Teks tantangan

Posted on

Teks tantangan – Mengenai pelajaran artikel yang sudah kabarkan.com jelaskan sebelumnya mengenai Budi Utomo. Tentunya kali ini kabarkan.com akan menerangkan materi mengenai Teks tantangan secara gamblang yang dimulai dari Pengertian, Tujuan, Struktur dan Contoh. Berikut ini ulasan pembahsannya.

Teks tantangan
Teks tantangan

Pengertian Teks Tantangan

Teks tantangan yaitu suatu teks berupa tulisan diamana didalamnya memiliki infomasi gugatan atau perlawanan pada satu permasalahan yang kontroversial (perdebatan) di lingkungan masyarakat. Gugatan harus memiliki unsur dasar yang sangat kuat, agar dapat membantu gugatan tersebut. Teks tantangan sendiri biasa dipakai daat membalas dalam suatu debat. Misalnya surat kabar, berupa data, argumen ahli dan sebagainya.

Tujuan Teks Tantangan

Tujuan dari teks tantangan ialah menyampaikan suatu penjelasan mengenai permasalahan untuk diselesaikan. Biasanya hal ini terjadi ketika gugatan dalam permasalahan terjadi perdebatan.

Struktur Teks Tantangan

Saat ingin melakukan penulisan dalam teks tantangan tentunya harus mentaati struktur yang sudah ditentukan. Kenapa harus demikian, karena disebabkan oleh teks yang kita buat harus dapat tersampaikan dengan sangat baik atau sistematis. Berikut inilah struktur yang harus diikuti atau taati dalam penulisan teks tersebut.

Pengantar

Saat kita ingin menulis kalimat pengantar tentunya dapat memberikan kalimat yang mengandung suatu isu atau topik yang ingin dibantah. Hal ini biasanya berwujud permasalahan dilingkungan masyarakat yang menimbulkan suatu perbedaan dalam pendapat. Pada kenyataanya, permasalahan yang terjadi bisa dikatakan sebagai suatu isu.

Argumen

Saat kita ingin melakukan argumen, tentunya kita harus menuliskan suatu bukti yang kongkret atau aktual dengan alsan kita kenapa dapat membantah suatu isu yang terjadi. Argumen bisa lebih hebat atau berpengaruh jika kita dapat melengkapai suatu bukti dengan data-data dari suatu lembaga, Tulisan yang termuat dari surat kabar dan teori pendapat dari para ahli.

Baca Juga :  Arti Biidznillah

Kesimpulan

Kesimpulan ini ialah satu penegasan kembali bahwa kita membantah atau menentang isu dalam perbincangan tersebut. Selepas meninjau data yang sudah kita jabarkan atau deskripsikan pada bagian (penggalan) argumen.

Faktor Kebahasaan Teks Tantangan

Faktor kebahasaan ini suatu poin penting pada suatu tulisan. Hal yang sudah disampaikan pada sebelumnya, teks ini tentu memiliki kaidah atau faktor kebahasaan seperti dibawah ini.

Pilihan Kata

Sering banyak digunakan pada teks bersifat argumentative subjective. Walau dalam pemilihan kata condong argumentative subjective, saat menyampaikan bantahan, suatu ujaran yang perlu diperhatikan adalah dengan memberikan data yang sah.

Konjungsi

Mengenai konjungsi yang perlu diperhatikan dalam menyusun kalimat atau kata pada teks ialah dimana sebuah teks dapat tesampaikan dengan secara baik.

Kata Rujukan

Kata rujukan pada fungsi teks ini ialah bisa dapat menunjukan atau memberikan suatu rujukan dari sumber atau akar infromasi. Contohnya berdasarkan, mengacu pada dan lain-lain.

Kalimat Kompleks

Adapun pengertian dari kalimat kompleks adalah suatu kalimat dimana memiliki struktur tata bahasa yang lebih dari satu.

Menyusun Pembuatan Teks Tantangan

Berikut di bawah ini adalah susunan dalam pembuatan teks tantangan :

  • Terlebih dahulu untuk menentukan tema dan judul saat ingin membuat teks.
  • Sebelum membuat bahan yang untuk dijadikan bahan pembicaraan atau argumen, alangkah baiknya untuk mencari sumber infromasinya terlebih dulu.

Mengelola infromasi atau data menjadi sebuah pernyataan yang berupa:

  1. Penyusunan kata berupa kalimat isu disetiap struktur teksnya.
  2. pengembanan kata isu dengan kata pengembang.
  3. Menulis paragraf harus sinkron berdasarkan strukturnya.
  4. Menyunting kata sesuai faktor kebahasaan
  5. menyatukan paragraf untuk menjadikan teks menjadi kalaimat yang padu.
  6. Hasil pembahasan selanjutnya membangun teks sesuai urutan strukturnya.

Contoh Teks Tantangan

Judul:

Kebijakan Pemerintah Mengatasi Mobil Murah

Isu:

Dalam waktu dekat Pemerintah akan menyatakan mengenai kebijakan penyediaan mobil dengan harga murah. Dimana nanti mobil ini dioperasionalkan di daereh perdesaan. Mobil ini sendiri dirancang dan dibuat oleh anak bangsa dari negara kita sendiri, dimana mobil ini sangat ramah lingkungan. Agar berjalan baik, dari pihak pemerintah bakal memberikan perangsang pajak untuk pembeli.

Baca Juga :  Rasi Bintang

Argumen:

Sejumlah golongan mendesak pemerintah agar mencabut uang perangsang pajak dari mobil ramah lingkungan tersebut. Karna kebijakan pemerintah dinilai tak tepat, dikarnakan bisa membuat ibu kota bertambah parah dalam kemacetan lalu lintas. Kritikan kepada kebijakan pemerintah ini disampaikan dalam buku Kemacetan Jakarta dan Mobil Murah karya Harun Abdul Fatah di Institut Karya Bangsa, Jakarta, Sabtu, 3 April 2015. Buku ini bersumber dari forum ” Infastruktur dan Transportasi” yang sebelumnya digelar pada bulan esember 2015.

Kesimpulan:

Dari jawaban permasalahan tersebut, pemerintah yang sangat berwenang dalam membuat kebijakan ini. Namun pemerintah harus memperhitungkan kembali dengan aturan kebijakan tersebut menegenai uang perangsang (insetif) pajak dan pemerintah juga dapat memikirkan kembali dampak kerugian dan keuntungan dalam menerapkan kebijakan tersebut.

Selesai sudah pembahasan artikel kali ini, semoga dengan dikupasnya materi ini dapat memberikan pemahaman untuk sahabat semua dan menjadikan rujukan bagi sahabat semua. Sampai bertemu di pembahasan yang akan datang.

Ada berapa faktor kebahasaan dalam teks tantangan ?

Pilihan Kata, Konjungsi, Kata Rujukan dan Kalimat Kompleks

Coba kamu jelaskan mengenai tujuan teks tantangan ?

Tujuannya adalah menyampaikan suatu penjelasan mengenai permasalahan untuk diselesaikan. Biasanya hal ini terjadai ketika gugatan dalam permasalahan terjadi perdebatan.

Jelaskan pengertian teks tantangan ?

Suatu teks berupa tulisan diamana didalamnya memiliki infomasi gugatan atau perlawanan pada satu permasalahan yang kontroversial (perdebatan) di lingkungan masyarakat.

Baca Juga:

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Editorial – Pengertian, Jenis, Isi, Ciri dan Fungsinya
Contoh Teks Laporan Percobaan