Struktur Kromosom

Posted on

Struktur Kromosom – Setelah sebelumnya kita menyaksikan bersama materi pembahasan tentang  Fungsi Sentrosom Maka dipertemuan kali ini, akan kembali kabarkan.com sampaikan mengenai materi struktur kromosom dengan dilengkapi dengan pengertian, fungsi, jenis, bentuk dan gambar. Nah untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Kromosom

Struktur-Kromosom
Struktur-Kromosom

Kromosom berasal dari kata crome yang artinya badan atau tubuh . Secara sederhana, istilah kromosom dapat diartikan sebagai sebuah badan yang dapat menyerap warna

kromosom terletak di dalam inti sel atau nukleus disetiap sel. Apabila tidak dalam proses membelah diri, maka kromosom tidak berbentuk badan, namun dalam bentuk benang-benang yang terurai yang disebut dengan benang kromatin.

Struktur Kromosom
Struktur Kromosom

Fungsi Kromosom

Berikut ini terdapat bebrapa fungsi dari kromosom :

  • Fungsi utama dari kromosom ialah menyimpan dan membawa materi genetik atau unit hereditas. kromosom akan membawa sifat-sifat induknya dari generasi kegenerasi berikutnya. kromosom akan mengkopi seluruh informasi genetik kegenerasi selanjutnya. Dengan kata lain kromosom merupakan pembawa faktor keturunan pada proses pewarisan sifat dari induk terhadap keturunannya.
  • Menentukan jenis kelamin. Terdapat dua jenis kromosom yakni x dan y. Apabila kromosom embrio xx, maka terlahir dengan jenis kelamin perempuan. Dan jika kromosomnya ialah xy maka terlahir dengan berjenis kelamin laki-laki.
  • Fungsi bagi kromosom yakni untuk menjaga atau melindungi materi genetik atas suatu adanya kerusakan pada saat pembelahan sel.
  • Mengantarkan jenis materigenetik
  • Mengerjakan suatu replikasi pada saat berlangsungnya prose pembelahan sel dan memastikan setiap sel yang membelah mendapatkan gen yang sama.

Struktur Kromosom

Pada Kromosom bisa dibentuk pada saat protein dan DNA saling berikatan satu sama lainnya. Berikut ini penjelasan struktur dan fungsinya:

  • Kromatid
    Yakni merupakan suatu bagian dari kromosom yeng berupa lengan yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Yang mengikat kedua kromatid disebut Sentromer.
  • Sentromer 
    Yakni merupakan suatu pengikat dua kromatid kembar . dimana Sentromer ini merupakan suatu daerah yang mengerut pada saat proses mitosis dan meiosis.
  • Kromomer
    yakni merupakan suatu penebalan yang terjadi pada kromonema.
  • Kinektokor
    Lalu kemudian di dalam sentromer terdapat mikrotubulus yang teediri dari struktur benang halus. Pada sentromer terdapat kinektokor, yakni merupakan suatu struktur yang menjadi tempat meleka mikrotubulus.
  • Satelit
    yakni merupakan suatu bagian dari kromosom yang mempunyai bentuk bulat yang terletak di ujung kromatid. Satelit yang terdapat dalam kromosom bukan termasuk satelit luar angkasa akan tetapi satelit yang merupakan bagian dari kromosom.
  • Telomer
    Yakni merupakan suatu bagian yang terdapat paling ujung di dalam kromosom. Adapun fungsi telomer ini yakni guna melindungi keseimbangan ujung dan menjaga DNA agar tidak terurai.
Baca Juga :  Ciri Khusus Tumbuhan

Jenis-jenis Kromosom

Berdasarkan Fungsinya

Menurut fungsinya, kromosom dibagi menjadi 2 tipe :

  • Kromosom Autosom (Tubuh), yakni merupakan suatu kromosom yang memberikan ciri. misalnya : pada manusia memiliki-22 pasangan kromosom autosom dan sepasang genosom.
  • Kromosom Genosom (Kelamin), yakni merupakan suau kromosom yang menentukan jenis kelamin organisme pemilik kromosom tersebut. misalnya saja pada manusia mempunyai 1 pasang kromosom autosom, Jika 1 pasang kromosom tersebut ialah XX maka manusia itu berjenis wanita, namun apabila 1 pasang kromosom tersebut XY maka jenis kelaminnya laki-laki.

Berdasarkan Letak Sentromer

Berikut ini dengan didasarkan letak sentromernya maka kromosom bisa dibagi menjadi 4, yakni: 
Telosentrik, yakni suatu kromosom yang letak sentromernya berada di ujung lengan kromosom.
Metasentrik, yakni merupakan suatu kromosom dengan sentromer yang terletak tepat ditengah lengan.
Apa itu Akrosentrik, yakni merupakan suatu kromosom yang pada sentromernya terletak di bagian mendekati ujung lengan tersebut.
Apa itu Submetasentrik, yakni merupakan suatu kromosom yang pada sentromernya terletak hampir tepat dibagian tengah .

Berdasarkan jumlah sentromer

Dengan Berdasarkan jumlah sentromernya kromosom dibagi menjadi 4, yakni:

  • Asentrik, yakni tidak mempunyai kromosom.
  • Monosentrik, hanya mempunyai satu kromosom.
  • Disentrik, yakni kromosom yang mempunyai 2 sentromer.
  • Polisentrik, yakni merupakan sebuah kromosom yang mempunyai banyak sentromer.

Bentuk Kromosom

Berikut ini terdapat beberapa bentuk-bentuk dari kromosom yakni sebagai berikut:

  • Telosentrik: kromosom yang letak sentromernya di ujung kromosom.
  • Akrosentrik: kromosom yang letak sentromernya mendekati salah satu ujung
  • Submetasentrik:terletak dibagian tenga kromosom.
  • Metasentrik: yakni merupakan sebuah kromosom yang letak sentromernya berada di tengah dan membentuk huruf V
Kromosom Adalah

Kromosom berasal dari kata crome yang artinya badan atau tubuh . Secara sederhana, istilah kromosom dapat diartikan sebagai sebuah badan yang dapat menyerap warna

Fungsi Kromosom Adalah?

Fungsi utama dari kromosom ialah menyimpan dan membawa materi genetik atau unit hereditas

Apabila tidak dalam proses membelah diri maka kromosom akan membentuk?

Membentuk benang-benang yang terurai yang disebut dengan benang kromatin.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai struktur kromosom, semoga dapat bermnafaat bagi sobat semua.

Baca Juga :  Echinodermata

Artikel Lainnya :