Contoh Kata Pengantar

Posted on

Contoh Kata Pengantar – Pada pembahasan sebelumnya kami telah menyampaikan materi tentang Contoh Kalimat Efektif. Maka pada pertemuan kali ini kembali akan kami sampaikan materi mengenai.

Contoh Kata Pengantar Makalah, Skripsi, Laporan, Proposal, Singkat, Buku, dan Penelitian beserta unsur dan pengertiannya, untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Kata Pengantar

Contoh Kata Pengantar
Contoh Kata Pengantar

Apa yang dimaksud dengan Kata Pengantar – ialah kalimat yang mengandung isi dari sebuah ungkapan atau dari hasil karya sang penulis, Baik itu mengenai ungkapan rasa terima kasih ataupun ungkapan rasa syukur,

Kemudian mengenai Kata pengantar ini terdiri atas tiga fase yang diantaranya ialah sebagai berikut.

  • Pembukaan
  • Isi yang terkandung
  • Penutup

Unsur Kata Pengantar

Yang harus terkandung Unsur-unsur dalam kata pengantar yakni sebagai berikut :

  • Merangkan rasa Terima kasih serta rasa syukur,
  • Menegaskan Penjelasan tentang isi dari penulisan karya ilmiah,
  • Menegaskan mengenai tata pelaksanaan dari isi penulisan karya ilmiah tersebut,
  • Menegasa mengenai sebuah bantuan,Berupa arahan serta opini dari segal pihak yang dapat membantu. Seperti kepada seseorang, sekelompok orang atau organisasi/lembaga,
  • Ucapan terima kasih kepada seseorang/lembaga yang membantu,
  • Penyebutan nama kota, tanggal, bulan, tahun dan nama lengkap penulis tanpa dibubuhi tanda tangan,
  • Keinginan dari penulis akan pembuatan karangan
  • Terhadap semua yang membacanya akan memperoleh manfaat atas kesediaannya telah memberikan kritik serta saran.

Susunan Struktur Kata Pengantar

Tiga struktur pengantar tercantum di bawah ini:

Pembukaan

Itu dimulai dengan paragraf pertama hingga paragraf kedua, yang berisi ucapan terima kasih dari penulis atau tim editorial untuk penyelesaian karya tulis. Di Indonesia sendiri, rasa terima kasih pada bagian pembuka ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan tentunya ditentukan oleh setiap agama. Seperti dalam Islam, terima kasih atau syukur ditujukan kepada Allah SWT.

Kemudian, setelah mengucapkan terima kasih, itu umumnya berlanjut berkat mereka yang membantu menyelesaikan penulisan makalah ini. Sementara urutan bagian yang terpengaruh biasanya tergantung pada seberapa besar pengaruh partai terhadap penulisan makalah.

Seperti halnya melakukan tugas, nama depan yang umumnya disebutkan dalam kata pengantar pada catatan terima kasih adalah guru kelas yang memberikan tugas. Baru saat itulah bagian-bagian membantu menyelesaikan penulisan kutipan.

Isi Kandungan

Di area konten Anda akan menemukan ikhtisar konten kertas yang Anda buat. Biasanya dimulai dengan judul karya. Hanya kemudian sedikit dijelaskan tentang ulasan dan bagaimana penulis menulis konten dalam karya yang akan dibuat.

Setepat mungkin saat menulis konten, karena kondisi ini membuat pengantar Anda terlalu lama dan pembaca terlalu lambat. Cukup dengan menjelaskan sedikit saja tentang isi surat Anda sehingga pembaca mendapat sedikit wawasan tentang surat yang Anda tulis.

Kesimpulan dan Saran

Bagian terakhir berisi permintaan maaf dan keinginan penulis makalah yang Anda buat.

Permintaan maaf lebih untuk pembaca jika Anda kemudian menemukan beberapa kesalahan dalam artikel Anda. Karena tulisan seseorang pasti tidak luput dari kesalahan dan tentunya memiliki kekurangan.

Atas permintaan penulis, Anda dapat menulis beberapa pemikiran lagi tentang topik yang Anda sebutkan di artikel Anda. Anda dapat memunculkan topik lagi nanti, tetapi dalam bentuk artikel baru dan dari perspektif yang berbeda.

Fungsi Kata Pengantar

Kata pengantar berfungsi untuk menyediakan pembaca dengan konten atau deskripsi dalam sebuah makalah ilmiah. Sebagai contoh, kata pengantar tidak hanya mencakup ucapan terima kasih kepada Tuhan dan mereka yang telah berkontribusi dalam penulisan makalah, dan permintaan maaf atau kelemahan dalam karya ilmiah tertulis.

Kata pengantar juga berisi deskripsi umum diskusi. Bahkan, pengantar juga berisi deskripsi yang membangkitkan minat orang lain dalam membaca karya ilmiah kami. Kata pengantar ditulis pada halaman terpisah, yang berarti tidak terhubung ke bagian lain. Di akhir pendahuluan, lokasi dan tanggal serta nama komposer tercantum di kanan bawah.

Contoh Kata Pengantar

Dari semua ulasan yang sudah diterangkan berikut ada beberapa contoh kata pengantar simak penjelasannya di bawah ini:

1. Contoh Kata Pengantar Singkat

Kata Pengantar
Kata Pengantar

KATA PENGANTAR

Bersyukur Alhamdulillahirabbil’alamin, Atas kehadirat Allah SWT, Segala rahmat,serta taufik dan hidayah dari Tuhan yang maha esa .

Shalawat serta salam marilah kita panjatkan atan suri tauladan kita yakni Nabi Besar Muhammad SAW serta syafa’atnya di akhirat kelak.

Tentunya Penulis sangat menyadari bahwa hasil penulisan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan .

Maka untuk itu kami sangat mengharapkan saran dan kritiknya dari pembaca supaya memberikan memotivasi terhadap penulis untuk kedeapannya akan kembali membuat makalah yang lebih baik lagi.

Demikianlah Jika ada kesalahan dalam rangkaian makalah ini , Penulis ucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya.

B.Lampung 2019

Penyusun

2. Contoh Kata Pengantar Skripsi

Contoh Kata Pengantar
Contoh Kata Pengantar

KATA PENGANTAR

Segala Puji dan puja syukur kami panjatkan atas karunia yang telah Allah SWT anugerahkan untuk kami, sehingganya kami dapat membuat laporan dari hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memiliki judul Kiat Meningkatkan Perkembangan pada tata Bahasa melalui Media sarana Kartu Bergambar di Taman Kanak-Kanak PGRI”.

Tujuan pengajuan skripsi ini diperutukan untuk melengkapi adanya suatu ketetapan dalam jenjang perkuliahan.

Dalam penyusunan skripsi ini banyak hal yang penulis hadapi mulai dari kesulitan dan hambatan. Akan tetapi karena adanya binaan dan dukungan dari segala pihak, sehingga pada akhirnya semua kesulitan bisasegera diatasi.

Kemudian penulis juga menyadari bahwa dalam pembuatan makalah skripsi ini, sangat jauh dari kat sempurna. baik itu secara kualitas dan juga terhadap kuantitas bahan observasi yang penulis sajikan.

Setulus Hati penulis pun sadar bahwa dalam penyusunan skripsi ini jauh dari kata sempurna maka karena itu kami sangat membutuhkan saran dan kritik dari semua para pembacanya.

Kemudian tak upa juga kami hanturkan rasa terimakasaih terhadap semua pembaca yang sudah mendukung kami, meskipun dalam bentuk bantuan, doa dan juga dorongan serta berbagai pengalaman selama proses penyelesaian penulisan skripsi ini.

Kemudian Penulis juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak atas segala bantuan yang telah diberikan.

Disamping itu Harapan penulis semoga skripsi ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan serta pastinya dapat berguna terutama terhadap keberhasilan pendidikan usia dini.

Bandar lampung, 26 Desember 2019

Penyusun

3. Contoh Kata Pengantar Proposal

Segala Puji dan syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah limpahkan rahmat serta taufik dan hidayahnya Yang mana telah memberikan kami kekuatan untuk membuat sebuah proposal usaha Dalam kurun waktu yang begitu singkat.

Adapun jenis usaha yang akan kami jalankan nantinya adalah usaha rumah makan khas Jawa.

Begitun banyak ragam suku yang bermukim di kawasan Lampung ,Sehingga sangat cocok jika usaha ini dijalankan.

Akan tetapi kami masih memiliki kendala, agar bisa menjalankan proses usaha itu, kendala tersebut adalah keterbatasan kami akan Modal, sebab sudah kami prediksikan bahwa dalam menjalankan usaha tersebut membutuhkan modal yang tentu saja tidak sedikit.

Maka oleh Karena itulah kami mengajukan proposal ini kepada Bapak atau Ibu sekalian.

Besar harapan Kami agar proposal yang telah kami susun ini dapat bermanfaat, terutama pada kami sebagai pemohon serta Bapak dan Ibu sekalian.

Seiring datangnya proposal ini kami sangat menyadari bahwa kami sangat jauh dari kata sempurna . Oleh sebab itu, kritik dan saran dari Bapak Ibu semua sangat kami harapkan dan kami terbuka untuk itu.

Lampung Mei 2018

Pemohon

4. Contoh Kata Pengantar Makalah PKN

Segala puji dan Puja syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang maha Esa, karena saat ini penulis masin mempunyai kesempatan bisa merangkum sebuah penulisan mengenai makalah “Hak dan Kewajiban Siswa Indonesia Menurut UUD 1945”.

Shalawat serta salam tidak lupa kami haturkan untuk junjungan nabi gung kita, yakni Nabi Muhammad S.A.W yang mana beliau sudah memberikan kita petunjuk yang didapat langsung dari Allah SWT buat bekal semua manusia.

Penyusunan dalam penulisan makalah ini menjadi sebuah bentuk yang memenuhi sejumlah pekerjaan untuk kebutuhan kuliah tentang Pendidikan.

Pada makalah ini akan dibahas mengenai pengertian hak, kewajiban dan kemudian disini akan kami juga akan membahas materi mengenai apa yang merupakan bagian dari hak dan kewajiban semua para siswa yang ada di Indonesia sesuai dengan berdasarkan UUD 1945.

Selanjutnya penulis mengucapkan terimakasaih yang sebanyak-banyaknya kepada segenap pihak yang telah memberikan dukungan, baik itu berupa bantuan, doa maupun dorongan dan beragam pengalaman selama proses penyelesaian penulisan makalah ini.

Maka setulus hati, penulis harapakan agar kiranya semua pihak dapat berkontribusi dalam memberikan kritik dan sarannya dalam penuyusunan makalah ini, agar dikemudian hari apabila kami akan membuat makalah maka kami akan membuatnya dengan lebih baik lagi

Bandar Lampung 26 Desember 2019

Penyusun

5. Contoh Kata Pengantar Makalah Agama

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Alloh SWT karena telah melimpahkan limpahan karunia serta rahmatnya sehingga akhirnya membuat kami bisa segera membuat sebuah makalah hingga selesai yang bertemakan mengenai “Adab seorang terhadap Guru dan Ustadz”.

Shalawat serta salam tidak lupa selalu kita haturkan untuk junjungan nabi agung kita, yaitu Nabi Muhammad SAW yang sudah menyampaikan petunjuk yang di dari Allah SWT untuk kita semua, yang merupakan sebuah pentunjuk yang Haq yakni Syariah agama islam yang sesungguhnya.

Kemudian berikutnya dengan ketulusan hati kami harapkan kontribusinya dalam meberikan kritik dan sarannya. Agar kemudian hari dapat kami jadikan sebagai bahan acuan dalam penyusunan makalah dengan baik dan benar.

Kami sangat menyadari, bahwa dalam penysunan makalah ini jauh dari kata sempurna sebab masih terdapat banyak kesalahan di dalamnya.

Tak luput juga kami hanturkan rasa terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada segenap pihak yang mendukung serta membantu kami selama proses penyelesaian makalah ini hingga rampungnya makalah ini.

Nah itulah yang bisa kami sampaikan, harapan kami dalam penyusunan sebuah makalah ini , tentu saja supaya bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan terhadap siapa saja yang membacanya.

Bandar Lampung, 26 Desember 2019

Penyusun

6. Contoh Kata Pengantar Hukum

KATA PENGANTAR

Baca Juga :  Contoh Kesimpulan Makalah

Segala Puji dan puja syukur atas kehadirat Tuhan yang Maha Esa karena dengan semua rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya, makalah tentang “Penerapan Hukum akan Tindak Pidana Pemerkosaan kepada Anak dibawah umur” saat ini bisa segera diselesaikan dengan cepat. Walaupun kami juga sadar akan banyaknya kesalahan dalam penulisannya.

Kemudian tak lupa juga sampaikan rasa terimakasih kepada Bapak Choirul Anam, SH. yang mana selama ini sduah mengajarkan dan membimbing dan sekaligus menyerahikan tugas ini kepada kami.

Disamping itu besar harapan kami dengan adanya makalah ini yang mana tidak lain dan tidak bukan hanya agar bisa memberikan manfaat dan juga edukasi tentang tindak pidana pemerkosaan yang sudah pasti perbuatan itu bisa sangat merugikan korban dan terhadap diri sendiri.

Namun selain itu dalam penyusunan makalah ini juga nantinya diharapkan bisa memberikan pelajaran tentang hukuman terhadap tindak pelaku yang berbuat hal yang tidak sesnonoh terhadap anak yang masih di bawah umur.

Akan tetapi, tidak bisa kami pungkiri bahwa dalam penyusunan makalah ini tentunya masih sangat banyak terdapat kesalahan serta kekurangan. Maka oleh sebab itu, harapan agar sekiranya pembaca dapat berkontribusi terutama dalam memberikan kritik dan sarannya.

Agar dikemudian dalam pembuatan makalah selanjutnya kami bisa perbaiki semua kekurangan dan kesalahan yang ada dan membuatnya dengan lebih baik lagi.

Nah hanya itulah yang bisa kami sampaikan, harapan kami semoga makalah ini bisa membantu dan bermanfaat.

Bandar Lampung, 26 Desemeber 2019

Penyusun

7. Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

Kata Pengantar

Segala Puji dan rasa syukur senantiasa kami panjatkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa sebab dengan rahmat dan hidayah-Nyalah sehingga membuat kami dapat dengan segera menyelesaikan hasil penulisan karya ilmiah ini.

Namun tak luput juga kami hanturkan rasa terima kasih yanbg sebesar-besarnya kepada semua yang pernah berjasa atas diri kami terutama kepada [bapak/ibu] [guru/dosen] yang mana dari nama tersebut sudah membantu kami dalam menyusun karya ilmiah ini.

Baca Juga :  Contoh Cerita Fiksi

Selain itu Kami ucapkan rasa terima kasih terhadap semua teman yang sudah berkontribusi dalam penyusunan makalah karya ilmiah ini ,baik secara langsung atau tidak langsung.

[Uraian singkat tentang karya ilmiahmu]

Kami menyadari bahwa mungkin dalam penyusunan karya ilmiah ini terdapat banyak kesalahan maupuk kekurangan baik dalam penggunaan kalimat maupun dalam penyusunan penulisannya.

Maka untuk itu, dalam hal ini sangat kami butuhkan kritik dan saran yang dapat membangun dari semua pihak .

Agar untuk kedapannya kami dapat membuat dan menyusun kembali sebuah karya ilmia berikutnya dengan lebih baik lagi, hal ini tak lain hanya demi kesempurnaan karya kami.

Semoga dengan adanya karya ilmiah ini bisa membantu pemahaman dan menambah wawasan untuk sahabat semua mengenai [topik karya ilmiah].

Bandar Lampung 26-Desember 2019

Penulis

Apa yang dimaksud dengan Kata Pengantar

Yakni merupakan sebuah kalimat yang didalamnya mengandung isi dari sebuah ungkapan atau dari hasil karya sang penulis, Baik itu mengenai ungkapan rasa terima kasih ataupun ungkapan rasa syukur,

Jelaskan Unsur yang terdapat dalam Kata pengantar?

-Merangkan rasa Terima kasih serta rasa syukur,
-Menegaskan Penjelasan tentang isi dari penulisan karya ilmiah,
-Menegaskan mengenai tata pelaksanaan dari isi penulisan karya ilmiah tersebut,
-Menegasa mengenai sebuah bantuan,Berupa arahan serta opini dari segal pihak yang dapat membantu. Seperti kepada seseorang, sekelompok orang atau organisasi/lembaga,

Demikianlah Materi pembahsan kali ini, Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta pengatahuan kita semua.

Artikel Lainnya :