Contoh Memo

Posted on

Memo merupakan salah satu bentuk komunikasi bisnis yang penting di dalam sebuah organisasi. Memo biasanya digunakan untuk menyampaikan informasi, instruksi, atau keputusan kepada karyawan atau anggota organisasi lainnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian memo, jenis-jenis memo, serta cara membuat memo yang baik dan efektif.

Pengertian Memo

contoh memo
Contoh Memo

Apa yang yang dimaksud dengan memo? yakni merupakan sebuah surat yang disusun dengan secara khusus terutama dalam kebutuhan di dalam sebuah perkantoran maupun kelompok organisasi.

Dalam penyampaian Memo dapat dengan secara horizontal ataupun vertikal.

Adapaun pada keterangan dengan secara horizontal ialah merupakan sutau penyampaian memo terhadap suatu pihak yang mempunyai sebuah jabatan yang sama, sedangkan secara vertikal ialah merupakan penyampaian sebuah memo yang ditujukan dari atasan terhadap bawahannya guna memberikan sebuah perintah.

Maka dalam penysunan penulisannya, maka kepada yang menulisnya sudah tidak lagi mesti menyertakan suatu salam pembuka serta kata penutupnya. Maka ini yang membuat antara surat dan memo terkesan berbeda.

Ciri-ciri Memo

Berikut ini terdapat beberap ciri yang terdapat pada memo:

  • Pada memo terkesan sangat sederhana apabila dibandingkan dengan surat resmi pada umumnya, khusunya pada bagian dari isi suratnya.
  • Membentuk suatu lomunikasi yang di dalamnya terdapat sebuah saran, lalu arahan, dan juga penjelasan mengenai suatu hal.

Fungsi Memo

Memo memiliki berbagai fungsi dalam sebuah organisasi. Berikut adalah beberapa fungsi utama memo dalam konteks bisnis dan keorganisasian:

  1. Menyampaikan Informasi: Fungsi utama memo adalah untuk menyampaikan informasi secara cepat dan efektif kepada anggota organisasi. Memo digunakan untuk mengumumkan berita, perubahan kebijakan, instruksi kerja, atau informasi lain yang penting untuk diketahui oleh seluruh anggota.
  2. Memberikan Instruksi: Memo digunakan untuk memberikan instruksi atau arahan kepada anggota organisasi. Instruksi yang diberikan dalam memo dapat berupa tugas-tugas yang harus dilakukan, prosedur kerja yang harus diikuti, atau petunjuk lainnya yang berkaitan dengan kegiatan organisasi.
  3. Melaporkan Hasil Kerja: Memo juga digunakan untuk melaporkan hasil kerja atau progres proyek kepada atasan atau pihak terkait. Memo laporan berisi informasi tentang pencapaian yang telah dicapai, masalah yang dihadapi, dan rencana untuk tindakan selanjutnya.
  4. Meminta Dukungan atau Persetujuan: Memo digunakan untuk meminta dukungan atau persetujuan dari atasan atau pihak terkait untuk suatu kegiatan atau proyek. Memo permintaan berisi justifikasi dan alasan mengapa dukungan atau persetujuan tersebut diperlukan.
  5. Memberikan Peringatan atau Teguran: Memo juga digunakan untuk memberikan peringatan atau teguran kepada anggota organisasi yang melanggar kebijakan atau tidak memenuhi kewajiban kerja. Memo peringatan berisi perincian pelanggaran yang dilakukan dan tindakan yang akan diambil jika pelanggaran tersebut terus berlanjut.
  6. Mengapresiasi atau Memberikan Penghargaan: Memo digunakan untuk mengapresiasi atau memberikan penghargaan kepada anggota organisasi yang berprestasi atau melakukan tindakan yang dianggap positif. Memo apresiasi berisi ucapan terima kasih dan pengakuan atas kontribusi atau pencapaian yang telah dilakukan.
Baca Juga :  Saga Adalah

Dengan berbagai fungsi tersebut, memo menjadi salah satu alat komunikasi yang penting dalam mengelola informasi dan menjaga efektivitas kerja dalam suatu organisasi.

Jenis Jenis Memo

Dalam konteks bisnis dan keorganisasian, memo adalah alat komunikasi tertulis yang digunakan untuk menyampaikan informasi, instruksi, atau kebijakan kepada anggota organisasi. Jenis-jenis memo yang umum digunakan antara lain:

  1. Memo Pengumuman: Memo ini digunakan untuk mengumumkan informasi penting kepada anggota organisasi. Contohnya, pengumuman tentang acara, perubahan kebijakan, atau informasi lain yang perlu diketahui oleh seluruh anggota.
  2. Memo Instruksi: Memo ini berisi instruksi atau petunjuk yang diberikan kepada anggota organisasi. Memo instruksi dapat berupa petunjuk pelaksanaan tugas, penugasan khusus, atau arahan terkait kegiatan tertentu.
  3. Memo Laporan: Memo ini digunakan untuk melaporkan hasil kerja, progres proyek, atau informasi lain yang relevan kepada atasan atau pihak terkait. Memo laporan berisi informasi yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan atau tindakan selanjutnya.
  4. Memo Permintaan: Memo ini digunakan untuk meminta sesuatu kepada pihak terkait. Contohnya, memo permintaan pengadaan barang, memo permintaan izin, atau memo permintaan dukungan untuk suatu kegiatan.
  5. Memo Peringatan: Memo ini digunakan untuk memberikan peringatan atau teguran kepada anggota organisasi yang melanggar kebijakan atau tidak memenuhi kewajiban kerja. Memo peringatan berisi perincian pelanggaran yang dilakukan dan tindakan yang akan diambil jika pelanggaran tersebut terus berlanjut.
  6. Memo Apreciasi: Memo ini digunakan untuk mengapresiasi atau memberikan penghargaan kepada anggota organisasi yang berprestasi atau melakukan tindakan yang dianggap positif. Memo apresiasi berisi ucapan terima kasih dan pengakuan atas kontribusi atau pencapaian yang telah dilakukan.

Dengan memahami jenis-jenis memo ini, anggota organisasi dapat menggunakan memo secara efektif sebagai alat komunikasi yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja dalam suatu organisasi.

Contoh Surat Memo

Contoh Surat
Contoh Surat

Penggunaa Memo masih sangat banyak dipakai hingga saat ini dari setiap kelompok atau organisasi hingga saat ini. Hal ini disebabkan mempunyai isi yang sangat sederhana dan singkat, namun mengurangi isi dari makna penjelasannya.

Kemudian pada memo ini mempunyai tujuan dalam suatu permintaan, lalu petunjuk, atau bisa juga penjelasan tentang sesuatu hal.

Di bawah ini terdapat beberapa contoh surat memo yang dapat dijadikan refernesi bagi sobat semua.

Baca Juga :  Administrasi Perkantoran

Contoh Surat Memo Bisnis Penjualan Perusahaan

PT APA AJA BERSINAR
Jln. M.Yunus No. 99 Bandar Lampung

Dari   : Presiden PT
Untuk : SPV
Hal     : Laporan Penjualan

Mohon untuk lekas melakukan perekapan pada semua hasil penjualan dari bulan Maret 2019, kemudian taruh di ruangan saya.

Bandar Lampung, 4 April 2018
Presiden PT

Safrizal. Spd.Mpd.Skd

Contoh Surat Memo OSIS

Apa yang dimaksud dengan osis yakni merupakan salah satu organisasi resmi yang terlibat di dalam lingkungan sekolah, dimana dalam pelaksanaanya pastinya terdapat berbagai kegiatan yang biasanya diakukan oleh OSIS.

Kemudian untuk melakukan kegiatannya biasanya ketua OSIS mempunyai sebuah tindakan dalam memilih serta mempromosikan salah satu dari beberapa orang yang ada di dalam anggotanya. Maka dengan pelaksanaan tersebut Ketua OSIS juga dapat memakai surat memo untuk memberikan perintah terhadap anggotanya.

OSIS SMA BANDAR LAMPUNG
Jl. PerjodohanNo. 123
KOTAMADYA BANDAR LAMPUNG

Dari   : Ketua Osis
Untuk : Sekretaris osis

Mohon untuk segera mempersiapkan semua daftar dari nama pada semua siswa yang akan ikut serta dalam Lomba bola Volly yang akan dilangsungkan pada tanggal 14 April 2019. Terima kasih.

Ketua OSIS,

Contoh Surat Memo Perusahaan

PT. JAYA ELEKTRONIK
Jl. Kelapa warna No. 45 Bandar Lampung

Dari       : Prisiden Direktur
Kepada : SPv Marketing

SURAT MEMO

Harap agar segera menyerahkan laporan rekapan mengenai hasil dari pencapaia bulan Maret tanggal 5 April 2019. Terima Kasih

Bandar Lampung , 5 April 2019

Presiden Direktur PT. Jaya Terus,

Safrizal Spd

Contoh Surat Memo Bahasa Inggris

Baik itu perusahaan, instansi pemerintahan, lembaga dan organisasi di Indonesia ini memang kebanyakan masih menggunakan bahasa Indonesia dalam penulisan memo. Namun tentu saja tidak tertutup kemungkinan untuk menulis surat memo dalam bahasa Inggris.

Department of Culture and Education Bandar Lampung

SMAN Bandar LAmpung
Jalan begudul I No. 07 Bandar Lampung

MEMO

To        : Mr Joko (Head Of English Teacher)
From    : Mrs. monalis(Headmaster)
Subject : English Debate Competition

Please help Mr. Joko to participate in the training of students who will face the 2019 English Debate Competition. Please be present next Monday.

Bandar Lampung, Juli 4, 2019

Contoh Memo Resmi Sekolah

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI
Jl.Gatot Subroto no. 50 Bandar Lampung

Bandar Lampung 14 Spetember 2019

Kepada : Wali Kelas IX
Dari : Kepala Sekolah

Dimohonkan untuk wali kelas IX A agar mengkondisikan anggaran kebutuhan pokok untu panitia perpisahan siswa pada akhir sebelum diadakannya acara tersebut. Terima kasih

Kepala Sekolah

Safrizal Spd

Artikel Alinnya :