20 Manfaat Tembaga Dalam Kehidupan Sehari – hari

Posted on

20 Manfaat Tembaga Dalam Kehidupan Sehari – hari – Materi pembahasan kali ini, yakni tentang manfaat tembaga dalam kehidupan. Namun dipertemuan sebelumnya ContohSoal.co.id juga telah menerangkan materi tentang Molekul Senyawa Nah untuk lebih jelasnya mari langsung aja simak ulasan berikut ini.

Pengertian Tembaga

20 Manfaat Tembaga

Tembaga ialah merupakan suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Cu dan nomor atom 29. Lambangnya berasal dari bahasa Latin Cuprum.

Tembaga merupakan konduktor panas dan listrik yang baik. Namun bukan hanya itu saja unsur ini juga mempunyai korosi yang cepat sekali.

Pada tembaaga murni ini mempunyai sebuah sifat yang halus dan lunak, dengan permukaan berwarna jingga kemerahan. Tembaaga dicampurkan dengan timah untuk membuat perunggu.

Sifat Tembaga 

  • Mempuanyai sifat korosi yang tinggi
  • Konduktivitas listrik yang baik
  • Tidak bereaksi dengan air
  • Bersifat radioaktif
  • Karakeristik unik

Manfaat Tembaga untuk Kesehatan

1. Memperlancar Produksi Sel Darah Merah

Pada umumya sebuah teembaga biasanya ditemukan yakni di dalam bahan makanan seperti daging merah, kerang, jeroan, ikan yang berfungsi untuk memproduksi sel darah merah.

Karena kandungan unsur ini yang cukup banyak dalam menu makanan tersebut, unsur logam tersebut mampu memperlancar produksi sel darah merah dalam tubuh.

2. Sebagai Antioksidan

Logam ini menjadi unsur yang penting dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga perannya yang berfungsi sebagai antioksidan kuat.

3. Menguatkan dan Memadatkan Tulang

Unsur logam yang padat ini banyak terdapat dalam makanan yang mengandung banyak vitamin D seperti susu sapi, susu kambing, kacang kedelai, keju dan lain-lain yang terbukti dapat membantu tulang agar tetap selalu padat danmemberikan kekuatan serta membantu dalam pertumbuhan tulang pada anak.

Baca Juga :  Bioteknologi Konvensional dan Modern

4. Mengatur Jumlah Kolesterol

Kolagen-kolagen yang terdapat dalam unsur logam ini terbukti mengatur jumlah kolesterol dalam tubuh. Kelebihan kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan mengganggu sistem regulasi.

Konsumsi makanan kaya serat seperti sayuran hijau dan kacang-kacangan yang terbukti mengandung banyak unsur ini dapat mengendalikan jumlah kolesterol.

5. Sebagai Alat Terapi Kanker

Namun bukan hanya digunakan dalam keperluan gambar x-ray dalam dunia medis, senyawa tembaaga 64Cu yang dibantu Chelate juga dapat digunakan untuk terapi radiasi kanker.

Kemudian Selain , bahan makanan seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, dan susu yang mengandung banyak tembbaga dan berfungsi sebagai antioksidan juga mampu menangkal radikal jahat penyebab kanker.

Manfaat Tembaga Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sedangkan manfaat – manfaat Tembaaga untuk kehidupan sehari – hari ialah:

Bahan Perlatan Transportasi

Dalam penggunaannya biasanya tembaga dipakai untuk komponen inti pesawat, kereta api, mobil dan kapal. Semuanya bergantung pada sifat listrik dan termal tembaga.

Sebagai Dekorasi dan Konstruksi Bangunan

Selanjutnya pada tembaaga dekoratif dan perangkat keras arsitektur, bagaimanapun, tidak terbatas pada aplikasi eksternal pembuatan rumah / gedung.

Penghantar Panas

Pada tembaaga yang sudah dicampurkan oleh senyawa lain bisa menjadi alat suatu penghantar panas. Pada umumnya jenis tembaga seperti ini dapat di temui di toko – toko listrik.

Pembuat Uang Logam

Uang memang menjadi benda yang selalu kita butuhkan. Uang logam memiliki banyak nilai dan jenis di seluruh dunia. Kemudian pada tembagaa merupakan salah satu bahan di mana uang logam tersebut dapat terbentuk.

Bahan Pembuat Perhiasan dan Alat Rumah Tangga

Tembaga juga terdapat dalam perhiasan – perhiasan. Karena dapat juga dicampurkan dengan emas ataupun perunggu.

Itu makanya Tembagaa penting dalam pembuatan perhiasan – perhiasan maupun alat – alat rumah tangga. Lihat saja banyak di sekeliling kita yang merupakat alat rumah tangga berbentuk keras karena adanya senyawa Tembaaga.

Menjadi Pewarna

Dalam pembentukan Senyawa tembagga dengan menggunakan kode CuSO4 yang dapat menjadi pewarna biru. Pada senyawa ini terdapat dalam air.

Pembunuh Serangga dan Hama.

Dalam pencampuran Senyawa tembbaga CuS04 yang kemudian dicampurkan oleh tembaga Ca(OH)2 menghasilkan obat untuk membunuh serangga atau hama. Obat ini selalu dibutuhkan oleh sebagian orang khususnya para petani untuk melindungi tanaman milik mereka.

Baca Juga :  Nitrit

Menghilankan Belerang

Kemudian fungsi Senyawa dengan kode CuCI2 yakni guna memisahkan belerang dalam minyak.Yang bersumber dari tercampur senyawa dengan zat lain sehingga perlu dilakukan proses pemisahan dengan salah satunya dibantu oleh senyawa Tembaga.

Pembuatan Sutera. 

Kain sutera memang memiliki harga yang tidak murah. Begitupun nilainya. Maka dari itu banyak industri kasin yang mencoba membuat sutera buatan di mana kain tersebut tidak 100% mengandung sutera.

Senyawa Tembagga sendiri mempunyai banyak jenis dan sifat di mana sama seperti senyawa lainnya bila ditambahkan atau dikurangi akan membentuk sebagai senyawa yang berbeda. Begitupun dengan fungsi dan manfaatnya.

Efek Kekurangan Zat Tembaga

Pada senyawa yang bisanya dikenal dengan sebutan Copper dan lambang Cu ini juga ternyata tidak boleh berlebihan atau juga kekurangan jumlahnya di dalam tubuh. Seperti yang tadi sudah disebutkan, banyak dokter yang menemukan kasus – kasus yang berhubungan dengan senyawa ini.

Yang mana apabilaterjadi kekurangan tembaaga atau biasa disebut Difesiansi  pada seseorang maka ia akan menderita sebuah penyakit Osteoporosis, Reumatik, Radang Sendi, Kondisi buruk pada saraf, Metabolisme menurun, dan juga Jantung Koroner.

Efek Kelebihan Senyawa Tembaga

Namun dari riset para dokter biasanya mereka lebih sering menemukan kasus di mana seseorang kelebihan dan keracunan senyawa Tembagga. Dan pada seseorang yang mengalami kasus kelebihan dan keracunan tembaga biasanya akan menderita penyakit.

Jaringan lunak dalam tubuh terganggu, Lambung rusak, Sistem pencernaan menjadi buruk (Diare), Mengalami Anemia, dan juga bisa mengalami Gangguan Ginjal atau penyakit ginjal lainnya.

Dengan demikian, agar dapat menghindarinya maka tentukita  harus dapat menghitung dan memperkirakan sendiri asupan senyawa Temmbaga dalam tubuh.Dan pada umumnya Senyawa yang biasanya masuk ke dalam tubuh manusia berasal dari tumbuhan dan hewan yang dikonsumsi.

Dan Tumbuhan dan hewan yang mengandung temmbaga diantaranya  ialah ,buah Lemon, Anggur, Apel, Pepaya, Kelapa, Kismis, dan alpukat.

Demikianlah materi pembahasan kali ini tentang manfaat tembaga dalam kehidupam sehari-hari, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :