Fluida Dinamis

Posted on

Fluida Dinamis – Setelah sebelumnya kami telah menyampaikan materi tentang Efek Fotolistrik maka pada perjumpaan kali ini akan kembali kami sampaikan materi tentang Fluida Dinamis – Contoh Soal, Materi, Rumus dan Pengertian. Nah untuk lebih jelasnya simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Fluida Dinamis

Fluida Dinamis
Fluida Dinamis

Apa yang dimaksud dengan Fluida Dinamis ? yakni merupakan suatu bentuk zat cair atau gas, yang dapat bergerak dan mempunyai kecepatan yang konstan pada waktu, namun pada fluida dinamis tidak mengalami suatu perubahan terhadap volume, selain itu tidak kental dan juga tidak turbulen (artinya tidak mengalami suatu purputaran).

Ciri-Ciri Fluida Dinamis

  • Tidak Kompresibel, Artinya jika fluida diberi suatu dorongan/tekanan lelu pada volumenya tidak akan tetap sama atau tidak akan mengalami suatu perubahan.
  • Tidak Mengalami GesekanArtinya pada ketika mengalir, apabila terjadi gesekan fluida dengan dinding maka hal tersebut dapat dihindarkan.
  • Alirannya Stasioner, diaman hampira pada semua komponen fluida memiliki arah aliran yang terarah dan juga tidak terjadi peristiwa turbulensi (atau pusaran-pusaran).
  • Alirannya Tunak, dimana pada setiap aliran fluida memiliki kecepatan yang konstan akan waktu.

Jenis – Jenis Fluida Dinamis

Kemudian Aliran Fluida dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yang diantaranya ialah :

  • Aliran Laminer
    Apa itu laminer? yakni merupakan suatu aliran yang mana komponen fluida bisa melakukan peluncuran dengan bersamaan oleh paket fluida yang terdapat tepat disebelahnya, namun pada semua jalur dari setiap komponen fluida itu tidak saling berseberangan terhadap jalur lainnya.
  • Maka pengertian Aliran laminer ialah merupakan suatu aliran ideal yang berlangsung pada aliran fluida dengan kecepatan yang rendah.
  • Aliran turbulen
    yakni merupakan aliran yang mana komponen fluida tidak bisa melakukan suatu peluncuran yang bersamaan dengan paket fluida yang terdapat disebelahnya, diaman hampir dari setiap jalur komponen fluida dapat saling bersebrangan terhadap jalur lainnya.
  • Jadi pengertian Aliran turbulen ini kerap ditandai dengan terjadi beberapa pusaran air (vortex atau turbulen) & berlangsung apabila kecepatan pada alirannya tinggi.

Rumus Fluida Dinamis

1. Debit

Apaitu Debit yakni merupakan jumlah volume fluida yang mengalir dengan satuan waktu (yang pada umumnya per detik)

Baca Juga :  Difraksi Cahaya

Q = V/t
Q = Av

Keterangan :

  • Q = Merupakan debit (m3/s)
  • V = Merupakan volume (m3)
  • = Merupakan waktu (s)
  • A = Merupakan luas penampang (m2)
  • = Merupakan kecepatan aliran (m/s)

2. Teorema Toricelli

Apa yang dimaksud dengan Teorema Toricelli ? yakni merupakan sebuah Fenomena air yang keluar dengan menyembur yang terjadi dari sebuah lubang tangki air.

Dimana Besarnya energi kinetik air yang keluar dengan menyembur dari sebuah lubang tangki air setara dengan besarnya energi potensial.

Maka oleh sebab itu, pada kecepatan air yang menyembur keluar dan berlangsung di dalam sebuah lubang yakni sama halnya seperti air yang terjatuh secara bebas dari batas ketinggian air.

Maka dalam hal ini apabila semakin besar tingkat perbedaan yang ada diataranb tingginya lubang dari batas ketinggian air, jadi akan menjadi semakin cepat semburan air yang dikeluarkannya.

Fluida Dinamis
Fluida Dinamis

V = √(2gh)X= 2√(hH)
t = √(2H/g)

Keterangan :
= merupakan simbol kecepatan semburan air yang keluar dari lubang
H = merupakan suatu jarak antar tempat jatuhnya air (tanah) ke lubang bocor
X = merupakan suatu jarak datar dari jatuhnya air
t = merupakan waktu yang dibuthkan air agar dapat sampai ketanah
h =merupakan jarak antara bagian permukaan air ke lubang bocor

Persamaan Kontinuitas

Apa yang dimaksud dengan Persamaan kontinuitas ? yakni merupakan suatu persamaan yang menyatukan mengenai kecepatan fluida yang berlangsung di dalam satu tempat menuju ke tempat lainnya.

Namun sebelum kalian melakukan menurunkan terhadap suatu yang berkaitan, maka alangkah baiknya kalian terlebih dahulu musti memahami sejumlah istilah aliran fluida. Dimana pada Garis aliran dabisa dimaknai sebagai suatu jalur aliran fluida ideal (yakni aliran lunak).

Kemudian pada Garis singgung yang letaknya berada disuatu titik pada garis yang menunjukan arah kecepatan terhadap aliran fluida.

Dimana pada Garis aliran fluida ini tidak pembatas/terpisah antara satu dengan yang lainnya. Kemudian Tabung air ialah merupakan kumpulan dari beberap-garis aliran.

Q1 = Q2
A1v1 = A2v2

Persamaan Bernoulli

Apa yang dimaksud dengan Hukum Bernoulli ? yakni merupakan suatu hukum yang memiliki suatu landasaan dengan berdasarkan hukum kekekalan energi yang mana hal ini dialami pada aliran fluida.

Baca Juga :  Pemuaian

Dimana dalam Hukum ini menjelaskan mengenai jumlah dari tekanan (p), kemudian tekanan energi kinetik per satuan volume, dan juga mengenai energi potensial per satuan volume, dimana diantarnaya memiliki nilai yang sama pada setiap titik yang ada disepanjang garis arus tersebut.

Fluida Dinamis
Fluida Dinamis

P +1/2 ρv2+ρgh = Konstant

P1+1/2 ρv12+ρgh1=P2 + 1/2 ρv22 + ρgh2

Keterangan :
P = merupakan suatu tekanan (Pascal = Pa = N/m2)
ρ = merupakan suatu massa jenis fluida; baik cairan maupun gas (kg/m3)
g = merupakan suatu percepatan gravitasi (m/s2)

Contoh Soal

  1. Terdapat sebuah pipa dimana pipa tersebut mengalirkan Air yang memiliki Debit 1M3 tiap second, yang nantinya akan dipakai guna mengisi sebuah penampungan yang memiliki ukuran ( 100X 100X 10 )M. Jadi berpakah waktu yang dibutuhkan agar dapat mengisi penampungan tersebut hingga penuh !

Jawaban :

Fluida Dinamis
Fluida Dinamis

Maka Waktu yang diperlukan supaya penampungan tersebut bisa terisi hingga penuh ialah 100.000 Second

Demikianlah materi yang bisa kabarkan.com sampaikan kali ini mengenai Fluida Dinamis, semoga serangkaian materi pembahasan kali ini bisa sangat membantu dan menambah ilmu pengetahuan kita bersama.

Baca Juga :