Radioaktif – Pengertian, Sinar, Manfaat, Sifat, Dampak dan Partikelnya

Posted on

Radio Aktif – Setelah sebelumnya kabarkan telah membahas materi tentang Elektrokimia. Maka dipertemuan kali ini kabarkan.com akan menerangkan secara lengkap materi tentang radio aktif beserta pengertian, sinar, manfaat, sifat, dampak dan partikelnya. Untuk lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Radioaktif

Radioaktif
Radioaktif

Radioaktif ialah merupakan suatu unsur yang dengan tiba-tiba itu memancarkan radiasi. Biasanya unsur yang termasuk dalam radioaktif ini ialah unsur yang mempunyai nomor atom itu diatas 83 seperti Uranium dengan nomor atomnya 92.

Pada saat memanfaatkan material itu secara spesifik ialah dengan kemampuan radiasi yang dapat menimbulkan perubahan kayak dapat mengionkan nuklida atau juga molekul, memutuskan ikatan antar atom sehingga bisa menghasilkan radikal bebas

Manfaat Radioaktif

Agar penggunaan atau pemanfaatan radioaktif efektif serta efesien maka tabg perlu dilakukan itu identifikasi terlebih dahulu untuk dapat mengetahui jenis serta jumlah yang akan digunakan.

Dalam Hal itu sangatlah penting sebab pada tiap jenis radiasi itu mempunyai sifat yang tidak sama sehingga untuk dapat mementukan keberadaannya baik jenis serta jumlah radiasi juga penting menggunakan cara serta teknik yang khas untuk masing-masing jenis radiasi.

Peluruhan radioaktif tersebut terjadi dalam 3 jenis yakni Alpha, Beta serta Gamma dengan simbol huruf pertama dari alfabet Yunani. Kemudian peluruhan radioaktif merupakan suatu kumpulan beragam proses yang mana sebuah inti atom yang tidak stabil itu memancarkan partikel subatomik (partikel radiasi).

Pada inti atom penyebab terjadinya peluruhan yang tidak stabil yakni tidak mempunyai energi ikat yang cukup untuk dapat menahan inti bersama disebabkan kelebihan proton atau neutron.

Radiasi Gamma merupakan suatu radiasi yang paling kuat serta juga dapat menembus beberapa sintimeter dari timah. Partikel dari beta tersebut dapat diserap oleh beberapa milimeter alumunium sedangkan pada alpha akan terhenti apabila sudah beberapa sentimeter di udara atau seperti selembar kertas.

Baca Juga :  Tahapan Respirasi Aerob

Jenis Sinar Radioaktif

Sinar alfa

Sinar alfa ialah merupakan sinar radioaktif yang dipancarkan oleh unsur radioaktif. Yang mana pada sinar ini ditemukan bersamaan dengan fenomena radioaktivitas yakni peluruhan inti atom secara spontan, tak terkontrol dan menghasilkan radiasi. Dibawah ini ialah merupakan sifat sinar alfa :

  • Sinar alfa berinti He.
  • Dapat menghitamkan pelat film yang berarti mempunyai daya ionisasi. Dayanya lebih kuat daripada sinar beta dan gamma.
  • Akan tetapi mempunyai daya tembus paling lemah dari ketiga sinar radioaktif.
  • Bisa dibelokkan oleh medan magnet ataupun medan listrik.
  • Kemudian mempunyai panjang jangkauannya sekitar beberapa centimeter di udara dan 10ᶺ2 milimeter di logam.

Sinar Beta

Sinar beta ialah elektron yang mempunyai energi tinggi berasal dari inti atom. Inilah sifat alamiah dari sinar beta ;

  • Daya ionisasinya lebih kecil daripada sinar alfa.
  • Daya tembusnya lebih besar dibandingkan sinar alfa.
  • Bisa dibelokkan oleh medan magnet ataupun medan listrik.

Sinar Gamma

Sinar gamma yakni suatu radiasi gelombang elektromagnetik dari inti atom mempunyai energi yang sangat tinggi sehingga tidak mempunyai massa ataupun muatan.

Terrpancaranya sinar ini pada saat sebuah inti memancarkan sinar alfa dan beta. Pada saat terjadijadinya peluruhan pada sinar gamma namu tidak mengakibatkan perubahan nomor pada atom atau massa  .

Dibawah sifat alamiah sinar gamma :

  • Tidak mempunyai jangkauan yang maksimal di udara, intensitasnya semakin kecil jika semakin jauh dari sumber.
  • Daya ionisasinya paling rendah.
  • Memiliki daya tembus yang paling besar.
  • Tidak bisa membelok dalam medan magnet atau medan listrik.

Partikel Radioaktif

Berikut ini merupakan partikel-partikel yang sering kita jumpai pada pelajaran kimia.

Partikel/SinarNotasiMuatan
Alfa (α)2α4 atau 2He4+2
Elektron/Beta (β)-1e0 atau -1β0-1
Gamma (γ)-1e0 atau -1β00
Positron (elektron positif)0γ0+1
Netron1e00
Proton1H1 atau 1p1+1
Detron1H2 atau 1D2+1
Triton1H3 atau 1T3+1

Sifat Radioaktif

Dibawah ini merupakan sifat radioaktif yakni:

  • Memiliki daya tembus besar
  • Bisa mengionkan gas
  • Bisa berpendar jika jatuh pada permukaan zat yang berlapis seng sulfida atau seng blende
Baca Juga :  Kalor

Manfaat Radioaktif

Adapun manfaat radioaktif didalam bidang pertanian itu diantaranya:

Memberantas Hama

Kemudian dengan akibat pada radiasi efek biologis seperti sudah dikembangbiakan hama kubis dalam bentuk dan juga jumlah yang banyak setelah itu diradiasi sehingga hama jantan mandul kemudian dilepas diarea yang diserang hama.

Dengan begitu maka hama yang terdapat di areal pertanian tersebut akan kawin dengan hama yang disebar dan juga pada saat bertelur maka telurnya itu tidak akan menetas sehingga populasinya juga akan berkurang.

Dapat Membentuk Bibit Unggul

Pada saat membentuk bibit unggul juga dipemuliaan tanaman dapat dilakukan dengan memanfaatkan dari radiasi, seperti pada bibit padi maka bibit padi tersebut akan diradiasi dari dosis yang terkecil hingga yang mematikan, setelah itu biji yang sudah diradiasi tersebut disemai dan juga ditanam bekelompok sesuai ukuran dosis yang diberi.

Menyimpan Makanan

Kentang ialah merupakan salah satu bahan makanan yang apabila disimpan maka akan bertunas oleh karena itu sebelum disimpan kentang itu diradiasi dengan dosis tertentu sehingga kentang tersebut tidak akan bertunas jika disimpan pada waktu lama.

Dampak

Dampak yang sering terjadi akibat radioaktif adalah pada kesehatan manusia yang bisa terjadi dalam jangka pendek dan panjang.

Radiasi ini juga dapat menyebabkan kesehatan manusia terganggu karena dapat membunuh sel dalam tubuh serta jumlah dan jenis kerusakan yang diakibatkan tergantung pada dosis radiasi yang diberikan serta kapan dosis itu disebar.

Semua bahan radioaktif yang sudah tersebar pada seluruh bagian tubuh dapat meimbulkan efek kesehatan jangka panjang dengan eksposur yang lama, terlebih apabila bahan tersebut masuk melalui makanan.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai radioaktif, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.