang sangat besar ini sehingga dapat dipastikan pada sarkofagus sudah ada sejak zaman megalithikum (zaman batu besar). Yang dahulu dengan dibentuknya sarkofagus guna memberi suatu tanda bahwasanya telah ada suatu kepercayaan yang dianut pada masa itu.
  • Yang ketika Dolmen? yakni merupakan suatu Tempat yang bisa digunakan dalam proses pemujaan atasa para arwah nenek moyang pada masa itu. Pada Dolmen ini terbentuk dari bebatuan yang sangat besar hingga menyerupai seperti layaknya meja. Pada masanya Dolmen ini kerap digunakan untuk proses penyajian dalam berlangsungnya suatu pemujaan yang diperuntukan terhadap para arwah nenek moyang. Namun ada disebagia tempat, dimana dolmen ini sering difungsikan untuk kediaman para mayat, hal tersebut terbukti pada saat ditemukannya terdapat banyak tulang belulang di dalamnya.
  • Yang keempat Kubur batu?Bukan hanya sakorfagus serta dolmen saja yang pada masanya sering dipakai sebagai tempat mayat. Namun pada kubur batu juga pada masa itu banyak digunakan untuk dijadikan kediaman bagi para mayat. Dari ketiga jenis penemuan tersebut perbedaanhanyalah pada kubur batu terbuat ata lempengan batu, sedangkan pada dolmen dan sarkofagus sendiri tebuat hingga terbentuk dari bongkahan batu yang masih utuh.
  • Yang kelima Waruga? yakni merupakan suatu peninggalan yang hampir menyerupai seperti kubur batu hanya saja ia mempunyai bentuk seperti kubus atau bulat.
  • Yang keenam Punden berundak? yakni merupakan suatu peninggalan pada megalitikum yang menyerupai layaknya Bangunan punden berundak. Dimana pada masanya hasil penemuan dahulunya kerap digunakan untuk berlangsunya proses pemujaandengan membentuk seperti bebatuan yang tersusunseperti candi.
  • Dan yang terakhir Arca. yakni merupakan suatu peninggalan bersejarah yang terbentuk dari bebatuan dengan bentuknya menyerupai seperti patung binatang atau manusia.

Nah itulah yang bisa kabarkan.com sampaikan dipertemuan kali ini mengenai menhir, semoga apa yang sudah disampaikan kali ini dapat menjadi sumber referensi serta menginspirasi sobat semua.

Artikel Lainnya :