Etiolasi

Posted on

Etiolasi – Setelah sebelumnya kabarkan.com telah menerangkan materi pembahasan tentang Jenis Daun Maka dipermuan kali ini akan kabarkan.com paparkan kembali materi selanjutnyna, yakni tentang etiolasi besrta pengertian, gejala, akibat dan cara pencegahan. Nah untuk lebih jelasnya sobat bisa simak ulasanya di bawah ini.

Pengertian Etiolasi

Etiolasi
Etiolasi

Apa yang dimskdud dengan etiolasi? yakni merupakan sebuah pertumbuhan yang berlangsung pada tumbuhan dengan secara cepat sebab diakibatkan oleh tidak adanya cahaya atau dengan kata lain kekurangan cahaya.

Pada Etiolasi inilah yang dapat mengakibatkan jika kita meletakan sebuah tumbuhan misalnya seperti berjenis kecambah dalam tempat yang gelap, maka kemudian pada tumbuahan tersebut akan tumbuh dan memanjang menjadi tumbuhan toge.

Secara umum Etiolase ini banyak pakai oleh para petani dan juga perkebunan serta pembudidaya tanaman untuk membuat kecambah tanaman yang ingin ditanam.

Ciri-Ciri Etiolasi

Etiolasi
Etiolasi

Ada beberapa ciri-ciri yang dapat menandakan bahwa suatu tanaman mengalami etiolase, di antaranya :

  • Jika diperhatikan pada bagian batang tanamannya akan terlihat memanjang hal tersebut diakibatkan oleh melimpahnya kandungan air yang ada pada tanaman tersebut, namun pada bagian batang akan terlihat kurus)
  • Pada tanaman yang menglami etiolasii maka akan menjadi sangat lemah dan perubahan atas warananya yakni nampak memucat.
  • Mempunyai struktur daun dengan sangat kecil, dan juga tipis, serta pada warnanya akan memucat , keadaan ini diakibatkan oleh sedikitnya kandungan klorofil yang ada.
  • Pada umumnya apabila akar pada tumbuhan mengalami etiolasi maka pada akar tersebut tidak akan menjadi lebat.

Gejala Etiolasi

Setelah kabarkan.com telah menerangkan mengenai ciri=-ciri pada etiolasi, maka selanjutnya sobat harus dapat memahami mengenai gejala yang terjadi pada etiolasii atau apa aja sih gejala yang biasa terjadi pada etiolasi, nah maka simak penjelasannya sebagai berikut.

  • Dengan etiolasi maka tumbuhan akan menjadi lebih panjang atau disebut dengan (elongasi) dan juga peninggkatan terhadap tinggi pada tumbuhan tersebut akan sangat pesat
  • Kemudian gejala berikutnya yakni ruas tumbuhan / tanaman yang mengalami etiolase maka akan mempunyai jarak yang panjang
  • Kemudian gejala selnajutnya yakni akan mengalami klorosis atau perubahan pada warna daunnya yakni menjadi memucat yang disebabkan oleh kekurangan klorofil.
Baca Juga :  Daur Biogeokimia

Penyebab Etiolasi

Untuk gejala yang biasanya ditimbulkan dari etiolas yakni dapat diakibatkan dengan sangat kurangnya cahaya atau tanaman tersebut berada di tempat yang gelap.

Pada dasarnya Etiolase kerap dipengaruhi dengan hormon pertumbuhan auksin yang dikelola pada bagian titik ujung pertumbuhan.

Istilah kata Auksin dari (Bahasa yunani yakni Auxein yang berarti = meningkatkan)

  • Sistem Kerjanya sangat efektif jika tidak terkena cahaya
  • Sistem kerjanya dalam memberi pengaruh terhadap berlangsungnya proses pembelahan sel-sel meristem yang terjadi di bagian ujung tunas atau (batang dan akar)

Maka dengan adanya sifat-sifat auksin ini, sehingga membuat tumbuhan bisa tumbuh dengan sangat maksimal walaupun ada ditempat gelap atau (etiolase).

Kemudian pada Auksin tersebut akan berdifusi ke sel-sel tumbuhan lalu selanjutnya akan ditransportasikan dengan melalui jaringan pembuluh dari ujung atas tumbuhan ke bawah.

Maka begitu auksin ini telah aktif, maka dengan adanya auksin tersebut dapat merangsang pompa proton yang ada di dinding sel yang dan akan menaikan tingkat keasaman dinding sel serta mengaktifkan enzim ekspansin.

Dimana enzim ini yang nantinya akan memecah ikatan kimia di dinding sel, sehingga membuat dinding sel akan melemah serta pada sel tersebut akan mampu berkembang dengan baik menjadi lebih besar.

Kemudian untuk kloroplas yang tidak terkena matahari disebut etioplas. Dengan banyaknya kadar etioplas sehingga mengakibatkan tumbuhan menjadi menguning.

Maka dalam hal ini hormon auksin sudah dianggap bekerja dengan baik sebab ia mampu tettap tumbuhan meski tidak terkena cahaya.

Dimana Etiolasii ialah merupakan kecenderungan tumbuhan guna menjangkau sumber cahaya.

Maka dengan adanya auksin, sehingga membuat tumbuhan akan terus dapat memanjang hingga mencapai titik pada bagian ujung tumbuhan yang sudah mendapatkan cahaya yang cukup agar dapat menghambat produksi auksin.

Akibat Etiolasi

Di bawah ini terdapat beberapa akibat yang ditimbulkan dari berlangsungnya etiolasii.berikut ini penjelasannya:

  • Dapat mengganggu berlangsungnya proses fotosintesis
  • Dapat membentuk Etioplas
  • Membuat tumbuhan /tanaman Menjadi Kurus

Mencegah Etiolasi

Lalu bagaimanakah cara agar dapat mencegah etiolasi ? agar dapat mencegahnya yakni dapat dilakukan dengan cara memindahkan tumbuhan tersebut ke area yang lebih sering disinari cahaya mahatari.

Baca Juga :  Fungsi Rahim

Meskipun hanya sekedar biasan saja itu sudah dirasa lebih dari cukup untuk sebagian besar tanaman.

Namun hal tersebut khusus bagi tanaman yang merupakan hasil dari budidaya misalnya seperti padi, jagung dan lainnya, dalam hal ini masih membutuhkan cahaya matahari secara langsung guna memaksimalkan beras dan jagung yang dihasilkan.

Kemudian untuk sebagian orang yang aktif dalam membudidaya tanaman terutama tanaman hias, dimana dalam berlangsungnya proses perkecambahan masih sangat membutuhkan etiolase hal ini agar perkecambahan bibit bisa terjadi.

Namun agar membuat tanaman tersebut nampak sehat dan kuat, dapat melakukan setelah biji pecah lalu kemudian tumbuh hipogeal dan epigeal, maka sebaiknya untuk langsung dipindahkan ke daerah yang terkena cahaya matahari tidak langsung. Dalam hal ini bertujuan untuk mendukung aktifnya fotosintesis.

Hampir dari sebagian pembudidaya yang sudah profesional sering menggunakan lampu growing light atau lampu UV agar dapat memberi kemudahan dalam proses kerja mereka.

Apa itu etiolasi?

yakni merupakan sebuah pertumbuhan yang berlangsung pada tumbuhan dengan secara cepat sebab diakibatkan oleh tidak adanya cahaya atau dengan kata lain kekurangan cahaya.

Bagaimanakah Cara Agar Dapat mencegah etiolasi ?

Yakni dapat dilakukan dengan cara memindahkan tumbuhan tersebut ke area yang lebih sering disinari cahaya mahatari.

Bagaimankah ciri-ciri tanaman mengalami etiolasi?

Pada tanaman yang menglami etiolasi maka akan menjadi sangat lemah dan terjadi perubahan pada warnanya yakni akan nampak memucat.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai etiolasi, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :