Implementasi Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli Beserta Unsurnya

Posted on

Implementasi – Materi kali ini akan membahas mengenai Pengertian Menurut Para Ahli Beserta Unsurnya. Untuk lebih lengkap marilah simak penjelasannya di bawah ini :

Pengertian Implementasi

Implementasi Adalah
Implementasi Adalah

 

Adapun Pengertian Implementasi adalah suatu tindakan atau pelaksanaan dari sebuah rencana yang sudah disusun secara matang dan terperinci. Disisi lain, secara bahasa pengertian implementasi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) didefinisikan sebagai “pelaksanaan” dan “penerapan“.
Sedangkan pengertian umum Implementasi adalah suatu tindakan atau pelaksanaan suatu rencana/kegiatan yang telah diatur secara sistematis agar dapat mencapai suatu tujuan.
Implementasi dapat dilakukan dengan menggunakan strategi yang dimana berarti setelah perencanaan yang telah dianggap sempurna.
Kemudian secara etimologi/bahasa, pengertian implementasi berasal dari bahasa atau istilah Inggris yang dikenal dengan “to Implement“. Arti dari secara bahasa ini didefinisikan “Mengimplementasikan“.

Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli

Hunger dan Wheelen

Yang pertama Hunger dan Wheelen memberikan pengertian implementasi strategi adalah tahap mewujudkan dan menerapkan strategi yang telah dibuat dalam bentuk tindakan melalui serangkaian prosedur, program dan anggaran.

Whitten, Bentle Dan Barlow (1993)

Menurut Whitten, Bentle Dan Barlow pengertian implementasi sistem adalah suatu proses untuk menempatkan dan menerapkan informasi dalam operasi.

Uzey (2010)

Menurut Uzey pengertian implementasi pancasila ialah dapat mewujudkan nilai-nilai moral yang terkandung dalam pancasila sebagai norma etik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Gordon (1994)

Menurut Gordon Pengertian implementasi keperawatan adalah tahapan kegiatan yang dikerjakan oleh perawat untuk dapat membantu klien dari status kegiatan bermasalah menuju status yang lebih baik yang menggambarkan kriteria hasil yang diinginkan.

Prof. H. Tachjan (2006)

Menurut Prof. H. Tachjan (Guru Besar Ilmu Administrasi UNPAD) pengertian implementasi kebijakan publik adalah suatu proses kegiatan administrasi yang dilakukan setelah kebijakan ditetapkan atau disetujui.

Van Meter Dan Van Horn

Adapun menurut Van Meter Dan Van Horn pengertian implementasi adalah pelaksanaan tindakan oleh individu, pejabat, instansi pemerintah atau kelompok swasta yang bertujuan untuk mencapai tujuan yang telah digariskan dalam keputusan tertentu.

Solichin Abdul Wahab (1997)

Adapun menurut Solichin Abdul Wahab pengertian implementasi ialah perbuatan yang dilakukan baik oleh individu-individu, pejabat-pejabat, atau kelompok-kelompok pemerintah atau swasata yang diarahkan pada tercapainya tujuan-tujuan yang telah digariskan dalam keputusan kebijakan.

Mazmanian Dan Sabatier

Adapun menurut Mazmanian dan Sabatier pengertian implementasi adalah pelaksanaan dari kebijakan dasar hukum juga berbentuk dalam bentuk perintah atau keputusan, atau putusan pengadilan. Agar dari sebuah pelaksanaan dapat berlangsung setelah sejumlah tahapan seperti tahapan pengesahan undang-undang, dan kemudian output dalam bentuk pelaksanaan keputusan kebijakan, dan seterusnya sampai kebijakan korektif yang bersangkutan.

Tornanatzky Dan Johnson (1982)

Menurut Tornanatzky dan Johnson pengertian implementasi adalah implementasi sebagai the translation of any tool technique process or method of doin from knowledge to practice (Subandijah, 1996:305)

Hanifah Harsono (Harsono:2002)

Pengertian implementasi menurut Hanifah Harsono adalah suatu proses untuk menjalankan kebijakan agar menjadi sebuah tindakan kebijakan dari politik ke dalam administrasi. Pengembangan kebijakan tersebut dalam rangka penyempurnaan suatu program.

Guntur Setiawan (Setiawan:2004)

Pengertian implementasi menurut Guntur Setiawan adalah perluasan dari aktivitas yang saling menyesuaikan proses interaksi antara tujuan dan tindakan untuk mencapainya serta memerlukan jaringan pelaksana birokrasi yang efektif.

Nurdin Usman (Usman:2002)

Pengertian implementasi menurut Nurdin Usman adalah suatu hal yang bermuara pada aksi, aktivitas, tindakan serta adanya mekanisme dalam suatu sistem. Implementasi tidak hanya aktivitas yang monoton namun suatu kegiatan yang terencana dengan baik untuk mencapai tujuan kegiatan tertentu.

Prana Wastra dkk

Pengertian implementasi menurut Prana Wastra dkk adalah suatu aktivitas untuk mencapai sebuah kebijaksanaan yang sudah disusun sebelumnya, yang meliputi kebutuhan apa saja yang diperlukan, siap pelaksana impelementasi tersebut, kapan pelaksanaan implementasi tersebut, serta kapan target selesainya implementasi tersebut.

Budi Winarno (2002)

Menurut Budi Winarno adalah tindakan2 yang harus dilakukan oleh sekelompok/individu yang telah ditunjuk untuk menyelesaikan suatu tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian implementasi menurut KBBI adalah pelaksanaan, penerapan

Unsur-Unsur Implementasi

Dalam mengimplementasikan sesuatu kegiatan, terdapat tiga unsur menurut Syukur (dalam Surmadi, 2005:79). Adapun menurut Syukur bahwa unsur penting proses implementasi itu adalah
  • Terdapat program atau kebijakan yang dilaksanakan
  • Memiliki target group dalam hal ini adalah kelompok masyarakat yang menjadi sasaran dan ditetapkan akan menerima manfaat dari program, perubahan atau peningkatan
  • Terdapat unsur pelaksana disebut implementor yang dilakukan baik dari organisasi atau perorangan yang dapat dan untuk bertanggung jawab dalam memperoleh pelaksanaan dan pengawasan dari proses implementasi tersebut.
Baca Juga :  Analisis Data Adalah

Demikianlah pembahasan mengenai implementasi kali ini. Semoga artikel ini dapat Bermanfaat Bagi kita semua

Artikel Lainnya ;