Kutipan Langsung dan Tidak Langsung

Posted on

Kutipan Langsung dan Tidak Langsung – Haloo sobat.! setelah sebelumnya kabarkan.com telah menerangkan materi tentang Teks tantangan Maka pada pertemuan kali ini akan kembali kabarkan.com paparkan secara lengkap mengenai materi Kutipan Langsung dan Tidak Langsung Beserta Perbedaan dan Contoh. Nah untuk lebih jelasnya bisa sobat simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Kutipan Langsung

Kutipan Langsung dan Tidak Langsung
Kutipan Langsung dan Tidak Langsung

Apa yang dimaksud dengan kutipan ? yakni merupakan suatu bentuk pinjaman kalimat atau sebuah pendapat yang dipinjam melalui oleh para pengarang, lalu para ahli, para pakar, atau bisa juga kepada seseorang yang sangat terkenal dan mempunyai berpengaruh terhadap materi yang akan dibahas, dimana hal tersebut baik yang ada didalam sebuah buku, lalu koran, surat kabar, majalah, dan berbagai media sosial lainnya.

Selain itu kutipan ini sangat berfungsi atau kerap digunakan sebagai sebuah bukti dan juga memperkuat dasar atas pendapat kepada seorang penulis yang sedang dijabarkannya.

Namun hal yang harus kalian pahami mengenai perbedaannya kutipan dengan jiplakan ialah, dimana jiplakan biasanya selalu mengambil suatu pendapat namun tanpa terlebih dahulu memunculkan dari mana asal dan sumbernya.

Maka dalam hal ini bagi seseorang yang kerap menjiplak lazimnya kerap disebut sebagai plagiat.

Tujuan

  • Mempunyai suatu tujuan guna dijadikan sebagai sebuah landasan teori terhadap tulisan yang dibuat
  • Mempunyai tujuan guba memberikan suatu dukungan atas argumen yang disampaikan oleh si sang pendapat atau analisis penulis
  • Mempunyai tujuan untuk dijadikan sebagai penjelasan
  • Mempunyai tujuan guna memperkuat pendapat yang akan disampaikan oleh si pembuat.

Jenis – Jenis Kutipan Langsung dan Tidak Langsung

Kutipan Langsung dan Tidak Langsung
Kutipan Langsung dan Tidak Langsung

Di bawah ini terdapat beberapa jenis kutipan langsung, yakni sebagai berikut :

Kutipan langsung.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnyanya bahwa kutipan langsung ialah mengutip suatu kalimat yang bisa diperolehnya dari mana saja, namaun tidak mengubah dasar yang menjadi sumber aslinya, maka kutipan tersebut sesuai persis dengan yang aslinya.

Kemudian pada kutipan langsung sediri dapat dibedakan menjadi 2 yang diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Kutipan Langsung Panjang (Block Quote),

Di bawah ini terdapat sejumlah syaratnya yakni:

  • Baaimana Style atau American Psychological Association, Yang mana mempunyai makna yang sangat panjang pada kalimat yang dikutip bisa melebihi 40 kata.
  • MLA Style atau Modern Language Asociation, maknanya sangat panjang kemusian pada kalimat yang dikutipnya hingga melebihi 4 baris.
  • Apabila seorang penulis mengutip dari sebuah sumber yang mana bacaan hingga mencapai 4 baris atau bahkan lebih, maka pada teks yang akan dikutip harus diketik pada baris atau alenia yang berikutnya.
Baca Juga :  Administrasi Perkantoran

Berhubungan dengan syarat yang dikemukakan diatas maka ciri-ciri dari kutipan langsung panjang ialah sebagai berikut:

  • Pada penulisan Teks memakai spasi atau diberikan jarak antar baris.
  • Diberikan sedikit jarak rapat diantara baris pada kutipan.
  • Bisa dihimpit dengan penggunaan tanda kutip namun bukan menjadi sebuah keharusan sebab boleh juga tidak diapit tanda kutip.

2. Kutipan Langsung Pendek

Kemudian mengenai kutipan langsung pendek ialah mengutip suatu kalimat dari sebuah sumber dan jumlah bacaan tidak lebih dari 4 baris.

Dimana pada kata yang telah dimasukkan akan dikutip menjadi beberapa bagian atau sebagai bentuk kelanjutan dari tubuh tulisan namun dalam hal ini bukan paragraf baru yang diiringi dengan tanda (“) koma dua pada bagian atas.

Dimana sumber kutipan dapat diketik dan dilletakan di atas bersebelahan dengan kalimat kutipan tersebut.

Nah untuk ciri-ciri dari kutipan langsung pendek, ialah seperti berikut ini:

  • Tertatat secara langsung dengan teks
  • Renggang jarak yang terdapat diantara baris sama dengan teks
  • Dihimpit dengan menggunakan suatu tanda 2 kutipan atau koma
  • Pada suatu kutipan tidak boleh melebihi dari empat baris

Kutipan Tidak langsung

Apa yang dimaksud dengan kutipan tidak langsung ? yakni merupakan suatu kutipan dengan cara kembali mengutip kalimat yang diperoelah kemudian mengubah atau meringkas pada sebuah kalimat yang di dapat dari sumber aslinya, namun tidak menghilangkan arti murni yang terdapat dari sumbernya aslinya.

Ciri – Ciri Tidak langsung ,

Nah pada sautu kutipan dimana di dalamnya memiliki ciri-ciri dengan disesuaikan dengan berdasarkan tiap-tiap jenis, simak berikut ini ulasannya.

1. Kutipan Langsung.

  • Tidak terjadi adanya suatu perubahan pada kalimatnya sama sekali akan teks yang dikutipnya.
  • Apabila ada sesuatu bagian kata yang terdapat dari kutipan yang hendak dihapus atau dihilangkan maka bisa dengan cara memakai titik tiga yang berspasi [. . .]
  • Apabila terdapat sebuah kesalahan dalam penyusunan pada teks aslinya maka dapat ditandai dengan memakai simbol [sic!]. Seperti : … Yang mana dalam simbnol ini memiliki makna [sic!] yang tidak jelas.
  • Dapat menggunakan atau menerapkan syarat sistem APA, MLA, maupun yang lainnya guna menambahkan sumber kutipan

2. Kutipan Tidak Langsung.

  • Adanya suatu perubahan yang sangat jelas yang terjadi pada kalimat teks yang telah dikutip
  • Pada Ide poko dari pemikiran atau suatu pendapat yang dikutip tidak terjadi suatu perubahan
  • Dipaparkan dengan disesuaikan terlebih dahulu dengan pemahaman terhadap penulis dari sejumlah teori atau kalimat yang ingin dikutip
  • Kemudian tidak terdapat nomer kutipan tanpa disertai dengan emnggunakan tanda petik dua pada diakhir kalimat
Baca Juga :  Implikasi Adalah

Contoh Kutipan Langsung Dan Tidak Langsung

1. Contoh Kutipan Langsung.

  1. Apa yang dimaksud dengan argumentasi ? yakni merupakan suatu bentuk retorika yang berupaya guna memberikan pengaruh terhadap sikap dan pendapat orang lain, supaya mereka semua percaya dan pada akhirnya akan melakukan tindakan yang dianggap sesuai dengan apa yang diharapkan terhadap seorang penulis atau seorang pembicara (Keraf, 1983: 3).

2. Kemudian menurut pendapat yang dikemukakan dari Gorys Keraf di dalam bukunya mengenai Argumentasi dan Narasi (1983:3), dimana bahwa argumentasi ialah merupakan suatu bentuk retorika yang berupaya guna memberikan suatu pengaruh terhadap suatu sikap dan pendapat orang lain, supaya mereka bisa percaya dan pada akhirnya akan melakukan suatu tindakan yang dianggap sesuai dengan apa yang diharapkan dari seorang penulis atau pembicara.

Keterangan :

Jadi dalam tulisan ini sesuai dengan hasil dari penulisan dan sesuai dengan yang diperoleh dari sumber aslinya.

2. Contoh Kutipan Tidak Langsung,

1. Seperti yang sudah dipaparkan dari Gorys Keraf (1983:3) yang mana menurutnya bahwa argumentasi pada intinya merupakan sebuah tulisan yang mempunyai suatu tujuan untuk memberikan suatu pengaruh terhadap sebuah keyakinan pembaca supaya mereka bisa percaya akan pendapat yang dikemukakan oleh seorang penulis bahkan bersedia untuk melakukan yang sesuai dengan apa yang dikatakan penulis.

2. Terdapat begitu banyak sekali definisi tentang arti cinta yang diungkapkan menurut sejumlah para ahli. Dimana menurut Subroto (2008:16) ia mendefiniskan cinta yakni merupakan suatu tahapan yang terdapat di dalam kehidupan. Dimana menurutnya bahwa kehidupan pada mulanya terbentuk dimulai dengan bercinta.

Apa yang dimaksud dengan kutipan ?

yakni merupakan suatu bentuk pinjaman kalimat atau sebuah pendapat yang dipinjeam melalui oleh para pengarang, lalu para ahli, para pakar, atau bisa juga kepada seseorang yang sangat terkenal dan mempunyai berpengaruh terhadap materi yang akan dibahas, dimana hal tersebut baik yang ada didalam sebuah buku, lalu koran, surat kabar, majalah, dan berbagai media sosial lainnya.

Apa yang dimaksud dengan kutipan tidak langsung ?

Yakni merupakan suatu kutipan dengan cara kembali mengutip kalimat yang diperoelah kemudian mengubah atau meringkas pada sebuah kalimat yang di dapat dari sumber aslinya, namun tidak menghilangkan arti murni yang terdapat dari sumbernya aslinya.

Demikianlah materi yang bisa kabarkan.com jabarkan kali ini mengenai kutipan langsung dan tidak langsung, semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat semua.

Baca juga :