GAPI

Posted on

GAPI – Pada penjelasan materi atau makalah sebelumnya kabarkan.com telah menjelaskan mengenai materi Contoh Perubahan Sosial secara jelas tentunya. Maka kali ini kabarkan.com akan membahas materi, makalah mengenai GAPI secara jelas, dimulai dari Pengertian, Latar Belakang, Tujuan dan Pendirinya. Berikutlah ulasan materi atau makalahnya.

GAPI
GAPI

Pengertian GAPI

GAPI atau Gabungan Partai Indonesia ialah suatu gabungan persatuan politik di Indonesia guna menyatukan segala kekuatan atau dominasi nasional. GAPI sendiri berdiri pada tahun 1939 tanggal 21 bulan Mei di kota Jakarta atas gagasan PARINDRA untuk memunculkan Konsentrasi Nasional, dalam konferensi pengurus atau pemimpin 18 sampai 19 bulan Maret tahun 1939. GAPI menurut umum mengangkat kesatuan nasional, tetapi tidak ikut andil di partai ke anggotaannya.

Gambar Sejarah Gabungan Partai Indonesia
Gambar 1
Sejarah Gabungan Partai Indonesia

Kepengurusan persatuan dilaksanakan dengan satu skretariat tetap terdiri dari bendahara, skretaris umum dan sekretaris pembantu. Untuk pengisi jabatan ini di isi oleh Abikusno Tjokrosuyoso merupkan yang pertama meenjabat sekretaris umum melalui PSII, untuk jabatan sekretaris pembantu di isi oleh Amir Sjarifudin melalui GERINDO dan untuk jabatan bendahara di isi oleh Ahmad Husni Thamrin melalui PARINDRA.

GAPI sendiri mayoritas anggotanya dari GERINDO, PSII, PARINDRA, PPKI, PII, persatuan Pasundan dan Minahasa. Dasar persatuan mencangkup hak memutuskan nasib atau peruntungan sendiri, demokrasi, persatuan Indonesia dalam bidang sosial, politik dan ekonomi. Sementara tujuan melaksanakan mempersatukan dan kerjasama PPI dan melaksanakan konferensi rakyat bangsa Indonesia.

Setelah pembahasan pengertian diatas, maka selanjutnya akan admin terangkan mengenai Latar Belakang, Tujuan dan Pendirinya
dari materi GAPI dibawah ini.

Latar Belakan GAPI

Latar belakan terbentuknya Gabungan Partai Indonesia ini di dasari oleh gagasan Muhammad Husni Thamrin atas tujuan menyelidiki penyelesaian yang menempuh melalui PPPKI, yang tak mampu membangun kekuatan aktual yang dimana pada sebelumnya telah gagal.

Gambar Sejarah Gabungan Partai Indonesia
Gambar 2
Sejarah Gabungan Partai Indonesia

Usulan Sutardjo Kartohadikusumo dan berbagai partai politik dalam pertemuan dengan pemerintah kolinial Belanada, mengusulkan untuk membentuk kongres antara wakil-wakil Indonesia dengan pemerintah Kolonial Belanda dimana para anggotanya dapat memiliki hak secara sama tidak ada lagi perbedaan atau diskriminatif. Kemudian maksud dari usulan lainnya juga untuk menggapai kerjasama dengan menjadikan rakyat untuk memajukan negaranya dengan kebijakan ekonomi, sosisal dan politik.

Baca Juga :  Pengertian Banjir

Sebagian besar para peserta dewan menyepakati usulan itu. Namun usulan itu di tolak oleh pemerintahan kolonial Belanda, dikarnakan pihak dari Belanda menganggap usulan tersebut merendahkan kehormatan bangsa Belanda, sehingga usulan itu dianggap tidak wajar dan masih dianggap terlalu otonomi dan prematur.

Atas hasil yang mengecewakan dari pertemuan itu dan tidak mendapatkan hasil, maka Muhammad Husni Thamrin membentuk suatu organisasi yang dibangun secara bersama dengan anggota lainnya seperti dari GERINDO, PSII, PARINDRA, PPKI, PII, persatuan Pasundan dan Minahasa, yaitu untuk membentuk GAPI (Gabungan Partai Indonesia). Tujuan dengan membentuk gabungan ini ialah untuk membangun suatu kekuatan nasionalis yang baru, dengan lebih efisien.

Perkembangan selanjutnya gabungan Partai Indonesia melaksanakan aksi serta menuntut pengelola negara membentuk parlemen yang dipilih langsung oleh rakyat bangsa Indonesia. Sehingga dengan terbentuknya parlemen itu bertujuan agar para pemerintah atau pengelolah negara dapat melakukan tanggung jawab dalam kemajuan negara Indonesia ini melalui parlemen itu.

Perjuangan gabungan Partai Indonesia sendiri ialah agar parlemen dan pemerintah dapat menjadikan negara indonesia ini dapat membangun negara indonesia berdiri dengan sendirinya. Hal ini dapat dilihat atas dasar:

  • Kesatuan aksi semua pergerakan Indonesia
  • Persatuan nasionalis dari semua bangsa dengan didasarkan kerakyatan yang memahami sosial, politik dan ekonomi
  • Hak menentukan diri sendiri

Inilah pembahasan mengenai latar belakang Gabungan Partai Indonesia, selanjutnya admin akan terangkan mengenai tujuan Gabungan Partai Indonesiadibawah ini.

Tujuan GAPI

Gambar Sejarah Gabungan Partai Indonesia
Gambar 3
Sejarah Gabungan Partai Indonesia

Tujuan dari Gabungan Partai Indonesia ini ialah menuntut kepada pemerintah klonial Belanda, supaya negara ndonesia mempunyai dewan perwakilan atau parlemennya sendiri dalam membangun kepemerintahan dinegaranya, sehingga Gabungan Partai Indonesia mempunyai semboyan yang disebut dengan “Indonesia Berparlemen“.

Inilah pembahasan mengenai tujuan Gabungan Partai Indonesia, selanjutnya admin akan terangkan mengenai pendiri Gabungan Partai Indonesiadibawah ini.

Pendiri GAPI

Gambar Muhammad Husni Thamri
Gambar Muhammad Husni Thamri

Gabungan Partai Indonesia pertama di dirikan atau dibentuk pada tahun 21 Mei 1939 oleh Muhammad Husni Thamrin. Dimana awal terjadinya pembentukan Gabungan Partai Indonesia ini. Di karnakan usulan dari berbagai partai politik yang di ketuai Sutardjo Kartohadikusumo, di tahun 15 Juli 1936 agar Indonesia memiliki pemerintahan yang bisa berdiri di negaranya sendiri, di tolak oleh pemerintahan kolonial Belanda.

Baca Juga :  Contoh Hak dan Kewajiban Warga Negara

Berilut ini alasan terbentuknya Gabungan Partai Indonesia yang didasari dengan:

  • Sikap pemerintah Belanda yang tidak memperhatikan kepentingan bangsa Indonesia.
  • Kegagalan usulan Sutarjo Kartohadikusumo. Mengenai agar Bangsa Indonesia memiliki pemerintahan yang bisa berdiri di negaranya sendiri, namun di tolak oleh pemerintahan kolonial Belanda.
  • Kepentingan internasional akibatnya timbul pemerintahan otoriter.

Sampai sinilah materi yang dapat admin sampaikan mengenai Gabungan Partai Indonesia. Semoga dengan materi ini dapat memberikan manfaat dan pemahaman mengenai Gabungan Partai Indonesia bagi sahabat semua. Sampai bertemu di pembahasan materi yang akan datang.

Pada tahun berapakah dan siapakah gagasan terbentuknya GAPI ?

Gabungan Partai Indonesia pertama di dirikan atau dibentuk pada tahun 21 Mei 1939 oleh Muhammad Husni Thamrin.

Coba sebutkan tujuan dari GAPI ?

Tujuan dari Gabungan Partai Indonesia ini ialah menuntut kepada pemerintah klonial Belanda, supaya negara ndonesia mempunyai dewan perwakilan atau parlemennya sendiri

Jelaskan pengertian GAPI ?

Gabungan Partai Indonesia ialah suatu gabungan persatuan politik di Indonesia guna menyatukan segala kekuatan atau dominasi nasional.

Baca Juga:

Zaman Praaksara
Standar Deviasi
Kerajaan Kediri