Solidaritas Adalah

Posted on

Solidaritas Adalah – Suatu sikap yang ada pada diri manusia dan berkaitan dengan perasaan manusia dalam kaitannya dengan rasa ketentuan nasib bersama dalam kesinambungan dengan orang lain atau suatu kelompok.

Kali ini kabarkan.com akan meberikan pelajaran mengenai Solidaritas. Dimana pelajaran ini akan dikupas secara jelas, dengan berdasarkan Pengertian, Contoh dan Arti

Pengertian Solidaritas

Solidaritas adalah suatu sikap yang ada pada diri manusia dan berkaitan dengan perasaan manusia dalam kaitannya dengan rasa ketentuan nasib bersama dalam kesinambungan dengan orang lain atau suatu kelompok.

Makna solidaritas dekat dengan makna simpati dan empati, karena didasarkan pada kepedulian terhadap orang lain dan kelompok. Perbedaannya adalah bahwa rasa solidaritas ini tumbuh dalam diri manusia karena rasa persatuan dalam waktu tertentu.

Solidaritas Adalah

Rasa solidaritas terkait erat dengan harga diri dari suatu kelompok. Rasa solidaritas yang tumbuh di antara orang-orang mengenai keberlanjutan hubungan mereka dengan orang dan kelompok lain dapat membuat rasa persatuan mereka semakin kuat dan erat.

Rasa solidaritas yang dimiliki seseorang terhadap orang atau kelompok lain merupakan ungkapan pernyataan Pancasila.

Faktor Solidaritas

Faktor Keluarga

Pendidikan dalam keluarga, mulai dari masa kanak-kanak, dapat memiliki dampak positif setelah dewasa, oleh karena itu, pendidikan yang diberikan kepada anak-anak sangat berguna untuk perkembangannya di kehidupan mendatang.

Faktor Lingkungan

Lingkungan dapat memengaruhi rasa solidaritas, misalnya bagaimana bergaul dan berteman di lingkungan ini

Tujuan Solidaritas

  • Lebih peka terhadap lingkungan.
  • Membangun kohesi teman.
  • Mempertahankan rasa persaudaraan dan persahabatan dengan orang lain.
  • Rasa kepedulian terhadap teman baik lainnya, keluarga, atau orang lain.

Manfaat Solidaritas

Keuntungan dari rasa solidaritas adalah bahwa akan ada bantuan timbal balik untuk saling membantu, dan rasa peduli terhadap teman.

Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari rasa solidaritas dan kepedulian terhadap orang lain berarti demonstrasi pentingnya rasa solidaritas dalam kehidupan manusia, ketika rasa solidaritas dalam kehidupan sehari-hari dapat mendukung kekerabatan orang lain, teman, atau keluarga .

Jadi, kita harus mengembangkan rasa solidaritas dalam diri kita sendiri dan tidak membiarkannya menghilang, dan, tentu saja, kita dapat menggunakan rasa solidaritas dengan benar.

Macam-Macam Solidaritas

Solidaritas Organik

Adalah solidaritas yang menghubungkan masyarakat yang sudah kompleks dan akrab dengan pembagian kerja, yang diorganisir sehingga mereka bersatu karena saling ketergantungan anggota.

Baca Juga :  Contoh Surat Pesanan

Solidaritas Mekanis

Adalah solidaritas yang terjadi dalam masyarakat yang masih sederhana dan terhubung oleh kesadaran kolektif dan tidak mengakui pembagian kerja antara anggota kelompok.

Karakteristik solidaritas mekanis berkaitan dengan ikatan sosial, yang dibangun atas dasar persatuan, kepercayaan dan kebiasaan bersama. Solidaritas ini disebut solidaritas mekanis, karena orang yang hidup dalam unit keluarga, suku, dan kota dapat berdiri sendiri dan memenuhi kebutuhan hidup mereka tanpa bergantung pada kelompok lain. Solidaritas seperti itu terjadi di masyarakat pedesaan.

Contoh Solidaritas Dalam Arti Kehidupan

Memahami solidaritas yang dimiliki orang sejak lahir, yang merupakan karunia dari Sang Maha Agung secara alami sebagai makhluk sosial, dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Menerapkan rasa solidaritas dalam kehidupan sehari-hari adalah bentuk nilai-nilai kemanusiaan. Contoh penerapan rasa solidaritas dalam kehidupan sehari-hari:

1) Saling bekerja sama
Saling bekerja sama adalah contoh paling umum dari penerapan rasa solidaritas dalam kehidupan sehari-hari. Saling bekerja sama itu sendiri adalah bentuk refleksi.

Penerapan solidaritas dalam gotong royong didasarkan pada tujuan bersama untuk mencapai sesuatu dalam kehidupan sehari-hari.

Bentuk pengungkapan solidaritas melalui gotong royong dilakukan sebagai bentuk upaya dan upaya menyatukan berbagai perbedaan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan masyarakat, yang selanjutnya akan berdampak sangat positif pada persatuan dan integritas nasional sehingga integrasi nasional dapat terwujud. Beberapa tindakan yang mencerminkan rasa solidaritas melalui kerja sama antara lain:

  • Layanan masyarakat.
  • Kerja kelompok untuk menyelesaikan pekerjaan sekolah.
  • Partisipasi dalam acara regional.
  • Melestarikan dan merawat lingkungan perumhan kita bersama

2) Dukungan untuk orang lain dan kelompok
Rasa solidaritas juga dapat diekspresikan melalui bentuk dukungan untuk orang lain dan kelompok. Dukungan yang diberikan oleh seseorang terhadap orang lain atau kelompok lainnya cenderung untuk mempertahankan hak yang sama.

Ketika orang atau kelompok lain yang telah berkontribusi pada orang ini tidak menerima hak yang sama, baik dalam hal perawatan maupun orang lain, maka orang tersebut akan memberikan dukungan berdasarkan rasa solidaritas yang mereka miliki.

Contoh penerapan solidaritas, yang dinyatakan dalam bentuk dukungan dalam kehidupan sehari-hari, meliputi:

  • Berjuang untuk hak menerima layanan medis yang sesuai untuk orang lain.
  • Mendukung salah seorang temannya untuk menjadi presiden kelas.
  • Lindungi teman yang dituduh melakukan kesalahan oleh orang lain.

Contoh Penerapan Solidaritas Di Kehidupan

Salah satu contoh penerapan rasa solidaritas dalam kehidupan sehari-hari adalah gotong royong. Contoh tindakan solidaritas melalui gotong royong meliputi:

  • Partisipasi dalam acara regional di kediamannya.
  • Layanan masyarakat.
  • Kerja kelompok mengerjakan tugas
Baca Juga :  Contoh Soal Perbandingan

Arti Solidaritas

Dalam etimologi, arti solidaritas adalah Kebersamaan atau kekompakan. Dalam bahasa Arab, ini berarti tadhamun (keteguhan dalam suatu hubungan) atau takaful (peningkatan / perlindungan bersama).

Pandangan lain menunjukkan bahwa Solidaritas adalah kombinasi atau kesepakatan semua elemen atau individu sebagai sebuah kelompok.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan bahwa solidaritas diambil dari kata Solider, yang berarti memiliki atau menunjukkan rasa persatuan.

Dengan demikian, ketika mereka dikaitkan dengan kelompok sosial, kita dapat menyimpulkan bahwa Solidaritas adalah perasaan persatuan dalam kelompok tertentu yang peduli tentang solidaritas dalam mencapai tujuan dan menginginkan hal yang sama.

Dalam lingkungan kita, kita dapat merasakan rasa solidaritas atau persatuan yang tinggi, banyak persatuan yang akan menciptakan persatuan dalam hal-hal baik dan buruk, misalnya, siswa yang berpartisipasi dalam perjuangan mereka mengatakan bahwa mereka memiliki rasa solidaritas yang tinggi.

Oleh karena itu, jika sahabat bergabung dalam suatu pekerjaan perawatan kebersihan lingkungan sekolah. Perjuangan ini harus menjadi salah satu contoh solidaritas yang sangat baik yang sering terjadi; rasa solidaritas harus digunakan untuk hal-hal yang baik, misalnya dalam hal pendidikan bersama atau kebersihan lingkungan.

Berikut adalah beberapa ungkapan yang sering diperkenalkan dalam arti solidaritas yang kita tahu:

  • Pengorbanan yang dibawa oleh seseorang muncul atas dasar ketulusan, yang, sebagai suatu peraturan, merupakan ungkapan terima kasih atas perlakuan yang diberikan oleh orang atau sekelompok orang kepada orang lain.
  • Ekspresi kesetiaan teman sebagai bentuk rasa solidaritas mencerminkan kondisi penerapannya, terutama dalam penerapan prinsip ketiga Pancasila.
  • Rasa solidaritas yang muncul dari perasaan loyal seorang teman dapat berkontribusi pada rasa persatuan dan kesatuan yang tinggi, terlepas dari perbedaan yang menjadi penghalang untuk mengekspresikan rasa solidaritas ini.

Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa solidaritas adalah rasa persatuan, rasa kesatuan kepentingan, rasa empati sebagai satu anggota dari satu . atau bisa diartikan perasaan atau ungkapan dalam suatu kelompok yang dibentuk oleh kepentingan bersama.

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan materi pelajaran ini. Semoga dengan apa yang telah kami sampaikan dalam artikel ini, dapat memberikan pemahaman serta bermanfaat untuk sobat semua. AMIN.

Baca Juga: